1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Cerpen Kabur!!!

Discussion in 'Fiction' started by serafim, May 18, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,243
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +873 / -1
    setelah menyiapkan hati untuk menerima 'cabe' dari sesepuh, akhirnya baru berani posting sekarang :sigh:

    pasrah deh mau dapet apa :sigh:


    Sekali lagi, sebuah impian indah harus porak-poranda. Kembali sendiri, kembali teraniaya sepi. Well, sebenarnya tidak sepenuhnya kesepian, toh selama dua bulan yang berat ini, keluarga dan sahabatku selalu berusaha menghiburku supaya bisa kembali ceria. Kurasa waktu dua bulan sudah cukup panjang untuk menjalani hari-hari penuh kegalauan bertema #akurapopo. Sekarang tiba saatnya untuk kembali ceria tanpa mengingat kisah masa lalu yang begitu menyakitkan.

    Mengunjungi salah satu mall untuk sekadar berjalan-jalan tanpa arah dan tujuan. Menurutku itu lebih baik dari pada harus berdiam diri di rumah tanpa melakukan apa pun di akhir pekan yang cerah ini. Sendirian, yah sangat berbeda dengan dulu, ketika Erika masih di sampingku. Saat akhir pekan seperti ini kami pasti akan menghabiskan waktu bersama. Hei!!! Kenapa aku mengingat perempuan binal itu lagi? Sudah cukup, aku tidak perlu lagi mengingat-ingat perempuan matre yang lebih memilih seorang pria kaya raya untuk menjadi suaminya dari pada aku yang hanyalah karyawan biasa.

    “Yodaaa!!! Yuhuuuu! Apa kabar kawan?”

    “Fredo? Ngapain kamu di sini?” aku tidak perlu mengucapkan kata-kataku karena aku bisa berkomunikasi dengan kawanku ini melalui pikiran.”Ya mau mengeksekusi manusialah, masa mau melindungi anak kecil?”

    “Di mall?” aku keheranan.

    “Memangnya orang mati hanya ada di rumah sakit? Manusia bisa di mana saja dan kapan saja kawan! Oh itu dia targetku!” seru Fredo sambil menunjuk ke arah teknisi yang sedang memperbaiki eskalator. “Baiklah aku pergi dulu.” Kawan tak terlihat ku itu pun segera melesat ke arah targetnya. Fredo mengeksekusi targetnya dengan menyabetkan crescent scythe ke tubuh target. Tak lama kemudian teknisi tersebut tersenggat listrik tegangan tinggi dan seketika itu juga nyawanya berpisah dengan raganya yang tergeletak tak berdaya.

    Aku memang termasuk golongan “manusia istimewa” yang memiliki kemampuan khusus. Kemampuan untuk melihat sesuatu yang tak terlihat mata manusia biasa. Aku bisa melihat malaikat. Fredo adalah salah satu malaikat yang akhirnya berteman baik denganku, dia adalah pencabut nyawa. Aku juga berteman dengan Viandra sang pencatat doa, Gerard pembawa hukuman, dan tentu saja Devon, malaikat penjaga ku sewaktu kecil. Sekalipun sekarang dia sudah tidak bertugas menjagaku namun dia masih sering menemuiku dan memberikan bantuan ketika aku membutuhkannya. Awalnya memang aneh ketika bisa melihat makhluk-makhluk bersayap itu hilir mudik diantara diantara manusia-manusia yang sedikit pun tidak menyadari keberadaan mereka, namun lama kelamaan aku terbiasa dengan pemandangan janggal ini. Seperti saat ini, di mall yang dipenuhi ribuan manusia, aku melihat ada banyak sekali malaikat berterbangan. Ada yang sibuk mencatat dosa-dosa, ada yang sibuk membawakan berkat-berkat dari surga, ada pula yang direpotkan dengan anak-anak kecil yang harus mereka lindungi. Dan yang paling aku benci dari segala makhluk bersayap itu, adalah malaikat-malaikat berukuran kecil yang membawa-bawa panah untuk kemudian dipanahkan kepada sepasang manusia yang katanya berjodoh. Jika mampu aku sangat ingin membasmi spesies mereka.

