1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Science Katakan Tidak Pada Rokok!

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by smkosasih, Aug 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,340
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    Pengaruh buruk dari kebiasaan merokok terhadap kesehatan sudah tidak diragukan. Kebiasaan ini merupakan penyebab
    kematian utama yang sebenarnya dapat dicegah. WHO pun telah menetapkan tanggal 31 Mei sebagai World No Tobacco Day, hari tanpa asap rokok sedunia. Mari katakan 'Tidak!' pada Rokok, mulai saat ini!

    Angka statistik di Amerika menunjukkan sekitar 430 ribu orang yang meninggal akibat penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok (smoking related disease). Selain itu, data tersebut menunjukkan lebih dari 50 juta orang, 3 juta di antaranya adalah remaja, yang terus melanjutkan kebiasaan merokok. Sementara itu, diperkirakan lebih dari 3 ribu remaja mulai belajar merokok setiap harinya, dan 1.000 di antaranya kemudian akan meninggal akibat merokok.

    [​IMG]

    Berdasarkan data dari American Lung Association, 87 persen perokok akan mengidap kanker paru dan penyakit
    paru obstruktif kronik (PPOK). Selain nikotin, rokok mengandung lebih kurang 19 karsinogen, yaitu bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker dan bahan-bahan kimia toxic lainnya.

    Bagaimana rokok dapat merusak tubuh?
    [​IMG]
    Nikotin sendiri tidak bersifat karsinogen. Zat ini akan menyebabkan kematian bila masuk ke tubuh dalam dosis yang sangat besar. Perokok lama, kebiasaan ini memiliki risiko timbulnya penyakit lebih tinggi.

    Hampir semua jenis kanker dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, misalnya kanker paru, mulut, hidung, pita suara, bibir, lidah, tenggorokan, kerongkongan, pankreas, sumsung tulang, ginjal, serviks, hati, kandung kemih dan lambung.

    Jantung, paru dan pembuluh darah adalah organ yang mengalami kerusakan terberat akibat kebiasaan merokok. Penyakit paru seperti PPOK (Penyakit Paru Okstruktif Kronik COPD/Cronic Obstructive Pulmonary Disease) di antaranya asma dan kanker paru disebabkan terutama oleh kebiasaan merokok.

    Asap rokok menimbulkan kerusakan permanen di saluran napas sehingga terjadi PPOK. Selain ancaman penyakit
    jantung seperti penyumbatan arteri koroner, serangan jantung dan stroke jauh lebih sering dijumpai pada perokok. Nikotin memberikan efek penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Nikotin juga meningkatkan frekuensi denyut jantung sehingga jantung bekerja lebih keras.

    Merokok tidak hanya memberikan efek buruk pada paru dan jantung, namun juga pada semua bagian tubuh yang dialiri pembuluh darah. Lapisan dalam pembuluh darah dapat rusak sehingga lemak akan melekat dengan mudah, akibatnya pembuluh darah menyempit dan menjadi kaku.

    Hal ini menyebabkan sirkulasi di kaki dan tangan menjadi sangat berkurang sehingga timbul nyeri yang disebut nyeri neuropati dan gangguan untuk menangkal infeksi lokal atau setempat. Akibatnya dapat timbul ganggren (penyakit akibat pembusukan jaringan karena sumbatan aliran darah) yang memerlukan amputasi pada kaki dan tangan yang mengalami pembusukan.

    Menghirup Asap Penuh Racun

    Asap rokok yang dihirup mengandung zat-zat berbahaya misalnya tar, karbon monoksida, hidrogen sianida, logam berat dan radikal bebas. Masing-masing zat tersebut merusak tubuh dengan cara yang berbeda.

    Tar merupakan suatu zat yang sangat lengket dan berwarna cokelat, mengandung bahan-bahan kimia yang telah dibuktikan bersifat karsinogen misalnya benzopiren.

    Warna cokelat tar dapat mengubah warna gigi, kuku jari tangan, dan jaringan paru. Tar juga merusak rongga mulut, gigi dan gusi, serta dapat menimbulkan tukak pada sistem pencernaan, selain itu zat ini juga dapat memicu kanker tenggorokan dan kerongkongan.

