1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Jika si Kecil Punya Teman Imajinasi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Zervo, Jun 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,180
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,156 / -2
    Jakarta, Terkadang orangtua menemukan anaknya suka berbicara sendiri atau asik dengan imajinasinya. Normalkah anak yang memiliki teman imajinasi?

    "Anak terkadang memang memiliki teman imanjinasi, jika anak bisa mengalihkan perhatianya kembali saat diajak berbicara dengan orangtuanya maka hal ini normal saja," ujar Dr Kresno Mulyadi, SpKJ dalam acara Pfizer Journalist Class dengan tema Hak Anak Untuk Sehat dan Cerdas di wisma GKBI, Jakarta, Rabu (30/6/2010).

    Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar atau normal untuk anak usia 3-6 tahun. Karena hampir sebagian besar anak-anak pada usia tersebut memang memiliki teman imajinasinya sendiri.

    Namun Dr Kresno menambahkan jika anak terlalu asik sendiri dengan imajinasinya, maka bisa jadi hal ini adalah salah satu gejala dari spektrum autis. Jadi harus dilihat sejauh apa anak-anak ini terlibat dalam imajinasinya, misalnya apakah anak terus menikmatinya atau tidak.

    "Biasanya hal ini akan hilang dengan sendirinya. Tapi jika anak sudah terlalu asik dengan teman imajinasinya dan sulit untuk dialihkan perhatiannya, maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikiater," ungkap psikiater yang akrab disapa Kak Kresno ini.

    Anak yang berbicara dengan teman imajinasinya ini seringkali dikaitkan dengan anak yang memiliki indera keenam atau anak indigo. Tapi sebenarnya ada pola tersendiri atau kriteria diagnosis untuk kasus-kasus seperti ini, sehingga sebaiknya jangan mendiagnosis sendiri.

    Kak Kresno menuturkan setiap anak memiliki tahap-tahap perkembangan, yaitu:


    1. Tahap pasca percaya dasariah pada usia 0-1,5 tahun.
    2. Tahap rasa otonomi pada usia 1,5-3 tahun. Pada tahap ini anak mulai merasa punya kewenangan atas diri sendiri, serta mulai aktif bergerak dan tidak bisa diam.
    3. Tahap rasa inisiatif pada usia 3-6 tahun. Pada tahap ini muncul rasa ingin tahu anak yang besar terhadap segala hal, karenanya orangtua sebaiknya menjawab dengan tenang, jujur dan jawablah sesuai dengan pertanyaan anak.
    4. Tahap industri pada usia 6-12 tahun. Pada tahap ini anak mulai bisa menghasilkan hasta karya seperti puisi atau barang-barang tertentu.

    Satu hal yang pasti adalah jangan memarahi anak, tapi berikan masukan-masukan yang positif untuk anak. Karena kondisi ini akan membuat anak lebih cepat mengerti.

    Selain itu dunia anak adalah dunia bermain, jadi buatlah suasana yang menyenangkan bagi anak untuk belajar dan beraktivitas.

    (ver/ir)

    ------
    detik health
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. himyars M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 25, 2009
    Messages:
    1,180
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,070 / -0
    memang buat anak2 kesepian + imajinasi tinggi mereka bakal punya teman imajinasi...
    kayaknya anak2 yg punya tmn imajinasi bakal normal2 aja waktu besar coz dah berpikir dewasa...
    :angel:

    [​IMG]

    Uploaded with ImageShack.us
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jun 30, 2010
  4. kopralbambang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 29, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Gw blum pernah menyaksikan langsung bagaimana anak kecil yang memiliki teman imajiner dan berinteraksi dengannya. :sepi:


    Tapi, kemungkinan lain yaitu sang anak masih dalam tahap memiliki kemampuan untuk melihat mahluk halus yang ada di sekitarnya yang seiring dewasa bisa hilang atau tetap dalam kondisi seperti itu. Karena faktanya banyak toh? :belajar:
     
  5. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    Gue dulu pernah punya teman imajinasi, malahan waktu umur ane 17 tahun..
    Apakah itu aneh...?
     
  6. simply_newts Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    dulu pas kecil sih punya teman imajinasi...tapi karang berhubung teman yang nyata dah lumayan banyak...ya ilang ditu aja tuh temen imajinasi :D
     
  7. sang_magendaris Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +57 / -0
    sebenernya ga pernah gw akuin...
    tapi gw dulu punya temen imajinasi juga
    tapi untungnya lama2 ilang krn wkt gw banyak diabisin sama temen2 nyata :haha:
    ato jgn2 temen2 nyata itu sebenernya temen imajinasi ya? :p
     
  8. vincent_v13 Members

    Offline

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    gw ga pernah ada temen imajinasi tuh. soalnya dari kecil udah banyak temen :D
     
  9. Arun33 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2010
    Messages:
    269
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    gua gak ada teman imajinasi tapi imajinasi berlebihan... apa itu salah waktu kecil?
     
  10. kotakorange Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 20, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +59 / -0
    waduh harus mulai dimengerti dan daiterapkan nich.. thanks om TS..
     
  11. cintalove Members

    Offline

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kayanya rata2 anak kecil punya yaaaaa teman khayalan......gpp juga sihh selama ga mengkhawatirkan......namanya jg anak2 suka imajinasii.....
     
  12. triangle2639 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    896
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +429 / -0
    phew... dulu waktu kecila gw juga suka berimajinasi tapi gak sampe punya temen khayalan
     
  13. dham_baylisstic M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,155 / -1
    oh, berarti gak semua anak yang suka bicara sendiri atau berimajinasi sendiri itu menjurus ke autis ya..
    dunia anak emang dunianya bermain ya, gak punya temen main, ya main sama teman imajinasinya.. :lalala:

    waktu kecil saya punya teman imajinasi gak ya? :???:
     
  14. darc666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    1,242
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,757 / -0
    kalau anak2 halusinasi dalam batas tertentu masih dikatakan normal ternyata... Yah kalau si anak dibuat nyaman dengan kenyataan dia akan lebih tertarik dengan kenyataan bukan, bukan malah melarikan diri..
    Tapi kalau gejala seperti ini ditemukan pada orang dewasa sebaiknya segera memeriksakan diri ke psikiater.. bisa jadi gangguan mental
     
  15. bears84 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    teman imajinasi biasana lahir dari pikiran kita sndiri (swaktu kcil) yg mndambakan seorang teman yg cocok dg diri kita krn kita mrasa teman2 ddunia nyata bnyk yg ga cocok...
     
  16. 9a0809 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    710
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +578 / -0
    mangkanya byk anak yang punya temen imajiner
     
  17. dex008 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 9, 2009
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,696 / -0
    kayaknya aku dulu juga punya tapi ilang sendiri mau aku udah mulai gede
     
  18. newproperty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    teman imajinasi ane dulu adalah seekor lalat, tp krn ane makan lalatnya ane gak punya teman imajinasi sampai sekarang...untungnya teman nyata ane banyak hehehe
     
  19. payied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2010
    Messages:
    851
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +15,183 / -0
    ditempat ane anak-anak biasanya emang gitu gan. kayaknya rata2 gitu deh.
     
  20. vaktir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Nice inpo gan !!!
     
  21. vaktir Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Tapi kalo ane gk punya kayaknya normal gk tuh ?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.