1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Biology Kenapa Orang Lapar Gampang Marah?

Discussion in 'Science and Technology' started by smkosasih, Dec 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Ada ungkapan bangsa yang pemarah adalah bangsa yang rakyatnya lapar. Ternyata ungkapan tersebut terbukti secara ilmiah, bahwa orang yang lapar memang gampang sekali naik darah.

    Rasa lapar biasanya diawali dengan suara 'keroncongan' di dalam perut, berlanjut dengan lemas dan kelelahan. Beberapa orang yang sedang lapar juga menderita sakit kepala, penglihatan kabur, kebingungan dan pusing. Selanjutnya, kelaparan akan membuat orang benar-benar bertemperamen buruk, mudah marah dan rewel.

    Kenapa rasa lapar membuat orang mudah marah?

    [​IMG]
    Kemarahan adalah keadaan emosional yang disebabkan oleh keluhan atau suatu penderitaan. Orang bisa marah karena orang lain, karena ada kejadian atau karena dirinya sendiri.

    Dilansir Livestrong, Kamis (2/12/2010), rasa lapar memang memicu amarah. Hal ini karena bila orang dibiarkan lapar dalam jangka waktu lama, maka kadar gula darah di dalam tubuhnya sangat terganggu.

    Akibatnya, pasokan glukosa (gula) yang mencapai otak menjadi berkurang. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.

    Rendahnya kadar gula darah atau hipoglikemia inilah yang akan membuat amarah seseorang menjadi naik, sehingga mudah tersinggung dan marah. Gula darah rendah juga dapat disertai dengan kecemasan, kelelahan dan sakit kepala.

    Bila tingkat serotonin dalam tubuh rendah juga dapat membuat orang mudah tersinggung dan marah. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengontrol suasana hati, nafsu makan dan tidur, juga merupakan hormon yang membuat orang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negatif.

    Serotonin disintesis dalam tubuh dengan bantuan asam amino yang disebut triptofan. Yang penting, triptofan tidak terbentuk di dalam tubuh dan harus dipasok oleh makanan. Dengan demikian, menambahkan menu harian dengan makanan kaya asam amino esensial menjadi sangat penting.

    Banyak ahli gizi di seluruh dunia juga merekomendasikan mengatasi amarah dengan makanan yang mengandung glukosa atau makanan peningkat suasana hati untuk mencegah rasa lapar. Diet yang kaya protein, lemak dan serat akan membantu mencegah kelaparan.
    Berikut beberapa makanan yang dapat meredakan amarah:
    • Pisang
      [​IMG]
      Pisang merupakan sumber triptofan yang sangat baik dan membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Sarapan pisang dapat mencegah Anda mengalami rasa lapar dan kelesuan sebelum makan siang. Selain itu, pisang juga kaya karbohidrat yang diperlukan untuk penyerapan triptofan.
    • Kacang almond
      [​IMG]
      Almond banyak mengandung asam amino triptofan. Kacang ini hadir dalam daftar makanan yang memiliki tingkat tertinggi asam amino. Ketika makan almond, triptofan masuk ke otak dengan cepat dan tingkat serotonin meningkat, sehingga bisa menjauhkan amarah.
    • Keju
      [​IMG]
      Keju adalah sumber yang kaya protein, asam amino esensial triptofan dan karbohidrat. Dengan demikian, keju membantu meningkatkan mood dan menghilangkan sifat mudah tersinggung dan mudah marah.
    • Jus jeruk manis
      [​IMG]
      Segelas jeruk manis juga bisa menjadi peredam amarah. Campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya, sehingga berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.

    sumbre:
    Code:
    http://forum.detik.com/kenapa-orang-lapar-gampang-marah-t222067.html?l993306frm
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
    Last edited: Oct 13, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,740 / -0
    ternyata karena gangguan kadar gula darah y ...
    terus nyambungnya ke otak...
    :niceinfo:
    jadi kalo ada orang marah2, tinggal kasih pisang aja . :lol:
     