    Setelah berputar-putar tanpa arah dan tujuan yang jelas, akhirnya aku memutuskan untuk memasuki sebuah toko arloji. Bulan depan ulang tahun ayahku, mungkin aku bisa menemukan hadiah untuk beliau di sini. Karena terlalu asyik memperhatikan arloji-arloji yang dipajang rapi di etalase, secara tak sengaja aku menyenggol seseorang yang ada di sebelah kiri ku. “Maaf,” kataku singkat, lalu kembali melanjutkan memilih arloji.

    “Bagus! Sasaran sudah berada di posisi yang tepat …” aku mendengar sebuah suara yang aku yakin bukan suara manusia. Sontak aku menoleh ke belakang, dan ternyata benar ada sesosok cupid yang bersiap-siap melepaskan anak panahnya kearah ku sekaligus gadis di sebelah ku. Tanpa pikir panjang aku segera meninggalkan toko itu. Melihat aku buru-buru pergi, si cupid nampak kebingungan.

    Aku berjalan seolah-olah seperti buronan yang berusaha kabur dari polisi yang menguntitnya. Setelah aku rasa berada cukup jauh dari si cupid sialan, aku mulai memperlambat langkahku lagi. Melangkah tanpa arah dan tujuan lagi, sampai akhirnya aku menemukan tempat yang merupakan surga bagiku, toko buku. Well, mungkin ada beberapa komik yang bisa aku borong hari ini. Satu setengah jam berlalu dan ditangan ku sudah ada setumpuk buku yang menjadi pilihanku. Antrian di kasir cukup panjang dan aku berdiri tepat di belakang seorang gadis berambut panjang. Eh tunggu dulu, sepertinya aku pernah melihat gadis ini. Ah aku ingat dia gadis yang di toko arloji tadi. Sialan!!! Kalau ada gadis ini kemungkinan si cupid jelek itu juga ada di sini. Aku mengamati sekelilingku dan benar saja si cupid jelek sedang terbang rendah tidak jauh dari aku. Seketika itu juga aku keluar dari antrian. “Loh mau kemana mas?” Tanya ibu-ibu yang antri dibelakangku.

    “Lupa nggak bawa dompet Bu,” aku hanya bisa nyengir lalu meletakan tumpukan buku yang aku bawa tadi secara sembarangan untuk selanjutnya melesat sejauh mungkin jangkauan dari si Cupid laknat. Lagi-lagi cupid itu nampak bingung dan kali ini sekaligus putus asa karena sekali lagi tugasnya gagal.

    Nafasku terengah-engah karena sekali lagi aku harus setengah berlari demi kabur dari kejaran cupid yang berniat membuatku jatuh cinta sekali lagi. Sekalipun melelahkan namun aku sangat lega bisa lari dari yang namanya jatuh cinta. Cedera di hatiku belum sepenuhnya pulih, aku belum mau jatuh cinta lagi atau mungkin aku tidak akan bersedia jika harus membuka pintu hatiku lagi untuk sekian kalinya. Jatuh cinta itu sakit, namanya juga jatuh sudah pasti menyakitkan.

    Sepertinya pulang ke rumah adalah jalan terbaik untuk melarikan diri dari si Cupid. Di tengah perjalanan menuju lift tiba-tiba sebuah suara menyerukan namaku “Yodaaaa! Kita bertemu lagi kawan!” seru malaikat berjubah hitam itu ceria.

    “Hei! Kali ini kau mau mengeksekusi aku?” bertemu Fredo lagi dan entah kenapa terlintas dibenakku untuk lebih baik dieksekusi Fredo dari pada si Cupid laknat. Yah bagiku saat ini mati lebih baik dari pada harus jatuh cinta untuk kemudian patah hati lagi. Aku tahu Tuhan telah menggariskan seorang untuk bertemu dengan jodohnya untuk kemudian hidup bahagia selamanya. Dan pertemuan kedua insan tersebut atas bantuan panah asmara milik cupid yang bisa menyebabkan dua orang yang tertusuk panah itu akan saling jatuh cinta. Namun bagaimana pun juga manusia punya yang namanya kehendak bebas. Mereka bisa memilih apa pun yang akan mereka lakukan dalam hidupnya, termasuk memilih akan menikah dengan siapa. Bukti nyata terjadi pada hubunganku dengan Erika. Waktu itu aku melihat sendiri bagaimana sesosok cupid membuat kami saling jatuh cinta akibat tembakan panah asmaranya yang tepat mengenai hati kami masing-masing. Tapi kenyataan sekarang apa? Erika pergi meninggalkanku untuk menikahi pria yang lebih kaya. Jadi aku sepenuhnya menolak untuk jatuh lagi. hati ku sudah tertutup rapat-rapat untuk yang namanya wanita.

