1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 3

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Apr 12, 2013.

?

Hal Apa Yg Paling Membuat Kamu Kesal Saat Sedang Berkendara Sepeda Motor? :obbingung:

  1. sesama sepeda motor menyalip dengan cara membahayakan kita :obrokok:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. mobil yang berjalan pada tengah 2 lajur sehingga menghalangi jalur motor :obcerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. pengendara lain (motor/mobil) bermain hp/ mendengar musik di kendarannya :oblisten:

    100.0%
  4. aksesoris pada kendaraan lain yg membahayakan orang lain (lampu hid silau, knalpot racing berisik, d

    0 vote(s)
    0.0%
  5. jalan raya yang rusak (berlubang, tidak rata) & rambu lalu lintas yg rusak :obnono:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. angkot (kendaraan umum) yang berhenti mendadak tanpa lampu sein :obiii:

    0 vote(s)
    0.0%
  7. kemacetan dan banjir yang bikin stress :obpusing:

    0 vote(s)
    0.0%
  8. pak polisi yang kadang ngumpet untuk ngejebak nilang (cari2 kesalahan untuk berdamai) :obgenit:

    0 vote(s)
    0.0%
  9. pengendara motor lain yang berteduh saat hujan namun membuat kemacetan karena memakan bahu jalan :ob

    0 vote(s)
    0.0%
  10. pasangan alay yang naik motor pelan2 di tengah malam, trus tangan cewe nya ber-gerilya ke "anu" cowo

    0 vote(s)
    0.0%
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Skutik Bore-up Ganti Oli Setiap 2 Minggu!

    [​IMG]

    Depok - Bagi pemiliknya, skutik kerap dipakai sebagai alat transportasi harian. Dengan melakukan upgrade kapasitas mesin, tentu kinerja jadi lebih berat dari saat standar.

    Dengan demikian, pelumasan perlu dapat perhatian lebih dari biasanya. “Dalam kondisi mesin standar saja sektor pelumasan sudah harus dapat perhatian. Apalagi kalau sudah melakukan bore-up,” jelas Joko S, mekanik Padepokan Motor, di Depok.

    Dengan asumsi bahwa pengguna skutik menempuh jarak 100 km/hari, maka memang wajib ganti olinya sebulan sekali. Tapi ternyata saat ini, enggak hanya jarak tempuh saja yang dihitung sebelum memutuskan ganti oli. Seperti rutinitas jalanan di Jakarta yang banyak menemui macet, maka umur oli enggak lagi diukur dari jarak tempuh. “Tapi juga dari lamanya mesin dalam kondisi menyala,” papar bapak 1 anak itu.

    Jangan hanya mengandalkan jarak tempuh, tapi juga lamanya mesin hidup.

    Kondisi seperti inilah, yang kemudian membuat Joko menyarankan konsumennya untuk ganti oli kurang dari 1 bulan. Untuk mesin yang sudah bore-up, lama waktu yang aman untuk ganti oli adalah setelah 2 minggu pemakaian.

    Buat mesin bore-up, perhatian khususnya enggak soal oli merek apa yang dipakai. Tapi lebih ke berapa lama harus melakukan ganti oli. “Entah apa faktornya, tapi banyak kejadian volume oli berkurang banyak saat melakukan ganti oli. Itu terjadi pada konsumen yang biasanya melakukan rutinitas tersebut sebulan sekali,” jelas Joko.

    Untuk urusan pelumasan, ternyata semua produk oli khusus skutik direkomendasikan. Jadi enggak masalah bila mesin yang sudah di-bore-up, pakainya oli yang biasa dipakai untuk skutik untuk mesin standar.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/28/345060/211/27/Skutik-Bore-up-Ganti-Oli-Setiap-2-Minggu]Source[/URL]
    =========================================
    bore up boros coy... :gembel:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pasang Dua Radiator di Ninja 250, Lebih Adem!

