1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sharing Kiat Sukses Wawancara Kerja

Discussion in 'Career Talks' started by vikz, Aug 5, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vikz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2008
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +15 / -0
    Dear Supporter,

    Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan , pasti akan mengirimkan lamaran kerja saat menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai bidang yang diminati, entah itu di internet atau surat kabar. Namun, apa Anda siap melakukan wawancara kerja saat mendapat panggilan wawancara mendadak di kantor yang Anda lamar? Ini dia kiat sukses yang bisa Anda lakukan saat melakukan wawancara kerja.

    Ceritakan Kelebihan Anda

    Saat wawancara kerja, ceritakanlah semua kelebihan utama yang ada pada diri Anda dan relevan dengan bidang pekerjaan yang sedang Anda lamar. Sebaiknya, hindari menceritakan tema yang general, seperti, “saya selalu datang ke kantor tepat waktu” atau “saya bisa mengerjakan semua pekerjaan sesuai deadline”. Anda bisa menceritakan kelebihan Anda seperti “saya selalu bekerja sepenuh hati dan selalu bersemangat dengan daftar rencana pekerjaan yang saya buat sendiri”.

    Gaji yang Realistis

    Saat ditanya pewawancara soal gaji, sebutkan nilai gaji yang Anda harapkan dari kantor tersebut dengan angka yang realistis. Jika Anda sudah bekerja sebelumnya, janganlah berbohong soal gaji yang diterima saat bekerja dulu. Jika gaji Anda di kantor yang sekarang kurang sesuai, berikan penjelasan pada si pewawancara.

    Beri Tahu Kekurangan dan Kegagalan Anda

    Jangan tunjukkan bahwa diri Anda sempurna. Sebaiknya, Anda jujur mengenai kekurangan dan kelemahan yang ada pada diri Anda. Sebutkan dengan jelas semua hal yang selama ini mengganjal dalam diri Anda agar suasana kerja nantinya bisa cepat sesuai dengan diri Anda. Selain itu, tak ada salahnya jika Anda menceritakan kegagalan yang pernah Anda alami saat berada di dunia kerja, dan beri tahu juga bahwa Anda memiliki solusi saat mengalaminya.

    Rencana yang Ingin Anda Lakukan

    Saat wawancara, gambarkan juga rencana yang ingin Anda lakukan kedepannya. Seperti apa jabatan yang ingin Anda raih di atas jabatan yang sedang Anda lamar sekarang. Jangan sekalipun Anda memberitahukan rencana yang tidak relevan di luar bidang yang sedang Anda lamar, sebab akan memperlihatkan bahwa diri Anda adalah seorang yang tidak fokus.

    Jangan Sungkan untuk Bertanya

    Apakah Anda memiliki pertanyaan yang mengganjal mengenai kondisi dan lingkungan kerja di kantor yang sedang Anda lamar atau kinerja orang-orang yang ada di dalamnya? Janganlah sungkan untuk bertanya. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada kinerja Anda nantinya.

    Beberapa hal di atas dapat Anda gunakan sebagai kiat sukses untuk menghadapi wawancara pada lamaran kerja Anda. Apakah sekarang Anda sudah siap melakukan wawancara?

    Salam,

    Sources:

    - jobsearch.about.com/cs/interviews/a/jobinterviewtip.htm

    - career-advice.monster.co.uk/job-interview/preparing-for-job-interviews/top-5-job-interview-tips/article.aspx

    diakses 23 Juli 2014.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Peloponessian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 28, 2011
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +67 / -0
    KEEP CALM!!!!
    Ini nih resep yg manjur belakangannn
     
  4. crimson_fatalis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 2, 2014
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    Berhubung ane udah mengalami hal tersebut dan punya banyak temen yang interviewer...

    Beberapa hal tersebut diatas mungkin hanya teks book, jauh berbeda sama realita.

    Inti interview hanya masalah like or dislike (personal to personal), klo apes dari jauh tuh interviewer liat muka dan gaya lo udah enek ya nasib.....mo cerita segudang kelebihan jg percuma.

