1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.

Ask Kalau ingin jd pialang saham, jurusan apa yg sebaiknya diambil saat kuliah?

Discussion in 'School and Campus Zone' started by abigael, Feb 21, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. abigael Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Tmn2, saya mo tanya ya:)

    Smstr dpn saya mo dftr kuliah. Dr dulu saya tertarik bgt untuk mendalami cara main saham. Nah, di antara jurusan2 di bawah ini, mana yg sebaiknya saya ambil?
    (Maaf pake bhs Inggris)

    BBA in Economics
    BBA in Finance
    BBA in General Business Management
    BBA in Information Systems
    BBA in Management
    BBA in Marketing
    BBA in Operations Management
    BBA in Professional Accounting

    Mohon pendapatnya ya, thx :)
     
    Last edited by a moderator: May 6, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. illude M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    607
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +142 / -0
    Sebelumnya saya minta maaf karena barangkali jawaban saya gak bisa memuaskan anda.

    Sepengetahuan saya ilmu seperti saham dan valas tidak di ajarkan di pendidikan formal, paling engga tidak di Indonesia (mungkin saya salah).
    Tapi ilmu ini bisa di dapatkan melalui pengalaman dan juga seminar-seminar. Kalau bicara mengenai seminar tentunya yang menjadi nara sumber adalah seorang yang pakar di bidangnya, dan umumnya mereka menyampainya ilmunya di forum seminar tersebut dengan balas jasa alias Tidak Gratis (berbayar). sementara yang anda dapatkan adalah umumnya adalah sertifikatuntuk dibawa pulang, sekotak bekal untuk makan siang, dan juga ilmu yang di sampaikan paling selama beberapa jam.

    Info tambahan: saya lulusan S1 accounting, pengalaman pribadi selama kuliah -> tidak pernah mendapat pelajaran tentang saham.

    :peace:
     
  4. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    dari yang di atas, meskipun ada di ajarkan tentang pialang saham, tetapi hanya sekilas, dan setau saya ada jurusan khusus untuk mempelajari ini, jadi dia bukan-lah masuk manajemen, akuntansi ataupun marketing.
     
  5. abigael Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Tadinya gw kira jurusan Finance itu yg plg bnyk bljr ttg saham, salah ya kak? :bingung:
     
  6. blueplanetto M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    2,901
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,832 / -0
    klo itu ya masuk finance lah :swt: dari situ entar dapat ilmu dasar dari saham2 tersebut. Dan untuk mengerti betul tentang pialang saham maka harus mengikuti training, seminar, kursus yang diadakan pihak kampus maupun instansi di luar kampus.

    ngebet banget jadi pialang saham :iii: ingin jadi pialang beneran atau cuma mengetahui ilmunya :iii: klo mengetahui ilmunya (cara main saham) sih cuma ikut training perusahaan2 investasi, banyak tuh, gak pandang pendidikan :iii:
    klo mau jadi yg profesional kyk punya sertifikasi WPPE, WPEE, WMI harus sekolah/kursus khusus :iii:

    saran gw sih klo cuma ngerti "cara main saham" mending ikut training gratisan. Klo tentang kuliah (Finance/management) maka entar kalo udah lulus bisa nglamar kerja di perusahaan2 besar :nikmat:
     
    Last edited: Feb 22, 2011
  7. shin90 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 28, 2009
    Messages:
    355
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,707 / -0
    Finance, walau setau gua, gak ada yg benar-benar ngajar cara main saham, tapi laong enggak kamu jadi ngerti laporan keuangan perusahaan. setelah itu, ikutin training, seminar, workshop soal saham.
    Harusnya dengan background finance kamu, kamu akan lebih ngerti.
     
  8. avarielwings M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    926
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,841 / -0
    Diantara jurusan di atas paling kena kalau ngambil Finance.
    Disitu sih bakal ada pelajaran manajemen investasi ,manajemen treasury atau analisa laporan keuangan yang bisa membantu.

    Nanti kalau ada, ambil konsentrasi manajemen investasi.
    kalau mau lebih enak, pas skripsi ambil valuasi saham saja gan. jadi bisa hitung2x saham secara terperinci.
    semoga bisa membantu ya..
     
