1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Ketela pohon (Manihot esculenta)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by sim1, May 12, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sim1 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2014
    Messages:
    10,244
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +6,565 / -0



    Ketela pohon (Manihot esculenta)









    [TH="background-color: #A9A9A9"]Ketela pohon



    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Malpighiales
    Famili: Euphorbiaceae
    Upafamili: Crotonoideae
    Bangsa: Manihoteae
    Genus: Manihot
    Spesies: M. esculenta
    Nama binomial
    Manihot esculenta
    Crantz[/TH]





    [TH="background-color: #A9A9A9"]SUMBER[/TH]

    [TH="background-color: #A9A9A9"][/TH]




    [​IMG]

    Cassava
    Cassava (Manihot esculenta), is also called manioc, yuca, balinghoy or kamoteng kahoy (in the Philippines), mogo (in Africa), mandioca, tapioca-root (predominantly in India) and manioc root, a woody shrub of the Euphorbiaceae (spurge) family native to South America, is extensively cultivated as an annual crop in tropical and subtropical regions for its edible starchy tuberous root, a major source of carbohydrates. It differs from the similarly spelled yucca, an unrelated fruit-bearing shrub in the Asparagaceae family. Cassava, when dried to a powdery (or pearly) extract, is called tapioca; its fermented, flaky version is named garri.

    Cassava is the third largest source of food carbohydrates in the tropics, after rice and maize. Cassava is a major staple food in the developing world, providing a basic diet for over half a billion people. It is one of the most drought tolerant crops, capable of growing on marginal soils. Nigeria is the world's largest producer of cassava, while Thailand is the largest exporting country of dried cassava.

    Cassava root is a good source of carbohydrates, but a poor source of protein. A diet consisting predominantly of cassava root can cause protein-energy malnutrition.

    Cassava is classified as sweet or bitter. Like other roots and tubers, cassava contains antinutritional factors and toxins. It must be properly prepared before consumption. Improper preparation of cassava can leave enough residual cyanide to cause acute cyanide intoxication and goiters, and may even cause ataxia or partial paralysis. Nevertheless, farmers often prefer the bitter varieties because they deter pests, animals, and thieves. The more toxic varieties of cassava are a fall-back resource (a "food security crop") in times of famine in some places.


    Ketela Pohon
    Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot esculenta) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

    Deskripsi
    Perdu, bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.

    Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

    Sejarah dan pengaruh ekonomi
    Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua kultivar M. esculenta dapat dibudidayakan.

    Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

    Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil.

    Pengolahan
    Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun.

    Dari pati umbi ini dibuat tepung tapioka (kanji).

    Penggunaan
    Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, baik untuk pengidap alergi.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. justkaen MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 25, 2011
    Messages:
    2,197
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +27,170 / -0
    nyumbang artikel ya :malu


    Makan Ketela Pohon Lebih Baik

    [​IMG]


    Dalam soal makan, yang wajib pertama adalah tercukupinya zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam takaran yang memadai. Selain itu makanan yang dimakan tentunya haruslah aman untuk dikonsumsi dalam arti tidak membahayakan kesehatan. Beras, gandung ( terigu ), jagung, singkong dan umbi - umbi lainya konsumsi manusia ( dan juga hewan ) terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan akan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup.

    Sebagai sumber karbohidrat bahan - bahan pangan tersebut tentu dapat dipertukarkan sesuai nilai gizi atau kalori yang terkandung pada masing - masing bahan Pria dewasa yang bekerja ringan membutuhkan kalori sebanyak 2800 kal/hari, sedangkan pekerja berat membutuhkan 3600 kal/hari. Beras mengandung 363 kal/100gr, Ubi kayu ( singkong ) mengandung 154 kal/100gr, ubi jalar mengandung 139 kal/100gr. Kebutuhan kalori perhari cukup 50% saja yang bersumber dari karbohidrat, sebagai contoh untuk seorang pekerja berat membutuh kan 1800 kal dari karbohidrat per hari, selebihnya diperoleh dari protein dan lemak yang dimakan.

    Dengan demikian bagi seorang pria dewasa yang sehari - harinya bekerja berat secara fisik akan membutuhkan sebanyak 496gr beras atau 1169gr singkong, atau 1295gr ubi jalar. Lantas, kenapa singkong lebih baik? dari segi ekonomi, bila harga singkong Rp. 2000/kg ( Rp. 2 /gr ) sedangkan harga beras Rp. 7000/kg ( Rp. 7/gr ) maka untuk memperoleh nilai gizi yang sama yaitu 1800kal/hari dibutuhkan biaya Rp. 3472 bila mengkonsumsi beras, sedangkan bila mengkonsumsi singkong maka hanya diperlukan biaya Rp. 2338 jadi jelas makan singkong lebih EKONOMIS.

