1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Keajaiban pada Cumi-cumi dan Gurita

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Hyperangel, Jan 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Hewan bertulang belakang adalah makhluk di bumi yang mampu berlari paling cepat, berenang paling baik dan terbang paling jauh. Semua ini karena keberadaan kerangka yang terbuat dari bahan keras dalam tubuh mereka, misalnya berupa tulang-belulang yang kokoh. Tulang berfungsi sebagai penyangga kuat bagi otot-otot yang menegang dan mengendur, yang melakukan gerakan terus-menerus melalui persendian yang dapat berputar.

    Hewan tak bertulang belakang bergerak dengan kecepatan lebih rendah dibanding hewan bertulang belakang. Ini dikarenakan struktur tubuh mereka yang tidak bertulang.
    [​IMG]
    Meski disebut sebagai ikan, cumi-cumi termasuk hewan tak bertulang belakang yang tidak memiliki tulang dalam tubuhnya. Namun, mereka mempunyai kemampuan gerak luar biasa berkat adanya sistem yang sangat unik pada tubuhnya. Tubuh lunak cumi-cumi tertutupi oleh lapisan jaket tebal. Di bawah lapisan ini, air disedot dan disemburkan keluar oleh otot-otot kuat, sehingga menjadikannya mampu bergerak mundur.

    Mekanisme pada cumi-cumi sangatlah rumit. Pada kedua sisi kepalanya terdapat lubang mirip kantong. Air disedot melalui lubang ini dan masuk ke dalam rongga berbentuk tabung atau silinder dalam tubuhnya. Lalu ia menyemburkankan air ini keluar dengan tekanan tinggi melalui sebuah pipa kecil yang terletak persis di bawah kepalanya, sehingga ia dapat bergerak cepat dalam arah berlawanan akibat gaya reaktif, yakni gaya dorong yang berlawanan arah dengan arah semburan air.

    Teknik berenang cumi-cumi memiliki kecepatan dan daya tahan yang sangat sesuai untuknya. Cumi-cumi Jepang bernama Todarodues pacificus, dalam migrasinya yang berjarak 1250 mil (2000 km), bergerak dengan kecepatan sekitar 1,3 mph (2 km/h). Untuk jarak dekat, ia mampu mempercepatnya hingga 7 mph (11 km/h). Beberapa spesies diketahui mampu melampaui kecepatan 19 mph (30 km/h).

    Cumi-cumi meloloskan diri dari musuh dengan gerakan sangat cepat akibat kontraksi otot yang cepat tersebut. Jika gerakan cepat saja tidak cukup, awan tinta pekat dan gelap dikeluarkan dari dalam tubuhnya, sehingga musuh terkejut untuk beberapa saat. Ini memberikan waktu yang cukup bagi cumi-cumi yang tak terlihat di belakang awan tinta untuk segera meninggalkan tempat dan meloloskan diri.

    Sistem pertahanan dan cara berenang reaktif cumi-cumi juga bekerja selama berburu. Mereka dapat menyerang dan mengejar musuh dengan kecepatan tinggi. Sistem saraf yang sangat rumit mengatur penegangan dan pengenduran otot yang diperlukan selama berenang. Oleh karenanya, sistem pernapasan mereka juga pastilah sempurna, sehingga memungkinkan kerja metabolisme tubuh yang prima yang diperlukan bagi sistem pancaran air (propulsi jet) pada cumi-cumi.
    [​IMG]
    Cumi-cumi bukanlah satu-satunya binatang yang berenang dengan sistem reaktif. Gurita juga menggunakan sistem ini. Namun, gurita bukanlah perenang sejati, ia menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berjalan melintasi bebatuan dan lembah curam di laut dalam.

    Kulit bagian dalam gurita tersusun atas banyak lapisan otot yang saling bertumpukan. Otot ini dikelompokkan menjadi tiga jenis: longitudinal, sirkular dan radial. Susunan otot yang saling memperkuat dan saling menyeimbangkan ini memungkinkan gurita melakukan beragam gerakan.

    Ketika menyembur air keluar, otot sirkular mengerut searah panjangnya. Namun, sifat volumenya yang cenderung tetap menyebabkan otot tersebut melebar, dan ini biasanya menjadikan tubuh gurita memanjang. Akan tetapi, otot longitudinal mencegah pemanjangan ini.

    Otot radial tetap dalam keadaan terentang selama peristiwa ini terjadi sehingga lapisan jaket menebal. Setelah air disemburkan, otot radial mengerut dan memendek, sehingga menyebabkan lapisan jaket menipis, dan rongga jaket pun terisi air kembali.

