1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Konsultasi Kesehatan Gigi & Mulut

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by _KinG_, Jul 23, 2010.

  1. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    [​IMG]

    Saudara-saudara sekalian pasti tahu bahwa kesekatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Namun, sering kali kita menyepelekannya. Padahal kesehatan gigi dan mulut dapat berhubungan dengan penyakit-penyakit lain. Untuk itu saya ingin berbagi informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut. Silahkan saudara-saudara mengutarakan keluhan yang saudara-saudara rasakan mengenai gigi dan mulut. Saya akan membantu sesuai kemampuan saya sebagai dokter gigi.

    Bagi yang ingin bertanya saya persilahkan......


    [​IMG]
    macam-macam jenis gigi


    [​IMG]
    Lapisan yang terdapat pada gigi

    [​IMG][​IMG]
    Impaksi gigi​

    [​IMG]
    [​IMG]

    [​IMG][​IMG]
    Periodontitis


    [​IMG][​IMG]
    Gingivitis


    [​IMG][​IMG]
    Karies gigi (gigi berlubang)


    [​IMG][​IMG]
    Abses Periapikal

    Saya juga manusia biasa yg punya banyak kekurangan... apabila ada kekurangan dalam penjelasan saya mohon bantuan bagi yg lebih berkompeten untuk menjelaskannya..... Terimakasih.....


     
    • Thanks Thanks x 13
    • Like Like x 5
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    wah, ada tret dokter gigi :top:

    kak drg, tanya dong.
    kenapa kalo sore2 mulut suka tiba2 terasa kering yah.
    padahal tidak makan bawang. jadi agak2 malas ngomong deh kalo sore, pasti mulut berasa gimana gitu.
    kadang makan permen gak nolong.
    apakah ada solusinya kak?

    thanks :top:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    sebelumnya ada masalah penyakit sistemik ga bro????
    biasanya hiposalivasi (berkurangnya jumlah air liur) dalam jangka waktu lama bisa disebabkan oleh penyakit sistemik...
    kira2 ada ga?? atau kebiasaan2 gitu???
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    saya sis :maaf:

    nggak ada tuh kayanya... penyakit gigi sich gak tau yah, karena gak pernah sakit gigi...
    kalo hiposalivasi sich rasanya nggak juga.
    cuma ya begitu, kalo udah sekitar jam 15.00-an ke atas, sering tiba2 ngerasa mulut kering (dan rasanya halitosis juga). :nangis:

    soal istilah2 medis, gw ngerti kok, tenang saja :top:
     
  6. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    wah, sip dah.... jadi ga canggung....
    jangan2 dokter nih.... hehehee...

    maksudnya xerostomia atau gmn nih???
    di sertai halitosis jg????
    secara klinis ada lesi ga??? atau anda mengkonsumsi obat tertentu???

    sis, zz11 mana y????
    belom lengkap nih anamnesisnya.....
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Sep 6, 2010
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    datang :hi:
    maaf lama, tadi muter2 ke tempat lain kak...
    wah, kayanya bener deh ada gejala xerostomia. btw enggak ada lesi kok.

    tak subscribe dulu tretnya, biar ketauan kalo kak drg.king dah jawab :top:
     
    Last edited: Jul 23, 2010
  8. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    hah??? xerostomia kan bukan penyakit sis.....
    bisa disebabin beberapa hal.....
    biasanya kan hiposalivasi..... bisa akibat umur, efek pengobatan radiasi, obet, dll.....

    klo masih belum puas bisa ditanyakan lg sis....
    saya sulit mendiagnosa hanya dengan subyektif....
     
    • Like Like x 1
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    oh sori kak, maksud gw: kayanya gw beneran ada gejala xerostomia.
    tapi penyakitnya sendiri gw juga bingung.
    abis kalo dikasih permen atau diminumkan air, agak reda tuh gejalanya.
    gitu :maaf:

    iya, kayanya sich tidak ada kelainan spesifik; mungkin karena kalo jam segitu lagi nggak banyak bicara yah kak.
    bicara juga ngaruh kan ke produksi saliva? :???:
     
  10. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    biasanya itu produsi saliva menurun pada malam hari sis,
    pada saat kita tidur.....
    makan sesuatu atau mencium aroma makanan itu bisa jg merangsang sekresi saliva.....
    nah tp klo untuk pastinya saya belom bisa menyebutkan itu apa diagnosisnya....
     
