1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Demi realisasi bukber NO PHP, yuk cek "Buka Bersama CBox IDWS: Berbukalah Dengan Yang Manis". Cus buruan kontak CP buat pesan posisi yak gaes.
  3. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  4. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  5. Registrasi Eat Poop You Cat #14 Telah Dibuka! Yuk Ikutan You Laugh, You Lose! Buruan Registrasi 22 Mei - 28 Mei 2018 pukul 17.00 WIB , Max 18 Peserta Yaaak~
  6. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

News Kerugian Beli Smartphone Xiaomi Tak Resmi di Indonesia

Discussion in 'Free Talk Zone' started by sundarifebriani, Jun 22, 2016.

  1. sundarifebriani Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2015
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +13 / -0
    Xiaomi menjadi produsen ponsel yang cukup dikenal masyarakat Indonesia, meski sebenarnya masih terbilang cukup baru bermain di pasar lokal. Beragam smartphone dari bermacam kategori pun mampu dipenuhi oleh produsen. Namun sayangnya, banyak ponsel yang dihadirkan perusahaan asal negeri Tirai Bambu ini adalah Xiaomi tak resmi dan hal ini bisa berdampak negatif.

    Banyak produk Xiaomi yang beredar di Indonesia, namun seperti disebutkan di atas bahwa tidak semua produk ini resmi masuk ke Tanah Air. Karena sebagian lewat jalur non-resmi. Beberapa produk yang bisa ditemui di pasar secara resmi adalah Mi 4i, Redmi Note, dan Redmi 2. Sedangkan untuk produk Xiaomi tak resmi yang masuk adalah Redmi Note 2, Redmi Note 3, Mi 5, Redmi 2 Prime.

    Mengapa beberapa produk Xiaomi tersebut dijual secara tak resmi? Jawabannya jelas, belum mengantongi sertifikat dari dirjen Postel karena tidak bisa memenuhi standar perhitunganTKDN smartphone 4G LTE yang ditetapkan.

    [​IMG]
    SUMBER

    Razia Xiaomi Tak Resmi

    Kabar beredarnya Xiaomi tak resmi ini sampai juga ke telinga Pemerintah. Kurang lebih satu pekan lalu di sentra ponsel Mall Ambasador telah dilakukan razia Pemerintah. Hal ini menyusul adanya razia atau sidak yang dilakukan dua Minggu sebelumnya di wilayah Roxy Mas, Jakarta Barat.

    Razia Xiaomi tak resmi yang dilakukan di Roxy Mas beberapa waktu lalu, dibenarkan beberapa penjaga toko di area tersebut. Abdul, salah satu penjaga toko mengungkapkan bahwa razia tersebut memang telah terjadi dan ada beberapa toko yang kedapatan menjual langsung produk Xiaomi tak resmi.

    “Iya benar, ada razia Xiaomi abal-abal (non-resmi). Kalau tempat gue sendiri sih resmi bro. Soalnya kerjasama dengan Erajaya yang menjadi distributor resmi. Lagi pula kalau mau jual barang ambil di toko lain, susah soalnya untungnya sedikit,” kata Abdul saat dikonfirmasi.

    Ia membeberkan, bahwa meski ada razia tersebut, namun selang beberapa waktu produk ini akan bisa ditemui lagi nantinya. Meski hal itu dilakukan dengan cara menjual secara sembunyi-sembunyi, dan harga kemungkinan bisa lebih mahal.

    Dampak Negatif

    Ivan Cahya Permana, VP System and Technology Telkomsel, dalam sesi diskusi Indonesia LTE Conference 2016 mengatakan peredaran ponsel 4G LTE palsu atau tidak resmi memberikan dampak negatif yang cukup berat bagi Industri. Selain perputaran produk yang tidak sehat di industri dalam negeri, peredaran ponsel tanpa izin dan palsu ini juga bisa mengakibatkan kerusakan dan gangguan dalam jaringan operator yang berimbas menurunya kualitas ke pelanggan itu sendiri.

    “Ada produk yang masuk dari seri yang sama namun ternyata memiliki IMEI sama, dan ini sangat berbahaya bagi konsumen secara langsung maupun tidak langsung. Seperti halnya kesehatan, karena piranti yang digunakan di dalamnya tidak tersertifikasi yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dalam dampak langsung,” jelas Ivan.

    Ia juga menuturkan bahwa penggunaan ponsel 4G LTE palsu itu juga bisa berakibat kerugian secara tidak langsung kepada operator. “Namanya ponsel palsu pasti ada penurunan kualitas, jika jaringan yang didapat jelek maka otomatis pengguna akan menyalahkan operatornya. Padahal belum tentu jaringan sedang rusak atau terkendala,” tambah Ivan Cahya.

    Short link: http://arenalte.com/Pz97BX
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. joewono MODERATOR

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Dec 28, 2010
    Messages:
    33,040
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +680,849 / -4
    Aslinya saya bingung
    Xiaomi tidak resmi

    Apabila distributor resmi hanya Erajaya / TAM

    Trus yang Bless, Platinum, BBM
    Itu apaan?
    Apakah itu distributor ilegal?
    Berhubung mereka sudah mendapatkan ijin impor juga

    Jujur saya bingung
     
  4. hanzo_Kunai Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    IMHO om mod :
    Importirnya cuman 1 perusahaan/pt

    terus 1 pt itu di distribusiin ke tam, era, bless, plat dsb
    jadi mereka juga bisa klaim klo ada retur (ato bisa juga di sebut distributor resmi), padahal xiaomi sendiri tidak membuka toko fisik, seluruh penjualan hanya di lakukan via online

    CMIIW
    klo sala maaapin yak, mungkin bawah ane tau lebi banyak om mod
     
  5. kyoshiro-mibu M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2008
    Messages:
    62
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +22 / -3
    Lah, kalo kebeletnya sama type yang ga masuk Indo gimana? Kalo di indonesia dipertimbangkan dari segi kesehatan, emangnya negara lain nda?
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.