    “Kok tanya-nya gitu?” tatapan Fredo penuh tanya.

    “Ya bosen aja hidup di dunia.” mendengar jawabanku Fredo tertawa terbahak-bahak. “Banyak manusia yang berjuang mati-matian untuk melawan maut eh kamu malah ingin mati, dasar manusia aneh!” Fredo tetap mengikuti aku yang berjalan menuju lift.

    “Beginilah efeknya kalau manusia lagi stress, pikirannya jadi agak terganggu dan akhirnya aneh kayak aku gini.”

    “Enak jadi malaikat ye??” Fredo kembali tertawa. “Andai aku bisa memilih.”

    “Tunggu!!!” teriak seorang wanita sambil berlari-lari ketika dia melihat pintu lift mulai menutup. Secara refleks aku menekan tombol buka pintu dan pintu lift pun terbuka kembali sehingga wanita muda itu bisa masuk. “Sial dia kan gadis yang di toko arloji dan toko buku tadi!” teriak-ku dalam hati.

    “Kenapa Yo? Emang cewek ini siapa?”

    “Tunggu saja bentar lagi siapa yang akan masuk ke lift.” Tak perlu menunggu lama, sesosok Cupid mungil menembus dinding lift. “Hahaha sekarang kau tidak bisa menghindar dari ku lagi anak manusia!” seru cupid itu puas. Ketika dia bersiap melesatkan anak panahnya kepadaku sekaligus gadis berbaju ungu disampingku ini, aku merebut crescent scythe dari tangan Fredo dan menodongkannya ke arah Cupid. “Yodaaa?!” Fredo syok melihat perbuatanku.

    “Hah!!! Kau bisa melihatku?” si Cupid ketakutan melihat senjata itu ku arahkan padanya. Crescent scythe juga bisa melukai makhluk bersayap ini. “Ya! Dan jangan coba-coba memanah aku klo kamu tidak mau terluka!”

    “Yoda sabar Yoda, benda itu berbahaya Nak!” Fredo berusaha menenangkanku. Sementara gadis itu bengong melihatku bicara sendiri dan tanganku seolah memegang sebuah tongkat padahal dia tidak melihat apa pun. Aku yakin dia memberiku label sebagai orang gila. Dia segera berlari keluar ketika pintu lift terbuka. Aku pun mengembalikan crescent scythe milik Fredo, dan melangkah dengan santai keluar dari lift seolah tak terjadi apa-apa. Si Cupid yang lagi-lagi gagal melaksanakan tugasnya tampak semakin frustasi dan sekarang ditambah dengan syok berat akibat perlawananku. Makhluk mungil bersayap itu gemetaran di sudut lift, sementara Fredo berusaha menenangkannya. Hahaha aku puas sekarang karena aku yakin si Cupid laknat itu tidak akan berani menguntitku lagi.

    mohon kritik dan saran-nya

    terima kasih :makasih-g:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: May 18, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. noprirf M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2014
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +422 / -0
    komen ya kakak :gotdrink:

    kalau membaca ceritanya, terasa unik juga, :hmm:, si MC punya kekuatan yang hebat juga ya :lol:
    kalau cabe sih ane gak baca, tapi kalau dibaca si mc kurang memberi kesan, (mungkin kerjaannya hanya kabur dari cupid dan konflik kurang mengena). kalau penulisan sih sudah rapi, enak untuk dibaca. oh itu saja kakak :ngacir:
     
    • Like Like x 1
  4. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,243
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +873 / -1
    ah iya emang konfliknya ane rasa kurang banget :sigh:

    ya emang kerjaannya cuma kabur makanya judulnya kabur :lol:

    thanks ya udah mau baca n ngasi komen :makasih-g:
     
  5. ryrien MODERATOR

    Offline

    The Dark Lady

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    6,519
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,154 / -58
    Dari segi penulisan, secara umum nggak ada masalah :bloon:

    Tapi dari segi cerita, sayang aja :bloon: Harusnya bisa lebih dibuat dark gitu :bloon: MC nya kan udh kyk psikopat gitu ngeliat Malaikat Pencabut Nyawa mengeksekusi manusia dia ekspresinya datar-datar aja :takut: Eh, malah pas ada cupid kerjanya cuman kabur? Harusnya sih endingnya bisa lebih dark. Dia ngebunuh cewek itu pake Scythe Fredo. Kan cewek itu penyebab masalahnya :bloon:

    Terus, ada yang janggal juga sih, itu kenapa dia waktu kecil nggak temenan sama Cupid sampai Cupid nggak tau kalau dia bisa ngeliat malaikat. Apa antar sesama malaikat nggak saling ngobrol gitu :bloon: Padahal manusia satu ini kan unik :bloon:
     
    • Like Like x 1
  6. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,243
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +873 / -1
    saya nggak kepikiran bikin yang bunuh-bunuhan mbak :lol:

    tapi bagus juga sih klo dibikin kayak gitu :XD:

    dia nggak berteman sama Cupid :XD:

    antar malaikat klo beda departemen komunikasinya seperlunya aja.... :XD:

    makasih udah mau baca n ngasi komen :makasih-g:
     
  7. merpati98 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    3,486
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,524 / -1
    pas ngebaca judulnya, entah kenapa aku jd ngerasa ini pertanda kalau ada yg ngasih cabe, cc sera bakalan kabur.#dilempar

    uh.. huh... hem... what? errr...*orang yg lagi bingung harus komen apa*

    gimanaaaa yaa.....?#mikirdulu
     
    • Like Like x 1
  8. ryrien MODERATOR

    Offline

    The Dark Lady

    Joined:
    Oct 4, 2011
    Messages:
    6,519
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,154 / -58
    Hmm :bloon:

    Kalau situ mau lebih ke arah SoL mungkin bisa ditambahin pesan moral :bloon:

    Misal, pas dia lagi antri ngebayar buku tiba-tiba ada malaikat Cupid dan dia kabur, waktu pas dia lari dia ngeliat Malaikat pencatat dosa geleng-geleng kepala karena MC berbohong sama ibu-ibu yang di belakang :bloon:

    :kenyang:
     
  9. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,821
    Trophy Points:
    257
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,467 / -133
    ada satu-dua kesalahan penulisan tanda baca (yang saia gak quote yaa karena satu dan lain hal *youknowwhatimean )

    penulisannya sendiri udah rapi, tapi entah karena pemenggalan kalimatnya yang agak berantakan, imo pace nya jadi kecepetan :bloon:

    kalo dari segi ceritanya sendiri, temanya menarik, lain daripada biasa :hmm: sayang plotnya agak terlalu datar sekaligus kurang jelas. secara umum, ceritanya cuma ngehindar dari cupid, n dibikin kurang jelas karena endingnya yang kurang memberi kesan "ending"

    yah, itu aja sih :maaf:
     
  10. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,243
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +873 / -1
    tambahin pesan moral ya?? :bloon:

    lagi-lagi nggak kepikiran coz niatnya cuma bikin cerita kejar-kejaran itu :lol:

    tanda baca ya :keringat:

    ok deh ke depannya lebih teliti lagi, plotnya datar?? hampir semua komen kayak gitu :XD: emang nggak sukses nih cerita :peace:

    belajar lagi deh :lalala: mohon bimbingannya ya lalat senpai :hmm:

    eniwei,..arigatou gosasimasu :makasih-g:
     
  11. merpati98 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    3,486
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,524 / -1
    'kay.

    awal baca cerita ini, aku kira MC-nya cewek karena cc sera cewek. Tapi trus dia ngomongin Erika blablablah dan aku ngerasa rada aneh. Pas ada yg manggil Yoda, baru nyadar.. ohhh! MC-nya cowok!(lemot bener ya.. ._.). Sayangnya kesenanganku menyadari ini terganggu sama ketidakmengertian baru dengan percakapan Yoda dan Fredo. ha? The heck? Eksekusi orang? Ngelindungin anak kecil? Fredo itu psikopat atau pedobear ya? lalu pertanyaan ini kejawab sama eng ing eng.. sabit buat motong rumput~ tralala~ ...Ah. Pasti ini... Cc sera lagi-lagi... makai tema dewa kematian. Bener aja, setelahnya dijelasin sama MC apa-apanya. Yang bisa kubilang di sini cuma... mas, ga kurang telat penjelasannya? Daripada ber-akurapopo di awal, mendingan jelasin setting dunianya dulu IMO, habis itu baru latar masalah si MC(Erika matre ke laut ajee~). Soalnya dialog Yoda-Fredo di awal itu kesannya kek joke yg flat banget jadinya. Pembaca ga ngerti. Ketawa jg ga bisa. ._.a