    Karbon monoksida merupakan komponen utama pada asap rokok yang memiliki kemampuan berikatan dengan hemoglobin yang jauh lebih kuat dibanding oksigen. Kondisi ini dapat menghambat oksigen untuk berikatan dengan hemoglobin.

    Akibatnya jumlah oksigen yang dibawa oleh darah sedikit, sehingga jantung harus bekerja lebih keras memompa darah untuk mensuplai jumlah oksigen yang seharusnya diterima oleh sel-sel.

    Hidrogen sianida mencegah paru membersihkan dirinya sendiri. Hal ini disebabkan oleh karena silia pada saluran napas menjadi rusak. Padahal silia berfungsi mengeluarkan benda asing yang terhirup ke dalam paru. Akibatnya bahan-bahan kimia berbahaya dapat terkumpul dalam paru, menghalangi oksigenasi pada darah.

    Bahan-bahan kimia lain yang terdapat dalam asap rokok yang dapat merusak paru antara lain hidrokarbon, nitrit oksida, asam organik, fenol dan bahan-bahan oksidasi. Radikal bebas merupakan bahan kimia sangat reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan otot jantung dan pembuluh darah.

    Radikal bebas ini bila bertemu dengan kolesterol akan membentuk plaque yang meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah, penyakit jantung, dan stroke. Asap rokok juga mengandung logam berbahaya seperti arsen, cadmium, dan timah, yang semuanya diketahui dapat menyebabkan kanker.

    Kerusakan organ-organ lain akibat Merokok

    Merokok menyebabkan peningkatan sekresi asam lambung serta tukak dan nyeri lambung. Iritasi dan radang lambung serta usus halus sering terjadi. Orang yang merokok memiliki kemungkinan tinggi terserang kanker pankreas. Banyak bahan karsinogen yang dikeluarkan melalui air seni (urine) sehingga menyebabkan kanker kandung kemih. Tekanan darah tinggi akibat merokok juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

    Merokok menyebabkan efek buruk pada alat reproduksi terutama pada perempuan. Perempuan yang merokok akan sering mengalami haid yang tidak teratur atau kehilangan masa haidnya. Kesuburan akan terganggu dan masa monopause terjadi 1-2 tahun lebih awal.

    Risiko kanker serviks akan meningkat. Perempuan perokok di atas usia 35 tahun yang mengonsumsi pil kontrasepsi akan meningkatkan risiko secara bermakna terhadap stroke dan serangan jantung.

    Pada laki-laki, kebiasaan merokok akan menurunkan jumlah sperma. Sperma menjadi abnormal dan motilitasnya berkurang. Hal ini dapat pula mengurangi kadar hormon seksual. Penurunan sirkulasi pada penis meningkatkan kemungkinan laki-laki perokok menjadi impoten akibat dari kombinasi gangguan sirkulasi dan kerusakan pembuluh darah penis.

    Sistem imun orang yang merokok juga terganggu, akibatnya para perokok ini rentan terhadap infeksi yang ringan sekalipun. Seorang perokok memerlukan waktu yang lebih lama untuk pulih dari penyakit infeksi dibandingkan dengan bukan perokok. Selain itu, para perokok memiliki densitas atau kepadatan tulang yang rendah, dan mudah mengalami osteoporosis.

    Hal lain pula yang umum muncul pada perokok adalah kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya, sehingga biasanya timbul keriput pada usia muda. Risiko yang lebih serius akan dialami oleh bayi yang lahir dari ibu perokok, seperti terjadinya berat badan lahir rendah, prematur, bibir sumbing, dan sangat rentan terhadap infeksi, bahkan sampai dengan terjadinya keguguran.

    dikutip dari:
    Code:
    http://www.detikHealth.com/read/2011/08/10/124111/1700703/775/katakan-tidak-pada-rokok?l991101775
    Penulis
    Dr. Christoph T. A. Zega, SpP
    Tim dokter spesialis Paru di Eka Hospital BSD Tangerang
    .


