1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Other Kecerdasan dapat dilihat dari panjang jari~

Discussion in 'Science and Technology' started by caesarckool, Jul 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. caesarckool M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    3,043
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,615 / -1
    Untuk menilai cepat kecerdasan seseorang, lihatlah perbandingan panjang jari manis dan jari telunjuknya. Penelitian terbaru menyebutkan, seorang anak yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk cenderung memiliki kemampuan matematika yang lebih tinggi daripada kemampuan verbal dan bahasa. Jika perbandingannya sebaliknya, anak umumnya memiliki kemampuan verbal seperti menulis dan membaca yang lebih baik dibandingkan matematika.

    Menurut Mark Brosnan dari Universitas Bath, panjang jari-jari tangan merefleksikan perkembangan bagian-bagian di otak. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pertumbuhan jari-jari tangan manusia berbeda-beda tergantung kadar hormon testosteron dan estrogen di dalam rahim saat bayi dikandung ibunya.


    Kadar testosteron yang tinggi diyakini mendukung perkembangan bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika dan pandang ruang. Hormon itu pula yang menyebabkan jari manis tumbuh lebih panjang.



    Estrogen juga mendorong efek yang sama pada bagian otak namun yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Namun, hormon ini juga mendukung pertumbuhan jari telunjuk sehingga lebih panjang daripada jari manis.
    Untuk menguji hubungan kecerdasan dengan rasio panjang jari tangan, Brosnan dan koleganya membandingkan hasil tes scholastik (SAT), semacam psikotes di sini, kepada calon siswa yang mendaftar sekolah dengan panjang cap jari setiap siswa yang telah diminta sebelumnya. Mereka mengukur panjang jari-jari secara teliti menggunakan jangka sorong yang memiliki tingkat ketelitian 0,01 milimeter.



    Kemudian, rasio panjang jari dipakai untuk memperkirakan perbandingan kadar testosteron dan estrogen. Hasil tes siswa laki-laki dan perempuan dipisahkan.


    Mereka menemukan hubungan yang jelas antara tingginya paparan testosteron – terlihat dari panjang jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk - dengan nilai uji matematika yang tinggi. Juga tingginya paparan estrogen dengan kemampuan bahasa dan verbal pada sebagian besar anak perempuan.


    “Rasio panjang jari memberitahu kita gambaran mengenai kemampuan pribadi yang berhubungan dengan kognitif (daya pikir),” ujar Brosnan yang akan melaporkan temuannya dalam British Journal of Psychology. Pada penelitian selanjuntya, ia akan mempelajari hubungan antara rasio panjang jari dengan perilaku seperti teknophobi, karir, dan disleksia.




    Buat temen2 yang pgn tau hormon apakah yang lebih kuat dalam dirinya<estrogen/testoteron> bisa diliat dari panjang jari telunjuk dan jari manisnya jika.. Jari manisnya lebih panjang berarti kamu lebih banyak hormon estrogennya <hormon ce> jika jari telunjuknya lebih panjang berarti hormon testoteronnya lebih dominan <hormon co>.. Ada 1 cara lagi untuk meyakinkan kalian hormon apakah yg lebih dominan dalam diri kita yaitu dengan bgaimana kita melihat kuku jari tangan kita yaitu jika kalian melihat kuku jari dari sisi punggung tangan maka hormon testoteron kalian lebih dominan dan jika kalian melihat kuku jari dari telapak tangan dengan menekuk jari kearah telapak tangan berarti hormon esterogen kalian lebih dominan..
    ==selamat mencoba==
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Jan 18, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. michaelfabregas M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    24,855
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,340 / -0
    hormon testoteron tentunya..

    gw kan cowo... :lol:
     
  4. caesarckool M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    3,043
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,615 / -1
    tes diatas udah dlakukan blom bro?
    bnyak juga lho setelah melakukan tes diatas hasilnya berbanding terbalik dengan kenyataan jenis kelamin yg dimiliki
     
  5. swtking1st Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 26, 2011
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +86 / -0
    berarti ane cerdas donk wkwkkwkwkw Thx infonya~
     
  6. wilstreak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +55 / -0
    jari telunjuk ane lebih panjang, tapi kok ane lebih pinter dalam matematika y?
     
