1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar

Discussion in 'Micro Business Talks' started by finansialku_com, Apr 4, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Mengetahui cara perhitungan pajak bunga deposito yang benar adalah cara yang tepat sebagai nasabah yang cermat. Untuk itu, tim Finansialku telah mempersiapkan artikel ini agar Anda dapat lebih memahami dan mengerti cara perhitungan yang tepat.

    [​IMG]

    Deposito sebagai Investasi

    Bagi investor yang mempunyai profil risiko rendah, pastinya mereka akan memilih deposito sebagai salah satu sarana investasi yang terpercaya. Tidak heran banyak sekali peminat deposito. Banyak alasan yang melatarbelakangi maraknya deposito di kalangan masyarakat ekonomi, selain karena risiko yang sangat minim, deposito juga menawarkan bunga tabungan melebihi tabungan biasanya.

    Salah satu perbedaan mendasar dari deposito adalah, Anda tidak dapat mengambil dana yang Anda simpan di dalam tabungan deposito seenaknya. Anda hanya dapat menarik uang tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan pada perjanjian atau dimasukkan kembali ke dalam dana pokok deposito. Penarikan deposito sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya penalti.

    [​IMG]

    Pajak Bunga Deposito

    Walaupun Anda mendapatkan keuntungan berupa suku bunga yang didapatkan dari menabung dalam bentuk deposito, Anda pun harus membayar pajak atas keuntungan tersebut. Pajak bunga deposito dapat diartikan sebagai Pajak Penghasilan (PPh) yang dikenakan atas penghasilan dari bunga deposito (termasuk yang diterima dari deposito atau tabungan di luar negeri melalui bank yang didirikan di Indonesia atau bank luar negeri di Indonesia) dan tabungan serta diskonto SBI (Sertifikat Bank Indonesia).

    Pajak bunga deposito telah ditetapkan dalam peraturan Dirjen Pajak, antara lain:
    1. PP 131 Tahun 2000 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI.
    2. KMK-51/KMK.04/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang pemotongan PPh atas bunga deposito dan tabungan serta diskonto SBI.
    3. SE-01/PJ.43/2001 (berlaku sejak 1 Januari 2001) tentang PP 131 Tahun 2000.
    [​IMG]

    Perhitungan Pajak Bunga Deposito

    Ketika Anda menarik deposito Anda, Anda akan menyadari bahwa jumlah bunga yang Anda dapatkan telah dipotong oleh pembayaran pajak. Karena pajak yang dikenakan adalah pajak dari suku bunga, maka semakin besar bunga yang Anda dapatkan, semakin tinggi pula pajak yang harus Anda bayarkan.

    Untuk menghitung pajak bunga deposito adalah hal yang mudah, karena sesuai peraturan oleh Direktur Jenderal Pajak, pajak bunga deposito yang dikenakan adalah 20% jika nilai tabungan di atas Rp7.500.000.

    [​IMG]

    Jika seandainya, Anda memiliki tabungan deposito sebesar Rp100.000.000, maka dengan peraturan bank yang memberikan bunga deposito sebesar 5% setiap tahunnya, maka pajak bunga deposito yang harus Anda bayarkan adalah:
    Lain halnya jika Anda mempunyai tabungan deposito sebesar Rp50.000.000, maka pajak bunga deposito yang dikenakan adalah:
    Dari perhitungan, dapat Anda simpulkan bahwa semakin tinggi bunga deposito, semakin tinggi pula pajak bunga deposito yang harus dibayarkan. Selain itu, jika jumlah dana yang Anda simpan di dalam deposito meningkat, otomatis bunga yang diberikan juga akan meningkat, sehingga pajak bunga deposito pun akan ikut meningkat.

    [​IMG]

    Dari perhitungan di atas, Anda juga dapat menghitung suku bunga per bulan yang Anda dapatkan dari masing-masing jumlah simpanan. Untuk Rp100.000.000, maka suku bunga per bulan yang Anda dapatkan dan suku bunga per tahun adalah
    Dan untuk Rp50.000.000, Anda akan mendapatkan Rp166.666 untuk suku bunga per bulannya dan Rp2.000.008 untuk suku bunga per tahunnya.
    [​IMG]


    Kenali Peraturan Pajak dengan Benar

    Bagi Anda yang tidak ingin membayar pajak tersebut, Anda dapat mencari bank yang menerima tabungan deposito di bawah Rp7.500.000 karena menurut Peraturan Pemerintah No. 131 Tahun 2000, Anda tidak perlu membayar pajak jika jumlah deposito Anda tidak melebihi Rp7.500.000. Sebisa mungkin, jadilah warga Indonesia yang taat pajak sehingga pembangunan Indonesia dapat lebih maju.


    Apakah Anda memiliki tabungan deposito? Tahukah Anda berapa jumlah pajak bunga deposito yang dikenakan atas tabungan deposito Anda? Cobalah untuk menggunakan rumusan yang telah diberikan di atas untuk mengetahui besarnya pajak bunga deposito serta suku bunga yang dapat Anda terima dari deposito yang Anda simpan tersebut.


    Sumber:
    Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar

    Baca Juga:
    Apa saja Faktor yang Memengaruhi Naik dan Turunnya Suku Bunga Deposito?
    Ini Manfaat Menyimpan Dana Darurat di Deposito ketika Suku Bunga Meningkat
    Saat Tepat Masuk Produk Deposito
    Menabung di Reksa Dana Pasar Uang Apakah Lebih Untung daripada Deposito?
    3 Alasan Mengapa Deposito Jadi Salah Satu Cara Untuk Bebas Keuangan


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.