1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Jual diri lewat facebook....???? Sapa takut.......?????????

Discussion in 'Lifestyle' started by milito22, May 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. milito22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +234 / -0
    Facebook, dunia yang sangat asyik dan nyaman untuk nongkrong. Di sana Anda dapat menemukan banyak kenalan baru, dan plusnya bisa bertemu teman-teman lama, bahkan teman saat Anda duduk di taman kanak-kanak. Anda juga dapat bebas mengupload foto, dengan jumlah yang hampir tak terbatas. Serta video, mungkin video tentang wisuda, atau aksi konyol Anda bersama para sahabat.

    Seiring dengan kemajuan teknologi, kini Anda bisa mengupdate status Facebook melalui handphone Anda. Tanpa harus pergi ke warnet atau membuka notebook, Anda jadi bebas berekspresi mengupdate status dan mengupload aneka foto. Tanpa disadari, Anda sendiri juga jadi mengumbar masalah-masalah yang seharusnya Anda simpan sendiri. Anda jadi mudah mengekspresikan perasaan Anda, terutama perasaan negatif, entah saat marah atau kecewa pada seseorang, Anda bebas memaki-maki mereka.

    Tapi mungkin Anda tak tahu, bahwa Facebook yang populer di tangan Anda, kini juga populer bagi para pekerja, termasuk mereka para detektif HRD yang kerap menghubungi Anda untuk sesi wawancara bersama mereka. Tidak menutup kemungkinan mereka akan mengamati profil Anda dari facebook, entah itu seputar status, foto profil, dan lain sebagainya. Jadi berhati-hatilah dengan para dewan yang punya banyak mata dan telinga ini jika Anda ingin segera memiliki pekerjaan tetap.

    Berikut 10 kesalahan kecil namun dapat berakibat fatal apabila terlewatkan oleh para Facebooker saat mencari pekerjaan:

    1. Kurang bijak meng-update status

    Kesalahan pertama ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para Facebooker. Jelas dong, apalagi saat ini update status bisa dilakukan melalui handphone Anda. Tinggal mengetik apa yang ada di pikiran, klik share, semua orang pasti bisa baca deh. Mengekspresikan perasaan sih boleh saja, tetapi jangan sampai hal ini malah menjadi senjata makan tuan bagi Anda. Sebaiknya simpan masalah-masalah yang terlalu pribadi untuk diri sendiri, hindari juga memaki atau menjelek-jelekkan nama orang di status Facebook. Statusmu adalah harimaumu!

    2. Terlalu kreatif dengan nama account

    Lucu sih jika Anda menggunakan nama-nama unik dan panjang, seperti misalnya: RatnaMencariCinta, AbiCintaKamoeh, dsbnya. Namun yang ditangkap oleh si pewawancara, Anda dianggap sosok yang masih belum siap bekerja, belum dewasa dan terlalu ABG. Ingat, nama itu mewakili kepribadian seseorang lho! Jadi pakai saja nama Anda, apabila terlalu panjang, nama panggilan juga boleh, asal jangan sampai memposting nama yang justru malah merendahkan dan membuat Anda dipandang sebelah mata.

    3. Relationship status palsu

    Saking cintanya pada kekasih, Anda yang masih single langsung memasang status 'Married' padahal kenyataannya sih Anda masih single. Masih asyik-asyiknya berpacaran. Dan sayangnya, kebanyakan perusahaan membutuhkan karyawan yang masih single, mengingat beberapa profesi memerlukan konsentrasi dan waktu yang cukup menyita. Untuk itu, jika memang benar Anda masih single, posting saja status single. Atau masih ada pilihan in relationship atau open relationship.

    4. Foto profil

    Memasang foto profil super seksi atau sedang bercumbu dengan pacar adalah kesalahan yang cukup fatal. Siapa sih yang ingin punya pegawai yang kurang santun dan memiliki image buruk, tak ada kan? Jika Anda merasa cantik dan ingin dianggap cantik oleh dunia, maka perlihatkan kecantikan dan pose menarik Anda. Tentu di dalam batas-batas kesopanan ya.

