1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Fauna Keajaiban lebah dan madunya

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by vincentrevival, Aug 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia," kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS An Nahl [16]: 68-69)

    Madu dihasilkan dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada kebutuhan lebah. Ini mengisyaratkan bahwa minuman berkhasiat obat ini diciptakan agar bermanfaat bagi manusia.

    Sebagaimana kita ketahui, sumber makanan lebah adalah sari madu bunga (nektar), yang tidak dijumpai pada musim dingin. Oleh karena itulah, lebah mencampur nektar yang mereka kumpulkan pada musim panas dengan cairan khusus yang dikeluarkan tubuh mereka. Campuran ini menghasilkan zat bergizi yang baru yaitu madu dan menyimpannya untuk musim dingin mendatang.

    Sungguh menarik untuk dicermati bahwa lebah menyimpan madu jauh lebih banyak dari yang sebenarnya mereka butuhkan. Pertanyaan pertama yang muncul pada benak kita adalah: mengapa lebah tidak menghentikan pembuatan dalam jumlah berlebih ini, yang tampaknya hanya membuang-buang waktu dan tenaga? Jawaban untuk pertanyaan ini tersembunyi dalam kata "wahyu [ilham]" yang telah diberikan kepada lebah, seperti disebutkan dalam ayat tadi.

    Lebah menghasilkan madu bukan untuk diri mereka sendiri, melainkan juga untuk manusia. Sebagaimana makhluk lain di alam, lebah juga mengabdikan diri untuk melayani manusia; sama seperti ayam yang bertelur setidaknya sebutir setiap hari kendatipun tidak membutuhkannya dan sapi yang menghasilkan susu jauh melebihi kebutuhan anak-anaknya.

    Pengaturan yang Luar biasa di sarang lebah

    Kehidupan lebah di sarang dan pembuatan madunya sangatlah menakjubkan. Tanpa membahas terlalu terperinci, marilah kita amati ciri-ciri utama "kehidupan masyarakat" lebah. Lebah harus melaksanakan banyak "tugas" dan mereka mengatur semua ini dengan pengaturan yang luar biasa.

    Rancangan segi enam dari petak-petak sarang lebah memungkinkan penyimpanan madu dalam jumlah terbanyak dengan bahan baku pembuatan sarang, yakni lilin, dalam jumlah paling sedikit. Lebah hanyalah serangga berukuran 1-2 cm dan ia melakukan perhitungan itu dengan apa yang telah diilhamkan Tuhannya.

    Pengaturan kelembapan dan pertukaran udara: Kelembapan sarang, yang membuat madu memiliki tingkat keawetan yang tinggi, harus dijaga pada batas-batas tertentu. Pada kelembapan di atas atau di bawah batas ini, madu akan rusak serta kehilangan keawetan dan gizinya. Begitu juga, suhu sarang haruslah 35 derajat celcius selama sepuluh bulan pada tahun tersebut. Untuk menjaga suhu dan kelembapan sarang ini pada batas tertentu, ada kelompok khusus yang bertugas menjaga pertukaran udara.

    Jika hari panas, terlihat lebah sedang mengatur pertukaran udara di dalam sarang. Jalan masuk sarang dipenuhi lebah. Sambil menempel pada kayu, mereka mengipasi sarang dengan sayap. Dalam sarang yang baku, udara yang masuk dari satu sisi terdorong keluar pada sisi yang lain. Lebah pengatur pertukaran udara yang lain bekerja di dalam sarang, mendorong udara ke semua sudut sarang.

    Perangkat pertukaran udara ini juga bermanfaat melindungi sarang dari asap dan pencemaran udara.

    Penataan kesehatan: Upaya lebah untuk menjaga mutu madu tidak terbatas hanya pada pengaturan kelembapan dan panas. Di dalam sarang terdapat jaringan pemeliharaan kesehatan yang sempurna untuk mengendalikan segala peristiwa yang mungkin menimbulkan berkembangnya bakteri. Tujuan utama penataan ini adalah menghilangkan zat-zat yang mungkin menimbulkan bakteri. Prinsipnya adalah mencegah zat-zat asing memasuki sarang. Untuk itu, dua penjaga selalu ditempatkan pada pintu sarang. Jika suatu zat asing atau serangga memasuki sarang walau sudah ada tindakan pencegahan ini, semua lebah bertindak untuk mengusirnya dari sarang.
    Kehidupan lebah di dalam sarang serta pembuatan madu oleh mereka sangatlah menakjubkan. Lebah melakukan banyak "pekerjaan" dan mereka berhasil melakukannya dengan baik melalui pengaturan (pengorganisasian) yang luar biasa.

