1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Kenali Karakteristik Virus Tangan, Kaki, & Mulut

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by dzokee, Sep 8, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dzokee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    VIRUS dan penyakit infeksi yang menyerang tangan, kaki, dan mulut relatif terjadi pada bayi dan anak-anak. Itu disebabkan bayi dan anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang berada dalam proses pematangan.

    Jenis infeksi ini sering beredar di pusat penitipan anak ataupun sekolah. Wabah bisa jadi sangat parah, hingga tak jarang sekolah menghentikan kegiatan belajar mengajar sampai kuman yang menyebar berhasil dihentikan.

    Untuk lebih menjawab beragam pertanyaan terkait virus infeksi, Dr Nuthaitip Kashemsri Na Aydhaya dari Samitivej Sukhumvit Hospital, Bangkok, Thailand memberikan ulasannya.

    Karakteristik gejala

    Penyakit tangan, kaki, dan mulut adalah penyakit menular yang karakteristiknya ditandai dengan demam ringan, nyeri pada daerah mulut, dan ruam yang melepuh. Penyakit ini biasanya dimulai dengan demam, disertai nafsu makan berkurang, perasaan tidak nyaman, dan biasanya sakit tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan bayi dan balita yang terinfeksi menjadi uring-uringan.

    Satu atau dua hari setelah timbul demam, karakteristik nyeri pada daerah mulut mulai muncul. Penyakit ini diawali dengan bintik-bintik merah kecil yang melepuh dan kemudian sering menjadi borok di lidah, gusi dan bagian dalam pipi.

    Pada awalnya, ruam tidak melepuh, namun dalam satu sampai dua hari akan menjadi seperti bisul dan melendung. Ruam tidak selalu gatal, dan biasanya muncul di telapak tangan, telapak kaki, bahkan bokong.

    Tidak semua gejala akan muncul dalam setiap kasus, karena sebagian orang bisa saja hanya memiliki ruam dan sebagian lainnya mereasakan sakit dan luka-luka sariawan pada mulut.

    Cara mengobatinya

    Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Pengobatan diberikan untuk meredakan gejala seperti demam, nyeri atau rasa sakit sariawan pada mulut. Antibiotik tidak membantu karena penyakit ini disebabkan oleh virus.

    Salah satu cara untuk mengurangi risiko terinfeksi adalah melakukan gaya hidup sehat dengan selalu mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas secara bersih dan menyeluruh.
     
  2. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Berhubung ini ngomongin penyakit, tolong lampirkan sumber beritanya ya diambil dari mana.
    Biar nggak rancu (supaya yakin ini bukan hoax).

    PM ke gw aja atau ke shinminho, lampirkan sumber dan link ke thread ini.
    Nanti kita bukain lagi kalo udah ada sumber.

    Terima kasih.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.