1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Inilah 4 Negara Asia dengan Belanja Militer Terbesar

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by blacksheep, Apr 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,074 / -0
    Amerika Serikat (AS) selama ini terkenal sebagai pasar penghasil persenjataan dunia dan ditaksir bakal menjual hingga US$50 miliar pada tahun ini. Walaupun diketahui bisnis persenjataan dunia pada 2011 tidak akan sebaik setahun sebelumnya.

    Sejumlah angkatan bersenjata di berbagai negara tahun lalu tercatat menghabiskan dana hingga US$1,63 triliun, atau naik tipis 1,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pengeluaran dana tersebut, termasuk untuk pembelian senjata, keperluan prajurit, serta dana untuk memelihara perlengkapan dan infrastruktur militer yang sudah dimiliki.

    Berdasarkan data Stockholm International Peace Research Institute seperti dikutip VIVAnews.com dari laman 247wallst.com, Sabtu, 16 April 2011, disebutkan bahwa banyak negara yang hingga kini belum menyerah untuk mengurangi anggaran pertahanan mereka. Bahkan, belanja militer di negara-negara Afrika dan Amerika Selatan justru meningkat hingga 6 persen.

    Di antara 10 negara di dunia yang mengeluarkan anggaran besar selama 10 tahun terakhir, tercatat empat negara dari kawasan Asia masuk dalam daftar tersebut. Sementara itu, dari kawasan Eropa tercatat lima negara memiliki anggaran militer terbesar yaitu Italia, Jerman, Rusia, Prancis, dan Inggris.

    Posisi pertama dalam daftar 10 negara yang mengalokasikan dana terbesar selama 2010 dipegang oleh Amerika Serikat yang mengeluarkan dana hingga US$698 miliar. Kenaikan anggaran militer tersebut meningkat 81,3 persen dibandingkan posisi pada 2001.

    Berikut empat negara Asia yang menganggarkan miliaran dolar AS selama 2010 untuk kegiatan militer :

    4. India
    [​IMG]
    Belanja militer 2010: US$41,3 miliar.
    Perubahan 2001-2010: 54,3 persen.
    Persentase terhadap produk domestik bruto (PDB): 2,7 persen.

    India menempati posisi kelima negara di Asia atau kesembilan dunia sebagai negara yang mengalokasikan dana cukup besar untuk kegiatan militernya. Anggaran belanja militer India tahun lalu sebesar US$1 miliar memang menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, penurunan ini diperkirakan tidak bertahan lama karena pada Februari lalu, pemerintah India meningkatkan belanja militernya sebesar 11,6 persen. Hal itu dilakukan seiring makin kuatnya militer di China dan Pakistan.

    3. Arab Saudi
    [​IMG]
    Belanja militer 2010: US$45,2 miliar.
    Perubahan 2001-2010: 63 persen.
    Persentase terhadap PDB: 10,4 persen.

    Tingginya anggaran belanja militer Arab Saudi tidak terlepas dari kekuatan ekonomi yang begitu besar. Anggaran sebesar US$45,2 miliar tahun lalu merupakan 10,4 persen dari total produk domestik bruto (PDB) negara Teluk ini. Persentase ini merupakan yang terbesar dibandingkan negara-negara dengan anggaran belanja terbesar dalam daftar 10 negara ini. Arab Saudi juga menjadi negara yang mengalami peningkatan belanja militer terbesar dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 4 persen.

    2. Jepang
    [​IMG]
    Belanja militer 2010: US$54,5 miliar.
    Perubahan 2001-2010: minus 1,7 persen.
    Persentase terhadap PDB: 1 persen.

    Jepang selama ini sudah mempertahankan anggaran militernya hanya sebesar 1 persen terhadap PDB sejak 1967. Sebagai hasilnya, penghematan anggaran militer Jepang telah membuat perekonomian negara tersebut semakin kuat. Di saat berbagai negara Asia Timur meningkatkan belanja modal lebih dari 55 persen selama 10 tahun terakhir, Jepang justru mengalami penurunan anggaran 1,7 persen.

    1. China
    [​IMG]
    Belanja militer 2010: US$119 miliar (perkiraan).
    Perubahan 2001-2010: 189 persen.
    Persentase terhadap PDB: 2,1 persen (perkiraan).

    China merupakan negara kedua di dunia yang menghabiskan dana paling besar untuk belanja militer sepanjang 2010. Negara Tirai Bambu ini juga mengalami pertumbuhan tercepat di antara negara-negara lainnya. Sejak 2001 hingga 2010, tercatat anggaran militer China mengalami pertumbuhan yang melesat hingga 189 persen. Pertumbuhan itu lebih dari dua kali lipat di antara 10 negara yang masuk dalam daftar ini.