    KEUTAMAAN SINGKONG BAGI KESEHATAN

    Singkong ternyata memiliki kelebihan lainya yang tidak dimiliki oleh padi maupun gandum ( terigu ) yaitu adanya kandungan zat Antosianin yang dapat mengurangi sifat Hyperaktif pada anak autis. Disamping itu kandungan serat pada umbi - umbian rata - rata 10 kali lebih tinggi dari pada beras. Dari berbagai penelitian mutakhir telah diketahui berbagai pengaruh Fisiologis dari serat pangan yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. beberapa pengaruh fisiologis tersebut antara lain :

    1. Mengurangi waktu transit makanan didalam usus
    2. Meningkatkan kepuasan makan / mempercepat rasa kenyang
    3. Memperlambat kosongnya lambung
    4. Mengurangi peningkatan kadar gula darah setelah makan
    5. Meningkatkan Sekresi Pangkreas
    6. Memperbesar ukuran, memperlunak dan meningkatkan berat feses
    7. Menguntungkan pertumbuhan mikroflora usus
    8. Meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek
    9. Menurunkan serum lipid dan meningkatkan cairan empedu

    Efek menyehatkan dari serat pangan tidak terlepas dari peranannya secara fisiologis seperti disebutkan diatas. Berdasarkan berbagai penelitian, beberapa penyakit penting secara signifikan dapat dicegah dengan mengkonsumsi serat pangan, seperti Kanker Usus Besar, penyakit divertikular ( benjolan / luka pada usus ), penyakit kardiovaskular, dan obesitas.


    Source
     
  4. ffda M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 26, 2013
    Messages:
    4,694
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +12,472 / -0










    Cara terbaru Budidaya Ketela Pohon

    [​IMG]
    SYARAT PERTUMBUHAN
    1. IKLIM
    · Untuk dapat berproduksi optimal, ubikayu memerlukan curah hujan 150- 200 mm pada umur 1-3 bulan, 250-300 mm pada umur 4-7 bulan, dan 100- 150 mm pada fase menjelang dan saat panen (Wargiono, dkk., 2006).
    · Suhu udara minimal bagi tumbuhnya ketela pohon/singkong sekitar 10 derajat C. Bila suhunya dibawah 10 derajat C menyebabkan pertumbuhan tanaman sedikit terhambat, menjadi kerdil karena pertumbuhan bunga yang kurang sempurna.
    · Kelembaban udara optimal untuk tanaman ketela pohon/singkong antara 60 - 65%.
    · Sinar matahari yang dibutuhkan bagi tanaman ketela pohon / singkong sekitar 10 jam / hari terutama untuk kesuburan daun dan perkembangan umbinya.

    2. MEDIA TANAM.
    · Tanah yang paling sesuai untuk ketela pohon / singkong adalah tanah yang berstruktur remah, gembur, tidak terlalu liat dan tidak terlalu poros serta kaya bahan organik. Tanah dengan struktur remah mempunyai tata udara yang baik, unsur hara lebih mudah tersedia dan mudah diolah.
    · Jenis tanah yang sesuai untuk tanaman ketela pohon / singkong adalah jenis aluvial latosol, podsolik merah kuning, mediteran, grumosol dan andosol.
    · Derajat keasaman (pH) tanah yang sesuai untuk budidaya ketela pohon berkisar antara 4,5 – 8,0 dengan pH ideal 5,8. pada umumnya tanah di Indonesia ber pH rendah (asam), yaitu berkisar 4,0- 5,5, sehingga seringkali dikatakan cukup netral bagi suburnya tanaman ketela pohon.

    [​IMG]

    PEDOMAN BUDIDAYA

    1. BIBIT
    · Gunakan varietas unggul yang mempunyai potensi hasil tinggi, disukaikonsumen, dan sesuai untuk daerah penanaman. Sebaiknya varietas unggul yang dibudidayakan memiliki sifat toleran kekeringan, toleran lahan pH rendah dan/atau tinggi, toleran keracunan Al, dan efektif memanfaatkan hara P yang terikat oleh Al dan Ca.
    · Ketela pohon berasal dari tanaman induk yang cukup tua (10-12 bulan).
    · Ketela pohon harus dengan pertumbuhannya yang normal dan sehat serta seragam
    · Batang telah berkayu dan berdiameter ± 2,5 cm lurus.
    · Belum tumbuh tunas-tunas baru.

