1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kinerja Pemerintahan Jokowi Mengecewakan, Rupiah Melemah

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Fackman, Dec 16, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Fackman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2014
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Pengamat Pasar Uang, Farial Anwar, mengatakan nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar disebabkan faktor gabungan. Salah satunya, kekecewaan pasar terhadap kabinet pemerintah Jokowi-JK yang belum terlihat merealisasikan janji-janjinya.

    "Pasar kecewa dengan kabinet, menurut saya gabungan," ujarnya kepada Republika usai dihubungi via sambungan telepon, Kamis (4/12).

    Menurut dia, pasar menaruh harapan positif terhadap kabinet baru Jokowi-JK. Namun, harapan tersebut pada akhirnya berbeda dengan kenyataan. Pasalnya, pemerintah membuat masalah dengan membuat kebijakan menaikkan harga BBM. "Kelompok pemerintah mengatakan kenaikan BBM akan memperkuat rupiah, itu tidak benar," katanya.

    Menurutnya, setiap kenaikan harga BBM maka akan diikuti dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi lemah. Selain itu, pelemahan rupiah yang terjadi sejak tahun 2013 hingga 2014 dan trend tersebut akan berlanjut di tahun 2015.

    Selain itu, ia menuturkan kebijakan Bank Indonesia dengan menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) pun tidak berdampak apa-apa terhadap nilai tukar rupiah. Farial pun menilai tidak melihat ada upaya dari pemerintah untuk mengendalikan nilai tukar rupiah. Termasuk, lalu lintas devisa yang bebas dan sebenarnya menggangu dibiarkan. "Saya tidak melihat dari pemerintah upaya mengendalikan nilai tukar kita," katanya.

    Ia pun menambahkan, salah satu nilai tukar rupiah melemah disebabkan rencana The Fed menaikkan suku bunga dan ekonomi Amerika yang sudah mulai membaik. (ROL)

    sumber
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.