1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Trivia Kesalahan kesalahan dalam berpikir

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by bunkdhanz, Mar 5, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bunkdhanz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,396 / -0
    pada umumnya ada 7 macam dalam kesalahan berpikir atau kerancuan berpikir

    1. Fallacy of Dramatical Instance
    kesalahan berpikir ini berawal dari kecenderungan orang untuk melakukan over-generalitation, yaitu penggunaan satu atau dua kasus untuk mendukung argumen yang bersifat general atau umum. kerancuan semacam ini sangat banyak di temui di masyarakat, dan biasanya overgeneralized di ambil dari satu kasus atau dua kasus sebagai rujukan yang diambil dari pengalaman pribadi seseorang.
    contoh yang sangat konkrit yang terjadi, "wanita itu di sakiti oleh pria sebanyak 3 kali dalam hidup nya, lalu di berkesimpulan bahwa semua laki2 itu brengsek", itu lah contoh konkrit yang sering di temui dari fallacy of Dramatical Instance.
    2. Fallacy of Retrospective Determinism
    Istilah panjang ini sebenarnya untuk menjelaskan kebiasaan orang yang menganggap masalah yang ada yang sekarang terjadi sebagai sesuatu yang secara historis memang selalu ada, tidak bisa dihindari, dan merupakan akibat dari sejarah yang cukup panjang. misalanya "mengapa pelacuran itu harus dibasmi karena pelacuran itu sepanjang sejarah pelacuran itu ada, dan tidak bisa dibasmi, oleh karena itu yang harus kita lakukan merelokasikan agar tidak ada dampak2 yang tidak diinginkan."
    singkatnya Determinisme retrospektif adalah upaya kembali pada sesuatu yang seolah - olah sudah ditentukan oleh sejarah.
    3. Post Hoc Ergo Propter Hoc
    istilah ini berasal dari bahasa latin,
    Post = sesudah
    Hoc = Demikian
    Ergo = karena itu
    Propter = disebabkan
    hoc = demikian
    intinya, sesudah itu - karena itu - oleh sebab itu.
    memang sulit apabila diterjemahkan secara terminologis, tetapi kata2 yang panjang dan sulit dipahami ini intinya bahwa akibat yang dihasilkan tidak sesuai dengan sebabnya, akan tetapi dipercaya bahwa penyebabnya tidak sesuai itu. contoh konkritnya "orang tua lebih menyayangi seorang anak dibandingkan anak lainnya hanya karena orang tua itu naik pangkat, keadaan ekonominya yang baik setelah mempunyai anak kesayangannya itu. dulu orang tua ini sengsara dan yang kena getah anak pertamanya dan berkata "anak pertama ini membawa sial, zaman anak ini kami sengsara, nah anak yang bungsu ini yang membawa keberuntungan.
    4. Fallacy Of Misplaced Concretness
    intinya kerancuan ini adalah mengkonkritkan sesuatu yang pada hakikatnya abstrak, misalnya "mengapa Negara A miskin? karena sudah menjadi takdirnya negara A miskin, Takdir merupakan sesuatu yang abstrak, jika jawabannya seperti itu maka Negara A tidak bisa dirubah lagi menjadi negara yang sejahtera.
    5. Argumentum Ad Verecundiam
    intinya Berargumen dengan menggunakan Otoritas, padahal otoritas itu tidak relevan dan ambigu, otoritas itu sesuatu yang sudah diterima kebenarannya secara mutlak.
    6. Fallacy Of Composition
    misalnya, dikampung saya, ada orang yang membudidayakan jamur, sehingga menjadi perusahaan besar dan mendatangkan uang yang banyak pada orang tersebut, lalu melihat itu seluruh penduduk menjual kebunnya untuk dijadikan modal berbisnis jamur, akibatnya semua penduduk kampung saya bangkrut karena merosotnya permintaan dan membludak pasokan barang. singkatnya terapi yang berhasil untuk satu orang dianggap berhasil untuk semua orang, inilah Fallacy of composittion.
    7. Circular Reasoning
    pemikiran yang berputar - putar, menggunakan kesimpulan untuk mendukung asumsi yang digunakan lagi untuk menuju kesimpulan semua, hal ini sangat sering ditemui, ketika saya berdiskusi dengan teman saya, teman saya mengemukakan hipotesis " apabila organisasi dikembangkan dengan baik maka program transmigrasi akan berjalan lancar." saya tanya " apa buktinya organisasi itu berjalan lancar ?" ia jawab "kalau programnya berjalan lancar". saya tanya lagi "Program lancar, artinya?" ia menjawab " artinya pengembangan organisasinya baik." inilah contoh circular reasoning, ini sama saja membuat hipotesis " apabila seorang manusia laki laki, maka dia pasti pria".