  9. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    buat tambahan aja:

    Pelajaran tentang saham tidak akan anda dapatkan secara detil di jurusan apapun, namun untuk mengetahui keadaan market (secara keseluruhan) maka jurusan finansial lah yang paling sering digunakan dan itupun hanya akan "membantu" anda untuk mengikuti ujian pialang saham nanti.
    Untuk menjadi seorang pialang saham, anda harus mengikuti ujian profesional yang diselenggarakan oleh BAPEPAM, tidak ada kuliah/jurusan universitas untuk ini.
    saya sendiri sedang mengikuti pelatihan untuk ujian ini dan ini tidak mudah karena saya bukan lulusan finansial.
    Untuk mengerti pasar modal itu sendiri, lebih baik anda turun langsung bermain di bursa untuk mendapat pengalaman karena pengalamanlah yang akan mengajarkan anda tentang bursa. Karena saya sendiri dulunya adalah seorang pemain dan kini saya bekerja di salah satu sekuritas dan menurut pengalaman saya untuk mengerti "permainan" di pasar modal minimal perlu pengamatan 6 bulan.
    Dari pada mengikuti kursus tentang bermain di pasar modal yg menurut saya hanya "BUANG-BUANG UANG" saja, lebih baik anda bermain sendiri cukup sedikit saja untuk mendapat pengalaman. Tidak ada kursus manapun yang mengajarkan apakah suatu saham itu sedang di"goreng", ataupun yg menjelaskan suatu saham tidur bisa naik/turun sedemkian cepatnya, dan hal ini merupakan kegiatan sehari-hari di pasar modal.
    Setelah anda merasa pengalaman anda di bursa sudah cukup dan siap, anda dapat mencoba ujian pialang saham.

    semoga membantu.
     
  10. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    setau saya kalau jurusan khusus pialang saham itu fokusnya statistik, matematik dan fisika, jadi ilmu ekenomi hanya sebatas teori, dan kalau ga salah juga ini jurusan khusus untuk s2.
     
  11. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    oh bukan itu ada lagi namanya teknikal analisis dan TIDAK PERLU harus S2 untuk mempelajarinya.....semua org kalau belajar pasti bisa
     
  12. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    siapa bilang ga ada jurusan khusus untuk jadi pialang saham? ini ada jurusan khususnya, cuman di indonesia tidak terkenal dan juga ini jurusan masih terbilang baru, gua tau karena gua pernah dengar dari dosen gua, ini jurusan susah kalau untuk anak lulusan S1 jurusan ekononomi, karena kebanyakan entar yg dipelajari adalah fisika dan matematika.
     
  13. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    oh ada yah...hahaaha...maaf...soalnya saya orang lapangan langsung........dan saya belajar sendiri mengenai teknikal, dan itu susah2 gampang........kalo boleh tau dimana yah??? berapa lama?? ada titlenya?? apa perlu ikut ujian lagi???
     
  14. abigael Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    kok bisa2nya saham berhubungan sama fisika? emang di mana letak kaitannya? saya jd bingung :pusing:
     
  15. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    wa juga ga jelas, dan juga ini jurusan baru banget, apalagi di indonesia, kalau berniat jurusan ini lebih baik tanya sama dosen ekonomi atau dosen fisika yg lebih mengerti dr pada gua.

    gua pernah ngambil kelas yg berhubungan dengan ini dan ilmu ekonomi itu hanya sebatas teori, hanya dibutuhkan kemampuan untuk membaca laporan keuangan, sedangkan untuk perhitungan atas rumusan tentang saham dibutuhkan ilmu fisika dan matematika.

    kalau loe belajar di didang ini, loe tidak akan seperti pialang saham pasaran, yang hanya mengerti laporan keuangan, menghitung ROI (dsb-nya), dan terakhirnya hanya bisa mempelototi bagan statistik dan berakhir dengan "ikut2" arus.
     
  16. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    letak kaitanya adalah dalam perhitunganya, entar semua perhitunganya menggunakan ilmu fisika, dan matematika itu sebagai alat pembantu. kalau ga percaya tanya saja sama dosen fisika/matematika/ekonomi.
     
  17. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    yah kalo mau jadi pialang saham doank tidak perlu kuliah yg aneh2.....cukup finansial/ekonomi saja sebagai latar belakang dan setelah itu ikut ujian bapepam saja...........yg penting pengalaman.......teori itu hanya 20%.......sisanya pengalaman 80%....itu yg lebih penting.......percaya deh.....
     
