1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Mau genre apa saja kesukaan kamu, Supermoderator baru Renx siap berikan pencerahan di Zona Music! Cek infonya di sini!
  4. 11 Tahun Yang Penuh Warna! Ikutan Project 11th Indowebster, kuy! Cekidot Buat Partisipasi Di Sini.
  5. Bingung Menentukan Arah Hidup? Ikuti Event 1.000 Orang Kebelet Hidup! GRATIS! Cek info lengkapnya di sini!
    Dismiss Notice
  6. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 3

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Apr 12, 2013.

Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.
?

Hal Apa Yg Paling Membuat Kamu Kesal Saat Sedang Berkendara Sepeda Motor? :obbingung:

  1. sesama sepeda motor menyalip dengan cara membahayakan kita :obrokok:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. mobil yang berjalan pada tengah 2 lajur sehingga menghalangi jalur motor :obcerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. pengendara lain (motor/mobil) bermain hp/ mendengar musik di kendarannya :oblisten:

    100.0%
  4. aksesoris pada kendaraan lain yg membahayakan orang lain (lampu hid silau, knalpot racing berisik, d

    0 vote(s)
    0.0%
  5. jalan raya yang rusak (berlubang, tidak rata) & rambu lalu lintas yg rusak :obnono:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. angkot (kendaraan umum) yang berhenti mendadak tanpa lampu sein :obiii:

    0 vote(s)
    0.0%
  7. kemacetan dan banjir yang bikin stress :obpusing:

    0 vote(s)
    0.0%
  8. pak polisi yang kadang ngumpet untuk ngejebak nilang (cari2 kesalahan untuk berdamai) :obgenit:

    0 vote(s)
    0.0%
  9. pengendara motor lain yang berteduh saat hujan namun membuat kemacetan karena memakan bahu jalan :ob

    0 vote(s)
    0.0%
  10. pasangan alay yang naik motor pelan2 di tengah malam, trus tangan cewe nya ber-gerilya ke "anu" cowo

    0 vote(s)
    0.0%
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] Deteksi Gejala Ngebuang di Motor, Ada Banyak Penyebab!

    [​IMG]

    Jakarta - Pernah merasakan motor kesayangan narik ke kanan-kiri saat jalan? Itu bukan karena ngajak ke warung Padang atau warteg bro, pasti ada yang bermasalah tuh dengan besutan. Kalau dibiarin pasti enggak nyaman dan bisa bikin celaka loh! Mau tahu penyebabnya?

    “Ada banyak kemungkinan, mesti dicek satu per satu tuh,” ujar Safrudin, kepala mekanik bengkel AHASS Clara Motor Kebon Jeruk, Jakbar. Mau tahu apa saja? Yuk kita tanya.

    Penyebab pertama menurut pria yang akrab disapa Udin ini bisa dari ban (gbr.1). “Pertama cek tekanan anginnya, mesti sesuai standar. Lalu kondisi kembangan pastikan belum aus. Berikutnya kondisi kawat baja di dalam ban, kalau ada yang putus juga bisa bikin motor enggak stabil kendati kembangan masih tebal,” terangnya. Salah satu cirinya ban jadi bunting.

    Pemeriksaan berikutnya yaitu pelek, jangan sampai peyang atau jari-jari kendur (gbr.2). Berikutnya laher roda (gbr.3), pastikan belum aus. Cara mudah goyang saja ke kanan-kiri bannya, jika ada celah kemungkinan laher aus.

    Untuk roda depan cek as sokbreker, kalau bengkok bisa bikin motor ngebuang karena gerakan suspensi jadi enggak lurus. Berikutnya lihat kondisi segitiga (gbr.4), pastikan juga enggak bengkok. Biasanya keduanya bengkok akibat benturan keras. “Komstir terlalu kencang juga bisa bikin motor ngebuang,” lanjut Udin.