    Tambahan:

    ~Foto paru-paru perokok vs paru-paru normal~

    | juggybuggy's | harumiya's |

    ~Radioaktif dalam Rokok Diketahui Sejak 1959 Tapi Disembunyikan~
    Selain nikotin dan ratusan racun berbahaya lainnya, rokok juga mengandung unsur radioaktif yang disebut sebagai ion alfa. Keberadaan unsur berbahaya ini diklaim sudah diketahui oleh industri rokok, namun disembunyikan selama 42 tahun.
    [​IMG]
    Klaim mengejutkan ini disampaikan oleh para peneliti dari University of California di Los Angeles dan dipublikasikan di jurnal Nicotine and Tobacco Research. Para peneliti mengungkap hal itu setelah mempelajari dokumen-dokumen rahasia dari industri rokok sejak tahun 1998.

    Salah satu dokumen menyebutkan, adanya bahan radioaktif dalam rokok sudah diketahui 5 tahun lebih awal daripada yang diduga selama ini. Pada awal 1960-an, industri rokok diam-diam sudah melakukan investigasi mendalam terkait kemungkinan adanya unsur radiasi.

    "Industri rokok sudah menyadari adanya unsur radioaktif dalam rokok sejak 1959. Mereka tahu itu memicu kanker, tetapi menyembunyikan fakta itu bertahun-tahun," ungkap Hrayr S Karagueuzian, profesor kardiologi yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (30/9/2011).

    Tak hanya itu, dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa selama itu industri rokok berusaha mengaburkan fakta tentang radiasi asap rokok dan bahayanya bagi kesehatan. Hasil-hasil penyelidikan tentang ion alfa yang berbahaya tidak boleh dipublikasikan
    .

    Unsur radioaktif dalam rokok, seperti ditulis detikHealth sebelumnya, berasal dari mineral alami di dalam tanah maupun penggunaan pupuk. Salah satu unsur yang melepaskan ion alfa adalah polonium, yang tingkat radiasinya disebut-sebut 7 kali lebih besar dari sinar X.

    Efek radiasi pada asap rokok bisa terakumulasi, kemudian dalam jangka panjang akan memicu kerusakan paru-paru atau bahkan kanker. Bukan hanya perokok aktif saja yang bisa terkena dampaknya, perokok pasif atau bahkan third hand smoker juga terancam kesehatannya.

    sumber:detikHealth

    ~Rokok Ternyata Menyimpan Partikel Dengan Radiasi Berbahaya~
    [​IMG]
    Radiasi tersebut berasal dari sebuah bahan yang bernama Polonium-210. Partikel ini dapat memancarkan radiasi yang sangat berbahaya yang disebut partikel alpha. Selanjutnya, jika anda sedang merokok, partikel ini akan bersinergi dengan unsur karsinogen lainnya yang akan mempercepat terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

    Sumber berita ABC News mengatakan bahwa pihak perusahaan rokok telah mengetahui fakta ini sejak tahun 1960. Radiasi dalam rokok ini, dikatakan akan berdampak kepada para perokok setelah masa 20 tahun.

    Lalu kenapa para perusahaan tersebut tetap menggunakan polonium-210. Alasannya adalah karena hal tersebut dapat mempengaruhi kandungan nikotin dalam rokok, yang tentu saja akan mengurangi ‘kualitas’ sebuah rokok.

    sumber:beritateknologi
    info lainnya:
    puisi karya "taufik ismail" dari aira_LMH_PMY tentang rokok yg bisa kita renungkan:
    komentar menarik dari para pembaca yg budiman:




    [video=youtube;DiyWK3fzTpA]http://www.youtube.com/watch?v=DiyWK3fzTpA[/video]

    ngeriiii...:dead:
    ilangin annotations pada video klik kotak warna merah di kanan bawah...

    thanks buat @pearlwhy yang dah share video ini.
    :xiexie:
     
    • Thanks Thanks x 13
    • Like Like x 7
    Last edited: Nov 27, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,048 / -0
    kok gw ga pernah liat tuh di sekitar gw ada yg meninggal gara2 rokok..

    coba kalau ada di indonesia kasus orang meninggal karna rokok gw pengen liat dong..
    :garing:
     
    • Like Like x 1
  4. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,340
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,185 / -0
    :hehe:...
    gw juga gak pernah liat ada yg meninggal disekitar gw karena rokok. Tapi yg kena struk karena rokok banyak..
     