  11. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    iya sich, makanya habis bangun tidur malam, pasti mulut terasa kering.
    menurut yang gw tau sich, kebanyakan diem (tidak berbicara) juga berpengaruh, cuma entahlah ya :yareyare:

    btw sementara sudah cukup puas dengan jawabannya ya, +88 sent :top:
    terima kasih :xiexie:
     
  12. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    wah, makasih banyak sis....
    salam kenal y.... saya nubi....
    mohon bimbingannya....:xiexie:
     
  13. svatz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Jual Dental Flosh ngga?(salah tulis kli ya).......

    Berapa harganya klo jual?

    Nice Thread
     
  14. galuhrestu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,073 / -0
    mau tanya nih kk..
    gigi taringku sepertinya terkikis.. apa karena cara mensikat giginya salah ya..
    kadang aku sikat gigi depan itu tidak naik-turun melainkan kanan-kiri..
    sekarang kallo buat minum air dingin/es linu banget..
    solusinya gimana ya kk..
    apa di tambal??
     
  15. Cel_Ona Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    230
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    gigi gw pernah di whitening biar keliatan kinclong gitu. tp kok kayanya setelah itu jd rapuh yah, suka ngilu2 gitu deh klo makan ato minum yang panas / dingin.
    Kenapa yah?
     
  16. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    wah kami ga jual bro....
    di pasar swalayan ada kok bro.... :top:

    terkikisnya di daerah mana???
    apa di ujung taringnya???
    anda ada kebiasaan buruk ga waktu tidur??
    atau mengunyah satu sisi??
    klo kayak gitu dinamakan atrisi bro....

    cara untuk mengatasinya tentu harus menghilangkan penyebabnya dulu....
    trus setelah itu bisa di tumpat dengan komposit....

    sebelumnya kenapa di bleaching klo boleh tau alesannya????
    bleaching itu kan ada 2, ada yg untuk pewarnaan internal dan eksternal....
    biasanya bahan bleaching itu kan pake bahan kimia dan ada jg yg pemanasan....

    nah, selama aplikasi bahan tersebut sesuai aturan dan indikasi perawatan, itu ga akan menimbulkan efek samping......
    kecuali, perawatannya kurang tepat.....
    bisa mengiritasi jaringan pendukung gigi, ataupun jg bisa menyebabkan terkikisnya lapisan email,
    sehingga pada daerah tersebut lebih sensitif (karena dentin itu bisa menstimulasi rangsangan termal)....
    sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi tempat anda bleaching.......

    ==============================

    Klo bro n sist belom jelas dan ada masih ingin ditanyaka saya persilahkan....
     
    Last edited by a moderator: Sep 6, 2010
  17. dana12pm M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +31,462 / -0
    baru tahu sekarang cara menyikat gigi yang benar.. :hehe:
    biasanya sikat buru-buru, kumur2 listerin langsung kabur..
    sepertinya harus ada tambahan alokasi waktu mandi nih, dari 10 menit jadi 25 menit.. (tambahan 15 menit buat sikat gigi).. :lol:
    :niceinfo:
     
  18. blazingsun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +342 / -0
    hmm, kalo gigi yg ga rata masih bisa dibenerin ga ya...klo bisa namanya apa? harga bagaimana? ada alternatif gak yg lebih memadai?
    kalo buat ngilangin kuning2 di gigi gimana ya? apa harus dikorek karangnya(karies/karang??) ya??
    gigi itu harus dirawat bener2 sih biar cakep..T_T...
    hehe ga ngerti apa2 nih saya soal dental...TQ.
     
  19. _KinG_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    iya nih bro.... klo saya sih waktu mandi paling lama itu ya sikat gigi....
    hehhee....

    bisa kok... bisa dirawat orto....
    klo masih ringan biayanya ga mahal, tp klo udah parah banget n harus pake alat cekat baru deh mahal....
    klo kuning karena karang gigi di scalling aja bisa kok...
    yg penting itu merawatnya.....
     
    Last edited by a moderator: Sep 6, 2010
  20. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,257 / -0
    kak dentist nanya dong
    apa ya zat yg paling bagus buat memutihkan gigi? :???:
     
  21. blazingsun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +342 / -0
    Wighh...tQ nih..orto itu apa yg pake behel behel itu ya..kawat gigi gitu?? apa perlu dikasi gambar gigi saya ya hahaha...aduh cek dokter gigi aja bayar, hihihi, perawatannya kira2 brp duit ya.. soalnya buat nikah nanti harus rapih...jd andaikata pake behel, bisa diatur...TQ ya
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.