1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Kemacetan.. adalah hal umum

Discussion in 'JaBoDeTaBek' started by setanbedul, Mar 19, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,925 / -0
    sebenernya sih ga cuman angkot doang bos
    banyak hal2 laen yg bikin macet jakarta
    salah satunya sih menurut gw busway
    dulu sudirman 4 jalur aja pagi2 macet terus
    apalagi di kurangin kalo jadi 3
    ama di jalan2 yg laen
    kaya cipinang dll
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. tomiero Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,462
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,269 / -0
    IMO cara paling efektif ngurangin kemacetan : mengurangi minat masyarakat dalam memiliki kendaraan pribadi. caranya? maksimalin fungsi sarana transportasi publik

    kedengerannya sederhana, tapi emang itulah solusi paling masuk akal buat ngatasin kemacetan. bukan dengan nambah jalan di sana sini, soalnya luas lahan selalu tetap. dgn ditambah jalan dimana2 malah bikin infrastruktur tambah semrawut. selain itu, perbandingan persentase pertumbuhan luas jalan dengan pertumbuhan populasi kendaraan pribadi sangat ga imbang. jadi, penambahan jalan ga memecahkan masalah selama belum melampaui persentase pertumbuhan populasi kendaraan pribadi

    lagipula alasan utama masyarakat lebih prefer untuk memiliki dan menggunakan kendaraan pribadi adalah karena transportasi publik yang masih jauh dari harapan
     
    Last edited: Dec 30, 2011
  4. wingstar212 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 13, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    :nongol: Sorry agan-agan numpang curhat :nongol:

    Kalau menurut Gue karena ada kesalahan pengaturan kebanyakan pada pengen buat proyek tapi kagak ada proyek yang buat jalan lancar kecuali bikin flyover,

    Yang punya jalan Pemprov DKI cuma sibuk buat nambalin jalan dan sukanya bikin flyover (bikin cekak pemerintahan daerah berikutnya dengan utang),

    DLLAJR, ngatur kendaraan umum doank, bukan ngatur tapi malah narikin setoran dari kendaraan umum yang tidak bersalah (jangan dilihat yang dijalan mohon dilihat dari sudut pandang pengemudi kendaraan umum yang alim dan budiman),

    Polisi cuma narikin uang STNK, SIM, ama negoin orang yang salah ngambil jalur, mestinya ada peraturan kalau kagak ada polisi di ujung pengemudi kagak bisa ditilang, kan bisa dibilang entrapment, atur dulu kalau bandel baru tilang.

    Trus bagian dari pemerintah daerah yang nanganin buat jalan lancar, KAGAK ADA, maksudnya mulai sekarang sudah dibuat satu jalur, merubah pengkolan-pengkolan atau mengusulkan supaya di sudirman dan gatot subroto dibuatkan puteran balik jangan gara-gara ada tol trus pengemudi yang tidak menggunakan tol harus muter balik di semanggi kemudian dikatakan bahwa pengemudi tidak sopan, bukan tidak sopan tetapi tidak ada jalan lain, ya gak bro?

    Makanye kalau mau lancar harus dari kite-kite, mobil ama motor saling bekerja sama, jangan ngerasa kalau udah naik motor trus nongkrong di tengah jalur sebelah kiri dengan kecepatan 20 Km/jam, diusahakanlah sama dengan yang di depan, ngejar lah yang depan karena dibelakang udah banyak menunggu, mobil juga sama jangan mentang-mentang di kanan trus nahan yang dibelakang, kalau udah disalip beberapa kali ama yang dibelakang mohon tau diri lah, kacian pengguna jalan yang lain.

    Karena makin banyak yang make jalan, maka kite-kite harus makin jaga perasaan pengemudi yang lain.

    :peace::peace::peace::peace::peace:
     
  5. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,356
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +2,925 / -0
    menurut gw sih susah juga bos buat ngurangin minat masyarakat ama kendaraan
    bukan karna rakyatnya
    tapi ama perusahaannya
    perusahaan mobil pasti pada protes atau mungkin para pejabat udah ditutup mulutnya ama pelicin :D
    salah satu buktinya sih monorail
    udah dari kapan tau masih belom jelas itu kelanjutannya gimana
     
  6. tomiero Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,462
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,269 / -0
    ya emang ga mudah bos buat dilaksanain, cara paling efektif emang pada umumnya paling sulit direalisasikan :)
    daya beli masyarakat sekarang udah meningkat, mobil udah bukan barang yang mewah lagi buat masyarakat perkotaan. belom lagi sekarang mobil2 produsen china dan malaysia juga mulai meramaikan industri otomotif kita dgn menawarkan harga yg miring banget. selain itu, mekanisme jual beli kendaraan juga udah mudah banget skarang, tinggal DP 10% udah bisa bawa pulang mobil. jgn lupa ada juga sebagian masyarakat yg punya mindset, "tolok ukur sukses adalah, gw punya jabatan tinggi, rumah mewah, dan kendaraan yg mahal". mindset kyk gitu yg bikin sebagian masyarakat berlomba2 buat membeli kendaraan, bahkan ga sedikit juga yg punya mobil hingga lebih dari 2 unit per keluarga :)

    itu dari sisi rakyat. sedangkan dari sisi produsen mobil seperti yg lo bilang, mereka bakal kebakaran jenggot kalo pemerintah ngeluarin kebijakan buat ngurangin minat masyarakat dlm memiliki kendaraan pribadi. mereka pasti bakal ngelakuin sesuatu supaya ga ngurangin jumlah penjualan mereka. mengingat sektor otomotif adalah sektor yang "gemuk" di Indonesia, alias punya potensi tinggi utk berkembang, jadi emg ga bisa dibantah kalo cara ini paling sulit.