  7. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +898 / -0
    koq kebalik ya.. jari manis ane lebih panjang dari jari telunjuk,tp koq ane kurang ya di matematika,lebih ke bahasa ane.. :???:
     
  8. Ilham_A7X Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +51 / -0
    untung jari telunjuknya ane lebih panjang
    kan ane cowok :pistol:
    kalo jari manis lebih panjang berarti banci dong :onion-07:
    aman :hoho:
     
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,088
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,251 / -0
    Kayaknya studi tsb bilang berhubungan deh. Bukan bilang pasti.
    Maksudnya? Peneliti bilang kalo panjang jari berhubungan dengan kemampuan kognitif dan bukan panjang jari menunjukkan kemampuan kognitif.
    Beda lho :top:

    ==sent from zz11's taplak==
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    kan belum tentu gan
    tergantung ente yang lebih minat ke mana , bahasa atau matematika

    waduh , ane lelaki tulen kok jari manis ane lebih panjang daripada jari telunjuk
    pdahal ane cowok
     
    Last edited by a moderator: Jan 18, 2012
  11. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +985 / -0
    • Thanks Thanks x 1
  12. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0
    kan yg meneliti beda" gan
    jadi ya pendapatnya beda" jg :haha:
     
  13. rubyrubyruby Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ini pake tangan yang mana ya ??


    soalnya tangan kiri ama tangan kanan ane beda panjangnya :haha:
     
  14. HoRny M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +705 / -0

    coba diukur total panjangnya jri telunjuk kanan dan kiri dibandingkan denga total panjangnya jri manis kanan dan kiri
    silahkan dicoba
     
  15. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,616
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,620 / -1
    ane jari manisnya yang lebih panjang.. :hoho:
    berarti ane hormon Estrogennya yang dominan.. :lol:
    :swt:

    iya betul peneliti cuma bilang berhubungan, berikut kutipannya :

    apa yang di paparkan di artikel ini hanyalah hasil refleksi ajja,dan tidak selamanya sesuai menurut ane.. :hmm:
     
    Last edited by a moderator: Jan 18, 2012
  16. zhEro Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +73 / -0
    oh gitu
    kebalik ya
    kukira yang ngeliat dari punggu itu malah cewek
    ternyata kebalik

    klo sama gimana
    apa kekampuannya setara
    jari manis ane ama telunjuk sama ini
     
    Last edited by a moderator: Jan 18, 2012
  17. hirasawa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 4, 2010
    Messages:
    1,074
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +613 / -0
    smua itu kembali kepada anak itu sdiri,kalo malesan ato g mw belajar sama aja boong...tpkalo pnelitian itu bner bisa jd nasehat bagi ortu jg yah :lol:
     
  18. ridhovilla Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    2,252
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +2,250 / -0
    kayaknya sih iya,kalo melihat diri sendiri,lebih panjangan jari manis
    dan saya masuk teknik
    tapi nilai saya kok gak bagus juga ya :iii:
     
  19. caesarckool M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    3,043
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22,615 / -1
    iy bro istilahnya jd prakiraan penggambaran kecerdasan

    kegigihan dalam hal belajar pengaruhnya jauh lebih signifikan bro trhdap hasil (nilai)
     
  20. Hilman354 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    Di cek...... dan hasilnya.........

    ANE EMANG LAKI TULEN!! HA! :panda::panda::panda:


    memangnya seberapa besar sih pengaruh hormon sama tingkah laku?:bingung:
     
  21. izulwaulat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -0
    infonya bagus nih. lebih bagus lagi kalo ada link ke hasil penelitiannya, biar bisa dibaca langsung. hehe.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.