1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Khasiat Ginkgo Biloba

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by jHony, Mar 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. jHony Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    3,625
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,932 / -0
    [​IMG][​IMG]
    Suplemen ginkgo (Ginkgo biloba) belakangan makin santer ditawarkan pada kita. Khasiatnya memang gila-gilaan. Mulai dari antilupa, "antitua", antikeriput, sampai menggenjot s*ks. Sejauh mana jalan ceritanya?

    SUPLEMEN ginkgo diekstrak dari tanaman berbentuk pohon, yang tingginya bisa mencapai 25 m. Namanya Ginkgo biloba. Tanaman ini asli dari daratan Tiongkok dan konon sudah ada sejak zaman prasejarah, 300 ribu tahun silam. Dibandingkan dengan tanaman berbentuk pohon lainnya, tanaman ginkgo tergolong berumur sangat panjang. Bisa sampai ratusan tahun. Sehingga sering dimitoskan sebagai tanaman untuk panjang usia.
    Sebagai bahan obat alami, ginkgo bukanlah barang baru. Soalnya, penduduk kuno Tiongkok telah memanfaatkan daun dan buahnya sejak 5.000 tahun lalu. Terutama untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, seperti asma maupun bronkhitis. Mereka pun menggunakannya sebagai minuman tonikum penyegar tubuh, setelah sarinya disaring.Kini sari ginkgo telah ditawarkan berupa ekstrak, baik dalam bentuk pil, kapsul, maupun cairan pekat (tincture). Setiap butir pil atau kapsul mengandung 40 mg ekstrak ginkgo, yang menyimpan 24 persen senyawa ginkgo flavoglikosida alias ginkgolida. Zat inilah yang diunggulkan sebagai senyawa alami berkhasiat obat.

    Dengan hanya minum sebutir pil/kapsul dosis 40 mg per hari, pengaruh optimalnya sudah bisa dirasakan. Para peneliti menemukan adanya peningkatan reaksi daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi. Demikian antara lain kesimpulan Konferensi British Psychological Society di Winchester, Inggris bagian selatan, belum lama ini.
    Dr. Andrew Scholey, ahli psikofarmakologi dari Universitas Northumbria, Inggris, sependapat bahwa ginkgo berkhasiat meningkatkan daya konsentrasi. Karena itu, menurutnya, sari ginkgo bisa dimanfaatkan untuk menopang pekerjaan yang memerlukan perhatian terus-menerus. Keampuhannya itu membuat suplemen ginkgo digunakan di beberapa negara sebagai obat penyakit Alzheimer (merosotnya daya ingat) dan kepikunan.
    Dari serangkaian laporan penelitian yang disampaikan dalam konferensi tersebut terungkap beberapa kemanjuran lain ekstrak ginkgo. Di antaranya menderaskan aliran darah dan oksigen ke otak. Dengan demikian, selain meningkatkan daya ingat, ginkgo juga dapat menunda kelelahan otak, menghilangkan stres, mengusir sakit kepala, pusing sebelah (migrain), pusing berputar (vertigo), dan telinga berdenging.
    Ginkgo mampu menjaga elastisitas dan kekuatan pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan (aterosklerosis), yang dapat menggiring terjadinya stroke. Khasiat lainnya, menguatkan sistem pembuluh darah jantung. Bahkan, untuk memulihkan kembali kondisi tubuh akibat serangan stroke dan serangan jantung pun ekstrak ginkgo sanggup melakukannya. Selain itu, ekstrak ginkgo dapat menghabisi munculnya radikal bebas perusak sel, sehingga proses penuaan dapat diperlambat. Yang paling mengejutkan, ternyata ekstrak ginkgo mampu melambungkan daya seksual.

    Ginkgo mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan flavonoid, yakni ginkgolida. Para peneliti memastikan senyawa inilah yang berperan penting memperlebar sistem pembuluh paling kecil, yakni mikrokapiler, sehingga meningkatkan fungsi organ vital, terutama otak. Karena itu, ginkgo paling efektif jika dimanfaatkan untuk meningkatkan ketajaman mental. Hanya saja, manfaat ini lebih terasa pada orang dewasa, terutama yang sudah memasuki usia 40 tahun, dan bukan bagi anak-anak. Bagaimana latar belakangnya sehingga ektrak ginkgo kurang efektif bagi anak-anak, tak disebutkan.
    Dengan produksi ATP yang melejit, jaringan elektrik tubuh dipacu keaktifannya. Makanya, ginkgo dikatakan mampu membuat nafsu s*ks kita gampang "kesetrum". Tambahan lagi, dengan aktivitasnya melonggarkan pembuluh darah, organ s*ks memperoleh pasokan energi lebih lancar. Pantas saja kalau dikatakan ekstrak ginkgo bisa membuat daya s*ks makin josss!

    Dalam hal mencegah ketuaan, ekstrak ginkgo termasuk bahan alami yang bisa dijagokan. Menurut hasil penelitian, keaktifannya menghadang radikal bebas yang merusakkan sel jauh lebih kuat daripada jambu biji, anggur, apel, maupun jeruk. Soalnya, dibandingkan buah-buahan tersebut, kandungan zat aktif flavonoidnya sepuluh kali lipat! Selain mencegah laju ketuaan kulit, ginkgo pun mampu mereparasi kembali kerut ketuaan dini.
    Sekalipun ginkgo merupakan bahan alami, bukan berarti kita bisa meminumnya secara bebas. Bagaimanapun overdosis tetap berakibat buruk bagi tubuh. Sejumlah penelitian menyebutkan konsumsi ekstrak ginkgo berlebihan mengakibatkan diare, mual, dan muntah. Kalau hal ini terjadi, suplementasi ginkgo tidak perlu dihentikan sama sekali, tapi cukup dengan dikurangi dosisnya hingga dosis terkecil.

    Karena khasiatnya sebagai "pengencer" darah, ekstrak ginkgo tidak dianjurkan bagi orang yang mengalami kesulitan pembekuan darah. Penderita ayan termasuk yang tidak disarankan meminumnya, karena dapat mengurangi efektivitas obat antikejang. Untuk itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Begitu juga dengan wanita hamil. Hindari minum suplemen ginkgo, agar janin yang dikandungnya tidak sampai teracuni.
     
    Last edited: Mar 8, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Ayz_boshi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 6, 2008
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +217 / -0
    dia itu bs tumbuh dmn? di cina?
    di kita da g yah tanamannya??
     
  4. ddesta Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    3,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +8,978 / -0
    ada kq bro perasaan byk di jual kan....:em0100:
     
  5. wilson M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    beli di apotik ada ya? merek nya apa ya
     
  6. GODSPEED M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +44 / -0
    banayk bgt kandungannya
    coba ah....
     
  7. Marco86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,812
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,401 / -0
    Sayangnya gw alergi kayana ama ni barang satu ini.. Tiap minum, sakit perut gw..
     
  8. Caln M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 15, 2008
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,950 / -0
    Di minuman apa ginkgo biloba itu?
     
  9. oem4r M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    310
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +10,348 / -0
    pasti mahal ya.....
    bisa ngurangi kadar nikotin ga??
    :rokok::rokok::rokok::rokok::rokok:
     
  10. poplar Members

    Offline

    Joined:
    Feb 1, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +2 / -0
    kalau buat orang perempuan umur 65 tahun berbahaya nda nih? ini dijual bebas di apotik / hanya sejenis produk mlm?
     
  11. meneng M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    434
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    berarti iklan penambah kecerdasan otak di Indo, C** E**(takut nyebutin) itu salah dong??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.