    Pelemahan ekonomi pada 2009 menyebabkan kenaikan anggaran belanja China hanya meningkat 3,8 persen. Namun, anggaran pada 2011 diperkirakan naik 12,7 persen.
    Banyak analis yang yakin anggaran pertahanan China sebetulnya lebih tinggi dari laporan yang selama ini beredar di masyarakat. (art)
    Code:
    http://bisnis.pahdizul.com/2011/04/inilah-4-negara-asia-dengan-belanja.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Andre_75 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    531
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +1,137 / -0
    Luar Biasa..
    apa lagi USA tuh mpe US$698 miliar !! :apa:

    :niceinfo:
     
  4. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    buset gede banget. klo indonesia brapa tuh?
     
  5. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    Cina ibarat "Sang Naga yang akan terbangun dari tidurnya"
    tidak menutup kemungkinan Cina akan menggantikan posisi AS di masa depan..:yareyare:
    di masa sekarang pun AS sudah gelisah melihat kemajuan militer Cina yang pesat..:lol: :fufufu:
     
  6. Andre_75 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    531
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +1,137 / -0
    kurang lebih segini >> http://bit.ly/eZ8cQ8
     
  7. reshatri Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +18 / -0
    benar2 mantap.....
    kapan Indonesia bisa begitu ya????
     
  8. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    klo indonesia sih kapan2 ajja..
    buat makan rakyatnya ajja susah.. :sigh: :piso:
     
  9. adifun23 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2011
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +281 / -0
    waah ini kalo pada perang habis sudah negara-negara disampingnya
     
  10. inther4 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43 / -0
    emangnya kalo pembelanjaan militer besar maka kekuatan militer juga besar yakk :???:
     
  11. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    iya., scara logika sih bsa dibilang kek gtu..
    wlopun sberapa besar alokasi dana yg bner2 dipake bwt militer nya brpa..
    tpi itu juga dipengaruhi kebijakan2 pihak yg brkepentingan dan brtanggungjawab dalam pengadaan keperluan militer..
    smakin besar dana alokasi untuk militer, maka akan semakin besar pula kekuatan militer..
    tentu saja tdak trlepas dari peran seoarng pemimpin militer nya..
     
  12. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    beh indonesia kecil banget :kecewa: negaranya gede tp biaya buat mempertahankan negara dikit banget.
     
  13. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    beh indonesia kecil banget :kecewa: negaranya gede tp biaya buat mempertahankan negara dikit banget.

    wah ke double post :maaf: soalnya koneksinya lemot
    ni di apus aja.
     
  14. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,679 / -1
    iya,gan..
    kbanyakan masuk kantong sendiri tuh dana alokasi nya..
    klo kek gini cara nya indo ga bakal bsa buat jaga daerah teritorial nya..

    paling parah nya mungkin akan sering diejek dan "dibecandain" sm negara tetangga.. :sigh:

    seenggak2 nya bsa makan biaya hampir setengah atw 3/4 nya dri biaya militer US dah, klo mw bsa bersaing..
    dan yg pasti jgn trlalu sewring beli barang militer dr luar.. produk dalam negeri juga ga kalah kualitas nya.,
    contohnya kek pesawat CN yg dakuin sm negara lain sbgai pesawat yg memiliki standar yg bagus., dan bnyak jga yg pake pesawat kita..

    klo nyampe impor pesawat., kek nya psti ada apa2 nya di sono nya.. :sigh:
     
  15. Metal_Raiderz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    wahhh,, jepun masuk list jg yachh :bloon:

    katanya cuma pasukan bela diri doank,, ternyata belanja militer nya jg gedhee... :bingung:

    Indonesia gk masuk list nichh,, kcewa ane :aghh:
     
  16. Alohamora M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2010
    Messages:
    1,308
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +358 / -0
    Kalo Indonesia anggaran belanjanya masih masuk pos-pos seperti penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, pendidikan, dan kantong wakil rakyat dan pejabat korup.
    Untuk militer masih belum masuk prioritas utama.
     
  17. paopaopuak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    buat apa arab saudi belanja militer terbanyak kalau palestina diserang aja mereka cuma bisa nonton
     
  18. theciroz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2010
    Messages:
    545
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +40,923 / -0
    anggaran belanja militer indonesia banyak yang dimakan tikus2 sih,,
     
  19. awanauand Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 10, 2010
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +6 / -0
    yah indonesia nyari barang second aja deh....
    dipasar glodok banyak tuh...:ehem:
     
  20. Why0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +7 / -0
    kapan ni giliran Indonesia bisa kuat, seperti negara2 di atas yang mendahulukan kekuatan militer dari pada memanjakan para koruptor... :hulk:
     
  21. blackKen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    1,005
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +294 / -0
    indonesia oh indonesia,
    kapan lah negara bisa kuat..
    kapan lah negara bisa membeli seabrik senjata militer
    jikalau di pemerintahan banyak sekali uang yg masuk kocek pribadi
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.