1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Kisah Tentang Lilith

Discussion in 'History and Culture' started by R3Qui3M, Mar 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. R3Qui3M M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    621
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,844 / -0
    Kisah Tentang Lilith

    Pernah dengar kisah tentang Lilith?

    http://upload.wikimedia.org/wikiped....jpg/275px-Lilith_(John_Collier_painting).jpg

    Lilith dikisahkan sebagai istri pertama Adam.

    Berikut kisahnya.
    Tuhan menciptakan semua makhluk hidup dan kemudian Tuhan menciptakan manusia. Dia menciptakan seorang laki-laki dan seorang perempuan dan memberi mereka kuasa atas semuanya. Tuhan menamakan laki-laki itu Adam dan yang perempuan Dia namakan Lilith. Keduanya diciptakan dari debu Bumi dan dalam keduanya Dia hembuskan nafas kehidupan. Mereka menjadi jiwa manusia dan Tuhan mengkaruniakan mereka kemampuan untuk berbicara.

    Diciptakan pada saat yang sama, dengan cara yang sama, sehingga tidak ada tuan, tidak ada pemimpin, dan hanya ada pertengkaran di antara mereka. Lilith berkata, “Aku tidak akan berada di bawahmu, dalam kehidupan ataupun selama s*ks. Aku mau posisi atas.” Tetapi Adam tidak mengalah dan bersikeras bahwa Tuhan telah menciptakan dia untuk menjadi kepala keluarga dan dalam urusan di Bumi. Lilith menjadi marah dan tidak menyerah.

    Kemudian Tuhan berbicara dengan Adam dalam dinginnya malam dan saat dia memasuk ke dalam Kehadiratnya, Adam memohon kepada Tuhan. Sebagaimana Tuhan telah menciptakan mereka untuk hidup bersama-sama, Adam, Lilith dan Tuhan yang hidup. Tetapi Lilith tidak mendengarkan Tuhan atau Adam. Melihat bahwa dengan dua orang dengan otoritas yang sama, tidak akan ada solusi, Lilith menjadi frustasi, marah, dan keras kepala. Akhirnya, Lilith marah dan menantang, dia mengucapkan nama Tuhan yang suci dan tak terlukiskan. Setelah merusak kekuatan nama, dia terbang ke udara, mengubah bentuknya, dan menghilang dari pandangan.

    Adam berdiri sendirian, bingung, dan berdoa. “Tuhan Alam Semesta,” katanya. “Perempuan yang Engkau berikan kepadaku telah pergi.” Saat itu, Tuhan mengutus malaikat Senoy, Sansenoy dan Semangelof untuk membawanya kembali kepada Adam. Mereka menemukannya di samping Laut Merah, sebuah daerah yang penuh dengan iblis. Malaikat-malaikat itu memerintahkan Lilith untuk ikut bersama mereka dalam nama Tuhan dan oleh otoritas Tuhan yang paling tinggi, tetapi dia menolak. Saat pemberontakannya meningkat, dia berubah, menjadi lebih dan lebih iblis.

    Tuhan berbicara ke dalam hati Lilith, dan berkata, “Kamu telah memilih jalan yang jahat ini, dan juga kamu akan menjadi jahat. Kamu dikutuk dari sekarang sampai akhir zaman.” Lilith berbicara kepada malaikat dan berkata, “Aku telah menjadi seperti ini, diciptakan untuk menimbulkan penyakit, untuk membunuh anak-anak, yang tidak mungkin aku miliki, dan untuk menyiksa laki-laki.” Dengan kata-kata ini, dia telah menyelesaikan perubahannya menjadi iblis. Bentuknya sekarang adalah Succubus.

    http://www.testriffic.com/resultfiles/13587succubus.jpg

    Hanya saat malam, dia ditakdirkan untuk menjelajahi bumi, mencari bayi yang baru lahir, mencuri kehidupan mereka, dan mencekik mereka ketika tidur. Dia menyiksa orang-orang bahkan sekarang, menyebabkan nafsu dan mimpi buruk. Perlawanannya dan roh jahat menjebak dia selamanya. Terikat dalam kegelapan hatinya sendiri, Lilith menjadi nyonya dan kekasih untuk pasukan iblis. Dan wajah Adam menunduk dan dia berkabung karena dia sangat mencintai Lilith, dan dia sendirian lagi dan kesepian.

    Ada yang bilang bahwa Lilith memerintah sebagai ratu di Zmargad, dan sekali lagi di Syeba dan adalah demoness yang menghancurkan putra pekerjaan. Namun dia lolos dari kutukan kematian yang mendahului Adam, karena mereka berpisah lama sebelum Kejatuhan. Lilith tidak hanya mencekik bayi, tetapi juga menggoda laki-laki yang sedang bermimpi, siapapun, yang tidur sendirian, mungkin menjadi korbannya.