    Trus ceritanya sendiri... secara garis besar dan keseluruhan... kubilang sih timingnya off. Off banget. Aku sih ga masalah sama plotnya yang cuma main kejar-kejaran antara si MC dan cupid stupid(yay berima~ \o/). Toh kalau yang aku liat ini emang cerita comedy. Bukan cerpen dark, galau, angsty, emo. Cuma timingnya yg off itu bikin ceritanya terkesan datar. Jadi bukan cuma MC-nya doang yg kejar-kejaran tapi kayak authornya jg malah ikutan lari-larian pas nulisnya. I mean... aku kira cerita ini bisa cukup lucu kalau timingnya pas. Scene-scene penting, diceritain lebih penuh perasaan*the hell ini saran*, dan bukan cuma diceritain sambil lalu, atau dengan ritme yg sama dengan bagian ga begitu penting lainnya. Biar ada tempo naik-turunnya juga.

    Masalahnya di situ aja sih IMHO.:maaf: kalau tata bahasa sih aku rasa udah bagus. Idenya juga lumayan menarik. Ngebego-begoin cupid gitu. Well, favoritku sih di adegan pas Yoda ngerebut sabit-pemotong-rumputnya Fredo. Trus Fredo berusaha nenangin kek Ibu-ibu panikan. Sayangnya... scene ini berlalu begitu cepat selayaknya orang lagi lari jarak pendek.:ngacir:
     
  12. serafim M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    1,243
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +873 / -1
    klo dipersingkat penjelasan yang begitu panjang itu adalah, kurang detail gitu ye?? :bingung:

    ah harus banyak latian lagi :semangat:

    ajarin ye merp :lalala:
     
  13. merpati98 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    3,486
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +1,524 / -1
    dibilang kurang detail ga pas sih rasanya... tapi yah.. disebut gitu jg gapapa.:ngacir:
     
  14. aisakurachan M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +167 / -0
    sangat menikmati..:ogtop:

    ternyata gw jg sama nganggap MC nya cewek awal2... galau soalnya, kirain cewek jadinya:oghoho:

    klo masalah bahasa DLL gw ga bs komen lah, ga ahli ini....:ogohno:

    Tp berasa blm selesai bacanya, blm ada klimaksnya.... ada lanjutannya ga yah?.. d lanjutin dong,mo lagi:ogmatabelo:
     
    • Like Like x 1
    Last edited: May 22, 2014
  15. ilham_manciz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 24, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -2
    keren banget, aku jadi ingin nulis juga hehehe
     
  16. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +619 / -11
    cool serafimserafim; vocab nya udah keren ser, tp emang beberapa part belum terlalu detail.....element of surprise nya udah lumayan sih.....

    cool !
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  17. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +619 / -11
    o iyah ser..... kyknya ceritanya bisa dikembangin lagi...... si cewe masih bisa dikembangin latar belakangnya....terus malaikat2 lain juga bisa...jadi bikin series aja ser

    let say..si cewe yg di dalem lift itu berdoa ke malaikat apa itu tadi? terus si frodo apa si yoda sih yg jadi cowo nya?? wkwkwkwkwkkw ..nah sampai dia mengerti knp si cupid sampai harus memanahnya di dekat wanita itu...., terus misal nya wanita itu udah ada di list malaikat yg suka nyabut2 nyawa itu..jadi semua saling berkaitan namun mempunyai conflict2 yg berbeda di tiap karakter nya

    sekian dari saya...sekian dan terima kasih


    ---salam2jari---jgnlupapilihjokowi---
     
  18. noprirf M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2014
    Messages:
    1,318
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +422 / -0
    Ya,kalau semakin dilatih pasti tulisan makin baik :xiexie:


    Keep writing ya guns :xiexie:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.