1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Kasus Bullying di Indonesia

Discussion in 'School and Campus Zone' started by andrean1836, Mar 7, 2015.

  1. andrean1836 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2015
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +69 / -0
    Saya ingin posting diskusi tentang bullying, karena. Setiap siswa / siswi selalu memusuhi hal tersebut

    Saya minta maaf apabila thread ini sifatnya ngejunk. Silahkan dihapus, apabila thread ini melanggar aturan di forum ini :ogpeace:

    Saya yang memulainya

    Saya benar2 bingung mengenai kasus Bullying yg di Indonesia. Bullying menurut anda, bentuknya seperti apa? :ogmarah:

    Dan bagaimana, cara mengatasinya dan mencegah Bullying di Indonesia?
     
    Last edited: Mar 7, 2015
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zadrianardi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    bullying terdiri dari dua bentuk, yakni bullying fisik dan verbal
     
  4. zadrianardi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    bullying fisik adalah bentuk penyiksaan dengan menggunakan fisik, misalnya pukulan, tamparan dsb
     
  5. zadrianardi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    bullying fisik adalah bentuk penyiksaan dengan melibatkan fisik, misalnya tamparan dan pukulan
     
  6. aikomeong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2011
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    47
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +113 / -1
    Orang tua maupun orang terdekat hendaknya mengajarkan anak tentang pengertian dan dampak bullying sejak usia dini! :D
     
  7. maxh1312 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    882
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,549 / -0
    Bullying merupakan hal yang cukup kompleks.

    Ada bullying pasif (mengucilkan, membatasi komunikasi, mempengaruhi yang lain untuk melakukan yang sama pada korban)
    Ada juga bullying aktif (melalui verbal, atau bahkan kontak fisik langsung dengan korban)

    Biasanya bullying karena untuk lucu2-an atau karena memang ada rasa benci.

    Ketika salah satu pihak merasa tidak nyaman dengan perlakuan pihak lain dan terjadi berulang kali bisa juga dikatakan bullying.

    bullying sendiri memiliki dampak yang bermacam2.
    Seumpama besi, jika 'ditempa' besi itu bisa jadi tajam, namun bisa juga patah.
    Ketika seseorang terkena bullying bisa jadi malah ia menjadi pribadi yang 'kebal' atau sebaliknya.
    Begitu juga dengan pelaku bullying, kebiasaan pada posisi superior dapat mengakibatkan shock ketika dia pada posisi inferior.

    bagaimana mengatasi bullying?
    Setiap orang memiliki karakter masing - masing. Penanganan bullying pun mengikuti kondisi mental dan kondisi lingkungan. Bullying tidak seperti pertengkaran biasa karena bullying memiliki hal yang mendasarinya. Dasar itulah yag dibenahi.

    bagaimana mencegahnya?
    Komunikasi.
    Komunikasi adalah hal dasar yang harus dibangun sejak dini. Semakin banyak informasi maka semakin mudah memahami masalah dan menemukan cara mengatasinya.
     
  8. zendrymaulana Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 24, 2015
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo anemah korban bullying aja gan haha
     
  9. ossy_boy M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2011
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +20,639 / -0
    menurut wikipedia sih
    Penindasan (bahasa Inggris: Bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang dimana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan lingkungan.

    cara mencegah yg gw baca di post salah satu halaman di fb
    1. Ajarkan anak mengungkapkan ketidaknyamanannya
    Para orang tua sering lupa mengajarkan anak agar berani mengungkapkan perasaan ketika merasa tak nyaman atau diperlakukan tak adil. Misal, ketika ada seseorang yang meludah/bersikap tidak sopan di dekatnya, ajarkan anak untuk menegur orang itu dengan cara yang sopan.

    2. Ajar anak bergaul
    Salah satu penyebab bullying adalah ketidakmampuan anak untuk memiliki banyak teman, sehingga lebih senang menyendiri. Tipe anak seperti ini cenderung dianggap lemah sehingga mudah ditindas. Kenali penyebab mengapa anak gemar menyendiri, lalu bantu mereka untuk bisa memiliki banyak teman.

