1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kapan Saat Terbaik untuk Cesar?

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by raza_anguy, Mar 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. raza_anguy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2008
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    Lebih dari separuh kelahiran cesar berdasarkan permintaan pasien dan lebih dari sepertiganya dilakukan terlalu dini ketika bayi sebenarnya belum siap dilahirkan. Tindakan ini bukan tanpa risiko. Bayi bisa mengalami masalah dalam pernapasan dan potensi gangguan-gangguan lain.

    Hasil studi yang dilakukan di Amerika Serikat, melibatkan 13.258 kelahiran menyatakan hal tersebut. Risiko komplikasi meningkat jika cesar dilakukan di minggu 37, meski bayi diklasifikasikan sudah dalam kondisi full term. Namun menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), cesar yang paling aman dilakukan di minggu ke-39. Lebih cepat seminggu, di minggu ke-38, komplikasi masih 50% lebih tinggi. Laporan penelitian ini dimuat dalam New England Journal of Medicine.

    "Bahkan meski kelahiran melalui cesar dilakukan hanya 3 hari sebelum minggu ke-39, masih ada kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan," kata Dr. Alan Tita, pemimpin studi dari University of Alabama.
    Meskipun ACOG sudah mengeluarkan guideline, 36% bayi Amerika dilahirkan terlalu dini. Studi dilakukan di 19 rumah sakit pendidikan di mana dokter selalu mengacu pada guideline nasional. Diperkirakan angka sebenarnya jauh lebih tinggi jika melibatkan rumah sakit swasta. Sayangnya penelitian tidak bisa mengetahui apakah operasi cesar dilakukan setelah dokter melakukan amniosentisis untuk memastikan bahwa paru-paru fetus sudah matang.

    Mengapa para ibu di Amerika memilih melahirkan bayinya di minggu ke-37? Mengacu pada ilmu kedokteran, 37 minggu adalah usia kehamilan yang sudah matang. Olehkarena itu, ibu-ibu hamil yang sudah lelah dengan kehamilannya memilih melakukan cesar. Dokter pun biasanya tak bisa menolak. Jadwal dokter yang kelewat padat pun, kata Dr. Michael Greene dari Massachusetts General Hospital, menjadi salah satu faktor. Karena dokter memiliki banyak pasien dan jam terbang tinggi, sehingga dikhawatirkan tidak bisa membantu saat kelahiran, maka banyak cesar yang dijadwalkan sebelum minggu ke-39. Studi ini juga menyarankan agar dokter pun tidak menunggu terlalu lama. Komplikasi kembali meningkat jika lewat 41 minggu. Kondisi serupa namapknya mulai terjadi di Indonesia. Bukan begitu?
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    intinya yang bagus itu saat kapan nih gan :???:
    masih bingung
     
  4. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Aduh saya mah ngeri kalau dengan urusan belah membelah perut...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.