1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Stres

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by lehar, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. lehar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +441 / -0
    Tubuh kita memiliki mekanisme pertahanan alami pada stres jangka pendek. Namun, bila stres berlangsung dalam jangka panjang, ini bisa jadi "lampu merah" bagi tubuh karena membuat tubuh jadi rentan pada penyakit. Dengan kata lain, stres sangat merugikan tubuh. Apa saja kerugian yang ditimbulkan oleh stres?

    Saraf
    Dalam menghadapi sesuatu yang mengancam, tubuh dan pikiran kita punya respons melawan atau ikut terseret. Respons itu dimulai sebagai berikut: Saat kita stres, bagian saraf simpatetik dalam otak akan mengirim hormon adrenalin, hormon kortisol, dan hormon-hormon stres lainnya. Masalahnya, bila kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka hormon-hormon tadi bisa mengganggu kemampuan mengingat dan belajar sehingga kita rentan depresi.

    Endokrin
    Hormon stres akan memicu organ hati (liver) untuk memproduksi lebih banyak lagi gula darah supaya Anda punya cadangan energi untuk berjaga-jaga pada kondisi bahaya. Stres dimaknai oleh tubuh sebagai kondisi bahaya. Namun, jika "bahaya" itu merupakan sebuah dilema jangka panjang dan Anda termasuk orang yang berisiko tinggi terkena diabetes, maka glukosa darah yang tinggi ini akan mempercepat terjadinya diabetes.

    Pernapasan
    Pada saat Anda merasa sangat emosional dan stres, Anda akan mendapati bahwa napas menjadi cepat atau justru pendek-pendek dan tersengal. Jika kondisi ini sering terjadi, maka ketegangan pada sistem pernapasan akan membuat Anda lebih rentan terkena infeksi saluran napas atas.

    Kardiovaskular
    Ketegangan yang bersifat sesaat, seperti menghadapi wawancara kerja, akan membuat jantung berdetak lebih kencang dan tekanan darah naik. Nah, jika stres jangka panjang, maka hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan meningkatkan kadar kolesterol sehingga Anda lebih rentan terkena penyakit jantung atau stroke.

    Reproduksi
    Panjang pendeknya siklus menstruasi juga dipengaruhi oleh stres. Stres yang tinggi bisa membuat bakteri v*gina lebih senang berkembang biak. Pada ibu hamil, kondisi ini bisa meningkatkan risiko asma dan alergi pada anak.

    Sistem imun
    Stres jangka pendek sebenarnya ada manfaatnya juga, yakni meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, stres yang terus berlanjut bisa membuat kondisi jadi berbalik, yakni memperlambat proses penyembuhan, membuat tubuh rentan infeksi, serta memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat, eksim, atau gatal.

    Pencernaan
    Bila Anda merasa mual, perut kembung, dan terasa terbakar, boleh jadi itu bukan karena salah makan. Penelitian menunjukkan bahwa stres bisa merangsang otot-otot perut dan bisa menyebabkan sembelit atau diare.

    Otot-otot
    Sering merasa pegal-pegal di punggung dan leher atau sakit kepala? Coba cek apakah akhir-akhir ini Anda sedang menghadapi situasi yang membuat Anda stres. Pasalnya, saat tubuh berada dalam kondisi terancam, otot akan ikut meresponsnya. Tak heran bila persendian ikut

    Sorry Klw Repost :piss::piss:

    Sumbernya gan:
    http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/16/13260411/Inilah.yang.Terjadi.pada.Tubuh.Saat.Stres
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,293 / -0
    wah kasian yah tubuh kita..
    hindari stress dengan mendekatkan diri pada Yang Kuasa :lol:
    :doa:
     
  4. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,267
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,152 / -0
    kalo terlalu stres sebaiknya mencari solusi dengan konsultasi ke orang dekat atau kalo perlu ke psikiater :hehe:

    stres emank memberi banyak pengaruh buruk bagi tubuh :lol:
     
  5. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Stress memang harus dijauhi,.. tp kadang susah menghindarinya:ehem:
     
  6. gyula M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,582 / -0
    :nangis: :nangis: :nangis:

    Ternyata dampak stress itu banyak banget. Gw kira paling jadi cepet botak ajah ama migrain/pusing gitu. Mana ini lagi mau ujian nasional lagi (masih skul sih), kesempatan buat stress tambah banyak nih.
     
  7. fjr324budiman M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    412
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27,116 / -0
    ^jgn terlalu dibawa stres,, sante aja,, UAN lewati aja kyk ujian biasa di skul :)
    rilex memang penting, klo terlalu rilex ntar malah ketinggalan dari yg laen,,
    jd dibuat seimbang aja (ini yg susah :(()
     
    • Like Like x 3
  8. zakuroba M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,605
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,358 / -0
    ane sering streess.... :swt: :swt:

    :takut: :takut:

    mkasih inpo na... :matabelo:

    sekarang g pingin lagi deh bnyak pikiran... :terharu:
     
  9. GamaKireta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    501
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +110 / -0
    tapi terkadang rutinitas sehari-hari yang bikin stress.. :swt:

    tugaslah kerjaanlah :tega:
     
  10. hadibangun84 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 6, 2009
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +5 / -0
    kadang stress jga bisa krena kelebihan hiburan koq....

    :ngupil2:
     
  11. kidjaisy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    emang yg ni kenapa...?
    bisa ya...?
     
  12. silent_kid Members

    Offline

    Joined:
    Feb 22, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    y keseringan ketawa bisa bosen jg kali ya..

    lama2... strez jg dah..
     
  13. BanZaii M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2008
    Messages:
    164
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    wah ternyata kita harus santai dan tidak memikir kan apa 2 , toh kalau stress ga aada bagusnya hahaha
     
  14. ruffi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,816 / -0
    stress...
    buat anak kuliahan PLUS ng'kost, sering tuh ngalamin gini..
    waakakakak...:piss::piss::piss:
     
  15. ruffi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +34,816 / -0
    wahh,, stress kaya gini mah sering menyerang anak kuliahan plus ng'kost....
    apalagi kalo duit uda mulai tipis...
    wakakaka...:listen::listen:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.