    memang cara yg paling efektif kadang punya tantangan yang paling berat. mungkin itu semacam "cost" yang harus dibayar sebagai ganti efektivitas yang ditawarkan dalam mecahin permasalahan.
    sementara itu, solusi yang mudah dilaksanakan justru biasanya kurang efektif. kenyataan yg ada adalah pembangunan jalan layang di mana2. mungkin pelaksanaannya relatif lebih mudah, tapi apa itu efektif? :)
     
    Last edited: Jan 4, 2012
  7. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,414
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +58,999 / -3
    gara-gara kita semua gan...
    yang make jalan...

    kalau menurut ane penyebabnya ciy angkutan umum gan,,
    mereka semaunya sendiri,,,,
    apalagi angkot ama becak gan....:ngeselin:
     
  8. cliqstar Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    12,600
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +137,080 / -0
    kemacetan sekarang makin meningkat karena banyak yg tumbang2an & berjatuhan :sigh:
     
  9. dustyss19 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    menurut gue karena kebanyakan kendaraan sih, dan kendaraan umum juga

    itu angkot juga sering banget ngetem di jalan jadi bikin macet. Masyarakat juga
    ga disiplin banyak bahu jalan di jadiin tempat jualan -__-
     
  10. reza_aj Members

    Offline

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Mungkin ibukota kudu diganti y baru kemacetan bisa diurai di jakarta ini.
     
  11. Makunetsumaru Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2007
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    setuju gan, motor-motor sekarang emang gk punya aturan
     
  12. agiblack Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +109 / -0
    ya setuju saya. semua salah. dari pemeritah ampe pengguna jalannya. Kadang2 udah macet ditambah penggunanya tidak tertib pengen menang sendiri akhirnya double macet dech.
     
  13. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,582
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,713 / -1
    klo menurut ane sih ada 2 pihak pembuat onar :
    1. pengguna jalan (nyang punya kendaraan motor trutama), krang tertib dlm brkndara, nafsu nya pada gede2( klo mw dkasih tw yg bner soal aturan lalu lintas,psti pd nyolot dech), tingkat konsumerisme di indo sngat besar (ada kndraan bru., lngsung beli) dan infrastrukturnya yg trbatas.
    2. Pemerintah hrus nya mmbatasi jumlah kndaraan di Indonesia (trutama kndaraan pribadi), brlakukan pajak progresif bwt org elite n kaya, perbanyak angkutan massal (liat ajja tuh jepang).
     
  14. refaldod99 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 6, 2012
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    mungkin yg buat mobil sama motor x..

    coba klo gk da mobil ato mtor psti gk bkalan macet.. haha
     
  15. vidheyata M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 22, 2012
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +720 / -0
    Banyak tolak ukurnya kk, misalnya jumlah kendaraan yang setiap harinya lalu lalang di jalanan ibukota, lebar jalan yang semakin menyempit, hingga jalanan yang kondisinya rusak juga bisa jadi penyebab kemacetan. Agak kompleks juga kalo kita ngomongin hal yang satu ini, dalam artian, banyak pihak yang berperan dalam hal kemacetan ini, baik pemerintah maupun kita sebagai warga masyarakat, CMIIW
     
  16. Begichu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    smoga jika jokowi nti terpilih, kemacetan bisa diurai dg transportasi umum yg memadai.
     
  17. wijayaajadeh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    makanya gw bilang juga duit subsidi bensin buat busway supaya bisa beli lebih banyak bis
     
  18. dna13 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2011
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +9 / -0
    macet itu gara2 ada jalan gan,, he13,, bercanda...

    kalo menurut ane sih karena kurangnya kedisiplinan pengguna jalan..
    tapi sebaiknya pemerintah harus mengawasi juga produksi kendaraan bermotor,
    kalo ga mau kena macet, mending kerja di kota2 yg ga terlalu besar aja ni..
     
  19. BMco M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +736 / -0
    mcaet gara2 pengguna jalannya uda kebanyakan dan rata2 pengguna make kendaraan pribadai lg..

    cb klo kendaraan umumnya mumpuni dan akses ke satu t4 gak cm 1 jenis kendaraan umum, mgkn bisa mengatasi kemacetan
     
  20. MachiPreT Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    terlalu banyak kendaran pribadi, tidak di iringi dengan perluasan jalan!
    mental pengendara bermotor di jalan yang tidak tertib juga bikin macet!
     
  21. batangtoge Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 25, 2012
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    hanya bisa berpikir saja, kapan jakarta tidak macet....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.