1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Jasa Pembayaran Online di Indonesia, Seberapa Besar?

Discussion in 'Micro Business Talks' started by tukangbaso1234, Nov 1, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tukangbaso1234 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 1, 2016
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]
    Jasa pembayaran online. Bidang usaha ini tercipta karena adanya peluang usaha dalam pembayaran manual. Pembayaran online mulai ramai pada tahun 2007-an dimana merebaknya kerugian keuangan negara bidang energi karena laporan kegiatan bisnis tidak sesuai maka dibentuk lah perusahaan ketiga yang menangani pembayaran.



    Kini setelah sekian lama berjalan justru bidang ini tumbuh subur dan menjadi model bisnis baru, bahkan saking populernya hingga beberapa perusahaan berani memberikan hadiah sebagai iming-iming agar konsumen mau memakai jasa mereka. Agaknya peran latah juga dipakai pemuda-pemudii bangsa ini agar bisa selaras dengan model bisnis yang sudah ada di negara lain.



    Jasa pembayaran online memiliki banyak jenis, dimulai dari membayarkan tagihan listrik, air, telepon, pengiriman uang dalam negeri bahkan luar negeri. Bicara mengenai kualitas, program atau pun sistem yang dibangun oleh penerus bangsa ini tidak kalah jauh. Pengetahuan bagaimana mengelola dan mengembangkan saja yang masih sedikit di bawah asing.



    Menilik dari peluang usaha untuk usaha kecil dan menengah (UKM), jasa pembayaran online sangat berpeluang menjadi usaha primadona. Mengapa? Setiap individu bisa menggunakan, membuka, atau pun meraup untung. Selain itu faktor jenis usaha ini sangat fleksibel dan bisa dibuka dimana saja.



    Beberapa layanan pembayaran online seperti PPOB Nusantara bahkan menggabungkan antara fitur pembayaran dengan ticketing. Tak mudah memang memilih layanan yang memberikan fitur lengkap dan stabil. Faktor penting antara lain legalitas usaha, support, keuntungan menjadi daya pikat yang harus dimiliki sebuah ide bisnis.



    Beralih dari hal tersebut. Sebelumnya Paypal sudah menjajaki perjalanan ini pada tahun 2000 dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Paypal sendiri adalah perusahaan yang didirikan atas gabungan dari Confinity dan X.com. Dalam perjalanan sejarahnya, Paypal dibeli oleh eBay dengan nilai USD 1,5 Miliar berdasarkan prestasi yang melejit berhasil membukukan 200.000 penawaran pada Bulan Ferbuari 2000 dan meningkat drastis menjadi lebih dari 1 juta penawaran di Bulan April pada tahun yang sama.



    Keputusan eBay tidak salah, Paypal menjadi pemain utama menyingkirkan Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005. Pesaing PayPal lain yang masih bertahan hingga sekarang antara lain adalah AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers. Pada tahun 2006 kuartal pertama total transaksi yang dilakukan melalui PayPal mencapai USD 8 miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun.



    Berkaca dari persaingan diatas, mampukah startup asal Indonesia bersaing dikancah bisnis dunia? Atau hanya menjadi pelengkap diantara startup yang sudah mendunia? Kita tunggu saja
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.