1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Kenapa Rendang Migrasi ke Malaysia?? Tanya Kenapa??

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by vincentrevival, Sep 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Survei CNN yang menempatkan rendang sebagai masakan terlezat di dunia seperti menjustifikasi bahwa masakan Nusantara ini memang bermula dari Minang. Meskipun negara tetangga Malaysia terus gembar-gembor mempromosikan masakan adat ini ke sejumlah belahan dunia, namun perspektif internasional tak mudah dipengaruhi.

    CNN dalam hasil surveinya membenarkan bahwa masakan dengan bahan utama daging dan santan kelapa ini dibuat orang Sumatera Barat. Pertanyaannya, kenapa rendang bisa dijumpai di sejumlah daratan Melayu?

    Sebagai masakan khas Melayu, rendang tak bisa lepas dari kebiasaan adat orang Minang. Migrasi orang Minang pada awal abad ke-16 diyakini sebagai awal keberadaan rendang di sejumlah tanah Melayu. “Migrasi ini yang saya duga kuat membuat rendang menembus batas teritorial Minangkabau pada awal abad ke-16,” kata sejarawan Melayu dari Universitas Andalas, Padang, Muhammad Nur, kepada VIVAnews, Senin, 12 September 2011.

    Dari sejumlah literatur, ujar dosen pascasarjana Unand ini, rendang telah menjadi masakan adat sejak etnis Minang mengalami kemandirian adat. Kapan kemandirian adat ini terjadi? “Pada awal abad Masehi Minang telah mencapai kemandiriannya, tepatnya pada era neolitikum,” katanya.

    Hal ini, katanya, diperkuat dari sejumlah catatan Syech Burhanudin—ulama pembawa ajaran tareqat satariyah ke Sumbar—yang menuliskan bahwa rendang pada awalnya menggunakan daging yang tergolong tidak halal. Sejak Islam masuk—dimulai sejak abad ke-13 dan sempurna pada abad ke-16—rendang mulai mengalami perubahan, terutama dari daging yang digunakan sebagai bahan utama. Daging kerbau, kambing, sapi, menjadi pilihan utama untuk membuat rendang daging.

    Dengan yakin M. Nur menegaskan rendang sudah ada jauh sebelum tahun 1550 seperti yang tertulis dalam Hikayat Amir Hamzah. Sejak migrasi orang Minang menuju Malaka, rendang sudah menjadi menu utama dalam upacara adat.

    Migrasi Rendang

    Pada awal abad ke-16, migrasi besar-besaran orang Minang menuju Malaka terjadi. Selain mencari daerah baru, migrasi ini bertujuan untuk pengembangan ekonomi. Migrasi ini memanfaatkan jalur sungai Rokan, Riau, dan menyeberang ke Malaka.

    “Malaka saat itu kan gerbang utama menuju Semenanjung Malaya (Malaysia saat ini). Rata-rata orang Minang ini mendiami Negeri Sembilan dan Johor Baru untuk mengembangkan budaya, termasuk kuliner,” kata M Nur.

    Dampak dari migrasi besar-besaran ini masih terasa hingga saat ini. Sejumlah nagari—pemerintahan terendah di Sumbar—juga ditemukan di Negeri Sembilan. Bahkan, ujar M Nur, semua nagari yang ada di Sumbar ada di Negeri Sembilan.

    Kedekatan Negeri Sembilan dengan Minangkabau bukan sekadar cerita isapan jempol belaka. Di sejumlah literatur ditemukan bahwa Kerajaan Pagaruyuang pernah mengirimkan raja untuk bertahta di Negeri Sembilan.

    Kondisi ini muncul karena orang Minang yang menghuni Negeri Sembilan hanya mau dipimpin seorang raja yang berdarah Minang. “Karena saat itu terjadi kisruh di masyarakat Minang di sana untuk memilih siapa yang jadi pemimpin, dimintakanlah raja dari Pagaruyuang untuk bertahta di sana,” ujar M Nur.

    Hal ini dibenarkan pewaris tahta Kerajaan Pagaruyuang Puti Reno Raudah Thaib dalam percakapan dengan VIVAnews beberapa waktu sebelumnya. Menurutnya, Negeri Sembilan memiliki kekerabatan yang erat dengan kalangan istana Pagaruyuang . Bahkan salah satu raja yang dikirim langsung dari Pagaruyung untuk bertahta di sana yakni Raja Lenggang. “Tuanku Abdul Rahman adalah putranya yang merupakan raja pertama usai Malaysia menyatakan merdeka, ini tidak bisa dipungkiri,” katanya.