    (Sumber : Kamus Populer, Kamus Bahasa Inggris, Kamus Bahasa Latin, Rekayasa Sosial - Jalaluddin Rakhmat, Logika - Mundiri dan buku lainnya yang pernah saya baca)

    Thanx udah di baca dan semoga bermanfaat

    nb : boleh sepakat dan tidak sepakat.


    :piss::piss::piss::piss:
     
    • Thanks Thanks x 16
    • Like Like x 14
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. bunkdhanz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +1,396 / -0
    memang harus penuh kesabaran sih...
    saya juga belajar yang kaya ginian udah 5 taun, baru ngarti...
    semoga bermanfaat ya...
     
  4. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,840
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,012 / -0
    2. Fallacy of Retrospective Determinism
    Sepertinya paling banyak digunakan oleh gw :haha:

    Circular Reasoning
    Klo yg ini paling parah kaya nya --> coz gk akan menyelesaikan masalah / mendapatkan solusi yg mumuaskan.
     
    • Like Like x 5
  5. serevant Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    Ada banyak variannya kok. Kalo mau lebih jelas baca aja di: http:http://www.logicalfallacies.info/

    Sayang sekali tanpa disadari dalam keseharian hal-hal semacam itu seringkali digunakan terutama pada media massa. Opini-opini yang berusaha dibangun seringkali didasari oleh Logical Fallacy.

    Contoh sederhana:

    Noordin M. Top --> Teroris
    Noordin M.Top --> Berjenggot
    Kesimpulannya: Orang berjenggot itu teroris :D
     
  6. mechadot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 16, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +22,075 / -0
    Circular Reasoning

    sama gak kayak mana yang lebih dulu? ayam atau telur?
    cuman muter muter disitu tanpa juntrungan yang jelas

    Logical Fallacy

    sering dipakai dan biasanya dianggap benar karena sudah umum. biasanya yang umum dianggap benar. padahal yang umum belum tentu benar..
    seperti pelacuran yang dilegalkan... itu kan sudah dianggap lumrah...padahal menyalahi aturan
    Fallacy of Retrospective Determinism
     
    • Like Like x 1
  7. bilawa

    Offline

    Guest

    Ratings:
    +0 / -0
    Setuju sekali tentang bagaimana logical fallacy sering timbul dari berita di media massa. Media menciptakan citra. Masalahnya dengan kesimpulan logika yang salah, citra yang timbul juga seringkali salah (dan merugikan sebagian pihak).

    Dengan mengetahui konsep logical fallacy seperti ini, apa mungkin untuk membuat "kontra" yang efektif juga yah? Terutama kalau berhadapan dengan orang - orang dengan "Fallacy of Dramatical Instance" dan "Circular Reasoning" yang cukup akut (dan orang - orang semacam ini biasanya punya perangai yang cukup menantang kesabaran haha).
     
