1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ini yang Terjadi Jika Anda Terbiasa Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by mb855, May 22, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. mb855 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2016
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    ilustrasi Odol dan Sikat gigi (Sumber foto: Thinkstock)

    Kesehatan - Setelah makan, tak sedikit orang terbiasa langsung menyikat gigi dengan harapan kesehatan mulutnya lebih terjaga dan jauh dari bau mulut. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan seperti ini justru tak dianjurkan?

    Meskipun menyikat gigi sangat penting untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi, namun para ahli memperingatkan bahwa menyikat gigi terlalu sering justru berbahaya.

    Termasuk juga jika Anda terbiasa langsung menyikat gigi setelah makan atau minum minuman seperti kopi, minuman manis atau asam. Mengapa? Asam dalam minuman dapat larut pada enamel Anda. Dengan menyikat gigi pasca mengonsumsi asupan tersebut, bukannya membersihkan tapi Anda justru mendorong asam tersebut untuk masuk lebih dalam ke gigi Anda.

    Menurut Dr Bushra dari Indian Dental Association (IDA), Anda memang dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari, namun bukan segera setelah makan. "Tergantung jenis makanannya. Jika Anda baru saja makan makanan yang bersifat asam seperti minuman soda atau jeruk, enamel bisa terpengaruh dan melemah," ujar Bushra, seperti dikutip dari Times of India.

    Ia melanjutkan, menyikat gigi dengan enamel yang sedang melemah ini justru berbahaya dan dapat membuat gigi mudah berlubang. Jika Anda merasa risi dan ingin mulut lebih bersih setelah makan, Bushra menganjurkan Anda untuk berkumur saja. Lantas kapan waktu yang aman jika Anda baru saja makan dan berniat menyikat gigi?

    "Anda dapat menyikat gigi setelah sarapan dan makan malam, namun setidaknya berikan jeda 30 menit untuk menetralkan asam," papar Dr Anurag Singh, dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi.

    Yang tak kalah penting, pilihlah sikat gigi yang lembut dan jangan menyikat gigi terlalu kuat. Kesalahan seperti ini dapat berisiko menimbulkan iritasi pada gusi dan gigi.

    SUMBER : Berita Kesehatan
     
Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.