1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Keisengan Seorang Keyboard Warrior Berujung Korban Jiwa, Diganjar Hukuman Penjara 20 Tahun

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Apr 2, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    960
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +35 / -0
    Iseng berujung kematian orang tak bersalah

    Hukuman paling berat terhadap seseorang atas kasus yang terkait video games dijatuhkan kepada Tyler Rai Barriss (26). Pria asal California, Amerika Serikat ini terbukti bersalah melakukan "swatting" yang berujung pada tewasnya seorang pria berusia 28 tahun bernama Andrew Finch.

    "Swatting" adalah tindakan melakukan telepon iseng kepada nomor-nomor darurat dengan tujuan menggiring aparat berwenang menuju ke suatu alamat tertentu. Barriss didakwa bersalah pada kasus "swatting" pada tahun 2017 yang mengakibatkan Andrew Finch tewas tertembak oleh polisi.

    November tahun lalu, Barriss mengaku bersalah telah melakukan 51 "swatting" di mana salah satunya berujung pada tewasnya Andrew Finch. Rupanya ia telah melakukannya selama bertahun-tahun.


    Berawal dari pertengkaran online

    Semua bermula dari perseteruan di game Call of Duty: WW2 antara Tyler Barriss dengan Shane Gaskill (25) dan Casey Viner (18). Pertengkaran online itu berujung pada Gaskill menantang Barris untuk datang ke "alamat tempat tinggalnya" untuk menyelesaikan perseteruan mereka dengan jantan di dunia nyata. Alamat yang diberikan Gaskill adalah alamat Andrew Finch.

    Tanggal 28 Desember 2017, Barriss menelepon polisi lalu mengaku bahwa ia berada di rumahnya di Wichita, Kansas, dan telah membunuh ayahnya serta menyandera keluarga mereka. Celakanya, alamat yang ia berikan adalah alamat Andrew Finch yang ia dapat dari Gaskill.

    Begitu sampai di "lokasi kejadian", petugas kepolisian meminta siapa pun yang ada di dalam rumah (di alamat yang diberikan Barriss) untuk keluar. Finch yang kebingungan berjalan keluar rumah sembari "mengangkat dan menurun tangannya berulang kali" sebelum kemudian seorang petugas menembak mati dirinya.

    Dalam sebuah pernyataan, Jaksa Amerika Serikat Stephen McAllister mengatakan: "Kami harap [tewasnya Andrew Finch] mampu memberi pesan kuat akan bahaya 'swatting' yang merupakan tindakan kejahatan remaja dan tak masuk akal. Kami harap untuk mengakhiri praktek 'swatting' di komunitas game atau lainnya. 'Swatting', seperti yang telah saya nyatakan sebelumnya, bukan sekedar iseng semata."


    Barris resmi dijatuhi hukuman 20 tahun kurungan penjara — dua kali lipat dari hukuman seharusnya, menurut AP report via [PCGamer]. Hal ini dimaksudkan agar remaja tak lagi melakukan telepon iseng ke aparat karena dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa tak bersalah.

    Rupanya hukuman tersebut belum cukup, setidaknya bagi keluarga Andrew Finch yang dilaporkan hendak mengambil jalur hukum melawan Kota Wichita dan petugas kepolisian yang terlibat dalam kematian Andrew Finch.

    Kasus Tyler Barriss ini sekarang digunakan untuk menghimbau masyarakat khususnya remaja akan bahaya "swatting" yang dapat berakibat fatal.



    Sumber: Portal IDGS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.