1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ketahuilah Faktor Penyebab Penyakit Scabies

Discussion in 'Lifestyle' started by aisusisursilah, Aug 13, 2019.

  1. aisusisursilah M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 3, 2018
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +4 / -0
    Kulit manusia rentan mengalami berbagai masalah atau penyakit, salah satu yang paling sering ialah kudis atau dikenal juga penyakit Scabies. American Academy of Dermatology melaporkan jika ada jutaan orang yang terkena penyakit ini di seluruh dunia setiap tahunnya. Scabies atau kudis bisa menyerang semua orang dari berbagai usia, ras tingkat sosial dan situasi hidupnya. Bahkan orang yang sangat menjaga kebersihan-nya juga bisa terkena penyakit kulit satu ini.

    Penyakit satu ini ditandai dengan rasa gatal yang sangat luar biasa, terlebih di malam hari. Selain gatal penderita scabies ini akan mengalami ruam, bintik-bintik menyerupai jerawat. Tidak hanya itu ruam ini juga bisa muncul berupa lepuhan kecil dan bersisik. Scabies ini mudah menular melalui kontak langsung atau tidak langsung. Lantas apa sebenarnya penyebab penyakit scabies ini? Simak informasi berikut ini hingga tuntas untuk mengetahui jawabannya.

    Penyakit scabies atau kudis disebabkan oleh tungau yang berukuran sangat kecil, dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Tungau tadi akan membuat lubang menyerupai terowongan pada kulit untuk dijadikan sarang. Penularan tungau Sarcoptes scabiei ini bisa terjadi melalui 2 cara yakni :
    • Kontak Langsung
    Hal ini bisa melalui pelukan atau hubungan badan, tidak hanya itu berjabat tangan juga bisa mempunyai potensi penularan scabies walau kecil.
    • Kontak Tidak Langsung
    Ini seperti berbagi tempat tidur atau penggunaan pakaian yang sama dengan orang yang menderita scabies atau kudis.

    Anda berisiko tinggi terkena scabies jika tinggal di asrama, aktif secara seksual, sedang dirawat di rumah sakit atau mempunyai sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang lemah. Penyakit kulit ini tidak bisa dianggap sepele karena jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa mengakibatkan komplikasi dari mulai : Infeksi bakteri hingga kudis berkrusta.

    Kondisi ini akan membuat kulit penderitanya menjadi keras, bersisik dan kudis akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan terkena komplikasi ini.

    Perlu Anda ketahui! Gejala bisa memburuk di awal pengobatan, hal ini tergolong wajar. Gejala akan mulai berkurang setelah satu minggu pengobatan, dan dapat sembuh sepenuhnya setelah 4 minggu pengobatan. Anda bisa mengurangi rasa gatal akibat scabies dengan cara berendam di air dingin atau menempelkan kain basah di area kulit yang bermasalah.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.