    Kisah lain
    Malaikat yang bertanggung jawab dalam medis: Snvi, Snsvi, dan Smnglof. Setelah Tuhan menciptakan Adam, yang sedang sendirian, Dia berkata, “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja” (Kej. 2:18). Dia kemudian menciptakan seorang wanita untuk Adam, dari bumi, sebagaimana Dia telah menciptakan Adam sendiri, dan memanggilnya Lilith. Adam dan Lilith mulai berkelahi. Lilith berkata, “Aku tidak akan berbaring di bawah,” dan Adam berkata, “Aku tidak akan berbaring di bawah Anda, tetapi hanya di atas. Bagi kamu yang cocok hanya berada di posisi bawah, sementara aku berada di posisi unggul.” Lilith menjawab, “Kita adalah sama antara satu dengan yang lain sebab kita berdua dibuat dari bumi.: Tetapi mereka tidak mau mendengarkan satu sama lain. Ketika Lilith melihat hal ini, ia mengucapkan Nama Yang Terlukiskan dan terbang menjauh ke udara. Adam berdoa kepada Penciptanya: “Raja Alam Semesta!” katanya, “wanita yang Engkau berikan kepada saya telah melarikan diri.” Saat itu, Yang Suci, hanya Dia, mengirimkan tiga malaikatnya untuk membawanya kembali.

    Katanya Yang Kudus kepada Adam, “Jika dia setuju untuk kembali, baik. Jika tidak, ia harus mengizinkan seratus anak-anaknya untuk mati setiap hari.” Malaikat-malaikat meninggalkan Tuhan dan mengejar Lilith, yang mereka susul di tengah-tengah laut, di tempat di mana Tentara Mesir ditakdirkan untuk tenggelam. Mereka mengatakan firman Tuhan kepadanya, tapi dia tidak ingin kembali. Para malaikat berkata, “Kami akan menenggelamkanmu di laut.”

    “Tinggalkan aku!” katanya. “Aku diciptakan hanya untuk menyebabkan penyakit pada bayi. Jika bayi tersebut laki-laki, aku berkuasa atas dirinya selama delapan hari setelah kelahirannya, dan jika bayi tersebut perempuan, aku berkuasa atas dirinya selama dua puluh hari.”

    Ketika para malaikat mendengar kata-kata Lilith, mereka mendesak dia untuk kembali. Tapi ia bersumpah kepada mereka atas nama Tuhan yang hidup dan kekal: “Setiap kali aku melihatmu atau namamu atau bentukmu dalam jimat, saya tidak akan memiliki kekuasaan atas bayi itu.” Dia juga setuju bahwa seratus anak-anaknya meninggal setiap hari. Oleh karena itu, setiap hari seratus setan binasa, dan untuk alasan yang sama, kita menulis nama malaikat pada jimat anak-anak. Ketika Lilith melihat nama mereka, ia ingat akan sumpahnya, dan anak tersebut sembuh.​

    sumber:
    NOTE:ini masi dalam perdebatan, jd bener ato g nya masi gtw..

    mudah2an g salah tempat.. n g repost..
    hehe
    :piss:

    :idws:

    :idwsmania:

    tambahan dari bro calcium:
     
    Last edited: Mar 22, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. raia2122 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    356
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,938 / -0
    baru denger cerita si Lilith.... jadi dia sama hawa (eve) saingan ? ato gimana?
    succubus, jadi inget monster di RO
    nais post :piss:
     
  4. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    lho, bukannya hawa adalah istri pertama adam? jadi bingung :???:

    perasaan dulu baca2 belum pernah bertemu dengan nama lilith deh. yang muncul hanya hawa. :keringat:
     
  5. blackwhite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    505
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,346 / -0
    saya juga belom pernah dengar tentang lilith,
    Jadi kalau Lilith pertama, Eve jadi yang kedua dong ?
    pusing dah, ceritanya membingungkan
     
  6. bulebulukan M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,012 / -0
    wew lilith.. dulu pertama kali denger gara2 film Darklight yang dimenin sama Shiri Appleby <-- jadi lilith nya :haha:
     
  7. ilcloud M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,396
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    gw tau lilith pertama malah dari legenda yunani....
     
  8. deJeer Administrator
    Head Admin

    Offline

    Watching You

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    16,501
    Trophy Points:
    292
    Ratings:
    +31,173 / -1
    setau w..kaga ada nama lilith dalam sejarah awal turunnya manusia....
    propaganda manusia buat angkat suatu karya paling.....
    no offense
    ...................:ngacir:
     
    • Like Like x 1
  9. calcium M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +251 / -0
    Hm... dulu uda pernah baca cerita ini, katanya sumbernya dari suatu Scroll yang uda berusia sangat tua yang berhasil ditemukan.

    Istri pertama Adam adalah Lilith, mereka berdua diciptakan bersama-sama dari tanah, tapi Lilith menolak untuk berada di bawah Adam, kemudian mereka bertengkar dan Lilith pergi, ceritanya sama sih, Lilith kemudian diancam untuk kembali atau setiap hari seribu anaknya akan mati(ga jelas darimana anaknya), tapi Lilith tetep menolak kembali dan menjadi iblis/setan(mungkin bukan bener-bener menjelma, tapi karena kutukan yang diterima).

    Kemudian Tuhan melihat Adam kesepian dan menciptakan Eve/Hawa dari tulang rusuk Adam, agar Eve tidak berperilaku seperti Lilith, selanjutnya seperti yang ditulis di Alkitab, Eve diciptakan dari tulang rusuk supaya tidak di atas dan di bawah Adam, tapi untuk mendampingi di samping.