  18. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    @hbvyh beda-lah, kalau org kuliah di bidang ini, dia bisa menghitung kemungkinan perubahan nilai saham, seberapa besar perubahan itu, seberapa lama perubahan itu, juga menilai seberapa pengaruh suatu informasi pada nilai saham tsb, dll. dan tentu saja ini semua tidak mungkin hanya di dapat dr pengalaman.

    sorry tp kalau kuliah di bidang ini tidak hanya teori, ini juga ada praktek, kalau kuliah di bidang ini mahasiswa-nya harus membeli saham beneran, dengan nilai yg sudah ditetapkan, entar dalam kurun waktu yg ditetap-kan harus bisa mendapatkan keuntungan dgn minimal yg sudah ditetapkan, tentu saja keuntungan dan atau kerugianya akan berpengaruh sama nilai mahasiswa tsb. jadi tidak seteori yg anda bayangkan.

    satu lagi, jurusan ini tidak cocok dikatakan jurusan ekonomi/finance karena ini dasarnya adalah matematika dan fisika.
     
    Last edited: Feb 24, 2011
  19. hbvyh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    626
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +26 / -0
    kalau mau jadi analis ilmu ini akan sangat berguna sekali tapi kalau hanya ingin menjadi pialang saham....maaf saja ini tidak terlalu dipakai...karena hitungan diatas kertas dan kenyataan sangat jauh berbeda..itulah sebabnya ada saham yg punya fundamental, laporan keuangan bagus tapi di bursa dinilai di bawah harga wajar dan harganya tetap selama beberapa tahun padahal sewajarnya harganya di atas rata2..kenapa?? karena banyak faktor yg berpengaruh misalnya bandar, rumor, politik....kalau hanya tergantung hitung2an bisa bangkrut nanti......karena di pasar modal itu TIDAK ADA YANG PASTI

    jadi kalo cuma ingin jadi pialang saham ikuti saja saran saya.........semoga membantu..^_^
     
  20. salimdanny M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    336
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    lah kata siapa pula yg pasti? itu hanya menghitung "kemungkinan" bukan menghitung "kepastian".

    sepertinya anda bahkan tidak pernah sama sekali mengambil kelas ini, sehingga anda sama sekali salah tentang jurusan ini. dan kata siapa pula anda hanya diajari soal hitungan? anda tau ga "rumor" tsb berpengaruh besar thp perhitungan, dan anda kira dari mana mereka menghitung-nya? bahkan semua pialang saham saja tau bahwa "informasi" itu berpengaruh besar terhadap perubahan tsb, dan "rumor", "politik" yg anda katakan diatas juga termasuk "informasi", bahkan tukang becak saja tau saham itu berpengaruh besar dr informasi, dan anda kira org jurusan ini tidak tau?

    pada saat mengambil jurusan ini, anda diharuskan untuk bermain di-bursa saham, dan uang yang dikeluarkan adalah uang asli bukan uang imajiner, singkat kata mahasiswa disini tidak-lah berbeda dengan pialang saham pasaran kalau hanya soal pengalaman, mereka sama2 bermain menggunakan uang asli, bedanya org lulusan jurusan ini mengetahui berapa nilai dr informasi tsb terhadap saham, dan mereka juga tau bagaimana me-minimalisasi kerugian dan bagaimana me-maksimalisasai keuntungan, mereka juga memiliki langkah2 bagaimana agar kerugian tsb tidak berlanjut, dll, tentu saja jika anda jadi pialang saham pasaran anda tidak mungkin mengetahui banyak tentang ini.

    contoh saja pada saat bangkrut-nya lehman brothers, coba saja anda berikan contoh-nya dari mana sumbangan yang hanya dr "pengalaman" tersebut bisa membantu? dan anda tau ga berapa banyak pialang saham yg bunuh diri dan gila? anda tau ga berapa banyak org yg bangkrut? dan biar anda tau saja "pengalaman" yang anda sebutkan itu tidak sehebat yg anda perkirakan.
     
    Last edited: Feb 27, 2011
  21. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    763
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,102 / -0
    setahu daya mata kuliah untuk saham tidak ada karena sulit untuk menilainya...
    bagaimana cara menilainya, apakah dari besar gain yang didapat?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.