1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Kalori Sosis Goreng Besar dan Cara Memasak yang Sehat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by DwikiLutfianto, Feb 5, 2024.

  1. DwikiLutfianto Members

    Offline

    Joined:
    Jun 14, 2022
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Sosis goreng menjadi menu favorit bagi banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Jika demikian, perlu diketahui bahwa dalam setiap satu potong Sosis goreng besar terdapat sejumlah Kalori yang mungkin bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

    Menjadikannya sebagai Sosis goreng merupakan salah satu cara memasak Sosis besar yang paling umum. Sosis sendiri merupakan salah satu jenis makanan sehat yang kaya akan nutrisi, tapi di balik itu semua Sosis goreng besar ternyata punya ancaman kesehatan, terutama bagi Anak-anak.

    Ya, kandungan Kalori di dalam Sosis goreng besar bisa memberikan dampak buruk, seperti Obesitas, Hipertensi bahkan penyakit Jantung. Memangnya, seberapa banyak jumlah Kalori Sosis goreng besar sampai-sampai bisa menimbulkan seperti itu?

    Jumlah pasti berapa Kalori Sosis goreng besar nantinya disesuaikan lagi berdasarkan Daging yang digunakan sebagai bahan baku. Berikut ini telah kami siapkan rangkuman informasi mengenai jumlah Kalori di Sosis goreng besar dari berbagai Daging.

    Kalori Sosis Goreng Besar
    [​IMG]

    Sosis merupakan makanan yang terbuat dari olahan Daging merah, seperti Sapi dan Kambing. Selain itu, Sosis juga bisa dibuat menggunakan Daging Ayam dan Daging Babi.

    Pilihan Daging yang digunakan untuk membuat Sosis nantinya mempengaruhi jumlah kandungan Lemak, Protein serta Karbohidrat dari Sosis itu sendiri. Sementara itu, di Indonesia terdapat berbagai merk Sosis seperti Kanzler, Champ, So Nice dan lain sebagainya yang juga memiliki komposisi nya masing-masing.

    Kemudian untuk ukuran nya, setiap Merk Sosis menyediakan ukuran kecil sampai Sosis berukuran besar. Sosis kecil biasanya digunakan untuk campuran Sup, Nasi Goreng dan masakan lainnya. Sedangkan Sosis besar umumnya dikonsumsi dengan cara di goreng dan di bakar.

    Khusus untuk Sosis goreng besar, makanan ini bisa menghasilkan Kalori yang cukup banyak daripada jumlah Kalori sebelum di goreng. Meskipun Kalori punya peran penting sebagai sumber Energi dalam tubuh, perlu diketahui bahwa jumlah Kalori pada Sosis goreng besar ternyata bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

    Belum tahu berapa Kalori Sosis goreng besar? Dilansir dari laman Kokumiworld.com, dalam setiap 100 gram Sosis goreng besar terdapat 296 Kalori. Sedangkan Kalori Sosis besar sebelum di goreng hanya 52,9 Kkal.

    Data mengenai jumlah Kalori Sosis goreng besar diatas berlaku untuk Sosis yang terbuat dari Daging Sapi. Sementara itu, untuk Sosis Babi goreng terdapat Kalori sebanyak 268 Kkal dalam setiap 3,5 ons. Lalu ada juga kandungan Lemak 18 gram, Lemak Jenuh 7 gram dan Protein 27 gram.

    Kemudian jumlah Kalori pada Sosis goreng besar juga bisa dipengaruhi dari jenis minyak goreng yang digunakan. Di pasaran terdapat banyak produk minyak goreng dengan komposisi berbeda-beda, beberapa diantaranya terbuat dari bahan-bahan yang mampu menekan jumlah Kalori.

    Risiko Mengkonsumsi Sosis Goreng Besar

    Sampai disini bisa kita ketahui bahwa jumlah Kalori pada Sosis goreng besar mencapai lebih dari 250 Kkal (tergantung Daging dan berat). Intinya, Kalori Sosis besar berbeda ketika dikonsumsi secara langsung dan di goreng terlebih dahulu.