    2. PENGOLAHAN MEDIA TANAM

    a. Persiapan.
    Kegiatan yang perlu dilakukan sebelum pengolahan lahan adalah :
    - Pengukuran PH tanah dilakukan dengan menggunakan kertas lakmus, pH meter dan atau cairan pH tester.
    - Penganalisaan jenis tanah pada contoh atau sempel tanah yang akan ditanami untuk mengetahui ketersediaan unsur hara, kandungan bahan organik.
    - Penetapan jadwal / waktu tanam berkaitan erat dengan saat panen. Hal ini perlu diperhitungkan dengan asumsi waktu tanam bersamaan dengan tanaman lainnya
    (tumpang sari), sehingga sekaligus dapat memproduksi beberapa variasi tanaman sejenis.
    - Luas areal penanaman disesuaikan dengan modal dan kebutuhan setiap petani ketela pohon. Pengaturan volume produksi penting juga diperhitungkan karena berkaitan
    erat dengan perkiraan harga saat panen dan pasar.

    b. Pembukaan dan pembersihan lahan.
    - Pembukaan lahan pada intinya adalah merupakan pembersihan lahan dari segala gulma (Tumbuhan pengganggu) dan akar tanaman sebelumnya.
    - Tujuan pembersihan lahan untuk memudahkan perakaran tanaman berkembang dan menghilangkan tumbuhan inang bagi hama dan penyakit yang memungkinkan ada.

    c. Pembentukan Bedengan (Guludan).
    - Bedengan dibuat pada saat lahan sudah 70% dari tahan penyelesaian. Bedengan atau pelarikan dilakukan untuk memudahkan penanaman sesuai dengan ukuran yang
    dikehendaki.
    - Pembentukan bedengan untuk memudahkan pemeliharaan tanaman, seperti pembersihan tanaman liar maupun sehatnya pertumbuhan tanaman itu sendiri.

    d. Pengapuran (bila diperlukan).
    - Untuk menaikkan pH tanah, terutama pada lahan yang bersifat sangat asam/tanah gambut, perlu dilakukan pengapuran. Jenis kapur yang digunakan adalah
    Kalsit/Kaptan (CaCO3). Dosis yang biasa digunakan adalah 1 – 2,5 ton / hektar. Pengapuran diberikan pada waktu pembajakan atau pada saat pembentukan
    Bedengan kasar bersamaan dengan pemberian pupuk kandang.

    [​IMG]

    TEKNIK PENANAMAN

    1. Penentuan Pola Tanam harus memperhatikan musim dan curah hujan. Pada lahan tegalan/kering, waktu tanam yang paling baik adalah awal musim hujan atau setelah penanaman padi. Jarak tanam yang digunakan pada pola monokulturan adalah 80 x 120 cm.

    2. Cara Penanaman Sebelum bibit ditanam disarankan agar bibit direndam terlebih dahulu dengan pupuk hayati SOT HCS yang telah dicampur dengan air selama 3-4 jam. Setelah itu baru dilakukan penanaman di lahan, hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan dari bibit.


    3. Cara penanaman dilakukan dengan meruncingkan ujung bawah stek Ketela Pohon, kemudian tanamlah sedalam 5 – 10 cm atau kurang lebih 1/3 bagian stek tertimbun tanah. Bila tanahnya keras/berat dan berair/lembab, stek ditanam saja.


    PEMELIHARAAN TANAMAN

    - Penyulaman
    Untuk bibit yang mati/abnormal segera lakukan penyulaman yakni dengan cara mencabut dan diganti atau disulam. Penyulaman dilakukan pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas.

    - Penyiangan
    Penyiangan bertujuan untuk membuang semua jenis rumput/tanaman liar/tanaman pengganggu yang hidup disekitar tanaman. Dalam satu musim, minimal dilakuakan penyiangan 2 kali. Periode kritis atau periode tanaman harus bebas dari tanaman pengganggu adalah antara 5 – 10 minggu HST (Hari Setelah Tanam). Bila tanaman peengganggu tidak terkendali selama periode kritis tersebut, produktivitas dapat turun sampai 75% jika dibandingkan dengan kondisi tanpa gangguan tanaman liar/pengganggu.

