1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Jangan Katakan Hal-hal Ini kepada Bos Anda

Discussion in 'Lifestyle' started by blacksheep, Mar 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,046 / -0
    Setiap orang punya bos. Bahkan ketika Anda berwirausaha pun, Anda masih saja merupakan pegawai dari klien-klien Anda. Bagian terbesar dari menjaga hubungan atasan-bawahan adalah untuk tidak membiarkan atasan Anda berpikir bahwa Anda tak menyukai pekerjaan Anda atau tak mau mengerjakan tugas bagian Anda, atau yang lebih parah, menganggap pekerjaan Anda tidak penting.
    Hal-hal yang disebutkan di atas tadi mungkin terdengar umum dan enteng, tetapi banyak kali kita mengucapkan sesuatu yang kita pikir biasa saja tapi justru memberikan kesan Anda melakukan hal-hal yang tadi disebutkan di atas. Berikut adalah beberapa pernyataan yang sering kita dengar di lingkungan kantor, yang mungkin dianggap biasa saja, bahkan tak berbahaya. Tapi, cobalah untuk melihatnya dari sudut pandang atasan Anda, pasti akan mengerti mengapa sebaiknya kata-kata ini tak pernah terucap dari bibir Anda kepada atasan atau klien Anda.
    “Itu kan bukan bagian tugas saya”. Anda tahu, kebanyakan bos atau atasan hanyalah tipe orang yang simpel, yang berpikir bahwa Anda, sebagai bawahan, memiliki tugas untuk melakukan pekerjaan yang Anda minta ia kerjakaan. Jadi, ketika Anda diberikan tugas yang sejak awal tak ada di daftar tugas pekerjaan (job description), tahan diri Anda untuk menolaknya. Namun, yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu mengapa atasan Anda mempercayakan pekerjaan tersebut kepada Anda, pasti ada alasan tertentu. Jika Anda percaya bahwa dengan melakukan pekerjaan tersebut akan berdampak buruk bagi perusahaan, Anda bisa mencoba menerangkannya kepada atasan Anda dan menyarankan agar tugas tersebut akan lebih baik jika dikerjakan oleh orang lain. Sayangnya, langkah ini tidak selalu berhasil pada semua bos. Yang penting diingat adalah, dengan mengerjakan apa yang diminta pada Anda, bahkan pekerjaan yang di luar tugas yang seharusnya, akan terlihat baik bagi Anda.
    “Itu bukan masalah saya”. Ketika seseorang mengatakan suatu hal bukanlah masalahnya, itu akan membuatnya terlihat seperti tidak peduli. Hal ini tidak akan membuatnya terlihat buruk di mata banyak orang, termasuk sang atasan. Jika suatu masalah membuat Anda tidak nyaman dan Anda tak memiliki suatu hal yang konstruktif untuk dikatakan, sebaiknya tidak mengucapkan apa pun. Karena pada dasarnya, permasalahan di lingkungan kerja adalah masalah semua yang bekerja di dalamnya.
    “Itu bukan salah saya”. Kebiasaan manusia memang unik. Mengklaim bahwa ketika kita berkata tidak bersalah akan suatu kesalahan, sering kali justru membuat orang menyangka kita bersalah. Padahal, yang jadi permasalahan utama adalah bahwa telah terjadi suatu kesalahan yang harus diperbaiki. Inilah yang harus diperbaiki, bukan berpikiran siapa yang harus disalahkan.
    “Saya hanya bisa mengerjakan satu hal ke hal lain, tangan saya kan cuma dua”. Mengeluhkan bahwa Anda bekerja terlalu keras tak akan membuat atasan Anda merasa kasihan atau akan mengurangi beban yang ada. Malah, si bos akan berpikir bahwa: 1. Anda tak suka pekerjaan ini. 2. Passion Anda tidak ada di pekerjaan ini. Setiap orang, khususnya belakangan ini, merasa sangat tertekan dan bekerja amat keras.
    “Saya overqualified. Mungkin saja itu benar. Tapi nyatanya, ini adalah pekerjaan yang Anda miliki. Anda setuju untuk mengerjakan pekerjaan ini, meski Anda sekarang menyesalinya, tapi ini masih pekerjaan Anda. Mengeluhkan bahwa pekerjaan ini tak cukup baik akan membuat Anda terlihat buruk. Plus, rekan kerja yang mengerjakan hal yang serupa akan tak menyukai Anda. Bos Anda pun akan merasa kesal melihat dan mendengar keluhan Anda.
    “Pekerjaan ini terlalu mudah. Siapa pun bisa melakukannya”. Mungkin Anda mencoba mengatakan bahwa Anda sangat brilian sehingga pekerjaan yang sedang Anda lakukan amat mudah. Hal ini akan terdengar seperti Anda merendahkan pekerjaan ini. Ketika Anda merendahkan tugas ini, Anda merendahkan perusaan tempat Anda bekerja. Jika suatu pekerjaan ternyata cukup mudah untuk Anda, kerjakanlah secepatnya. Bahkan, pekerjaan yang terlampau mudah pun perlu dikerjakan.
    “Ini pekerjaan yang sulit dan mustahil”. Mengatakan bahwa pekerjaan yang dipercayakan pada Anda tak mungkin dilakukan sama seperti mencari masalah dengan bos Anda. Meski pekerjaan yang dipercayakan pada Anda itu memang mustahil, mengatakannya kepada bos Anda bahwa itu hal yang mustahil akan membuat Anda terlihat tak mampu. Sebaiknya Anda berlaku bak detektif. Cari tahu mengapa bos meminta Anda melakukan tugas itu. Apa persoalan yang harus diselesaikan? Apa gol Anda? Carilah cara yang mungkin untuk dilakukan untuk mencapai gol tersebut. Hal itu adalah yang para bos inginkan.
    Code:
    http://malindofm.com/jangan-katakan-hal-hal-ini-kepada-bos-anda
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,197
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,197 / -0
    intinya adaldah jangan melawan si bos..disini tidak ada hak menolak...:lol:
     