    Sejarawan Unand Prof Gusti Asnan, sebelumnya menduga kuat migrasi rendang ini terjadi saat perantauan orang Minang ke Malaka sebagai saudagar yang dimulai pada awal abad ke-16. Gusti mengatakan, catatan seorang Portugis Ruy de Brito menyebutkan, bahwa orang Minang banyak sekali yang berdagang ke Malaka sejak abad tersebut. Buku tentang jalur perantauan Malaya ini ditulis Ruy pada tahun 1514.

    Meskipun berada di daerah baru, tradisi ‘marandang’ (membuat rendang) tetap dipertahankan etnis Minang yang menghuni Semenanjung Malaya. Bila Malaysia kini juga nengklaim rendang sebagai masakan mereka, menurut M Nur, hal itu bukanlah sesuatu yang fenomenal.

    Melayu Muda

    Masuk dalam rumpun Melayu, sebenarnya Minang tergolong ke dalam Melayu Muda (deltro melayu). Menurut M. Nur, Melayu Minangkabau saat ini tidak hanya tersebar di Sumatera Barat namun mendiami sejumlah tempat hingga Semenanjung Malaya (Malaysia). Di Sumatera, Melayu Minangkabau bisa dijumpai di Bengkulu, Riau, dan Jambi.

    Banyaknya jumlah etnis Melayu Minangkabau yang tersebar di sejumlah titik tersebut memungkinkan rendang bisa ditemukan di daerah tersebut. “Jadi, wajar bila Malaysia mengklaim rendang sebagai masakan mereka karena orang Minang di sana juga melakukan hal yang sama (marandang). Yang mengkaim itu kan keturunan Minang yang ada di sana.” (Laporan: Eri Naldi | Padang, umi)

    sumber : http://nasional.vivanews.com/news/read/246298-migrasi-rendang-dari-minang-ke-malaysia
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. buxbux M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +550 / -0
    gpp dah kalo yang klaim keturunan minang di malay
    asal bukan warga asli malay aja yg ngaku2
     
  4. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,038
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    mang orang malaysia bisa masak sampe ngakuin rendang punya mereka, kurang kerjaan amat nih malay
     
  5. a23 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,195 / -0
    ya ga pa2 boz.......kita kan tetanggaan.....hahaha
     
  6. flint91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 30, 2011
    Messages:
    1,476
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,102 / -1
    rendang itu masakan padang kan...:iii:
     
  7. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    masyarakat internasional pun mengakui rendang asalnay dari sumetera barat,m"alay" gak malu apa ya ngaku2?:lalala:
     
  8. Royale Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    stau ane juga rendang itu masakan padang, mungkin beda jenisnya kali ya
     
  9. ghombalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,468 / -0
    kenapa sih maling yang satu ini kok selalu suka ngaku2???
    .
    ntar Presiden Soekarno di akui jadi mantan Presiden malaysia juga nih.. :swt:
     
  10. paa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kebiasaan lama mereka kumat lagi
     
  11. ghombalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,468 / -0
    hah... yuk sekali-kali kita bales tindakan mereka...
    kita akui aja tuh nama negara malaysia ,,...
     
  12. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,038
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    mungkin perlu kita bagi kali ya budaya kita sama malaysia yang gak punya budaya,kasian juga tetangga kita ini, ngaku-ngaku terus kerjaannya
     
  13. Ozzvx M V U

    Offline

    Red Carpet

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    59,362
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +102,314 / -1
    yach biasa ajalah,kan kita tahu sendiri malaysia itu kek gimana :bloon:

    bahkan lagu asli indo pun di klaim punya mereka :lalala:
     
  14. Wolfmother M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    493
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    emang paling bisa ngaku2in negara tentangga ini
     
  15. calixtauror Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 6, 2011
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    asal gak diakuin jadi masakan asli sana si gak apa.. :iii:
    rendang kan makanan paling enak sedunia.. :matabelo:
     
  16. tuan_buncis2002 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    bahkan sejarah pun menunjukkan rendang berasal dari Indonesia :omgatot:
    kembalikan budaya kami, hei malingsit, atau perlu ditelusuri dulu budayanya biar dunia tau kalian hny tukang caplok dan tidak pny apa2 :pistol:
     
  17. alisandra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +6 / -0
    klaim balik rendangnya
     
  18. hunterwitch Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 25, 2011
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    jah ada lagi perbuatan negara yg 1 ini ga pernah bosen apa ya??
    setau gw rendang bukan nya masakan padang ya??
     
  19. hunterwitch Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 25, 2011
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    jah ada lagi perbuatan negara yg 1 ini ga pernah bosen apa ya??
    setau gw rendang bukan nya masakan padang ya??
     
  20. zulfikarfahmi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    teman2 ingat jangan ngeflame
    mari kita wujudkan perdamaian dunia
     
  21. kumenizm Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +781 / -0
    apa pulaaaaa ni malay
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.