    Bukan hoax ato cerita bohongan buatan orang jaman modern sih, tapi kebenarannya masi tidak diketahui. Mungkin bisa jadi ini bagian dari Alkitab yang dihapus/hilang. no offense..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. amahara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    109
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    pernah denger sie emang katanya istri pertama Adam adalah Lilith
    dan karena Lilith gag maw patuh sama Adam maka Lilith pergi dan menjadi iblis
    setelah itu baru deh Tuhan menciptakan Eve/Hawa untuk menemani Adam sebagai pendamping

    sedih yang satu jadi iblis, yang satu lagi dipengaruhi iblis
     
  11. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0

    wah, saya suka ini, cukup detil penjelasannya bro calcium. :matabelo:

    eve diciptakan dari tulang rusuk agar hidup disamping/mendampingi adam. logis dan dapat diterima akal sehat mengenai tujuan penciptaan eve dengan tulang rusuk. :nikmat:

    memang sih saya pernah dengar2 tentang hilang/kurangnya isi dari kitab suci yang ada sekarang ini. gak terpikir bahwa mungkin part inilah yang hilang (hanya asumsi). :siul:
     
  12. ytsujam Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    Sebetulnya kalo di lihat dari ceritanya sih. LIlith itu sebelum Eva di ciptakan.. dan akhirnya menjadi iblis.. juga.. ada ang bilang juga bahwa LIlith sebenarnya adalah ular yang membujuk Hawa / Eva untuk memakan buah kuldi..
     
  13. arez89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 26, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +5,760 / -0
    ini mungkin bbrp tambahan... ttg bagian2 hilang dlm apokrifa
    http://www.akupercaya.com/belajar-alkitab/13221-bagian-bagian-yang-hilang-apokrifa.html
     
  14. danieledgar M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    928
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +725 / -0
    aneh gan:swt:
    setau saia wanita yg diciptakan pertama ya mbak eve ato non hawa ithu :piss:
    kl lilith mah,ndak pernah tau saia
     
  15. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    jadi kesimpulannya, si Lilith inilah yang membujuk Eve memakan buah terlarang itu?? :???:

    jadi dia lah yang menyebabkan Adam diusir dari surga dan menyebabkan kita semua hidup sengsara di bumi?? :hulk:
     
  16. valr1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    770
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +191 / -0
    lilith itu bukannya hawa juga cuma di islam itu disebut hawa tapi kalo di agama laen itu disebut lilith karena lilith itu emang bahasa mana gitu gua lupa

    tapi jadi inget eva angelion neon genesis..... adam dan lilith tidak boleh bersatu karena bisa terjadi impact .... firt impact "shinji hikaru" secong inpact "asuka langley" .... third impact yang lagi terjadi di anime eva hehehehhehehe
     
  17. MAJINBHU M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 21, 2008
    Messages:
    2,183
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +206 / -0
    no offense.......tapi lilith gak pernh disebutkan di al-quran (sejauh yang saya tau......) jadi saya pribadi gak percaya klo lilith itu beneran ada

    adam dan hawa sudah terbukti klo mereka itu ada dengan adanya makam dri mereka berdua di tanah suci (gak apal tempatnya.......tapi beneran ada) klo ada sodara yang sudh pergi umroh ato naek haji cb deh tanya

    menurut cerita yang beruntung masuk ke makamny dri adam dan hawa (ktny gak semua yang boleh ziarah......) makamny besar dan panjang (katany seh panjangnya hampir 3 m)

    karna gak ada bukti yang terprcaya jadi saya mash meragukan..........sekali lagi no offense
     
  18. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    baru pertama kali saia dengar cerita ini brur... oya posisi atas bawah itu maksudnya apaan ya?
     
  19. shadowpit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    561
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +57 / -0
    agan TS hati hati dalam men share suatu artikel,,takutnya malah merusak aqidah...

    ^^
     
  20. BoA M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    744
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +728 / -0
    Hah, Lilith istri pertama Adam!!! :kaget:

    Padal slama belajar Agama, di alkitab cuma ditulis kalo Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam.. Brarti Si Lilith juga diciptakan melalui proses yang sama dong :???:
    Kalo dibaca dari kepribadiannya si Lilith, dia mirip sama ular yang diusir Tuhan dari Surga karena telah menjerumuskan Adam dan Hawa dalam dosa.

    Walopun agak kontroversial, itung2 buat nambah pengetahuan aja deh :peace:
     
    Last edited: Feb 28, 2011
  21. valr1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    770
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +191 / -0
    ane taunya lilith emang istri ada dan di ambil gennya maka terciptalah rei ayanami

    haihaihiaia

    adam dan lilith tidak takdirkan bersama jika mereka bersatu maka impact / kiamat akan terjadi

    impat telah terjadi 2 kali dikarenakan angel anak2 lilith yang telah berusaha menyatukan mereka kembali agar ras manusia punah dan hanya tinggal tersisa lilith dan angel

    wakkaka eva angelion neon genesis
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.