1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Keloid penyakit yang tidak berbahaya tapi merusak penampilan

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by mandrakes, Nov 28, 2017.

  1. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,605 / -3
    [​IMG]
    Apa sih keloid itu?
    Menurut wikipedia Keloid adalah kelainan penyembuhan luka, yang berupa pertumbuhan berlebihan dari jaringan parut, melebihi batas luka, dan melebihi waktu normal proses penyembuhan luka. Keloid biasanya warnanya merah muda sampai coklat tua. Mekanisme terjadinya keloid sampai sekarang masih belum diketahui, sehingga pengobatannya pun belum ditemukan. Walaupun keloid tidak menular dan tidak berbahaya, tetapi bisa sangat mengganggu karena rasa gatal, panas, nyeri yang bisa mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari pasien, selain tampilan yang buruk. Keloid terus tumbuh dan berkembang melampaui batas proses normal penyembuhan luka, yaitu membesar lebih dari batas luka, dan terus berjalan bertahun-tahun.

    Meskipun pernah dikemukakan bahwa yang memiliki bakat keloid biasanya orang berkulit gelap dan jarang ditemukan pada orang berkulit terang dan pernah pula dikemukakan bahwa keloid merupakan penyakit yang menurun, tetapi hal tersebut tidak bisa dipastikan. Patofisiologi tentang terbentuknya keloid hingga kini belum dapat ditemukan. Penelitian penelitian yang terbaru mengemukakan adanya kelainan proses signaling dalam pembentukan jaringan parut, yang bisa ditimbulkan akibat adanya sifat mirip keganasan dalam sel keloid.

    Artinya, ditemukan adanya sifat oncogen dalam sel keloid. Keloid tidak dapat disembuhkan sama sekali, tetapi dapat dikurangi, sehingga penampilannya menjadi lebih baik. Berbagai macam terapi sering dikemukakan, tetapi tidak ada yang pasti. Beberapa cara tersebut antara lain:
    1. konservatif, tanpa operasi bedah, diolesi berbagai macam salep, seperti silikon gel (dermatix, strataderm, dll), salep mederma, salep Madecassol berisi Centella asiatica, dll.
    2. Injeksi corticosteroid, ataupun zat citostatik (anti-kanker)
    3. Radiasi sinar (radio terapi)
    4. Operasi (tindakan pembedahan) berupa eksisi intra keloid, yaitu pembuangan jaringan keloid dengan menyisakan sedikit tepi keloid. Tindakan pembedahan ini harus diikuti dengan injeksi di sisa keloid, dengan jarak waktu tertentu selama waktu tertentu. Semua terapi ini biasanya dikombinasi, dengan hasil cukup memuaskan (mengecil, berkurang gatalnya, dan bahkan sembuh sempurna)
    [​IMG]
    Penyebab timbulnya Keloid
    Normalnya pada saat Anda mengalami luka, jaringan parut atau fibrosa akan terbentuk di atas kulit yang luka dan memperbaikinya. Namun pada keloid, jaringan tersebut justru terus tumbuh hingga menebal. Keloid dapat tumbuh pada bekas luka di area tubuh manapun, namun biasanya terbentuk di leher, bahu, dan area kepala.

    Keloid umumnya dialami oleh mereka yang memiliki kulit lebih gelap, meski begitu bukan berarti mereka yang berkulit lebih cerah tidak bisa mengalami pembentukan keloid. Umumnya, keloid timbul pada mereka yang berusia 10-20 tahun

    Luka Apa Saja yang Dapat Menjadi Penyebab Keloid?
    • Bekas Jahitan (cesar maupun bedah lainnya)
    • Penyakit Cacar air
    • Luka bekas suntikan
    • Luka bekas tindik, tato, sulam dll
    • Luka tergores
    • Luka cakar
    • Luka bakar
    [​IMG]
    Bagaimana Cara Mengatasi Keloid?
    Wajar bagi Anda yang memiliki keloid menjadi merasa terganggu dengan bentuknya dan ingin menghilangkannya. Cobalah untuk melakukan beberapa cara mengatasi keloid di bawah ini.