  5. radenmask Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    pernyataan yang salah dan bisa senada dengan "puasa tidak akan menyebabkan seseorang meninggal dunia". padahal puasa bisa disebut dengan pengertian menahan lapar (yang berkonotasi dengan kelaparan).
    soal rokok, hanya akan menyebabkan beberapa akibat yang bisa mengarah ke analisis terjadinya penyakit. meskipun tidak semua orang bakal mengalami, tapi lambat laun hal itu akan terbukti. hanya soal waktu saja.
    selebihnya adalah pilihan kita, bersuka ria menikmati asap atau lebih memilih membelanjakan harta untuk kepentingan yang lebih bermanfaat. it's just about choice.
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,048 / -0
    ok thats right..

    tapi maslahnya gw sudah bertahun tahun denger rokok bisa nyebabkan kematian, bla bla bla..
    dan seumur hidup gw juga sekitar gw juga pada merokok semua..

    tapi ga ada yg mati tuh,,

    yang gw pertanyakan contohnya.. buktinya orang yg mati itu mana ?? ga ada kayaknya ..
    :garing:
     
  7. radenmask Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    aku juga sering dengar pernyataan seperti itu. indikasi ke arah kematian memang belum ada, tapi menyebabkan penyakit sudah ada.
    dimana-mana, indikasi mutlak seseorang dikatakan mati adalah datangnya ajal. sulit dipercaya, tapi sudah banyak bukti.
    atau gini saja, pernah lihat acara televisi Destroyed in Seconds (ohya sori kalau nama acara televisinya salah sebut :hehe: ) atau acara-acara yang sejenis ?
    intinya di acara seperti itu ditampilkan kondisi dimana menurut perhitungan akal, seseorang bisa dikatakan mengalami kematian. kalaupun mengalami cacat tubuh adalah akibat yang minim, karena melihat kondisi TKP yang sangat berbahaya.
    ---
    OK aku beri contoh.
    saat itu crew bandara karena sesuatu hal, tersedot ke dalam turbin jet. kita semua tahu, kalau turbin jet sedang ON, berapa rpm saat itu. katakan saja tinggi. baju sang crew saat itu sudah keluar dari bagian belakang turbin dan crew yang lain sudah membayangkan bahwa temannya akan mengalami kematian. tapi yang terjadi adalah sebaliknya. crew itu masih hidup.
    itu hanyalah cerita singkat dari sumber terpercaya. dokumentasi video juga masih ada. lalu menurut anda bagaimana ?
    turbin jet menyebabkan kematian atau memang saat itu crew bandara sedang beruntung ?

    sori ya TS, kalau pembahasan agak sedikit melenceng :maaf: take it easy aja bro :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. crazy4fun M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,824 / -0
    Rokok bisa jadi salah satu penyebab sakit jantung ato paru2 kayanya nih,jadi otomatis efeknya yah menyebabkan kematian juga :smile4:
     
    • Like Like x 1
  9. chefkero Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    he he hayo berhentilah merokok sekarang juga. Bokap ane bisa tuh berhenti 8D
     
  10. a23 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,184 / -0
    tu uda takdir-y dia boz, ga da yang nama-y keberuntungan kalo buat orang beriman :boong: kata di tipi sih..........

    rokok sih sedikit demi sedikit merusak tubuh...............ya kalo ada paru2 gratis, kalo uda kena penyakit, tinggal ganti yang baru.........tp kaya-e sulit:hot:
     
    • Like Like x 1
  11. MagisterMgt Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    Betul si Say No To Smoke, tapi kalau yang udah addict agak susah kk..
    Bawaan-nya kaya ada yang kurang kalo gak hisap rokok :p
     