    Nah untuk roda belakang, setelah mengecek laher Udin memberi saran cek kondisi bushing lengan ayun (gbr.5). Pastikan belum oblak. Kalau oblak gerakan roda saat mengayun enggak cuma ke atas dan ke bawah, tapi juga ke kanan-kiri, ngebuang deh jadinya.

    Nah sekarang sudah tahu sebabnya kan? Jadi bukan ngajak jajan, heheee…



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/01/345803/226/27/Deteksi-Gejala-Ngebuang-di-Motor-Ada-Banyak-Penyebab]Source[/URL]
    =========================================
    patut sangat di curigai: komstir :hmm:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





    Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.
  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] Penyebab Kawasaki Ninja 250 dan Z250 Indonesia Bebas Recall Rem!

    [​IMG]

    Jakarta - Seperti diberitakan sebelumnya, klik di sini. Kawasaki di Jepang melakukan recall untuk produk andalannya Ninja 250 dan Z250. Penyebabnya adalah masalah pada perangkat penghenti laju alias rem. Baik rem depan maupun rem belakang sama-sama bermasalah.

    Bagaimana dengan di Indonesia? Ternyata aman dari masalah yang menerpa Ninja 250 dan Z250 di Jepang. "Beda dengan yang ada di Jepang. Di Indonesia aman tidak ada recall," buka Yusuke Shimada, Assistant GM Marketing Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saat dihubungi via telepon (4/12)

    "Karena Ninja 250 di Jepang diproduksi sendiri di Jepang, sedang Ninja 250 di Indonesia dari Thailand. Jadi berbeda dan saya tidak mendapatkan info recall yang sama untuk Indonesia. Jadi kita aman," yakin pria ramah ini.

    Seperti dilaporkan Mr.Bike, untuk rem depan masalahnya khusus Ninja 250 tipe ABS (anti lock brake system). Problem ada pada sensor kecepatan di roda depan yang terganggu oleh posisi kaliper. Kemungkian hal ini disebabkan posisi bracket sensor yang kurang tepat.


    Sedang pada Ninja 250, Ninja 250 ABS dan Z250, masalah ada pada pengereman roda belakang. Kampas rem belakang memiliki kemungkinan untuk habis pada satu sisi saja. Meski begitu, kedua masalah ini diyakini tidak berpengaruh signifikan pada kualitas pengereman.

    Motor-motor yang mengalami problem ini totalnya ada 6.250 unit. Ninja 250 sebanyak 3.699 unit, Ninja 250 ABS 1.240 unit dan Z250 sebanyak 1.351 unit.




    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/04/345890/25/8/Penyebab-Kawasaki-Ninja-250-dan-Z250-Indonesia-Bebas-Recall-Rem]Source[/URL]
    =========================================
    cacat ninja :yareyare:
     
    • Like Like x 1
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] CVT Honda Vario 125 Berisik? Periksa Slide Pieces-nya!

    [​IMG]

    Jakarta - Haryo heran ketika baru menghidupkan skutik Honda Vario 125 miliknya untuk bersiap berangkat kerja. “Ada bunyi-bunyian aneh, dari bagian CVT sisi depannya. Suaranya klak-klak-klak gitu sewaktu mesin langsam, anehnya pas digas suara itu hilang,” kata karyawan salah satu perusahaan swasta ini. Wah kenapa tuh?

    Bunyi aneh ini karena tiga buah slide pieces (SP) yang sudah aus. “Fungsi SP menahan getaran dari rumah roller, nah SP sendiri posisinya ada di ramp plate (RP), atau bahasa awamnya tutup rumah roller,” papar Heri Prasetyawan, dari bengkel Jaw’s Speed. Nah RP ini akan bergerak naik turun mengikuti gerak roller yang terpental ketika putaran mesin semakin tinggi.