    [​IMG]

    Jakarta - Gak hanya skutik yang doyan menaikkan kapasitas mesin alias bore-up. Melainkan merambah ke besutan sport yang aslinya sudah ber-cc besar. Seperti Kawasaki Ninja 250R. Tapi, suhu mesin di tunggangan sport yang sudah bore-up gak boleh kelewat batas.

    Untuk itu, beberapa mekanik punya jurus jitu biar mesin si ‘Ninin’ tetap adem ayem atau gak overheat. Yakni, ganti radiator yang agak besar dari bawaan aslinya alias produk aftermarket. Namanya komponen bikinan, kerap terjadi problem. Waduh!

    “Yang aftermarket itu masih buatan lokal dan suka bocor. Mending pakai komponen orisinal atau bawaan besutan lain. Itu asli buatan pabrik. Jadi, mau dipakai harian atau balap masih aman,” ungkap Agus Susanto, mekanik Agus Motor Sport (AMS) di daerah Kampung Doyong, Buaran, Jaktim.

    Nah, buat yang ingin menambah radiator bisa menyambangi ke TKP dengan menyiapkan dana Rp 2 juta langsung beres atau bisa simak tips berikut. Sebagai contoh aplikasinya di Ninja 250R milik Fendy.

    Monggo!



    1. Biar gak bocor dan mesin tetap adem, mekanik ramah ini mengaplikasikan radiator tambahan kepunyaan Kawasaki KLX 250.

    2. "Agar putaran mesin ringan, water pump aslinya diganti dari copotan Mercy," tambahnya.

    3. Untuk jalur air, dari lubang pengisian masuk radiator satu, terus ke pendingin dua melalui pipa stainless custom AMS.

    4. Untuk slang tambahannya bisa memakai produk aftermarket yang beredar di pasaran dan sisanya bisa gunakan aslinya.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/29/345087/207/27/Pasang-Dua-Radiator-di-Ninja-250-Lebih-Adem]Source[/URL]
    =========================================
    buset, itu motor ape kompor? :haha:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Kenali Indikasi Saatnya Ganti Kabel Kopling

    [​IMG]

    Jakarta - Adanya di motor jenis sport dan kalau perangkat ini bermasalah, mesin motor tetap bisa nyala. Tapi pengendara akan mengalami kesulitan, saat start untuk mulai menjalankan motor.

    Part yang satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah kabel kopling. Soal fungsi, kabel kopling itu sebagai penghubung antara tuas kopling manual di setang dengan perangkat yang bekerja di dalam bak kopling terutama pada motor batangan.

    Jadi bisa dimengerti, betapa pentingnya fungsi kabel kopling di motor batangan. Dalam ukuran normal, umur pakai biasanya yang membuat kabel kopling putus. Untuk itu, diperlukan perawatan secara berkala agar peranti ini awet. Tapi kalo sudah putus, mau gak mau harus diganti baru. Nah, sebelum terjadi hal itu, ada gejala yang bisa jadi penanda.



    1. “Bagian atas yang adanya di tuas kopling di setang, lebih banyak jadi tempat putusnya kabel kopling,” papar Kris Tugiono dari Standar Motor, Jagakarsa, Jaksel.

    2. Sebelum akhirnya putus, ada yang bisa dijadikan penanda bila hal tersebut hendak terjadi. “Biasanya saat tuas kopling ditarik, terdengar seperti bunyi kretek...kretek. Kalau itu sudah terjadi, secepatnya melakukan penggantian part tersebut. Sebelum malah bikin susah saat perjalanan,” imbuh Kris.

    3. Memposisikan lubang setelan di setang, menghadap ke bawah. Agar debu atupun air tidak masuk ke dalam rumah kabel dan menumpuk kotoran atau malah kabel kopling jadi karatan.

    4. Ada baiknya juga memasang karet pelindung buat tuas kopling. Agar enggak banyak debu yang masuk ke rumah kabel kopling.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/30/345122/207/27/Kenali-Indikasi-Saatnya-Ganti-Kabel-Kopling]Source[/URL]
    =========================================
    cek juga setelan main kopling nya :rokok:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Perawatan Mesin Bore-Up, Jangan Bikin Susah!