    5. What about me?

    Anda mungkin tak terlalu perhatian soal hal ini. Namun kadang karena pengen terlihat lucu, Anda jadi asal menulis info tentang Anda ini. Padahal saat seseorang membaca profil, mereka sering lho mengamati dan membaca info singkat ini. Setidaknya bagi mereka ini cukup memberi gambaran siapakah Anda. So, buat ringkasan kecil yang menarik, yang menggambarkan siapa sih sebenarnya diri Anda. Menuliskan kekurangan diri mungkin juga baik, tetapi pertimbangkan juga karena di dalam akun Anda kan ada banyak orang yang baru Anda kenal juga. Tulis saja diri Anda secara umum.

    6. Blog link

    Penuh percaya diri Anda menampilkan alamat blog yang Anda tulis. Padahal isinya curhatan semua. Well, menulis blog mungkin memang hobby Anda, tetapi jika blog tersebut isinya terlalu pribadi, sebaiknya simpan saja untuk diri sendiri. Jangan mencantumkannya pada akun jejaring Anda. Memangnya Anda mau semua orang tahu tentang kehidupan pribadi Anda?

    7. Hati-hati memilih Page group dan Causes yang Anda ikuti

    Ada yang menginvite Anda tentang perjuangan mereka atas suatu hal yang berbau SARA dan semacamnya, tanpa pikir panjangpun Anda ikut. Ada pula yang menginvite Anda untuk join group 'Usir Jupe dari Indonesia', Anda pun penuh semangat ikut mencaci maki artis yang ingin mencalonkan diri menjadi bupati Pacitan. Sumpah serapah pun Anda ucapkan di dalam wall group tersebut. Well, satu poin negatif lagi Anda tunjukkan. Dalam benak orang lain bisa saja mereka menganggap Anda mudah terhasut suatu isu dan kurang bijaksana dalam memilih komunitas. Join group dan causes yang memang benar-benar positif efeknya bagi Anda, misalnya causes 'hemat energi', 'selamatkan dunia dari pemanasan global', group 'Pecinta lingkungan hidup', 'group 'Woman' dan lain sebagainya.

    8. Photo Album

    Kagum pada Christiano Ronaldo yang memang jauh lebih seksi dari David Beckham sih boleh saja. Tapi tak harus punya album khusus yang membuat pose seksi separuh bugil itu kan? Keep it for your self! Sebijak mungkin susun album foto yang menunjukkan betapa smart dan bahagianya seorang Anda. Singkirkan semua foto-foto yang mungkin bisa menghancurkan image Anda, sebagai contohnya: foto Anda sedang minum saat dugem.

    9. Memalsukan beberapa data penting

    Tanggal lahir, khususnya, adalah data yang sangat penting bagi perusahaan. Jika Anda memang tak ingin tanggal lahir Anda diketahui di Facebook, atur saja supaya yang muncul tanggal dan bulannya saja. Jangan sampai memalsukan tanggal lahir, ini namanya pemalsuan data, ya kan?

    10. Lupa akan 'privacy setting

    Jika memang Anda ingin bebas berekspresi di dalam Facebook pribadi Anda, sebaiknya pasang privacy setting. Dengan demikian tak semua orang bisa bebas membaca info Anda. Dan kali ini para detektif HRD tak akan bisa membaca profil Facebook Anda.

    Jangan meremehkan akun Facebook yang Anda miliki. Jika mata adalah jendela hati, maka Facebook adalah iklan yang paling ampuh untuk menjual kepandaian dan prestasi Anda. Jadi 'juallah' diri Anda sebaik mungkin
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,056
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,660 / -0
    kira2 cara penyeleksian dengan fasilitas FB udah berlangsung di INdonesia blum yah???
     
  4. milito22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +234 / -0
    itu sih kembali kepada pendidikan imannya. kalau dia di keluarga di ajari yang baik2 dan disekolah diajari kebaikan dan cara bergaul yang baik. niscaya percaya yakinlah bahwa apapun agamanya walaupun dia tidak beragama pasti dia tidak akan berbuat yang tidak baik.
     