    3. Perbaiki konsep mengasuh anak
    Ketika anak mengalami bullying, jangan buru-buru menyalahkan anak karena tidak bisa melawan.Bisa jadi Anda lah penyebab anak tak berani melawan. "Pola pengasuhan yang salah juga bisa membuat anak bermental lemah dan penakut," Lemahnya mental anak bisa jadi karena Anda menerapkan pola asuh yang terlalu memanjakan dan membatasi kebebasan mereka.
    Solusinya, coba berikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan semua kemampuannya supaya anak merasa hebat. Selain itu jangan selalu menyalahkan anak atas kondisi yang dialaminya, karena hanya akan membuat anak depresi.
     
  10. rajabolaonline88 Members

    Offline

    Joined:
    May 7, 2015
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    12
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    berarti semua juga balik kepada orangtua nya juga yah... bagaimana caranya mengasuh anak yang baik...
     
  11. thariqkeren Members

    Offline

    Joined:
    Aug 23, 2015
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    bullying itu adalah bentuk penindasan kepada individu tertentu, biasanya sih bisa ke fisik atau verbal.
    Ane jadi inget sampe sampe ada yang bunuh diri gara-gara bullying
    Bullying harus bener bener ditumpas gan, gabaik buat psikologi anak
     
  12. mbatu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +75 / -8
    kalau makian atau apapun yang bentuknya menjatuhkan mental itu kan juga termasuk bullying
    ini yang sama guru guru kita kurang mendapat pengawasan
     
  13. sky999 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 9, 2016
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +745 / -6
    Cari aja di google. Sekarang kan banyak bener kasus bullying di Indo...
     
  14. backstan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 11, 2011
    Messages:
    163
    Trophy Points:
    56
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +133 / -0
    waktu sekolah dulu mungkin banyak dari kita yang tidak sadar dalam melakukan bullying ke teman kita, dengan alasan bercanda dll
     
  15. RyuKuShuRO Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2014
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    anr sering bercandain temen ane apakaih itu termasuk bullying ya??
     
  16. astadarryl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 21, 2012
    Messages:
    1,425
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +159 / -2
    Jangan lupakan cyberbullying di Indonesia.
     
  17. deffaneez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 14, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +313 / -0
    bullying di indonesia mungkin sudah lumrah karna byk contoh dari orang2 dewasa nya sendiri
     
  18. zadrianardi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2014
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +1 / -0
    pada intinya kasus bullying bukan merupakan single factor.. salah satunya adalah karena anak yang jadi korban bully berbeda dengan kelompoknya, misal terlalu cantik, terlalu kaya, terlalu kurus dll
     
  19. pakusari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    yoi, anak seorang preman cenderung (bukan pasti loh ya) untuk mem bully temannya
     
  20. dhanipn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 13, 2017
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    1. "Bullying" secara verbal, misalnya dengan cara berkata-kata atau menuliskan sesuatu yang bermuatan sindiran, mengejek, komentar yang tidak pantas, dan ancaman.

    2. "Bullying" secara sosial, kadang-kadang disebut "relational bullying". Tindakan ini mengakibatkan rusaknya reputasi seseorang atau hubungan. Intimidasi sosial ini misalnya, mengajak anak-anak lain untuk tidak berteman dengan seseorang, menyebarkan rumor tentang seseorang, mempermalukan seseorang di depan umum.

    3. "Bullying" secara fisik. Tindakan ini menyakiti seseorang secara fisik. Intimidasi fisik ini meliputi, misalnya, menekan, menendang,
    mencubit, meludah, mendorong, mengambil atau merusak harta benda seseorang, melakukan tindakan yang kasar.
     
  21. vdz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    bullying udah dr jaman kapan g akelar-kelar.
    tuh ada yg baru lagi, kasusnya audrey
     
  22. ohon M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 28, 2012
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +37 / -1
    Ane bakal curhat dikit lah soal bully. Soalnya ane sendiri emang pernah jadi korban berturut-turut dari zaman SD sampe SMP. Alhamdulillah pas SMK sampe kuliah ane gak pernah alamin itu lagi berkat aktif di organisasi dan dapet lingkungan pergaulan yang baik.