    [​IMG]

    Jakarta - Istilah bore-up, sudah bukan hal yang asing lagi di telinga pengguna motor. Dengan menaikkan kapasitas mesin, membuat performa tunggangan seperti yang diinginkan penggunanya. Memang istilah ini bekennya di kalangan pengguna skutik. Tapi bukan berarti yang ngegas tipe sport enggak faham soal bore-up.

    Dengan mendongkrak kapasitas mesin, maka perawatannya enggak boleh sembarangan. Salah treatment, bisa bikin tunggangan ngadat dan ujung-ujungnya malah menyusahkan pemakainnya. Buat menghindari hal itu, mending baca dulu tahapan cara merawat tunggangan berkapasitas di atas standar tersebut.


    1. “Paling urgent dalam urusan perawatan motor bore-up adalah soal urusan ganti oli. Dengan memasangkan paketan bore-up yang berkualitas, urusan ganti oli bisa sebulan sekali,” jelas RGus Oei, juragannya workshop R59 Matic Shop. Kalau pakainya paketan bore-up yang murahan, ganti olinya 2 minggu sekali. Itu karena volume oli menyusut.

    2. Aki ternyata masuk dalam daftar perawatan yang wajib dilakukan sebulan sekali, pada motor yang mesinnya sudah dibore-up. Maklum dengan kapasitas mesin yang sudah gede, butuh listrik yang kenceng buat menghidupkan mesin dengan double starter.

    3. Kebiasaan pengguna skutik yang sudah dibore-up, buka tutup gasnya secara tiba-tiba. “Itu membuat roller cepat peyang. Oleh karena itu, part tersebut kudu sering dicek,” kata RGus.

    4. Masih pada tunggangan jenis skutik, CVT bagian belakang juga wajib diperiksa rutin. Soalnya punya pengaruh besar terhadap performa skutik.

    5. Busi dan lain-lain, masuk dalam perawatan rutin saja.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/31/345146/211/27/Perawatan-Mesin-Bore-Up-Jangan-Bikin-Susah]Source[/URL]
    =========================================
    boros di bensin, boros di maintence :iii:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Tambal Tangki Plastik Solusi Hemat Hilangkan Rembes

    [​IMG]

    Jakarta - Punya motor special engine memang asyik, power gede, jalan hancur kayak apa juga siap dilibas. Makanya jatuh jadi hal yang biasa bro. Tapi paling gak enak kalo sewaktu jatuh, tangki motor yang rata-rata terbuat dari plastik pecah atau rembes. Bensin jadi terbuang percuma tuh.

    Selain karena terbentur, tangki plastik bisa bocor juga karena usia pakai. “Meski tangki plastik ini dibuat kuat, tapi kalo terkena panas lama-lama plastik pasti kalah juga,” buka Eko, dari bengkel Caos Custom. “Motor-motor yang pakai tangki berbahan plastik di antaranya Hyosung, Honda CRF, pokoknya tahun 2009 ke bawah rata-rata pakai plastik,” tambahnya.

    Obat yang paten sih, ganti tangki baru walaupun harus inden dulu. Atau bisa coba solusi murahnya, ditambal pakai lem khusus plastik merek PC yang bentuknya seperti dodol. “Bisa beli di toko perkakas kok, harganya Rp 100 ribuan untuk ukuran besar, yang kecilnya sekitar Rp 50 ribuan. Hemat dibanding beli tangki baru,” papar pria asal Medan ini.

    Jangan sekali-kali coba menambal pakai lem besi, karena sifat lemnya yang enggak tahan bensin. “Jadi walaupun sudah keras, tambalannya pasti lepas atau pecah. Bensin bakal rembes lagi,” wantinya.

    Biar jelas proses menambalnya seperti apa, mending langsung dipraktikkan deh.


    1. Ini nih lem PC yang bentuknya seperti dodol. Selain lem ini, yang harus dipersiapkan lagi adalah sabun batangan secukupnya.

