1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Ini dia Mahasiswa dengan Skripsi Mencapai 3.045 Lembar

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jul 22, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    438
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +23 / -0
    Baru-baru ini sedang heboh akan adanya seorang mahasiswa dengan Tugas Akhir (TA) mencapai 3.045 halaman — yang disebut-sebut tertebal di dunia. Ia adalah Muharom Gani Irwanda, mahasiswa Departemen Teknik Infrastruktur Sipil dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

    Mengerjakan TA hingga ribuan halaman rupanya bukanlah hal menantang seperti yang mahasiswa lain bayangkan, setidaknya begitulah pandangan Gani. Ia mengaku hanya butuh lima kali bertemu dosen pembimbingnya, Sukobar, untuk bisa melanjutkan sidang. Masih kurang? Ia hanya butuh tak lebih dari satu bulan untuk menyelesaikan bab empat hingga lampiran!

    Pengerjaan TA Gani sempat tertunda lantara ia mengikuti magang bersertifikat dari sebuah BUMN, dan baru benar-benar bisa mengerjakan lagi pada H-7 sebelum lebaran. Bayangkan bila waktunya dapat terfokus untuk mengerjakan TA itu.

    Agar pengerjaan TA tetap terkontrol, Gani dan dosen pembimbingannya sepakat untuk melakukan bimbingan daring. Ia sering kali mengirimkan draft TA-nya via email lalu didiskusikan di WhatsApp.



    [​IMG]


    Gani pada awalnya tidak menyangka TA-nya akan mencapai lebih dari tiga ribu halaman. Pria kelahiran Bojonegoro ini baru sadar saat sepupunya membantu menghitung total halaman. “Saya pikir hanya di kisaran seribu ternyata sampai tiga ribuan,” katanya.

    Jika biasanya ketebalan TA ada pada lampiran, beda cerita dengan mahasiswa yang fokus pada manajemen konstruksi ini. Untuk bab satu sampai tiga ia kerjakan dari halaman 1 hingga 152. Selanjutnya bab empat sampai delapan dari halaman 153 sampai 2.893.

    “Sisanya adalah lampiran dan cover,” kata Gani.

    Gani menyampaikan bahwa selama proses pengerjaan, ia terus memantau layar laptop selama 15 jam. Tak tanggung-tanggung, selama satu minggu sebelum sidang ia rela memangkas jam tidurnya menjadi dua jam per hari.

    “Bahkan ibu saya sampai khawatir dan akhirnya ikut ke Surabaya untuk menemani selama proses pengerjaan tersebut, ibu benar-benar supporting system untuk saya,” tukas Gani.


    [​IMG]


    Terkait penelitian TA, Gani membahas tentang gedung yang ia pakai adalah Apartemen Denver di kawasan Citraland, Surabaya. Ia awalnya ingin menyelesaikan TA untuk Gedung 37 lantai.

    “Namun, dosen saya melarang, katanya saya akan kesulitan,” sambungnya.

    Akhirnya, ia pun mengerjakan 11 lantai yang masing-masing dirincikan hitungannya. Dengan begitu, terdapat 11 perhitungan volume, kapasitas produksi dan tenaga kerja, jumlah alat, durasi hingga estimasi harga yang berbeda.

    “Saya merasa tertantang, karena tidak bisa mengerjakan 37 lantai, saya harus bisa mengerjakan 11 lantai dengan baik,” kata Gani.

    Sebelum menyelesaikan TA, Gani juga terbilang mahasiswa yang berprestasi di ITS. Ia beberapa kali mengikuti lomba di tingkat nasional hingga internasional. Dalam kompetisi yang diikutinya, ia pun menyabet sejumlah penghargaan atau menjadi jawara.

    "Alhamdulillah (lomba juga), lomba ada banyak," kata Gani.


    [​IMG]


    Berdasarkan daftar prestasi yang diberikan Gani. Ia pernah ikut lomba kreatifitas dan inovasi. Lomba ini merupakan lomba desain bangunan gedung tinggi tahan gempa internasional oleh NCREE Taiwan pada 2018 lalu. Ia menjadi winner of quake resistant building category.

    Untuk di nasional, Gani pernah juara satu lomba karya tulis ilmiah di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2017 lalu. Dia mengikuti lomba desain kota berbasis lingkungan dan berwawasan nusantara. Tak hanya itu, ia juga juara dua lomba di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta serta di pagelaran lainnya.


    [​IMG]


    Menariknya, meski memiliki segudang prestasi Gani belum tertarik untuk melanjutkan studinya. Ia kini ingin menerapkan ilmu yang dimilikinya di dunia kerja dan industri.

    Saat ini, dia juga masih menjalani magang di salah satu perusahaan di bawah BUMN. Dia mengaku ingin berkontribusi untuk negara khususnya di bidang yang digelutinya yaitu teknik sipil.

    "Kalau magang masih sampai Agustus. Kalau selesai magang mempraktikan ilmu yang dipelajari. Untuk lanjutnya masih besok aja kayaknya. Pengen kerja dulu," pungkas Gani.



    Sumber: Portal IDWS via IDN Times
     
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,827
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +757,757 / -6
    ini giles aja nulisnya sebanyak itu, kira-kira bagian mananya yang bikin setebal itu ?

    kalo kampus ane malah dipangkas habis-habisan untuk skirpsi - disertasi,
    jadinya pada hemat benar, ada tesis yang cuma 14 lembar doank,
    soalnya semuanya dah macam jurnal formatnya,

    :hot:
     
    • Like Like x 1
  4. mic2 Gatotkaca

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,003
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,062 / -0
    Luar biasa

    Ta nya tebal skali

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.