    Untuk benda asing yang lebih besar yang tidak dapat dibuang dari sarang, digunakan cara pertahanan lain. Lebah membalsam benda asing tersebut. Mereka menghasilkan suatu zat yang disebut "propolis" (yakni, getah lebah) untuk pembalsaman. Getah lebah ini dihasilkan dengan cara menambahkan cairan khusus yang mereka keluarkan dari tubuh kepada getah yang dikumpulkan dari pohon-pohon seperti pinus, hawwar, dan akasia. Getah lebah juga digunakan untuk menambal keretakan pada sarang. Setelah ditambalkan pada retakan, getah tersebut mengering ketika bereaksi dengan udara dan membentuk permukaan yang keras. Dengan demikian, sarang dapat bertahan dari ancaman luar. Lebah menggunakan zat ini hampir dalam semua pekerjaan mereka.

    Sampai di sini, berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran. Propolis mencegah bakteri apa pun hidup di dalamnya. Ini menjadikan propolis sebagai zat terbaik untuk pembalsaman. Bagaimana lebah mengetahui bahwa zat tersebutlah yang terbaik? Bagaimana lebah menghasilkan suatu zat, yang hanya bisa dibuat manusia dalam laboratorium dan menggunakan teknologi, serta dengan pemahaman ilmu kimia? Bagaimana mereka mengetahui bahwa serangga yang mati dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri dan bahwa pembalsaman akan mencegah hal ini?

    Sudah jelas lebah tidak memiliki pengetahuan apa pun tentang ini, apalagi laboratorium. Lebah hanyalah seekor serangga yang panjangnya 1-2 cm dan ia melakukan ini semua dengan apa yang telah diilhamkan Tuhannya.

    sumber : http://id.custom.yahoo.com/ramadan/artikel-article/keajaiban-lebah-dan-madunya-255
     
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,497
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,588 / -9
    ana baru tau cara kerja lebah gimana, dari mulai cari madu, sampe mempertahankan sarangnya (lilin)

    yang ana tau Madu merupakan obat sakit perut :lol:
     
  4. adi_bayumi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,756
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,555 / -0
    Setuju Bro,,,,,
    Lebah itu semuanya bermanfaat, kena sengat pun jika benar bisa menjadi pengobatan alternatif....
    apa lagi masunya, gula yang paling mudah diserap tubuh
     
  5. plusycat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +95 / -0
    madu sangat bermanfaat yaa.. tapi sayangnya banyak sekali madu palsu di pasaran.. belum cukup palsu, bahannya juga ada yg mungkin berbahaya kalau dikonsumsi.. susah sekali cari madu asli di zaman sekarang >.<
     
  6. viperonipiza Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 21, 2010
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +144 / -0
    ga nyangka anne bos, lebah bisa sehebat itu..:panik:
     
  7. pep_chi_entik M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    670
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +991 / -0
    sayangnya masih banyak madu palsu yang dijual di pasaran...
    yg ketipu, jd ga bisa ngerasain khasiatnya... :kecewa:
     
  8. confalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +132 / -0
    Setuju ma yg satu ni gan. Gimana mau sehat, kalau yg dijual madu palsu.

    Madu memang banyak khasiatnya karena alam selalu memberikan yang terbaik.
     
  9. Artlantis7 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 5, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    obat propolis dari liur lebah gan, bagus tuh :matabelo:
     
  10. Jelaran Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +63 / -0
    Luar biasa cara hidup lebah ini dan apalagi madu yang dihasilkan nya digunakan oleh kita sebagai obat2an
     
  11. Alovera M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,579 / -0
    Lebah dan madunya emang memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, cuma sekarang susah euy nyari madu yang asli alias murni
     
  12. oyakatasama Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Ga cuma madunya, lebah juga bermanfaat untuk obat alternatif : Disengat lebah :boong:
     
  13. killr_o_rabbit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    Luar biasa gan, memang lebah ini luar biasa dari cara mereka hidup sampai apa yg mereka hasilkan
     
  14. k1d_v3 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 28, 2010
    Messages:
    367
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +727 / -0
    meskipun lebah hanya serangga yang panjangnya 1-2 cm

    tapi khasiatnya sungguh luar bisa :awas:

    mantap gan, nice share :xiexie:
     
  15. rokimpot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 26, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah baru tau kalo madu juga bisa buat sakit perut
     
  16. hajiudin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2011
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +21 / -0
    madu memang bagus buat kesehatan gan.,.
     
  17. Clarencia Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 5, 2011
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    saya juga setuju sama yang di atas ini.....

    parahh.... :tega:


    :suram:
     
  18. downloadaddicted M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +79 / -0
    madu bisa buat badan tetap vitt...
     
  19. ninot Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    258
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    hebatnya madu..
    juga jauh lebih sehat daripada gula pasirr
     
  20. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,279
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,028 / -3
    Hasl kerja keras lebah memang memberikan banyak manfaat bagi manusia...
    Mulai dari madunya yang bergizi sampai sarangnya untuk anti biotik luar biasa:top:
     
  21. Arquebusa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 4, 2010
    Messages:
    547
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +22 / -0
    yang paling ane kagumin bentuk honeycomb yang sangat perfect...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.