    2. Di lokasi tangki yang rembes, oleskan sabun batangan untuk menyumbat lubang di tangki secukupnya dan biarkan sabun sampai agak mengering.

    3. Ambil secukupnya lem PC dan dipencet-pencet sampai bagian yang bewarna putih menyatu. Kemudian tempelkan di lokasi sabun tadi dan biarkan sampai kering.

    4. Kalo kurang yakin, tambahkan lagi lem PC sambil ditekan-tekan supaya menutup rata seperti ini. Dijamin deh bensin gak rembes lagi.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/03/345210/210/27/Tambal-Tangki-Plastik-Solusi-Hemat-Hilangkan-Rembes]Source[/URL]
    =========================================
    kalo gak mempan, beli tanki baru :dead:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Deteksi Waktunya Ganti Kampas Kopling, Mudah!

    [​IMG]

    Jakarta - Di dalam mesin motor manual seperti jenis bebek dan sport, terdapat perangkat yang biasa disebut kopling. Fungsinya untuk memutus dan menghubungkan antara mesin dan transmisi, yang kemudian diteruskan ke gigi utama selanjutnya berakhir di putaran roda.

    Nah ada beberapa part yang saling terkait di dalam sistem kopling. Dari beberapa part tersebut, salah satunya adalah kampas kopling. Kapan waktunya ganti kampas kopling? Simak nih, cara mendeteksinya.

    1. Ada beberapa lembar kampas kopling yang saling terkait dalam mesin motor. Baik itu motor jenis bebek maupun sport.
    2. Lembaran-lembaran kampas kopling tertata di dalam rumah kopling.
    3. "Saat performa dari kampas kopling menurun, maka juga akan memperngaruhi performa motor," jelas Hidayat, mekanik Cobra Racing di kawasan Kelapa Dua, Jakarta Barat. Secara fisik, penurunan kinerja kampas kopling terlihat dari mulai tipisnya permukaan part tersebut.

    4. Enggak perlu jago mesin motor buat mendeteksi penurunan performa kampas kopling. Biasanya, saat gas dibuka, mesin motor meraung tapi akselerasinya kurang.
    5. Posisi setelan tuas kopling, juga bisa jadi deteksi waktunya ganti kampas kopling. Itu baik pada setelan yang di tuas atas, maupun yang di bawah tepatnya di bak kopling.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/04/345232/207/27/Deteksi-Waktunya-Ganti-Kampas-Kopling-Mudah]Source[/URL]
    =========================================
    motor jadi kurang top speed dan akselerasinya :rokok:
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Test Ride Kawasaki Ninja 1000 Untuk Harian, Cukup Fleksibel

    [​IMG]

    Jakarta - Kawasaki kembali mengenalkan jajaran motor besarnya, kali ini Ninja 1000 yang mulai dipasarkan awal Oktober 2013 lalu. Motor yang di Eropa bernama Z1000SX ini mengusung tema “everyday versatility” atau fleksibel untuk harian. Benarkah?

    “Ninja 1000 ini sangat nyaman dipakai harian, saya sudah mencobanya,” yakin Yusuke Shimada, assistant general manager marketing division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Ah jadi penasaran ingin membuktikan.

    Untung unit tes sudah ada, jadi yuk langsung saja dicoba.Sekilas motor yang dijual Rp 280 juta OTR Jakarta ini begitu gambot, tapi setelah duduk kesan itu sirna.

    Pertama karena kaki bisa menjejak sempurna, bahkan Tester OTOMOTIF berpostur 173 cm 65 kg kakinya sedikit menekuk karena tinggi jok hanya 820 mm ditambah suspensi empuk.

    Kedua karena fairing yang runcing mirip ZX-10R, jadi berkesan ramping. Yang lebar malah spion, mirip antena serangga tapi pantauan ke belakang maksimal, lebar spion juga sebagai patokan lebar boks. Boks ini dijual terpisah sebagai aksesori.

    Area dasbor mudah dipantau, informasi yang ditampilkan terbilang lengkap, cuma enggak ada gear position. Setang gampang diraih, kendati model jepit tapi tinggi. Posisi duduk jadi sigap tapi santai, khas riding harian.

