1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Konsep Rumah Yang Anti Gempa

Discussion in 'Lifestyle' started by danislexaw, Jan 9, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. danislexaw Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2014
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    [​IMG]

    Konsep Rumah Yang Anti Gempa – Wilayah Indonesia merupakan daerah yang rawan gempa, karena negara Indonesia berada di atas tiga lempeng bumi, lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Indo-Australia sehingga gempa tektonik sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Walau terjadinya gempa tidak dapat di perkirakan, namun kita bisa meminimalisir dampak yang ditimbulkan dengan cara membangun rumah anti gempa. Faktanya, ketika terjadi gempa dan tsunami di Aceh pada tahun 2004, sebagian besar rumah tradisional Aceh (berbahan kayu) justru masih tetap berdiri dengan kokoh.

    Dengan demikian sangatlah penting bila saat ini membangun rumah harus juga memikirkan bagaimana ketahanan rumah terhadap gempa. Gempa begitu merugikan bagi manusia. Selain dapat menyebabkan kerugian materi, gempa juga bisa mengakibatkan kerugian jiwa. Kini sudah banyak konsep rumah yang diciptakan tahan gempa, walau rumah anti gempa memiliki model yang tidak lazim dari pada rumah standar. Namun fungsi dari rumah anti gempa yang dapat menahan kerusakan yang disebabkan oleh gempa, dapat menolong Anda terhindar dari kerugian materi dan jiwa.

    Berdasarkan hal tersebut, mendirikan rumah dengan konsep anti gempa menjadi sebuah pertimbangan yang bijak dalam menciptakan rumah idaman saat ini, terlebih bagi Anda yang tinggal di lokasi rawan gempa. Berikut ini adalah konsep rumah yang anti gempa, yang saya kutip dari data Kementrian Ristek Indonesia:

    Konsep Dasar Rumah Anti Gempa
    Konsep dari bangunan yang anti gempa adalah membuat seluruh bagian rumah sebagai satu kesatuan yang utuh, yang kokoh, terikat dan tidak runtuh akibat gempa. Penerapan konsep rumah anti gempa diantarnya dengan cara membuat sambungan yang lebih kuat diantara bagian-bagian rumah serta pemilihan material dan pengerjaan yang sesuai.

    Pondasi Rumah Anti Gempa
    Pondasi rumah anti gempa menggunakan sistem pondasi batu kali yang menyatu, yaitu sistem pondasi yang menghubungan antara pondasi rumah dengan sloof ditambahkan angker setiap setengah meter. Hal ini bertujuan supaya ada kaitan yang kuat antara pondasi rumah dengan sloof, sehingga ketika ada gempa ikatan antara pondasi rumah dengan sloof tidak mudah terlepas.

    Dinding Rumah anti Gempa
    Dinding rumah anti gempa sama dengan dinding rumah pada umumnya yang menggunakan material batu-bata dan material kayu. Untuk menyatukan dinding rumah anti gempa dengan kolom dan sloof, maka digunakan angker yang dipasang dengan jarak 0.3 meter. Ini berfungsi untuk mengatasi efek gaya horisontal yang di akibatkan gempa, maka pada dinding rumah anti gempa juga di pasangkan sebuah pengikat silang sebagai penguat dinding. Setiap bukaan seperti pintu dan jendela rumah harus dipasangkan balok lintel. Pada rumah anti gempa pemasangan balok lintel disatukan dengan kayu kusen bagian atas.

    Atap Rumah Anti Gempa
    Kuda-kuda rumah anti gempa menggunakan lebih banyak menggunakan material kayu dengan atap menggunakan seng, karena terbukti lebih ringan. Untuk menjadikan hubungan antara batang lebih kuat dan menjaga stabilitasnya, maka hubungan antara batang dibentuk dengan model segitiga. Pertemuan antara kuda-kuda yang satu dan yang lainnya dipasang batang penguat pada badan bangunan, atau biasa disebut juga dengan istilah batang lintel. Kemudian aspek yang perlu mendapat perhatian adalah sambungan diantara batang horisontal jangan diposisikan pada titik buhul, untuk mencegah terjadinya lendutan. Jadi antara sambungan tekan dan sambungan tarik harus disamakan. Plafon rumah anti gempa menggunakan kisi-kisi dengan ukuran 2/3, tujuannya untuk memberikan sirkulasi udara yang maksimal, mengingat atap rumah ini menggunakan bahan seng yang panas.
     
  2. anjingencuk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2014
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +275 / -716
    ya manusia cm bisa berencana dan berusaha, tp klo suruh lawan kekuatan alam ya ga tau lg :iii:
     
    • Dislike Dislike x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.