  8. wantek M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    1,037
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +275 / -0
    yah kayak citra kalo orang afrika/negro mr.P nya gede, ato the bigger the penis the greater the pleasure. Peran media(komik, majalah, tv, internet,etc) sangat besar dalam menimbulkan perspektif masyarakat terhadap sesuatu hal, meskipun seringkali citra yang ditimbulkan salah toh kita tetep butuh media, intinya gimana cara kita memproses info yg didapat n ga langsung maen telen aja
     
  9. revenand M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +188 / -0
    Fallacy of Dramatical Instance

    ini ne yg sering jadi dilemma! hanya dengan mengukur 1-2 orang sudah merasa bahwa seluruhnya seperti itu! Contoh mudah de! Pas nerima kerja ngeliat kalo expat pasti hasilnya bagus, akhirnya malah berkiblat keluar dan melupakan kemampuan negeri sendiri! sedih de!
     
  10. mechadot M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 16, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +22,075 / -0
    oya, bicara media masa jadi ingat 20th century boys. disana dikatakan, siapa yang memegang informasi, dialah yang berkuasa
    jadi penjahat yang menguasai informasi bisa menjadi hero dan pahlawan yang sebenarnya bisa menjadi buronan kelas kakap.
    smoga, informasi yang beredar di masyarakat saat ini adalah infomasi yang benar......
     
  11. synx7 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 20, 2009
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    nice bgt infonya ....

    banyak juga ini terjadi pada orang - orang di sekitar kita bahkan kita sendiri

    kayaknya harus pada baca ini baru pada sadar n berubah ahaha ...
     
  12. Feybee M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    376
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +132 / -0
    Wah, artikel bermanfaat ini,, makasih ya :makasih-g:

    Meski sulit untuk menghindari kesalahan-kesalahan itu, tapi setidaknya kata tahu lah kalo itu dianggap tidak begitu benar :hiks:
     
  13. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,070 / -0
    contohnya peran metrotv dan tvone dalam membangun image baik/buruk seseorang di tengah masyarakat
     
  14. anggadwicahyono Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    fallacy yang babyak digunakan para petinngi negara kita
    argumentu ad verecundian
     
  15. acehkhan12 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,592
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,438 / -1
    wah, ini tepat klo digunakan sebagai acuan dalam kerangka berpikir teoritis dalam menelaah sebelum dihasilkan hipotesa-hipotesa..tp klo orang na pinter menggunakan logika dalam berpikir seharusnya bisa mengcounter hal2 dlm kesalahan kerangka berpikir spt tersebut.. :hmm:
     
  16. kentungtambun M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    271
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +1,181 / -0
    Circular reasoning..

    orang yang susah untuk menyatakan apa yang dimaksud, bahkan dia sendiri bingung apa sebenarnya yang ingin dia katakan,.
    banyak ni yang begini..
     
  17. fnur32 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2010
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,304 / -0
    andai masyarakat tau hal-hal kaya gini.
    kayanya indo akan lbih baik lagi dr indo yg sekarang
     
  18. cynara154 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2012
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    banyak orang di sekitar saya yg berpikiran demikian.
    kalo ditanya yg mana yg benar, maka jawabannya begini "ikut orang banyak aja, itu pasti benar".
    padahal pikiran kaya gini bisa berbahaya kalo ternyata hasilnya salah..
    apalagi kalo sudah menyangkut urusan ibadah atau kepentingan orang banyak..
    bener kaya yg di 20th century boys itu..

    hal kaya gini, mungkin karena kurangnya pengetahuan dan keinginan untuk memperoleh pengetahuan yang benar itu sendiri kali ya..



    salah tetap aja salah biarpun semua orang melakukannya, dan
    benar tetap aja benar biarpun tidak semua orang melakukannya..
     
  19. titio M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 27, 2011
    Messages:
    639
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,568 / -0
    bener juga kak ,, ,,
    hal ini sudah menjadi permasalahan dalam pola pikir masyarakat indo
     
  20. nokia70a Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 3, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Fallacy of Dramatical Instance,, ada baiknya ada jeleknya
    kadang 2 hal berbeda tp bisa mirip dr 1 sudut pandang dan beda dr sudut lain
     
  21. ryrien MODERATOR

    Offline

    The Dark Lady

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    6,423
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,112 / -58
    Wah, iya bener banget...
    Terkadang ada teman saya yg berpikiran begini... --a
    nice info..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.