    - Pembubunan
    Cara pembubunan dilakukan dengan menggemburkan tanah disekitar tanaman dan setelahnya dibuat seperti gundukan. Waktu pembubunan bersamaan dengan penyiangan, hal ini dapat menghemat biaya. Apabila tanah disekitar pohon terkikis karena hujan atau karena yang lain, maka perlu dilakukan penimbunan ulang.

    - Perempelan/Pemangkasan.
    Perempelan/Pemangkasan tunas perlu dilakukan kerana minimal setiap pohon harus mempunyai 2 atau 3 cabang, hal ini agar batang pohon tersebut bisa digunakan sebagai bibit lagi dimusim tanam mendatang.

    PEMUPUKAN
    Pemupukan perlu dilakukan dengan Pupuk Kandang yang telah diolah terlebih dahulu dengan POLA HCS. Jika pupuk kandang berasal dari ternak yang belum menggunakan SOC HCS, maka kebutuhan per hektar sebanyak 2 ton. Namun jika kotoran berasal dari ternak yang telah menggunakan SOC HCS, maka kebutuhan per hektar hanya 8 kwintal.
    Adapun cara pemupukannya adalah sebagai berikut :
    - Taburkan Bokashi pada setiap lubang 3 hari sebelum tanam pada sore atau pagi hari.
    - Semprot dengan SOT HCS pada tiap lubang 1 hari sebelum tanam pada sore atau pagi hari (8 tutup botol SOT HCS dicampur dengan 14 liter air dan gula pasir 3 sendok makan dan diamkan terlebih dahulu selama 15 menit sebelum dikocorkan).
    - Lakukan penyemprotan/pengocoran SOT HCS pada saat 7 HST.
    - Selanjutnya lakukan dengan interval 2 minggu sampai usia 3 bulan HST.
    - Setelah itu lakukan setiap 1 bulan 1 kali sampai panen.

    PENGAIRAN DAN PENYIRAMAN
    Kondisi lahan Ketela Pohon dari awal tanam sampai umur 4-5 bulan HST (Hari Setelah Tanam) selalu daam keadaan lembab, tapi tidak terlalu becek. Pada tanah kering perlu dilakukan penyiraman dan pengairan. Pada musin kering, penyiraman dilakukan dengan cara menyiram langsung namun cara ini dapat merusak gundukan tanah di pangkal pohon. Yang lebih baik adalah dengan system genangan dengan tujuan agar air dapat meresap ke tanah.

    PENANGGULANGAN OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)
    Lakukan penyemprotan dengan PHEFOC HCS untuk antisipasi dan pencegahan cukup 1 bulan 1 kali. Jika ada gejala terserang OPT maka penyemprotan dengan PHEFOC dapat dilakukan 2 minggu sekali (jangan dibarengkan dengan penyemprotan SOT HCS).
    Sumber
     
  5. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    15,681
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,103 / -6
    Tumis Daun Singkong






    [​IMG]
    Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

    2 ikat daun singkong, direbus, diperas, diiris
    1 buah tomat, dipotong-potong
    2 buah cabai merah besar, diiris miring
    2 lembar daun salam
    1 batang serai, dimemarkan
    1 1/4 sendok teh garam
    1/4 sendok teh merica bubuk
    1/4 sendok teh gula pasir
    200 ml air
    2 sendok makan minyak untuk menumis
    Bumbu Halus :

    6 butir bawang merah
    4 siung bawang putih
    4 buah cabai merah keriting
    2 cm lengkuas
    1 cm jahe
    1/2 sendok teh ketumbar

    Cara membuat :

    1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, cabai merah, daun salam, dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.
    2. Masukkan daun singkong, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
    3. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.



    Singkong Goreng






    [​IMG]
    Bahan Singkong Goreng:

    1 kg singkong ukuran sedang, kupas kulitnya, cuci bersih, potong sesuai selera
    5 siung bawang putih, haluskan
    1 liter air es
    1/2 sdm baking powder
    Garam secukupnya
    1 sdm margarin
    Minyak goreng sekucupnya
    Cara Membuat Singkong Goreng:

    Pertama kukus singkong hingga empuk, lalu sisihkan.Selanjutnya campur bawang putih, baking powder dan garam dalam air es, aduk hingga rata.Terus kamu masukkan singkong kukus ke dalam air rendaman tersebut selama 30 – 45 menit dan tiriskan.Nah sekarang goreng singkong ke dalam minyak panas yang telah dicampur margarin. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat tiriskan.Sudah deh enaknya singkong disajikan selagi hangat. Jika Anda suka, sajikan dengan mayonaise.