    Lanjut jalan ah, suara knalpot terdengar begitu merdu sejak tombol starter dinyalakan, khas mesin 4 silinder. Tarikan awal dari mesin dengan bore x stroke 77 x 56 mm ini terasa smooth, baru cepat setelah menyentuh 4.000 rpm.

    Sekilas terasa kalau karakter mesin 1.043 cc-nya memang untuk harian atau turing, kenaikan rpm enggak mengentak jadi mudah dikendalikan. Suhu mesin juga cukup bersahabat, sedikit hangat cuma di sekitar lutut.

    Oh iya, Ninja 1000 ini punya fitur mirip ZX-14R atau ZX-6R 636, ada power mode dan KTRC. Power mode L (low) dan F (full), saat pakai L tenaga hanya kisaran 75-80% saja, pas untuk jalanan licin. Sedang KTRC ada 4 mode; off, 1, 2, 3. Pemilihan pakai tombol di setang kiri.

    andling saat dipakai terasa sangat nurut, diajak belok pelan atau kencang ngikut saja walaupun bobotnya mancapai 228 kg. Mungkin efek pemusatan titik gravitasi di tengah, lewat penggunaan rangka aluminium termasuk rangka belakang dan monosok horizontal back-link. Monosoknya dibekali fitur penyetelan preload dengan tabung terpisah.

    Kesan pertama setelah pakai Ninja 1000 memang masih asyik untuk membelah jalanan kota. Tapi tentu makin asyik kalau diajak turing keluar kota. Bagaimana nikmatnya?







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/07/345301/38/13/Test-Ride-Kawasaki-Ninja-1000-Untuk-Harian-Cukup-Fleksibel]Source[/URL]
    =========================================
    pemborosan bbm untuk harian mah :iii:
     
    • Like Like x 1
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Trik Saat Pilih Lampu HID, Kelvin Bukan Patokan Terang

    [​IMG]

    Jakarta - Meski terkesan remeh, namun masih banyak pengguna motor yang salah kaprah saat mengaplikasi lampu HID. Salah satu kesalahan yang jamak ditemukan adalah konsumen yang menentukan terangnya lampu dalam satuan Kelvin.

    Hal ini disampaikan Hamdi pemilik gerai spesialis lampu, Adim Garage di Jl. Raya Pondok Gede Dirgantara 1 no. 13, Lubang Buaya, Jakarta. "Kebanyakan konsumen tahunya Kelvin makin besar, maka lampu lebih terang. Padahal hanya berbeda soal warna saja. Misalnya, lampu 4300 Kelvin berwarna kekuningan, sedangkan 6000 Kelvin bercahaya putih dan 8000 Kelvin biru kristal," urainya.

    Senada diungkapkan Wira Santosa dari gerai SACS Speedglow, Jl. Pondok Gede Raya No. 24, Bekasi. "Itu salah kaprah! Satuan Kelvin hanya menentukan temperatur warna. Sedangkan satuan terang itu adalah Lumen."

    Menurutnya, satuan Kelvin itu tak berpengaruh dengan Lumen (Lm). Sehingga anggapan angka Kelvin tinggi yang sebanding dengan terangnya salah. "Sebagai contoh, rata-rata Lm HID diatas 2200Lm. Sementara lampu halogen hanya menghasilkan 1500Lm," papar Wira.

    Dirinya menjelaskan justru mengingatkan bahaya aplikasi HID dengan angka Kelvin besar justru tak tembus saat hujan. "Lebih aman pakai 4300 Kelvin," ungkapnya.

    Menurutnya sinar dengan satuan diatas 4500 Kelvin tak mampu menembus hujan. "Namun semakin rendah Kelvinnya, pancaran akan mirip dengan sinar matahari," katanya sembari menyatakan jika angka 3000 Kelvin sebagai standar HID terendah.