    Setiap zaman pasti ada istilah lain buat menyamarkan si bully itu. Kalo pas zaman ane sekolah itu disebutnya "gencet". Pada masa itu, anak-anak yang gak ngelakuin gencet itu gak eksis. Biasanya orang-orang yang ngelakuin gencet itu merasa dirinya lebih kuat secara finansial (dalam kasus ini anak orang kaya), ganteng, cantik, punya geng anak eksis, dan sebagainya. Orang-orang yang gak masuk standar apalagi golongan mereka selalu jadi sasaran. Biasanya yang jadi sasaran itu anak yang culun, kutu buku, polos, naif, pendiam, dan penurut. Lebih parah lagi kalo korbannya itu introvert dan punya ADHD macam ane. Ane emang pengidap ADHD tipe impulsif dari kecil yang gak ketanganin beres akibat salah pola asuh orang tua.

    Mereka anggap hal itu lumrah, lucu, sama asik. Tapi apa mereka pernah mikir gimana rasanya berada di posisi korban? Gak enak dan efeknya berdampak jangka panjang.

    Mereka gak pernah tahu kalo ane pernah bolos hampir seminggu gara-gara stres dengan ulah mereka. Mereka gak pernah tahu prestasi ane terjun bebas karena selalu tertekan setiap hari di sekolah. Mereka gak pernah tahu secara gak langsung bunuh ane perlahan-lahan berkat perilaku mereka setiap hari. Ane bahkan kehilangan passion untuk hal-hal yang disukai berkat mereka. Ane emang punya semacam trauma kalo berada di keramaian. Tubuh ane sering gemetar tiap kali ketemu orang yang datang bergerombol ato berada di tengah kerumunan. Ane sering dihantui bayang-bayang masa lalu yang rasanya pengen banget nutup telinga setiap saat. Bahkan ketika sobat ane ngajakin buat reunian SD/SMP, ane selalu nolak mentah-mentah dengan beragam alasan. Sebenarnya ane gak pengen luka masa lalu itu kembali menganga berkat nama, wajah, dan suara dari si pelaku yang bahkan ane masih ingat betul. Bertemu mereka saja rasanya ingin mencabik-cabik mereka. Pikirannya sadis emang. Tapi itu akibatnya bila membiarkan seorang korban, apalagi seorang introvert yang pengingat dan kenal betul apapun di sekitar mereka. Gara-gara mereka, ane bisa kenal karakter orang lain hanya dari percakapan singkat. Tubuh ane selalu berespons secara otomatis bila ada bahasa tubuh yang memicu trauma itu lagi dari orang lain.

    Masalah ini emang kompleks. Soalnya banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa dari media, salah asuh orang tua, tekanan pergaulan sebaya, motivasi ingin dihargai dengan status tinggi aka social climber, sampe modus klasik "balas dendam pernah jadi korban". Penyelesaiannya pun sering salah soalnya banyak di antara kita yang gak ngerti cara menghargai orang lain. Akhirnya gimana? Si korban malah terus tutup mulut. Gak cuman karena merasa terancam oleh pelaku, kita sendiri sebagai orang yang mo nolong juga pendekatannya salah. Mereka secara otomatis kepicu dengan hal itu lalu masuk ke mode defensif. Apalagi kalo korbannya introvert yang masyarakat kita sendiri sekalipun menganggap itu sebagai kelainan. Jangan jadi introvert deh, rasanya ane pengen nimpuk orang itu pake bata kalo denger perkataan itu lagi.

    Sebenarnya masalah ini bisa tuntas selama kita belajar mengerti dan memahami orang lain. Kalo ada kasus lain di sekitar kita, jangan buat si korban semakin terintimidasi dengan bahasa tubuh dan perkataan kita. Korban itu secara emosional rapuh dan butuh pertolongan. Salah pendekatan sedikit saja bisa mengubah persepsi bahkan menambah masalah baru bagi mereka. Itulah yang ane rasakan dan bisa bicarakan dari sudut pandang seorang korban.

    Sori kalo kepanjangan, temanya terlalu emosional buat ane.
     
    • Like Like x 1

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.