  12. harumiya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +247 / -0
    Selo aja bro, ajal itu di tangan tuhan. Jadi gak masalah koq mau merokok ato gak, tetapi alangkah baiknya bila ajal kita itu bukan karena Paru-paru kita tu jadi begini 30 tahun kemudian :

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    Wah, Jaringan parenkimnya pada hancur semua,,, gambar pertama menunjukkan perbedaan Paru orang yang menderita Kanker Paru dan PPOK akibat rokok dibandingkan dengan Paru orang yang tidak merokok. Lagian yang berbahaya dari merokok itu ASAPnya. Bahayanya selain ke diri sendiri, orang lain juga kenak. Aku sih gak masalah orang-orang mau merokok ato gak, toh ujung2nya kalo sakit kan nyari dokter, dan dokternya juga yang untung! :haha:

    Lebih baik mencegah daripada menderita kemudian...

    List penyakit dengan faktor risiko Rokok :
    - Deep Vein Thrombosis
    - Peripheral Arterial Disease
    - Coronary Heart Disease
    - Myocardial Infarction
    - Ischemic Stroke
    - Chronic Obstruction Pulmonary Disease
    - Lung Cancer
    - Tonsilopharyngitis
    - Pharyngeal Cancer
    - Early Dementia
    etc etc

    Penyakit-penyakit ini bukan penyakit masa muda, tapi masa tua nanti.... gausa takut, masi lama... :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. josher M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 16, 2009
    Messages:
    1,498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,344 / -0
    @dyelewer
    berarti bos belum pernah jalan2 di rumah sakit ya
    gw waktu kecil tinggal di perumahan puskesmas karna ortu gw dokter
    gw sering banget liat2 pasien, liat2 data2 mereka yang rawat inap
    banyak tuh yang sampe batuk berdarah gara2 rokok
    yang meninggal karna sakit paru2 gara2 perokok berat juga ada
    belum pernah liat bukan berarti ga ada
    belum pernah lihat Tuhan bukan berarti Tuhan nggak ada kan

    baca ini juga deh
    Leher berlubang usai kena kanker akibat merokok
    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
  14. ichadw Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +313 / -0
    papa saya yang uda addict sama rokok bisa berenti kok.. asal ada niat dan kemauan untuk hidup lebih sehat pasti bisa berenti..

    perokok dengan bukan perokok kesehatannya pasti berbeda.. conthonya aja ketika berlari.. bukan perokok pasti dapat lari lebih lama ketimbang seorang perokok.. CMIIW
     
  15. moneyjunkies Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Rokok bisa jadi salah satu penyebab sakit jantung ato paru2 kayanya nih,jadi otomatis efeknya yah menyebabkan kematian juga :smile4:
     
  16. cecel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kalo ane mah say no to junk food lebih krasa efeknya timbang rokok
     
  17. vettelizz11er M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +167 / -0
    Rokok memang silent killer...
    kalo makanan junk food lebih cepat efeknya ke metabolisme tubuh, rokok lebih pelan2 efeknya...
    Pelan2 menggerogoti paru2 dan saluran napas...

    Kalo sudah sampai waktunya, penyakit akibat rokok akan muncul sendiri juga kok :top:
     
  18. anbarry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    udah ribuan artikel yang membahas tentang BAHAYA merokok, tapi tetep aja kalo konsumen nya nggak punya keinginan kuat dan tindakan nyata = PERCUMA
     
  19. nusher Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 22, 2009
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +84 / -0
    kalo orang tua yg sudah kecanduan berat susah kayaknya disuruh berhenti merokok
     
  20. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    ga ikutan argument ah xD takut diserang
    yang jelas ane uda berhasil untuk tidak merokok kembali
    sungguh perjuangan yang berat :keringat:
     
  21. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Semua yg berhasil berhenti merokok harus dipuji bro... Tekadnya luar biasa utk melawan keinginan luar biasa juga dari kebiasaan merokok itu :top:

    Gpp kok kalo mau dishare pengalamannya :top:

    ==sent from zz11's taplak==
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.