     
  6. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    15,681
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,103 / -6
    Daun Singkong Mengandung Asam Sianida
    Daun singkong memiliki kandungan HCN lebih banyak.

    Salah satu masalah keracunan ialah bahan tambahan makanan yang disebabkan oleh keberadaan bahan kimia berbahaya ke dalam makanan, seperti kontaminasi senyawa sianida. Daun singkong memiliki kandungan HCN lebih banyak dibanding umbi singkong, ubi jalar, dan daun pepaya.

    Senyawa sianida (asam sianida atau garam-garamnya) termasuk zat kimia kontaminan. Yaitu, bahan yang tidak mempunyai fungsi dalam makanan, tetapi terdapat secara tidak sengaja ikut masuk dalam makanan baik dalam jumlah sedikit atau cukup banyak akibat perlakuan selama proses produksi, pengolahan, dan pengemasan.

     
  7. Rouann M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    9,180
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +15,052 / -0
    nongol kasi artikel deh :hihi:


    Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan

    Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang paling banyak digemari karena rasanya yang cukup lezat. Bisa dipastikan hampir di semua rumah makan Padang menyajikan sayur olahan daun singkong sebagai salah satu menu andalannya. Sayuran ini juga relative murah serta mudah untuk didapatkan. Biasanya, para ibu rumah tangga akan mengolah daun singkong ini untuk menjadi urapan, sayuran berkuah, serta tumis. Namun tahukah Anda bahwa manfaat daun singkong tidak hanya dapat dikonsusmsi sebagai sayur saja karena ternyata daun singkong memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita? Penasaran tentang apa saja manfaat daun singkong bagi kesehatan? Berikut ini penjelasannya!

    Kandungan Daun Singkong

    Mungkin untuk mereka yang tidak suka akan sayuran, daun singkong ini rasanya pahit dan tidak enak. Namun taukah anda bahwa ada banyak sekali nutrisi penting yang terkandung di dalam daun singkong? Memang tidak banyak yang tahu bahwa daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial, vitamin, dan juga protein yang amat baik bagi tubuh kita.


    Protein nabati juga diketahui banyak terkandung di dalam daun ini dan berguna untuk dijadikan unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino di dalam hijau daun ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel rubuh yang rusak, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang, dan juga membantu sistem metabolism di dalam tubuh. Kemudian kandungan klorofil yang terdapat di daun singkong ini berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan.

    Manfaat Daun Singkong Lainnya

    Karena kandungannya yang cukup lengkap nilai nutrisinya, tidak bisa disangkat bahwa manfaat daun singkong sangat besar. Kesehatan kita bisa ditunjang dengan asupan makanan yang penuh gizi seperti halnya daun ini. Selain kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sayuran ini juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, sehingga cocok sekali jika dijadikan salah satu menu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Untuk mereka yang merasa susah buang air besar, daun singkong ini sanggup mengatasi sembeli serta melancarkan sistem pencernaan tubuh kita karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

    Selain dijadikan sebagai sebuah makanan yang sehat, daun singkong ini juga berkhasiat untuk dijadikan berbagai obat herbal yang bisa langsung kita minum dari air perasannya. Caranya pun juga amat mudah, cukup dengan merebus daun singkong ini dan kita ambil airnya untuk dicampurkan dengan air kapur sirih ataupun jahe. Ramuan ini secara tradisional dipercaya mampu untuk mengatasi masalah sakit kepala, gejala rematik, penyakit flu, luka bernanah, diare, dan juga mempertahankan stamina tubuh kita. Sumber
     
  8. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,251
    Trophy Points:
    203
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,544 / -2
    Awal Mula Indonesia Mengenal Singkong​


    Singkong (ubi kayu) yang dalam bahasa latinnya disebut Manihot Esculenta Crantz sebenarnyamerupakan tanaman asli Brazil. Tapi sekarang, tanaman ini sudah sangat akrab dengan kita, bahkan sering dianggap sebagai makanan kelas rendah. Kalau kita sedikit mengingat zaman penjajahan bangsa asing dahulu. Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Portugis, salah satu bangsa yang pernah menjajah Indonesia. Bangsa Portugislah yang membawa tanaman asli Brazil ini ke Indonesia.

