1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Jokowi Digulingkan, Mungkinkah?

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by zenbudhist, Mar 24, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zenbudhist M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2013
    Messages:
    725
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +180 / -0
    Wacana penggulingan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) semakin kencang disuarakan beberapa kalangan. Mulai dari kalangan akademisi hingga aktivis mahasiswa beberapa waktu lalu menggelar aksi turun ke jalan dan meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera mengakhiri pemerintahannya. (Baca: Jika Syarat Ini Terpenuhi, Jokowi Bakal Jatuh)

    Baik kalangan akademisi dan sebagian kecil aktivis mahasiswa menilai, Jokowi pantas digulingkan, lantaran hingga kini belum mampu menepati segala janji yang dahulu diucapkan dalam pemilu presiden (pilpres) 2014.

    Lalu, apakah mungkin Presiden Jokowi digulingkan?

    Menanggapi hal tersebut, pemikir politik Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai peluang untuk menjatuhkan rezim Jokowi-Kalla dinilai sangat kecil dan lemah.

    "Saya nilai gerakan untuk menjatuhkan Jokowi itu lemah sekali," kata Karyono saat dihubungi merahptih.com, Senin (23/3). (Baca: Karyono Wibowo: Presiden harus Berikan Rapor ke Menteri)

    Karyono yang juga bekas aktivis Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) menambahkan, gerakan tersebut dikatakan lemah lantaran gerakan penggulingan Presiden Jokowi lebih bersifat elitis.

    Selain itu peta politik di Parlemen juga sudah mengalami perubahan. Jika dahulu posisi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang merupakan basis politik utama pendukung pemerintahan Jokowi-JK diparlemen dalam kondisi lemah, saat ini posisi tersebut sudah berubah.

    Koalisi Merah Putih (KMP) yang merupakan rival utama KIH lambat laun semakin mencair. Hal tersebut dibuktikan saat pengajuan calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan. Kala itu, lanjut Karyono mayoritas fraksi di Parlemen menyatakan sepakat dengan calon kapolri yang diajukan Presiden Jokowi. (Baca: Boni Hargens: Kinerja Jokowi-JK Baru Seumur Jagung)

    "Jadi petanya kan sudah berubah. KMP makin lemah, sebaliknya dukungan kepada pemerintah semakin kuat. Ini kan harus dicatat," sambung Karyono.

    Masih kata Karyono, dukungan massa yang menginginkan agar Presiden Jokowi jatuh juga demikian lemah. Hal tersebut dapat terlihat dari kondisi riil yang tengah terjadi di masyarakat dewasa ini. Saat ini, lanjut Karyono publik sudah jengah dengan kondisi politik dan pertikaian yang terjadi di tingkat elite. Dalam keadaan seperti itulah, publik dinilai sudah tidak respon dengan gerakan penggulingan Jokowi yang dibangun oleh kalangan elite politik.

    "Bagaimana mau menggulingkan Jokowi, kalau tidak ada dukungan massa?," tandas Karyono.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Palsuabis M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 16, 2010
    Messages:
    1,020
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,298 / -1
    Waow politik :blink: temanya tentang penggulingan, ngeri-ngeri sedap :nikmat:
    Penggulingan presiden tetap dimungkinkan kok. waktu zamannya pak Harto, semua orang berpikir bahwa presiden tdk bisa diturunkan. ternyata bisa. Timur tengah pun juga begitu.
    so, hanya dibutuhkan motif dan massa utk menggulingkan orang nomer satu di negara ini. (relative deprivation).
    Tinggal siap gak dengan efek yg muncul setelah presiden digulingkan? :bloon:
     
  4. chairilanwar100 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 15, 2012
    Messages:
    583
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +37 / -0
    jokowi kaga bakalan jatuh... orang2 yang disekitar dia itu lho kuat2...
     
  5. Shin_Madoka M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 7, 2015
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +372 / -2
    ga bakalan, emang dikira segampang itu apa gulingkan presiden?
    kecuali kalo orang2 di senayan pada niat menggulingkan, ya masih mungkin sih
     
  6. __Rahmi__Diana__ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2014
    Messages:
    732
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +754 / -0
    Semua presiden itu kyknya harus emang selalu siap menghadapi kemungkinan dijatuhkan
    :XD:

    Klo "mayoritas unsur kekuatan politik" di Indonesia ternyata bersepakat utk menggulingkan Pak Jokowi,
    ya besar kemungkinan Pak Jokowi bisa-bisa aja digulingkan

    Unsur kekuatan politik itu bukan cuma parpol, tapi termasuk juga unsur2 angkatan bersenjata

    Tapi klo "unsur kekuatan politik" yg pingin menggulingkan cuma sedikit,
    apalagi klo keinginan penggulingan itu sama sekali g didukung unsur angkatan bersenjata,
    ya posisi Pak Jokowi mungkin masih relatif aman2 aja

    Terkecuali klo tiba2 perekonomian Indonesia ambruk sampai membuat keresahan di mana-mana
    Nah klo udah kyk gitu posisi presiden benar2 sangat terancam
     
  7. ninetynine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 21, 2013
    Messages:
    1,811
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +722 / -0
    jangan dulu lah, kondisi indonesia sedang "labil" saat ini
    sy sih berpikir positif aja, lha kan pak presiden baru mimpin kurang setahun aja..