    So.....intinya
    1. RAPI (kaos kaki jangan lupa..critical ini bro)
    2. SENYUM ( jangan kebanyakan senyum jg kali, secukupnya aja)
    3. JUJUR ( klo gak tau jangan sok2 tau, ngomong aja gak tau)
    4. JANGAN JADI PUJANGGA ( biasanya klo ditanya kenapa melamar ke perusahaan ini, banyak yang jawab...demi nusa bangsa (cuih)...perusahaan besar ( cuih)....jawab jujur aja gaji gede dan kesejahteraan bagus...intinya yang bikin jawaban lo manusia, bukan jawaban dewa)
    5. JANGAN LUPA DOA

    Good Luck bro
     
  5. agusyng Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 22, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Wah uda pengalaman y gan, emang sih di lapangan itu lebih bersifat untung-untungan.
    Kalo recruiter lagi bete y kena imbasnya, tapi persiapan sebelum maju juga pantas.
    Oh ya, kalo soal kekurangan yang mau diceritakan ada bagusnya kekurangan yang sudah mampu kita atasi supaya memberi kesan kalo berusaha untuk menjadi lebih baik
     
  6. Marx_ssa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +233 / -0
    Mkasimalkan persiapan, kuasai materi bidang yg memang ingin di lamar, bnyak orang bilang bisa ini itu tapi pas di suruh praktek atau mencari suatu solusi malah gak bisa apa - apa, hanya beraharap pada keberuntungan
     
  7. nggakingat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 26, 2012
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    gue paling sebel kalo interview fresh grad, pas gue tanya gaji yg diminta, jawabnya "mengikuti kebijakan perusahaan saja". dalam hati gue bilang, "elu sendiri aja kagak bisa ngasih harga buat diri elu, mungkin memang elu gak berharga.."
     
  8. jogito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    klo sepengalaman ane gan, kudu bisa dengerin dulu apa mksd pertanyaan wawancaranya gan, ya pikirin dulu jawabannnya (jangan spontan gitu), abis itu ngomongnya jgan cepet tp sntai
    klo bisa kek gini pewawancara bisa nilai agan orgnya PD ma orgnya persiapan..
     
  9. chkrmdhn Members

    Offline

    Joined:
    Oct 15, 2015
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Sebelum interview sebaiknya banyakin cari2 info tentang perusahaan, semakin banyak pengetahuan tentang perusahaan biasanya interviewer akan semakin tertarik dan menganggap kalian sudah melakukan persiapan sebelum interview. Selain itu sebelum interview sebaiknya kalian sudah mencari tahu pertanyaan apa yang kira2 akan ditanyakan, kalo mau cari kisi2 interview bisa liat di website ini. Dan yang terakhir kalo ditanya "apakah ada pertanyaan" kalian HARUS mengajukan pertanyaan. Tapi jangan tanya "gaji saya berapa" atau "jam kerjanya dari jam brp sampe jam brp" sebaiknya berikan pertanyaan seputar perusahaan atau pekerjaan misalkan "apakah saya akan kerja dalam team?" atau "gimana budaya perusahaan ini?" atau "apa target perusahaan bulan ini/tahun ini?"
     
  10. startupjobsindonesia Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2015
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    beberapa kali dulu interview yang penting saat melamar lowongan kerja harus sesuai dengan keahlian, syukur-syukur udah ada pengalaman..biasanya itu juga menentukan, udah yang penting sebelum berangkat interview harus sarapan :ognikmat:
     
  11. idiotwarrior Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    sama gan, biasa yg begini gw fail in. :devil4:
     
  12. kusumarga Members

    Offline

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    mungkin bisa dengan mempelajari mengenai perusahaannya, seperti sejarahnya, visi misi, trus jabatan yang dilamar itu ngapain aja kerjanya biasanya ini yang sering ditanyakan pas interview..
    tapi ini berlaku untuk Indonesia, kalau interview untuk perusahaan asing belum pernah. Mungkin bisa dengan 5 real secret of finding jobs atau finding an urgently needed job tapi harus bisa berbahasa inggris karena untuk perusahaan asing mewajibkan bisa berbahasa inggris.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.