    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/18/345537/208/27/Trik-Saat-Pilih-Lampu-HID-Kelvin-Bukan-Patokan-Terang]Source[/URL]
    =========================================
    yg pas kisaran 4300 :rokok:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Ritual Memilih Bohlam Headlamp, Ini Panduannya!

    [​IMG]

    Jakarta - Andri Trihandono bingung sinar lampu depan Honda Spacy FI 2012-nya kian hari kian tidak fokus. “Terakhir malah menyorot ke atas,” terang mahasiswa Perbanas, Jaksel ini. Saat cek headlamp, Oalah rupanya tatakan bohlam sudah tenggelam akibat mika reflektor meleleh. Otomatis sinar lampunya bubar ke mana-mana

    Lacak punya lacak diduga ada beberapa penyebabnya. Pertama, ia rolling thunder Jakarta-Puncak, apakah Automatic Headlamp On (AHO) beberapa jam membuat mika kepanasan. Kedua, bohlam memang sudah diganti dengan halogen merek X berdaya 35W (watt). Niatnya biar sinar lampu bertambah terang. Tapi apakah semua bohlam aftermarket bikin mika meleleh? Ah coba liat dulu panduan berikut.


    LIHAT BAHAN REFLEKTOR
    Memang sudah jarang reflektor terbuat dari logam. Kebanyakan seperti pada skutik berbahan Acrylonitrile Butadieni Styrene (ABS). Sifat plastik ini tahan bahan kimia, tahan korosi, murah, bisa dielektroplating hingga permukaan bisa mengilap.

    Daya lelehnya pada 180 derajat celcius. Lebih cepat meleleh ketimbang polikarbonat atau akrilik yang 280 derajat celcius. Tatakan bohlam dengan watt besar jelas lebih panas ketimbang bohlam standar 30 watt. Ini yang membuat mika meleleh jika jalan jauh dengan lampu menyala terus

    JANGAN LEBIH DARI 25 WATT
    Mau tukar bohlam dengan produk aftermarket boleh-boleh saja. “Kami sarankan jangan yang dayanya lebih dari 25W,” terang Andi, Product Sales dari PT Wuerth Indah, distributor bohlam motor Wuerth.

    Berdasarkan risetnya, mika sktuik pasti kalah jika dipasangi bohlam lewat dari 25 W. Konsumsi 35 W sebenarnya lebih diperuntukan untuk motor besar atau sport dengan reflektor berbahan ABS grade khusus atau metal.

    TERANG BUKAN HANYA PUTIH
    Pilihan terang bukan hanya bohlam bergaya Xenon dengan sinar biru keputihan. Apalagi kurang cocok saat musin hujan. Boleh juga pakai yang bersinar kekuningan. “Seperti tipe all season,” terang Hendry Pangestu, business development PT Osram Indonesia.

    Kode produknya ALS dengan daya 25 W untuk skutik dan 35 W motor sport. Sementara Wuerth yang menyabet OTOMOTIF Choice Award (OCA) 2013 kategori lampu motor ini punya kode HS Xenon 25W dan All Season 25W.

    DAYA BESAR BELUM TENTU TERANG
    Aplikasi bohlam berdaya besar belum tentu berbanding lurus dengan terang yang dihasilkan. Misal generasi bebek Honda dengan lampu standar 18Wx2 setara 36W, diganti dengan 35Wx2 atau 70W. “Bisa terang tapi besoknya redup,” tambah Andi.Dipastikan setrum tekor akibat regulator rectifier enggak mampu menjaga setrum di aki pada sistem DC. Kalau aki tekor ujungnya bisa ke mana-mana, merembet ke elektris starter yang loyo hingga klakson dan sein yang ogah kedip

    GANTI SPARE-PART ORISINAL
    Kembali ke mika reflektor meleleh, efeknya bisa ke beberapa komponen. Pertama pasti harus ganti mika yang berkisar Rp 150 ribuan(orisinal). Reflektor standar bisa memantulkan sinar dengan lebih baik. Selanjutnya jika kaki bohlam meleleh juga ya harus ganti. Produk OEM atau aftermarket kayak Osram dan Wuerth berkisar Rp 30-125 ribu.