    Sistem otot pada cumi-cumi hampir menyerupai gurita. Tetapi ada satu perbedaan: cumi-cumi memiliki lapisan urat otot yang disebut mantel sebagai ganti otot longitudinal pada gurita. Mantel ini terdiri dari dua lapisan yang menutupi bagian luar dan dalam tubuhnya, seperti halnya otot longitudinal. Di antara kedua lapisan ini adalah otot sirkular. Otot radial terletak di antara lapisan otot sirkular, dalam posisi tegak lurus.
    [​IMG]
    Terdapat pula desain sempurna tanpa cacat pada sistem perkembangbiakan cumi-cumi. Telurnya memiliki permukaan lengket yang memungkinkannya menempel dan menggantung pada rongga atau gua-gua di kedalaman lautan. Embrio cumi-cumi mendapatkan sari makanan yang telah tersedia dalam telur hingga saat menetas.

    Embrio melubangi kulit penutup telur dengan menggunakan organ kecil mirip sikat pada bagian ekornya. Organ ini segera hilang setelah telur menetas. Setiap bagian terkecil dari sistem perkembangbiakan cumi-cumi telah dirancang dan berfungsi sebagaimana tujuan perancangannya. Semua penciptaan menakjubkan ini tak lain adalah perwujudan ilmu Allah yang tak terbatas.

    source: http://ingatlahaku.blogspot.com/2009/02/keajaiban-pada-cumi-cumi-dan-gurita.html
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 2
    Last edited: Jan 29, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. auli123 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,199
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +16,188 / -0
    jgn lupa sumbernya... kalo bikin trit di sini mohon sertakan sumbernya
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    cumi cumi bisa mundur juga ya

    canggih nih
    enak juga kalo dimakan


    kapan kapan nyoba si gurita ah
     
  5. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    gw demen nih makhluk ginian

    cumi cumi dan gurita itu nikmat untuk disantap... apalagi...

    kalau di panggang atau di cah kangkung... muangstaaabbbsss!!!
     
  6. omad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +37 / -0
    wekekekeke sama kayak agan2 diatas.. pengen makan gurita dari dulu tapi ga pernah nemu2 (T.T)

    Btw klo dibandingin antara makhluk bertulang dengan cumi2 lebih cepet mana ya? hehehe
     
  7. onibanchou M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +111 / -0
    belom pernah makan gurita...:swt:
    kalo cumi sih udah...:haha:
     
  8. Master_T M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,571
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +436 / -0
    aduh gan...

    agan mikin perut ane laper (maklum dari sekolah langsung les tambahan, trus yoga)

    kalo cumi sih udah
    kalo gurita gimana rasanya ya??
     
  9. kucing_alas M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +59 / -0
    bg g, keajaiban cumi2 itu adalah bisa memanjakan lidah penggemar seafood...
     
  10. dodol1 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +88 / -0
    migrasi berjarak 1250 mil (2000 km), bergerak dengan 19 mph (30 km/h).
    gile aje, lama amir nyampeknya..
    kasian amat tu cumi2..
     
  11. moondesta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    wujud aslinya squidward emg ngeri.hehe
     
  12. consciousness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    cara bergerak yg unik ya..
    bisa mundur pula..
    :hero:
    emank dari bntuknya aja gurita ma cumi2 tu uda unik..
     
  13. yoreizei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    726
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,586 / -0
    Wekeke, comment"nya koq malah tentang enaknya cumi & gurita kalo di makan >.<

    Kalo gurita kayaknya lebi sering jalan di karang karang yah, kalo cumi cumi kan bener" berenang pake pompa tubuh tuh >.<
     
  14. n4n0Br4in M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    2,995
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,308 / -0
    paling sebel ma cumi, susah macingnya... :lol:

    mungkin krna gerakannya yg lincah kl y...
     
  15. littlepanda Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    282
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +39 / -0
    err... rada bingung, keajaiban yg dimaksud jadi apa? kyknya yg ditulis di artikel hal - hal umum yg udah biasa kita denger..
     
  16. H4f1dz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    881
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +114 / -0
    gw demen dah cumi2

    apalagi di asem manis, gulai, goreng, rica2

    klo kata pak bondan Maknyus

    :lol:
     
  17. 290505 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2008
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    ada satu lagi yang gw kagum dari gurita ..

    pernah gw liat di tv, gurita makan kepiting .. pdhl kepiting kan punya cangkang yg keras *walaupun lunak bagian dalemnya*

    pdhl manusia aja butuh ********** buat buka yang namanya kepiting .. bener² hebat
     
  18. ahonks1 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 28, 2009
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +201 / -0
    bisa gerak mundur ?? :lol:
    tp :top: infonya
     
  19. resky17 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +735 / -0
    jadi pingin makan gurita :haha: rasanya kayak cumi2 ga :???:
     
  20. shibagon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +41 / -0
    nice share bro, tp picnya kurang gede yah, jadi inget gurita paul yang pengen gw panggang aja tuh
     
  21. Luminescence M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    di dunia pe-renang-an ada gak ya gaya renang cumi" :hihi:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.