    Pergerakan itulah yang membuat sisi dalam SP lama-lama akan terkikis dan menimbulkan celah yang berujung keluar bunyi tadi bro. Solusi mudah tinggal ganti dengan harga Rp 8 ribu satunya, tinggal dikali tiga jadi Rp 24 ribu tuh. Murah kok, tapi sayangnya part ini harus inden dulu dari 2 minggu sampai 1 bulan di bengkel resmi Honda.

    Nah, obat sementara sambil nunggu pesanan part datang bisa diakalin pakai mika tipis. “Itu loh mika yang biasa jadi cover makalah, beli di tempat fotokopian cuma Rp 2 ribu,” kata Heri yang sudah coba trik ini.

    Gimana caranya? Simak di sini!


    1. Potong mika dengan lebar 1 cm dan panjang secukupnya. Bagian SP yang dilapisi bisa satu atau dua sisi, tergantung besar kecilnya celah.

    2. Gunakan lem super untuk merekatkan mika. Tunggu sampai kering dan potong mika secukupnya sesuai ukuran SP.

    3. Lumasi bagian face comp movable drive alias rumah roller yang bergesekan dengan SP pakai CVT grease.

    4. Nah terakhir tinggal pastikan pergerakan naik-turun RP lancar. Tinggal pasang lagi dan suara ketika langsam halus.




    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/05/345871/207/27/CVT-Honda-Vario-125-Berisik-Periksa-Slide-Pieces-nya-]Source[/URL]
    =========================================
    di cek kalo ada bunyi yg berbeda kayak biasa :hmm:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] Honda Monkey Limited, Harganya Rp 34 Jutaan!

    [​IMG]

    Jepang - Honda Monkey jadi salah satu varian motor tua yang masih eksis di Jepang. Desainnya tidak banyak berubah sejak tahu 1970-an. Tapi di abad milenium ini, mesinnya sudah lebih modern pakai injeksi bahan bakar PGM-FI.

    Dan baru-baru ini, Honda merilis varian limited anyar yang akan mulai dipasarkan pada pertengahan Januari 2014 mendatang. Warnanya hitam dengan garis kotak-kotak khas bendera start atau biasa disebut dengan flag checker.

    Warna ini bisa dilihat di tangki dan jok bagian atas. Sedang simbol varian limited ada di cover bodi samping yang juga menjadi tutup aki. Selain itu, hampir semua komponen lainnya dilabur warna hitam yang sama


    Motor ini mengusung mesin 49 cc dengan power maksimum hanya 3,4 dk di 8.500 rpm. Enggak lebih kencang dari motor bebek yang banyak dijual di Indonesia.

    Harganya? Ini yang bikin kaget. Di Jepang dijual 299.250 Yen atau setara dengan 34,4 jutaan. Wow mahal ya!




    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/06/345941/24/8/Honda-Monkey-Limited-Harganya-Rp-34-Jutaan]Source[/URL]
    =========================================
    keren tapi nya :blink:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] Manfaat Belt Dressing, Tinggal Semprot CVT Jauh Dari Selip!

    [​IMG]

    CVT terendam air, berpotensi untuk mengalami selip. Cocok juga buat menghadapi musim hujan seperti saat ini.

    Jakarta - Saat Yamaha X-Ride tunggangannya terendam air kurang lebih 10 menit, Imron R warga Setu Babakan, Jaksel sempat deg-degan. Apalagi saat grip gas dipelintir, skutik dual purpose tersebut enggak jalan. “Sepertinya ada yang selip,” kata pria akrab disapa Ibond singkat.

    Dalam kondisi seperti itu, mekanik kenalannya menyarankan untuk memanfaatkan cairan belt dressing. Dan benar saja, sekali semprot dengan cairan tersebut X-Ride tunggangannya langsung ngacir lagi.

    Sepertinya dalam kondisi musim hujan dan banyaknya genangan air, cairan yang satu ini bisa jadi salah satu senjata yang wajib dibawa pengguna skutik. Tentunya agar enggak mengganggu perjalanan Anda.