    Kemudian mengenai Kalori yang katanya bisa membahayakan Kesehatan, mungkin kamu bertanya-tanya apa saja risiko tersebut. Jadi, ketika tubuh terlalu banyak asupan Kalori maka bisa menimbulkan beberapa risiko sebagai berikut:

    Obesitas


    Pertama, ketika terlalu banyak mengkonsumsi Sosis goreng besar kamu berpotensi mengalami Obesitas (kelebihan berat badan).

    Hipertensi

    Kedua, kondisi Obesitas ternyata mampu meningkatkan risiko mengalami Hipertensi hingga Gagal Ginjal.

    Stroke

    Ketiga, lebih parahnya lagi tubuh yang terlalu banyak menyerap Kalori ternyata punya peluang lebih besar terkena Stroke.

    Penyakit Jantung

    Terakhir, Kalori pada Sosis goreng besar juga bisa membuat kamu mengalami penyakit Jantung. Maka dari itu, jika memang suka makanan tersebut, kamu perlu mengimbangi nya dengan pola hidup sehat.

    Tips Memasak Sosis Goreng Besar

    Untuk menghindari semua risiko di atas, kami punya beberapa tips memasak Sosis goreng besar secara sehat, yaitu dengan memanfaatkan minyak goreng rendah Kalori. Di pasaran ada beberapa Merk minyak goreng rendah Kalori, diantaranya:

    • Tropicana Slim Minyak Kanola
    • Bertolli Extra Light Olive Oil
    • Mazola Sunflower Oil
    • Beskul Minyak Biji Anggur
    • Barco Minyak Goreng Kelapa

    Produk minyak goreng di atas mengandung lemak tak jenuh Tunggal lebih rendah, kurang dari 4 gram di setiap sendok nya. Dengan begitu, Kalori Sosis goreng besar nantinya akan berkurang cukup signifikan.

    Sementara itu, komposisi minyak goreng rendah Kalori juga biasanya menggunakan biji-bijian, buah-buahan dan bahan alami lainnya. Selain rendah Kalori, minyak goreng di atas juga mengandung berbagai macam vitamin yang pastinya bagus untuk Kesehatan.

    Kemudian untuk cara mengolah atau cara memasak nya sama seperti memasak Sosis goreng pada umumnya. Kamu bisa menikmatinya Bersama Saus pedas manis, Saus BBQ atau pilihan saus lainnya.

    Kesimpulan

    Setelah mengetahui berapa Kalori Sosis goreng besar, kami harap kamu lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan tersebut. Seperti dijelaskan di atas, meskipun Kalori bermanfaat sebagai sumber Energi, tapi ketika dikonsumsi secara berlebih bisa menimbulkan dampak buruk bagi Kesehatan.

    Lalu bagi kamu yang mungkin sangat menyukai Sosis goreng besar, cobalah untuk membuat Sosis goreng besar menggunakan minyak goreng rendah Kalori. Selain mampu menekan jumlah produksi Kalori, minyak goreng tersebut juga mengandung beberapa zat yang bagus untuk Kesehatan.
     
    Last edited: Feb 5, 2024
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,390
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,076 / -6
    sebenernya makanan olahan apapun yang pake msg dan pengawet bahaya sih buat tubuh, berhubung ane udah kepala 3, ane selektif tuh milih menu makanan yang pastinya jarang makan di luaran.. makanan home made bikin sendiri, telalu banyak garam dan mecin pemicu hipertensi, banyak makan pengawet dan olahan bisa kena diabetes, jantung dll

    minyak rendah kalori aja belum cukup harus ditambah dengan garam bernatrium rendah seperti garam himalaya dan gula yang rendah kalori.. seperti gula dari jagung dll
    kalo mau lebih sehat lagi masak jangan digoreng tapi di rebus / steam
     
  4. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,390
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,076 / -6

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.