1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Pregnancy Ingin Cepat Hamil? Begini Menghitung Masa Subur Pada Wanita

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by hakimbo, Sep 5, 2016.

  1. hakimbo Members

    Offline

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Biasanya pasangan yang baru menikah hal yang paling didambakan adalah memiliki momongan atau segera dikaruniakan anak. Maka tidak heran banyak pasangan muda yang sedang menantikan buah hati yang pertama melakukan perhitungan masa subur.

    Menurut Dr. Boyke Nugraha, SpOG, MARS menjelaskan bahwa masa subur wanita dan pria adalah berbeda. Pada laki-laki bisa kapan saja mengeluarkan sperma dengan jumlah mencapai ratusan juta. Tetapi pada perempuan hanya mengeluarkan satu sel telur saja, yang kita kenal dengan ovulasi.

    Waktu hidup sel telur tersebut terbatas, biasanya hanya satu sampai 2 x 24 jam. Oleh karena itu waktunya terbatas dan umurnya juga terbatas, sehingga bisa dihitung kapan masa subur pada wanita terjadi. Berikut cara menghitung masa subur pada wanita agar cepat hamil :

    Pada wanita yang mempunyai siklus haid yang teratur, masa subur terjadi pada hari ke 11 sampai dengan hari ke 17 dihitung setelah selesai masa haid pertama. Dan masa subur tertinggi terjadi pada heri ke - 13.

    Untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, harus mencatat terlebih dahulu masa haid 6 bulan kebelakang. Lalu bisa menghitung masa suburnya dengan cara :

    • Dimulai dengan jumlah hari terpendek masa haid dalam 6 bulan terakhir dikurang dengan 18 sampai dengan
    • Jumlah hari terpanjang masa haid 6 bulan terakhir dikurang dengan 11.
    Apabila kita melakukan hubungan seksual pada masa-masa subur, maka kemungkinan wanita hamil akan lebih besar, dan harapan pasangan muda untuk memiliki momongan akan cepat terwujud.

    Sumber Artikel : http://www.infotentangkesehatan.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. megahwati Members

    Offline

    Joined:
    Aug 29, 2016
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
  4. shenchen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi hitungan nya itu setelah haid hari ke-13 baru subur ya supaya cepat dapet momongan gitu? adakah perbedaan hari bisa mengatur bayi dapet laki-laki atau perempuan?
     
  5. rotigandum Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 22, 2017
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    CARA BERHUBUNGAN DENGAN ISTRI TIAP 3 HARI SEKALI DIMULAI SETELAH ISTRI SELESAI HAID, ITU ANJURAN DARI DOKTER. APA ADA YANG SEPERTI SAYA JUGA? DAN SUDAH BERHASIL?
     
  6. Harta Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Hm.. Kalau setiap hari berhubungan 1x, apakah probabilitas bisa meningkat?
     
  7. Godhit Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 14, 2018
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wah sudah ada yg menanyakan tp blom ada yang menjawab.. saya jg ingin menanyakan apakah berhubungan sesering mungkin akan memperbesar kemungkinan hamil?
     
  8. Iras15 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 18, 2013
    Messages:
    1,096
    Trophy Points:
    152
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,258 / -0
    hasil saya baca - baca malah agak kurang bagus untuk berhubungan setiap hari ya :maaf:
    karena ini juga mempengaruhi kondisi sperma nya :hmm:
    ada yang menyarankan kalau probabilitas nya akan lebih tinggi jika berhubungannya pada tanggal - tanggal ovulasi (puncak masa subur) :doa:
    kalau saya berhubung engga paham perhitungan masa subur jadi menggunakan aplikasi di hp dengan memasukan record tanggal haid setiap haid nya, sepertinya sudah banyak juga aplikasi yang mendukung perhitungan hal ini, baik itu di android maupun di ios :hmm:

    :xiexie:
     
  9. johnjohn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2010
    Messages:
    1,859
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +955 / -4
    Dua hari sekali sih masih bisa Lah. mengingat:

    1. Sperma yang baik & matang itu adalah setelah 2 - 3 hari di dalam buah pelir. di luar itu, kualitas dan/atau kuantitas nya kurang baik.
    2. Umur sperma di dalam kandungan itu adalah 2 sampe 5 hari. tapi cari aman, anggap saja 2 hari (2 x 24 jam).
    3. Umur sel telur untuk di buahi, setelah ovulasi (di lepas dari indung telur itu) adalah 24 jam. bahkan ada yg bilang cuman 8 jam (window nya kecil banget). Lewat dari itu, sel telur nya mati, terbuang melalui mens.