    sejatinya, belum ada pemimpin Indonesia yang mampu membawa kestabilan (baik secara ekonomi, keamanan dsb)
    di tahun pertamanya memimpin. Sy memang belum lahir diawal kepemimpinan Soeharto,
    tapi sy rasa Soeharto juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk membuat Indonesia menjadi negara yang stabil,
    pun begitu juga dengan Soekarno, apalagi dimasa kepemimpinan Soekarno, negara kita masih dalam kondisi yang berperang.
    selebihnya mulai dari Habibie sampe Jokowi, mereka hanya menerima warisan permasalahan dr presiden sebelumnya. imho
    tp harus diakui juga sih, banyak kebijakan Jokowi yang tidak berpihak pada rakyat,
    malah keberpihakannya terkesan hanya pada kalangan elit saja (imho)

    no offense~:malu
     
  8. ngawur101 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 31, 2012
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    bisa jatuh kalau kesandung batu :)

    di masa pemerintah berusaha memperkuat negara masih ada gerakan seperti ini.
    apa perlu balik jaman presiden ke-2 saja, biar gak pusing isu ginian?
     
  9. kohei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +33 / -0
    apa pun bisa terjadi sebenarnya, kemungkinan itu sebenarnya tidak kecil, mengingat banyak kebijakan yang sepertinya tidak berpihak ke rakyat.
    ya, tinggal tunggu tanggal mainnya saja.
     
  10. SisterSantiago93 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    933
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +858 / -0
    Dulu Presiden Soeharto bisa dilengserkan karena situasi perekonomian Indonesia yg sangat buruk
    Sedangkan Presiden Gus Dur bisa dilengserkan karena ada sejumlah deal politik di kalangan kekuatan politik Indonesia

    Jadi Jokowi bisa aja jatuh kalo situasi perekonomian Indonesia makin memburuk
    Atau kalo kekuatan politik di Indonesia udah benar2 ngga suka lagi sama kepemimpinan Jokowi
     
  11. storyofmylife M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 3, 2014
    Messages:
    5,061
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,130 / -5
    Aku jawab pertanyan ts nya aja
    Jokowi digulingkan mungkinkah ?
    Bisa saja :malu
     
  12. andy_kevin M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 24, 2009
    Messages:
    1,870
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +584 / -0
    nuts... gw sih ga setuju penggulingan ini
    ini bakal jadi efek domino luar biasa. jokowi apdahal udah susah payah cari investor sana sini

    gw tau sekarang keadaan susah, gw sendiri juga ngalamin, tapi bukan gini caranya buat bikin demo massal
    emang dengan turunnya jokowi keadaan jadi makin baik apa? pakelah otak... ga inget apa 98 dulu parahnya kaya gimana? semua orang ga isa ngapa ngapain

    mau kaya gitu lagi apa?

    gw tetep ga setuju kudeta kaya gitu, karena kebanyakan orang cuma punya pikiran pendek, ga ngerti apa yang mau dibuat, trus nanti kalo udah kerasa akibatnya baru deh protes atua nyesel.
     
  13. mikkun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    934
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,710 / -0
    wut ada wacana mau digulingan ternyata :kaget:

    kenapa ga dibiarrin dulu kerja sampe bbrp tahun sih, lagian belom ada setahun juga kan
     
  14. __Rahmi__Diana__ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2014
    Messages:
    732
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +754 / -0
    Termasuk unsur kekuatan politik dari partainya Pak Jokowi sendiri
    Diam-diam (atau mungkin udah jadi rahasia umum) sebagian anggota partainya Pak Jokowi justru berseberangan dgn sejumlah keputusan yg diambil oleh Pak Jokowi
     
  15. gufee M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    11,044
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,152 / -0
    bahasannya menteb bener

    penggulingan presiden jokowi


    ya mungkin masih bisa saja

    tapi kalo gak salah denger (ntah ada apa tidak)

    ada peraturan yg mengharuskan sampai selesai masa jabatan


    atau mungkin bisa, tapi sampai kondisi2 tertentu

    yah tinggal liat aja kedepannya bakal gimana nih pemerintahan

    apakah visi misinya bakal tercapai, atau malah bikin rakyatnya makin menjerit
     
  16. myto22 Members

    Offline

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    kemungkinannya menurut ane sih bisa gan.

    melihat beberapa intrik di indonesiasaat ini. tapi susahnya buat kumpulin massa
     
  17. boen4r Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2015
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Menurutku kemungkinan itu ada - sepertinya pelemahan posisi Jokowi pun terus di lakukan, seperti perseteruan KPK vs Polisi itu terus digunakan untuk melemahkan posisi Jokowi
     
  18. ninninger M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 22, 2015
    Messages:
    3,018
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,190 / -2
    kalo ga berpihak ke wong cilik terus, lama-lama mereka bisa berontak.
    memang mungkin sekali diturunkan.
    yang lebih dari 3 dekade aja bisa.
     
  19. backfromthedead Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    sekarang nilai tukar 1 dollar udah Rp 13.300 :keringat:
    kalo rupiah trus merosot, perekonomian Indonesia memburuk,
    ya emang mau gak mau Jokowi harus waspada dgn kemungkinan dijatuhkan
     
  20. yadiein M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 6, 2011
    Messages:
    3,422
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +59,001 / -3
    ane juga ngikutan jawab soalnya aja gan..
    Bisa digulingkan kok.. kan masih ada kemungkinannya. :haha:
     
  21. incoinco Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 11, 2011
    Messages:
    104
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    kalau GDP terus turun tp harga2 naik, ane yakin ga akan sampe 5 tahun jokowi jadi presiden
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.