  4. pherruz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 16, 2010
    Messages:
    639
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,550 / -1
    nice inpo...
    bisa di coba...

    sedia pisang yg bnyk biar g mrah2 :lol:
     
  5. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,229 / -0
    pantesan kalo puasa itu orang" jadi gampang marah..:hehe:
    ternyata gitu....
    harus banyak" makan keju kalo lagi laper biar kagak marah lagi...:hehe:
     
  6. sena2121 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    2,312
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +12,918 / -0
    mang krasa klo udah kenyang, marah lama2 ilang :lol:
     
  7. Fallen_Angelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    973
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    jd klo org puasa tu banyk ujianny,..
    hrus nahan lapar n karna lapar harus nahan marah deh..
     
  8. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,523 / -0
    neko sekarang lapar :tolong:, persediaan pisang dah habis :onfire:


    belikan saia pisang :oii:
     
  9. Godexs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2010
    Messages:
    1,445
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,279 / -0
    pantesan monyet sama tikus gak pernah marah makannya pisang sama keju jadi gak gampang marah :lol:
     
  10. nununu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    ohhh, jadi itu sebabnya org lapar yg marah diajak aja ke meja makan.
    dgn perut kenyang masalah bisa dibicarakan baik2.

    tapi kalo makannya rendang atau makanan pedas nggak bisa banyak membnatu ya.
     
  11. inumaru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    1,798
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,008 / -0
    Pantesan kalo ad pertemuan apapun pasti ad jamuan makannya..
    biar semua tenang ya..
    :haha:
     
  12. deepsky M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    8,649
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +8,454 / -4
    gitu ya :niceinfo:

    berarti jamuannya bagusnya dikasih pisang aja, klo yang laen kan rada mahal :lol:
    Indonesia rakyatnya suka kepancing amarahnya gara2 laper berarti, PR buat pemerintah :hehe:
     
  13. Kaoru_Yamazaki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 12, 2010
    Messages:
    609
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,075 / -0
    mau bagaimana lagi, pisang memang merupakan makanan yang penuh gizi dan vitamin. Untuk anak kos seperti saya, bahkan kalau kelaparan di malam hari atau malas sarapan, pisang salah satu penyelamat saya. [meskipun kadang cukup minum air+gula klo udh gak punya uang, :sigh: ]
     
  14. arriy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    620
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +15 / -0
    kalo ada yang marah dijejelin pisang aja tuh :lol:
     
  15. dadans M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    503
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +17,191 / -0
    hati2 gan, dikasih pisang bisa2 dikasih bogem mentah....:hahai:

    baru tau ternyata marah sebabnya karena kurangnya pasokan gula ke otak..
     
  16. EthanEthan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    hahaha
     
  17. lehudea M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    806
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +356 / -0
    itu kalo lapernya ekstrim kan bro???
    kalo laper biasa 1 jam 2 jam dari jam makan tapi belum makan masa semarah itu???

    satu lagi, kadang saking lapernya jadi gak laper itu kenapa y???
    apakah pada keadaan itu masihkah gmpang marah???
     
  18. azchtein M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    739
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +310 / -0
    hhahahaha yakin? klo lapar marah trus bisa2 jadi kaya hewan liar dong...

    kucing aja ga dikasi makan 2 hari ga marah ko.. manusia? kalah yah? baru lapar 1 jam aja bikin pusing apalagi abis kerja ga ada makanan..
     
  19. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    850
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,212 / -0
    waaaah jd ky monyet aja nich. :hahai: masa' orang marah langsung di kasih pisang? :bingung: :???: tar klo pisangnya dilemparin ke kita gmn? :takut:
     
  20. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    :haha: ternyata begitu ya gan. mantap dah... pantesan indonesia banyak yang suka marrah2, rakyatnya kelaparan
     
  21. lzu93 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    557
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +100 / -0
    :niceinfo:,, bru taw klo ternyata pengaruh ny tuh di gula darah, gw pkir psikologi gtu
    lain klo ad persidangan hrus disuguhin pisang di meja ny, biar pengacara ma jaksa ga marah2 :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.