1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kementerian Negara Ristek Kaji Pembangunan Jembatan Selat Sunda

Discussion in 'Lifestyle' started by irfan_andrea, Sep 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. irfan_andrea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Tahun 2011 direncanakan jembatan Sumatera-Jawa yang melintasi Selat Sunda akan dibangun. Untuk itu, kajian teknis dan nonteknis dilakukan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Ristek).

    Sebagai kajian nonteknis, Kemenneg Ristek mengadakan seminar aspek sosial, ekonomi, tata ruang, dan lingkungan hidup rencana pembangunan infrastruktur penghubung Sumatera-Jawa di Gedung BPPT Jakarta, Selasa (15/9).

    "Tujuan seminar ini adalah untuk mendapatkan masukan-masukan yang terkait dengan itu semua dan akan dijadikan referensi pengambilan keputusan pemerintah terkait dengan penghubung Jawa dan Sumatera," kata Teguh Rahardjo, Deputi Menteri Negara Bidang Program Ristek.

    Menurut Teguh, sebagian besar kajian yang berjumlah 36 kajian bicara secara teknis. Dalam seminar ini bicaranya nonteknis. "Jangan sampai faktor nonteknis itu diantisipasi ketika penghubung itu ada," ucap Teguh.

    Faktor nonteknis ini penting, lanjutnya, karena pembangunan penghubung ini akan disertai dengan pengembangan wilayah Provinsi Banten dan Lampung. "Tidak hanya itu, kedua provinsi ini juga didukung oleh semua provinsi," tuturnya.

    Di dalam proposal yang diajukan oleh swasta kepada pemerintah, megaproyek ini bernilai Rp 100 triliun. Namun, nilai tersebut masih kasar. Direncanakan panjang jembatan tersebut lebih dari 30 meter dengan panjang selatnya sendiri 27 meter. Kalau nanti ini benar jadi maka Indonesia akan memiliki jembatan terpanjang di dunia.

    Lebih jauh, ia menuturkan bahwa ada alternatif lain di luar jembatan. Institut Teknologi Bandung (ITB) mengusulkan penghubung Sumatera-Jawa menggunakan terowongan. Kalau pembangunan jembatan memerlukan studi detail selama 2 tahun, sedangkan terowongan dengan panjang 36 kilometer hanya butuh 6 bulan.

    Mereka yang terlibat dalam seminar ini adalah dari Kementerian Bidang Perekonomian, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Bappenas, BPPT, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, LIPI, dan dari universitas, seperti ITB, ITS Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Airlangga.


    Maaf Gan Kalau Thread Ini :fd_7::fd_7:

    Tapi Saya Cuma Pengen Membanggakan Bangsa Indonesia :piss::makasih-g::makasih-g::makasih-g:
     
  2. vanzZ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    645
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,739 / -1
    ini akhirnya jadi enggak sih dibangun nya, jembatannya ini?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.