    Umur belt juga bisa lebih panjang, dengan menyemprotkan cairan tersebut

    “Enggak banyak yang menggunakan cairan tersebut. Entah karena memang enggak tahu manfaatnya atau belum pernah mengalami CVT selip,” jelas Agus dari Matic Shop, Ciledug.

    Untuk produk seperti Yamaha Mio keluaran lawas, penyemprotan cairan tersebut ke belt lebih mudah. Pasalnya ada lubang di bawah cover CVT yang bisa dibuka dan lalu dari situ cairan disemprotkan.

    Tapi buat produk skutik anyar, sepertinya agak lebih ribet untuk menyemprotkan cairan tersebut. Pasalnya mewajibkan untuk buka cover CVT dan baru bisa disemprot.

    Skutik keluaran anyar, wajib buka CVT buat menyemprotkan belt dressing

    Enggak hanya urusan selip saja yang bisa diatasi dengan belt dressing. Agus juga bilang, kalau umur pakai belt juga bisa lebih panjang dengan penggunaan belt dressing. Itu karena retakan-retakan tipis pada belt, bisa diobati dengan menyemprotkan cairan tersebut.



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/08/345952/207/27/Manfaat-Belt-Dressing-Tinggal-Semprot-CVT-Jauh-Dari-Selip]Source[/URL]
    =========================================
    lumasi meski belt sekalipun :rokok:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,118
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,865 / -0
    [Info & Tips] Cermati Bagian Rawan Karat, Perhatikan Titik-Titiknya

    [​IMG]

    Jakarta - Salah satu musuh utama kendaraan bermotor adalah karat. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Salah satu penyebab karat adalah air. Berhubung sekarang ini sudah musim hujan, ada titik-titik dari sepeda motor yang rawan karat.

    “Sebaiknya jika motor habis kena hujan atau kotor, langsung dicuci pakai air bersih dan dilap sampai kering, ini cara mudah mencegah karat,” kata Arya Raharja Jatmika, dari EAAA Motorshop. Terus, bagian mana lagi yang rawan karat? simak disini brosis, berikut langkah perawatannya.

    Swingarm
    Sambungan swingarm rawan karat. Selain itu bushing swingarm yang posisinya di dalam sering terkena kotoran. “Jika pelumas kering, bushing akan berkarat dan berefek pada handling motor yang jadi enggak stabil,” sambung Arya.

    Monosok
    Bukan pada unit monosoknya, tapi pada dudukannya. Khusus yang menggunakan link seperti Yamaha Scorpio bushing-bushing di dalamnya rawan terserang karat. “Efeknya handling gak nyaman dan suara-suara aneh ketika sok mengayun,” kata pria yang praktik di Jl. Pejaten Raya, Jaksel ini.

    Rangka
    Rangka motor rawan karat, terutama pada bagian sambungan dan bagian yang sulit dijangkau ketika dicuci. Jika terkena karat bisa diampelas sampai karat hilang dan dicat ulang untuk mencegah besi rangka langsung terkena udara. Untuk motor sport, bagian dekat aki paling sering berkarat.

    Knalpot
    Khususnya bagian leher knalpot, paling sering terkena air kotor dari cipratan roda. Ini berlaku untuk knalpot berbahan galvanis, untuk stainless lebih tahan karat.

    Rantai
    Posisi yang terbuka jelas rawan terhadap karat, terlebih jika rantai minim pelumas. Suara berisik, tarikan berat hingga rantai putus jadi akibatnya.



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/23/346240/226/27/Cermati-Bagian-Rawan-Karat-Perhatikan-Titik-Titiknya]Source[/URL]
    =========================================
    lumasi :oii:
     
    • Like Like x 1
Ciyeee, Pakai Adblock Yak? Matikan Adblock di IDWS Kuy~ Atau Kamu Bisa Juga Support IDWS Dengan Cara Upgrade ID Kamu ke Gatotkaca. Makasih Yak Udah Berkenan Membaca. Love You, IDWS Mania. Hihi ^^.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.