    KUALITAS sperma yg kurang baik: pala nya ga sempurna (penyok, peyang, dsb), buntut pendek, berenang nya abnormal, dsb.
    KUANTITAS sperma kurang baik: kurang dari cukup, semisal: 1 juta sel sperma di semprot dalam liang v*gina, perjuangan nya berat, berenang dari mulut rahim, bisa sampe ke saluran telur/tuba falopi (tempat pembuahan) itu, yg selamat paling cuman sekitar 5 atau 10 ekor.
    Nah kalo cuman 300 rebu atau lebih sedikit? hitung sendiri probabilitas nya.

    Tips pas mo punya anak:
    - Pria minta obat penguat sel sperma (seperti anti oksidan) ke dokter kandungan.
    - Wanita minta obat penguat sel telur (seperti penguat hormon). - tapi hati2 juga, katanya, ini bisa bikin gendut.

    =======
    cmiiw ya...
    Sperma yg berenangnya cepat itu, jadinya bakalan cowok. yg pelan itu cewek.

    Kalo kebetulan pas ovulasi, trus kena semprot ejakulasi. otomatis sperma yg berenang cepat itu nyampe duluan ke sel telur, jadilah cowok.
    Ketika sperma yg berenang cepat itu, sampe di tujuan, ternyata belom ada telor, dia akan mati (umur pendek).
    jadi sisa sperma2 yg berenang pelan2 yang hidup di saluran telur (umur lebih panjang).
    1-2 hari setelah hub.badan, baru ovulasi, jadinya cewek.

    Jadi kalo mo pas dapet cowok/cewek dan kapan hub.badannya:
    1. sering2 ke dokter kandungan buat di USG, tau kondisi ovulasi nya.
    2. atau beli sendiri alat usg nya, taro di kamar, belajar dari nyutub atau gugel.

    =========

    yg terakhir, manusia boleh berusaha, tapi Tuhan yg akhirnya menentukan...


    Sent from my Ai Phong X using TakPletok
     
    Last edited: Jun 1, 2018
  10. SabarMenanti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2018
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Eh just info aja nih, tahu gak sih kalo masa subur bisa menentukan jenis kelamin juga? Katanya kalau berhubungan pas di masa subur anaknya cenderung laki2, kalau berhubungan setelah masa subur anaknya cenderung perempuan.
     
  11. johnjohn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2010
    Messages:
    1,859
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +955 / -4
    Benar sekali. teori nya: sperma cowo itu cepat berenang nya, tapi cepat mati.
    kalo sperma cewe itu berenang nya lambat, tapi lebih tahan lama.

    jadi kalo hubungan pas dekat2 masa subur, yah cenderung laki2, karena sperma cowo pasti nyampe duluan & melakukan pembuahan.
    kalo pas jauh2 masa subur, sperma cowo yg nyampe ke tuba falopi (saluran tempat pembuahan), tapi gak ada telor, langsung mati dia.
    jadi nya, tinggal sisa sperma2 cewe yang berkeliaran di tuba falopi, pas telor muncul, langsung pembuahan.

    sekali lagi, manusia boleh berusaha, tapi Tuhan yg menentukan.
     
  12. SabarMenanti Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 19, 2018
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    Betul. Teman aku ada yang berusaha pakai cara tersebut biar dapat anak laki. Ehh tetap saja lahirnya perempuan.
     
  13. ollabonita234 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    653
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +79 / -1
    klo aku sih waktu itu kya semacam ngitung ala aku aja, intinya (klo aku) utk cwe masa subur itu diitung 14 hari dari hari pertama haid. Setelah selesai haid udah mulai deh tuh serangan2 malem atau fajar hihihihi ... yaa seminggu bisa 3x krn klo keseringan jg ga bagus kualitas spermanya ... terbukti ada hasilnya :D
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.