1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Intip 5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by ArtikelSehat, Feb 24, 2022.

  1. ArtikelSehat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 2, 2021
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    Sering dianggap remeh, ternyata ubi jalar memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada ubi jalar amatlah banyak, sehingga manfaat ubi jalar yang dapat kita rasakan pun sangat banyak. Yuk, kita ketahui bersama manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh.

    Apa itu ubi jalar?
    Ubi jalar adalah golongan umbi-umbian yang biasa kita temui dengan mudah di Indonesia. Beberapa daerah juga banyak yang membudidayakan ubi jalar dan dikonsumsi sebagai pengganti sumber karbohidrat lainnya, seperti nasi. Ubi jalar juga cenderung mengenyangkan dan dapat dikonsumsi saat diet.

    Kandungan dalam ubi jalar
    Ubi jalar sebagai tanaman umbi-umbian kurang lebih memiliki kandungan yang hampir sama dengan umbi-umbian lainnya, seperti:

    1. Kadar air yang tinggi
    Kadar air yang tinggi dalam ubi jalar dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kadar air dalam ubi jalar adalah sebesar 61,9 gram.

    2. Karbohidrat
    Ubi jalar mengandung karbohidrat sebesar 35,4 gram. Hal inilah yang membuat ubi jalar dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat.

    3. Kalsium
    Kandungan kalsium dalam ubi jalar sebesar 29 gram yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kalsium dalam ubi jalar ini tergolong tinggi sehingga memiliki banyak manfaat baik.

    Tidak hanya itu, ubi jalar juga memiliki kandungan lainnya, seperti:
    - Protein
    - Energi
    - Fosfor
    - Vitamin C
    - Vitamin B1
    - Serat, besi
    - Natrium
    - Kalium

    Kandungan lemak dalam ubi jalar sangatlah rendah, sehingga ubi jalar sangat aman dijadikan sumber karbohidrat selama masa diet. Di sisi lain, ubi jalar memiliki kandungan tinggi serat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

    Apa manfaat ubi jalar untuk kesehatan?
    Setelah kita melihat kandungan nutrisi yang ada dalam ubi jalar, sekarang kita akan mengetahui manfaat ubi jalar untuk kesehatan sebagai berikut:

    1. Mengontrol kadar gula darah tetap rendah
    Ubi jalar yang memiliki kandungan gula yang rendah dapat bermanfaat untuk mencegah diabetes dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol dibandingkan dengan karbohidrat lainnya.

    2. Menangkal radikal bebas
    Manfaat ubi jalar yang selanjutnya adalah dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Sehingga ubi jalar dapat mencegah pertumbuhan sel kanker secara alami.

    3. Menjaga kesehatan pencernaan
    Kesehatan sistem pencernaan kita harus dijaga dengan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan.

    4. Mencegah kolestrol tinggi
    Manfaat ubi jalar yang tidak kalah penting adalah mencegah kolestrol tinggi. Kandungan lemak yang rendah pada ubi jalar akan membantu mencegah kolestrol penyebab penyakit jantung koroner hingga stroke.

    5. Menjaga berat badan tetap ideal
    Manfaat ubi jalar yang paling penting adalah dapat menjaga berat badan tetap ideal. Tidak seperti sumber karbohidrat lainnya, ubi jalar memiliki kandungan lemak yang sangat rendah dan serat yang tinggi sehingga rasa kenyang yang dihasilkan lebih tahan lama dan tidak khawatir menambah berat badan.

    Untuk mendapatkan manfaat ubi jalar yang sangat banyak, tentunya kita harus mengonsumsi ubi jalar secara rutin agar merasakan manfaatnya.

    Konsumsilah ubi jalar dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang dan dapat dimakan pada saat sarapan pagi atau saat makan siang sebagai sumber energi yang sehat.
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.