    • Operasi
      Jika Anda memilih cara operasi untuk menghilangkan keloid Anda, dokter akan memotong bagian keloid tersebut kemudian menyuntikkan steroid pada bagian keloid yang dipotong. Cara yang satu ini memiliki risiko timbul keloid lainnya yang lebih besar akibat pemotongan keloid. Dokter mungkin akan mengombinasikan operasi dengan tindakan lain untuk meminimalisasi risiko tersebut, misalnya dengan metode radiasi atau suntikan steroid intralesi.
    • Suntikan kortison (steroid intralesi)
      Suntikan kortison akan diberikan pada bagian keloid secara rutin satu bulan sekali hingga bagian keloid mengempis. Cara ini tergolong aman dan tidak menyakitkan. Meski begitu, suntikan ini bisa membuat bagian keloid yang sudah mengempis menyisakan warna kemerahan karena merangsang bagian pembuluh darah yang lebih dangkal. Selain itu, jika suntikan ini sudah mencapai hasil yang maksimal, bekas luka pada kulit tetap terlihat berbeda dengan bagian kulit lainnya.
    • Cryotherapy
      Cara yang satu ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair yang akan membekukan keloid. Prosedur ini bisa mengempiskan keloid, tapi biasanya akan meninggalkan bekas luka berwarna gelap pada permukaan kulit.
    • Laser
      Laser dapat membantu untuk meratakan keloid dan membuat warna merahnya menjadi lebih pudar. Namun, metode ini termasuk mahal dan perlu dilakukan beberapa kali.
    • Radiasi
      Cara mengatasi keloid dengan radiasi diklaim sebagian dokter sebagai salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi keloid dan cukup aman.
    • Lembaran silikon
      Cara ini menggunakan gel silikon yang dibalutkan pada bagian kulit yang luka selama beberapa jam dalam sehari dan penggunaan ini dilakukan selama beberapa bulan.
    • Suntikan Fluorouracil
      Suntikan kemoterapi ini cukup sering digunakan untuk mengatasi keloid dan dapat disuntikkan dengan steroid atau tanpa steroid.
    • Interferon
      Intereferon sendiri sebenarnya adalah protein yang secara alami diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus. Caranya dengan memberikan imiquimod topikal (salep), yang akan merangsang produksi interferon pada tubuh. Meski dapat mengempiskan keloid, sampai saat ini masih belum jelas apakah metode ini dapat memberikan hasil yang permanen atau tidak.
    Guna menghilangkan keloid dan mengembalikan kepercayaan diri, Anda bisa memilih beberapa cara di atas, namun dengan tetap melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

    Penyakit jenis ini memang tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kematian tetapi jelas sangat mengganggu penampilan ataupun rasa percaya diri, penyakit ini belum ditemukan obatnya tapi bisa dikurangi atau dibuat kecil seperti yang sudah saya sebutkan diatas, adapun tehnik penghilangan keloid tanpa melakukan operasi adalah dengan proses tindik (tato) tentunya dengan seniman tato berbakat tentunya dengan biaya yang jauh lebih murah daripada operasi
    [​IMG]
    Gambar Tato keloid dengan motif Kupu Kupu

    [​IMG]
    Tato keloid denan motif tribal

    View: https://www.youtube.com/watch?v=AYzU5wMkHOo
    Disadur dari Alodokter, Wikipedia, liveabout
     
    Last edited: Nov 28, 2017
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. general_riou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Sebagai info,,pengobatan keloid tidak ditanggung oleh **js
     
  4. Cephalosporin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 12, 2013
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Pengobatan keloid termasuk estetika jadi tidak ditanggung BPJS
     
  5. ketubruk_kancil Members

    Offline

    Joined:
    May 15, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Keloid kalau gak di sembuhkan berarti gak papa yah? hanya menggangu penampilan diri saja
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.