    Di daerah asalnya (Amerika Latin) umbi singkong merupkan makanan pokok karena diketahui bahwa umbi singkong memiliki kalori yang tinggi. Bangsa Portugis bukan hanya membawa singkong namun mulai membuat program untuk menanam singkong hingga singkong ditanaman secara komersil mengingat potensi besar yang dapat dihasilkan.

    Singkong merupakan tanaman yang mudah tumbuh, sekalipun di daerah tandus yang tanahnya miskin akan hara (cukup dengan menancapkan bagian batang dengan ukuran tertentu). Tanaman ini tidak memerlukan perawatan dan biasanya memiliki hasil panen cukup besar setelah 9 bulan masa tanam. Selain itu, potensi pemanfaatan semua bagian dari tanaman ini juga besar. Daunnya kaya akan zat besi dan sering dijadikan sayuran. Bagian utamanya yaitu umbi, memiliki kalori yang lebih tinggi dari nasi, sehingga tujuan Portugis membawa tanaman ini ialah untuk menjadikan singkong sebagai makanan pokok rakyat Indonesia. Terbukti di beberapa daerah, singkong merupakan makanan pokok.

    Sejarah dan keunggulan singkong di atas harusnya menyadarkan kita bahwa singkong bukan makanan kelas bawah. Apalagi saat ini sudah banyak makanan olahan singkong yang enak, bergizi, dan memiliki tampilan yang menarik.


    sumber
     
  9. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    15,681
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,103 / -6
    masuk Top 10 Most Dangerous Foods :kaget:

    http://content.time.com/time/specials/packages/article/0,28804,1967235_1967238_1967250,00.html

    Cassava
    By Dan FletcherMonday, Feb. 22, 2010
    dek
    Inga Spence / Visuals Unlimited / Getty
    Better known to Americans as tapioca, the pudding favorite is produced from the roots of this bush-like plant. But the crop can have deadly consequences. If prepared incorrectly, the cassava plant can produce cyanide, a deadly compound when consumed. A small number of people are also allergic to the plant — the American Cancer Society warns that those with a latex rubber allergy might be more susceptible and should consider opting for a different dessert.
    [​IMG]
     
  10. Fisika Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    lah serius? perasaan baru kali ini deh ada yang bilang singkong berbahaya --
     
  11. nugrozipho MODERATOR

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    15,681
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,103 / -6
    "If prepared incorrectly"
    Ada premisnya begitu, mgkn karena orang bule gak pandai mengolah singkong:XD:
     
  12. Fisika Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    wkwkwk yang paling pinter ngolah singkong itu orang indo, apa lagi kalo udah di olah di mereknya di tambahin "balado" waduh laku keras wkwkwk :p
     
  13. jurisantana Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +13 / -0
    baru tahu kalo ini dari brazil ane kira dari desa ane aslinya, hehehehe
     
  14. consciencederry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    ketela alias singkong merupakan makanan favorit ane nih
     
  15. ALFAN52 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 29, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    pasti karena peneliti amerika gak bisa nanam singkong di tanah mereka
     
  16. Harunaholic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 31, 2013
    Messages:
    4,139
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +77,752 / -1
    Singkong ternyata memiliki banyak manfaatnya juga ya

    Bahkan katanya juga bagus untuk diet kan?
     
  17. liem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    117
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +10 / -0
    tapi teksturnya agak keras gimana cara masaknya biar mudah di cernah? karena di masak terlalu lama takutnya kandungan gizinya rusak
     
  18. Rouann M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    9,180
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +15,052 / -0
    silahkan dicek di sini spy lebih jelas :hmm:

    soalnya sy sendiri ga bisa masak #eh :XD:
     
  19. putrisarahz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 26, 2012
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +129 / -0
    oh wow baru tau ini beritaa.. :shock:

    singkong or ketela salah satu cemilan kesukaan ku :cinta:

    :niceinfo:
     
  20. dierry M V U

    Offline

    Neo Gadget Store

    Joined:
    Jul 9, 2012
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10,771 / -0
    banyak manfaatnya juga ya
    singkong keju enak tuh hehe
     
  21. andrypoli Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,138 / -0
    Dari akar mpe daun bisa dimanfaatkan

    makanya sayur daun singkong
    penganti nasi balok (singkong goreng)
    minumnya saritape singkong
    cemilanya tape singkong + getuk goreng sokaraja

    beh nikmatnya weekend
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.