1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Ketahui Inilah Ciri Ciri Luka Bernanah

Discussion in 'Lifestyle' started by aisusisursilah, Dec 6, 2018.

  1. aisusisursilah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2018
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Luka bernanah pada umumnya akan terjadi pada luka yang akan mengalami peradangan akibat dari infeksi jamur ataupun infeksi bakteri pemicu nanah yang disebut dengan piogenik. Nanah ini biasanya berbentuk cairan yang berwarna kuning, putih kekuningan, ataupun kunig kecoklatan. Sehingga luka yang berada di tubuh kita pada dasarnya bisa berkembang menjadi luka infeksi pada saat terkontaminasi dengan kuman.

    Nah, apabila setelah terkontaminasi dengan kuman. Luka infeksi ini bisa berlanjut menjadi suatu penyakit tertentu, sehingga luka infeksi ini dapat disebabkn oleh banyak faktor. Luka infeksi jug dapat menandakan terjadinya peradangan pada luka yang disbebakan oleh bakteri ataupun oleh virus sehingga dapat menimbulkan nanah. Nanah merupakan cairan yang berwarna kuning ynag terbentuk akibat bentrokan yang terjadi antara antibodi dan antigen pada tubuh. Sehingga dampak dari luka infeksi ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh.

    Nah, dibawah ini ada beberapa ciri ciri luka bernanah diantaranya :

    • Area Luka Berwarna Kemerahan Atau Hitam
    Perubahan warna kulit pada area sekitar luka dapat menjadi warna kemerahan bahkan warna hitam. Hal ini dapat disebabkan darah yang mengalir pada area luka untuk mengisi sel-sel darah kecil yang dapat meningkatkan voluma darah dan akan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah yang kecil sehingga dapat terjadi perubahan warna atau dikenal dengan istilah hyperemia.
    • Keluar Bau Yang Tidak Sedap
    Munculnya aroma yang tidak sedap pada area luka yang disebabkan adanya infeksi bakteri yang diakibatkan luka yang tidak bersih. Perawatan luka yang kurang maksimal, luka yang sering terkontaminasi dengan debu atau benda yang tidak steril.
    • Munculnya Nanah Dengan Rasa Sakit Yang Tak Tertahankan Pada Area Sekitar Luka
    Nanah yaitu cairan yang keluar dari luka dan berasal dari sel matai atau sel hidup yang merupakan bagian dari sel darah putih yang akan diproduksi oleh sum-sum tulang. Ketika terjadi luka sel darah putih akan melawan kuman atau bakteri pada luka. Apabila sel darah putih tersebut kalah atau mati maka akan berkumpul menjadi nanag yang akan mucnul pada area luka tersebut.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.