1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Jakarta Akan Galakkan Kembali Regulasi Wajib Punya Garasi Bila Memiliki Mobil

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jan 13, 2020.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,325
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +78 / -0
    Setelah sebelumnya Pemerintah Kota Depok resmi mengesahkan peraturan daerah (perda) wajib memiliki garasi sebelum memiliki mobil bagi warganya, kini Jakarta juga ingin turut serta menerapkan peraturan yang sama.

    Seperti yang sudah jamak dilihat dan dirasakan, parkir mobil di ruas jalan yang memakan badan jalan menyulitkan banyak orang, padahal badan jalan belum tentu milik sang pemilik mobil. Hal inilah yang menginisiasi Pemerintah Depok untuk mengesahkan peraturan keharusan memiliki garasi bagi para pemilik mobil atau mereka yang berencana membeli mobil.


    [​IMG]
    Mobil warga yang tak memiliki garasi terparkir di Jalan Pancoran Barat IX, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2017).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)

    Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta kini juga tengah mengkaji menggalakkan kembali regulasi tersebut. Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan secara perlahan, pihaknya sudah mulai mendetailkan aturan itu karena perdanya sudah ada, tetapi belum berjalan dengan maksimal.

    "Untuk Jakarta itu bukan aturan baru, Perdanya Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, namun memang belum kami maksimalkan. Sesaat lagi kami akan mulai gerakkan, jadi dari awal tahun kami juga sudah mulai menyusun langkah-langkahnya," ucap Syafrin dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

    Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, perda tersebut sudah menyebutkan mengenai kewajiban bagi warga DKI untuk memiliki garasi atau lahan parkir, khususnya yang memiliki mobil.

    [​IMG]
    Peringatan agar pemilik mobil mempersiapkan garasi untuk mobilnya(Screenshot Instagram @newdramaojol)

    Syafrin menampik bahwa aturan ini kembali digencarkan lantaran situasinya yang sedang ramai diperbincangkan. Menurut dia, hal ini dilakukan karena perkembangan populasi mobil pribadi yang meningkat signifikan di Jakarta, ditambah dengan adanya beberapa laporan warga yang diresahkan akibat parkir mobil yang sembarangan.

    "Sekarang kami akan gencarkan lagi, apalagi tiap tahun mobil juga makin bertambah. Kami akan sertakan pihak terkait, seperti Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) sampai pihak kepolisian. Jadi syarat kepemilikan mobil warga DKI ini nanti memang benar-benar wajib punya lahan parkir atau garasi," kata Syafrin.

    Dalam Perda Nomor 5 Tahun 2014 mengenai Transportasi, aturan memiliki garasi tertuang dalam Pasal 140 ayat satu sampai dengan lima, dengan bunyi:

    1. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

    2. Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik Jalan.

    3. Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.

    4. Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

    5. Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    1,109
    Trophy Points:
    137
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,783 / -3
    * Kuatkan dulu kelurahannya dan tempatkan tim pengawas guna meminimalisir tindakan korupsi & harus disertai bukti foto rumah dan bukti verifikasi dari tim pengecekan di lapangan

    Like this bro, ane juga resah banyak parkir liar zig zag lagi parkirnya bikin pusing & stress juga dan juga aturan hukum dan sanksinya lebih berat dan bikin efek jera
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.