  5. winter_winds M V U

    Offline

    Mainlander

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    18,731
    Trophy Points:
    247
    Ratings:
    +47,712 / -300
    kebanyakan kepribadian orang di fb ... lain dengan kepribadian di dunia nyata ..:fufufu:
     
  6. haineko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    1,120
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,522 / -0
    sebenernya tergantung dari masing2 orang, mau pesbukan tuh tujuannya apa :yareyare:
    kalo dr awal emang tujuannya nyleneh yah jadi nyleneh juga deh :swt:

    nama neko juga cukup kreatif sih :malu: mau ganti ndak tau caranya.......plus males ngutak atik pesbuk, paling maen mapia wars, abis itu udahan :cerutu:
     
  7. sondonkpoenya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    1,200
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,539 / -0
    gue fesbukan seh biasa biasa aja... untuk saling bertukar info aja...
    temen2 di friendlist, ane kenal smua
    kalo ada orang yang gak gw kenal nge-add, gw tolak deh.. hehe


    [​IMG]
     
  8. invisible_woman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,206
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,250 / -0
    kurang kerjaan juga y HRD yg suka facebookan :lol:
    padahal klo gw cari FB mereka kaga ketemu2..:dead:
     
  9. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,130
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +355 / -0
    emang bahaya tuh kalo uda addicted ama fesbuk
    smua hal diumbar dah
    nais infonya bro
     
  10. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,130
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +355 / -0
    emang bahaya tuh kalo uda addicted ama fesbuk
    smua hal diumbar dah
    nais infonya bro
     
  11. francisjazzy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    242
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -1
    untungnya gw ga umbar2 privasi
    nama FB gw ja bkn nama asli :haha:
     
  12. Noct Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    Rules ane nu.1 jangan pernah menggombar gambirkan privasi dimanapun
    trus yang ane invite cman temen ane yang dikenal, makanya sampe sekarang frindlist cuma ada 300an orang :peace::peace::peace:
     
  13. XcsNujabes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    2,154
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +4,023 / -0
    inilah alasan mengapa banyak anak di bawah umur lari abis kopi darat sama temen FB nya :panda:
     
  14. Xophien Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    2,778
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +4,605 / -0
    wiw baru tau ada wawancara kerja lewat pesbuk,
    itu biasanya di pekerjaan bidang apa ya ?:???:
     
  15. tr1dagg3r Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 9, 2010
    Messages:
    349
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Wah, makasi bngt gan infonya..
    Sial..
    :swt:
    D FB gw, itu blog curhatan udah terpajang hmpir 2 tahun..
    :madesu:
    Skrg juga gw hapus deh..
    :hehe:
     
  16. wolf Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    154
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +23 / -0
    Mau nambahin beberapqa kata saja,
    "Jangan percaya apapun yang ada di internet"
     
  17. weiming101 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    tmnnya tmn gw parah bgt tuh..
    bela2in bkin id cw truz jadian ma dia di fb..
    smp sgtnya pengen pnya cw.. ckckck:panda:
     
  18. wakara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 8, 2010
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8 / -0
    ada tambahan sedikit tp klo lupa fatal akibatnya, klo beres pke FB di warnet jng sampe lupa buat LOG OUT, alnya ane beberapa kali liat FB orang yg lupa log out untung ane baik lnsung ane log outin....
     
  19. yudzdee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,569
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +235,110 / -1
    hahaha....bener banget....
    pengalaman nih, gw disuruh c bos nyelidikin para job seekers lewat fesbuk..
    walhasil, banyak yang ditolak cuma gara2 nulis statusnya alay...
    atw namany juga alay....
    blum lagi foto2nya...khususnya bwt cwo2...jgn skali2 masang foto telanjang dada di fesbuk....
    karena bos gw lgsg ngasih image jelek bwt merek yg masang foto ky gituan....
     
  20. achemos Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 26, 2011
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +52 / -0
    sekarang udah mulai males FB-an. dan lama-lama sebel karena banyak banget friend request dari orang-orang tak dikenal
    Facebook sudah gak seasyik dulu lagi, karena itu sedang mempertimbangkan buat deactivated FB
     
  21. Andre_75 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    531
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +1,136 / -0
    ane uda bertaun2 fesbukan darn rata2 melakukan apa yang ada di postingan ini :top:

    I'm not to addicted, but facebook is important for make friends trough the world..

    jadikan jejaring sosial sebagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan sepositif mungkin..jgn sampai merugikan org lain, bahkan diri sendiri..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.