1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kelola Keuangan Keluarga dengan Cara Ini

Discussion in 'Money Talks' started by kutukuliah, Sep 5, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kutukuliah Members

    Offline

    Joined:
    Apr 23, 2013
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Penghasilan keluarga memang harus diatur sedemikian rupa agar jatuhnya tidak pada pemborosan. Tahu sendirikan boros atau mubazir itu temannya setan. :ogbloon:

    Nah, seberapa banyak pun penghasilan yang kita dapatkan, kalau kita tidak pandai mengelola pendapatan tersebut maka bisa saja penghasilan tersebut tidak akan pernah cukup. Nah, apalagi jika memang memiliki pendapatan yang pas-pasan. Mengelola keuangan keluarga sangat-sangat penting.

    Berikut cara mudah mengatur keuangan keluarga.

    1. Tentukan Target Keuangan Keluarga
    Tujuan penentuan target seperti ini adalah agar anda bisa lebih fokus dalam mencapai tujuan. Penentuan tujuan ini harus disesuaikan dengan kaidah SMART, yakni spesifik (specific), terukur (measureble), dapat dicapai (acceptable), realistis (realistic) dan memiliki batas waktu pencapaian (time limit).

    2. Susun Rencana Keuangan
    Pisahkan pula mana yang wajib anda keluarkan dan mana yang sifatnya opsional. Pengeluaran yang sifatnya re-freshing memang bisa dimasukkan ke dalam daftar, list yang sifatnya opsional. Namun, jangan sampai anda lupa juga. Karena anda hidup bukan semata untuk kerja namun juga untuk menikmati apa yang anda raih saat ini.

    3. Buat Skala Prioritas Pengeluaran
    Untuk memudahkan anda menyusun rencana keuangan keluarga, maka jangan lupa pula untuk membuat skala prioritas keuangan keluarga. Bedakan antara kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan tersier.

    4. Mulailah Menabung
    Menabung merupakan aspek yang sangat penting. Oleh karena itu, anda bisa memasukkan list atau daftar menabung sebagai sesuatu yang pokok. Misalnya anda menarget menabung sebanyak 2,5% atau 5% dari penghasilan anda.

    5. Hindari Utang
    Dalam pengaturan keuangan keluarga yang baik, selalulah untuk menghindari utang sebisa mungkin. Apalagi utang yang memiliki bunga atau riba. Selain sangat memberatkan, juga merupakan sesuatu yang terlarang dalam Islam.

    6. Mulailah Berinvestasi
    Kalau anda menabung, biasanya hanya berbentuk uang. Maka investasi lebih daripada itu, yakni nilainya bisa bertambah lebih banyak di masa depan. Contoh, anda mulai sekarang berinvestasi tanah atau emas, dan beberapa jenis investasi rekomendasi lain.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.