  4. idwscow M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +12,202 / -0
    saia biasanya terima dulu kerjaan, kalo ngga kuat ngerjain baru konsultasi ma bos :haha:

    tapi biasanya kelamaan, malah dimarahi :gembel:
     
  5. johnblangkon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2008
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +41 / -0
    Peraturan pertama : "Bos selalu benar"


    Peraturan kedua : "Jika Bos salah, ingat peraturan pertama"


    NB : sssstttt.... jangan bilang2 si Bos ya !!!!
    [peraturan tambahan (ketiga) : asal Bos senang, kita juga harus ikut senang...........] :piss:
     
  6. popojuju M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 7, 2009
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +43 / -0
    bagusan sering2x angkat telor bos , biar cepat naek jabatan. hahaha.....
     
  7. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    yang penting jangan sesumbar dan sok de :boong:
    daripada tar bosnya :hulk:
    :piss:
     
  8. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,055
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,659 / -0
    peraturan pertama: karyawan selalu salah
    peraturan kedua: Bos selalu benar
    peraturan ketiga: jika bos salah, lihat peraturan kedua, dan jika karyawan benar lihat peraturan pertama
    peace :)
     
  9. mridhomm M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +80 / -0
    saya blum kerja tapi naisinpo :niceinfo:
     
  10. tombx M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +5 / -0
    stuju banget gw ama yg ini..

    bos punya hak untuk memerintah.. dah sbgai bawahan yg arus nerima perintah bos.. ^^
     
  11. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,624
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,263 / -0
    Jangan sering komplain ke bos ato bakal dapat posisi yang lebih sulit
     
  12. SilverHorse Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    Saya juga Bos , meskipun usaha saya masih dalam tahap perkembangan ...

    Saya pernah mendengar kata-kata ini dari pegawai saya :

    " Ah, aku ga urus itu" (kalo sedang ditanya yang dia malas jawab)

    " aku tau pak, pasti aku kerjakan" (Padahal ini kerjaan rutin sehari-hari tapi tiap hari saya harus saya perintah dan jawabannya ya itu tadi)

    " pak, saya sudah lama bekerja tapi kok pendapatan (gaji) saya tidak ada peningkatan" (kata-kata ini diucapkan pegawai yang ngomong di baris kedua)

    cuma tambahan saja :) jangan dimasukkan ke hati bila ada yang tersinggung ... semoga bermanfaat siapa tau ada yang ber-alih kuadran dari pegawai menjadi wiraswasta, pasti akan menerima kesulitan untuk berkembang bila para Bos tidak tegas.
     
  13. joefrizz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    4,476
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +79,347 / -1
    intinya jgn kelewat tengil...sok gaya di kantor.. n' jgn nolak kerjaan..

    untung skrg gw ga punya bos.... ;P
     
  14. dntcorp Members

    Offline

    Joined:
    Feb 5, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ^ ... kpn gw brnti jadi bawahanwaw asik juga niy... jadi bos sendiri
     
  15. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,788 / -0
    kalo misalnya bosnya yang sengaja tindas kita gimana...? :???:
    kita hajar aja...??:lol:
     
  16. rersme Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    hmmm.. iya juga ya gan
     
  17. ezhalor M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 27, 2010
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    pada akirnya akan kembali ke UU ketenagakerjaan pasal 1 dan pasal 2 deh :haha:
     
  18. bayigunung Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 2, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    tips yang bagus, gampangnya biar ga diomelin nurut aj ama bos atau jadi bosnya aj sekalian hahaha
     
  19. kausar07 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    sedikit-sedikit saya yg disuruh terus tapi gaji nggak naik2 :gigits:
     
  20. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,265 / -0
    yang jelas jangan nolak kerjaan deh...
    bisa berbahaya memang itu :top:
     
  21. mochanz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    anggap aja kerjaan yang dikasih si boss itu kesempatan

    kesempatan ya jangan di tolak donk

    :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.