    Bagaimana dengan soket? Ya kalau ikutan rusak siapkan beli yang orisinal dengan mutu terjamin. Penting karena mengaliri setrum. “Soket yang biasa cuma Rp 7.500 tapi kabelnya kecil,” terang Toto dari Jaya Sakti Motor, Cakung, Jaktim.






    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/13/345439/208/27/Ritual-Memilih-Bohlam-Headlamp-Ini-Panduannya]Source[/URL]
    =========================================
    kalo gak mau ribet, awet, dan terang, ya bawaan pabrikan :hehe:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Honda Valkyrie Rilis di Tokyo Motor Show, Mesin 6 Silinder 1.832 cc!

    [​IMG]

    Tokyo - Gelaran Tokyo Motor Show 2013 dimanfaatkan Honda untuk meluncurkan model barunya Honda F6C atau yang di pasar Amerika Serikat menggunakan nama Honda Valkyrie. Motor ini mengusung basis yang sama dari Honda Goldwing dan F6B.

    Konsepnya membuat motor bertenaga besar dengan jiwa turing tapi memiliki tampilan lebih garang. Hasilnya motor ini hadir tanpa kesan "bagger". Tidak ada boks bagasi besar di kanan-kiri atau belakang. Lebih terondol dan simpel tapi tetap terlihat sangar.

    Lampu utamanya jenis LED menyatu dengan suspensi gambot di bagian depan. Setang menjulang dan jok rendah juga memberikan kenyamanan saat berjalan jauh. Mesin 6 silinder 1832 cc nya makin terlihat kuat sebagai ornamen penting di bagian tengah.

    Kaki-kakinya menggunakan pelek palang 10, diameter roda depan 19 inci sedang yang belakang 17 inci. Ban depannya 130/60-19, sedang yang belakang pakai 180/55-17. Dual disk brake dan sudah mengadopsi pengereman pintar Antilock Brake System (ABS).

    Secara dimensi dan desain layak bersaing dengan Ducati Diavel.






    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/21/345622/390/22/Honda-Valkyrie-Rilis-di-Tokyo-Motor-Show-Mesin-6-Silinder-1.832-cc]Source[/URL]
    =========================================
    keren euy :top:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] First Ride Vespa 946, Tampang Keren Performa Smooth

    [​IMG]

    Jakarta - Pertengahan September lalu PT Piaggio Indonesia (PI) meluncurkan Vespa 946, skutik bertampang klasik yang dijual terbatas dan sangat mahal. Untuk pasar Indonesia hanya 51 unit dengan harga Rp 146 juta OTR Jakarta. Sayangnya PT PI tak penyisakan unit untuk test ride. Maklum sih, pinjam yang regular seperti Vespa LXV aja susah, apalagi yang limited edition.

    Beruntung ada pemilik yang berbaik hati meminjamkan, sayang beliau enggan terkenal, yang jelas customer dari bengkel spesialis Vespa, Bellissimo di BSD City, Tangerang. Makasih ya Bos sudah ngasih kesempatan mencoba.


    Tuh panel instrumennya elegan dan modern kan?
    Yuk langsung menuju unit berwarna putih dengan jok merah maroon itu. Tampangnya enggak perlu dibahas lagi, keren deh pokoknya, kental nuansa jadul tapi modern!

    Duduk di atas joknya, bagi Tester OTOMOTIF yang berpostur 173 cm 65 kg ternyata sedikit jinjit di bagian tumit. Joknya punya tinggi 805 mm, dengan ujung cukup sempit jadi tak terlalu ngangkang saat berhenti. Saat diduduki terasa busa sangat tipis, jalan lama pasti panas tuh.

    Mau isi bensin? Nih ada di bawah jok, plus ada kotak imut

    Posisi duduknya santai malah berkesan nangkring, karena setang dan jok tinggi lalu dek rendah. Kaki jadi berasa sangat lega, luas banget tuh areanya. Jok kendati menggantung dan sempit, masih bisa boncengan kendati harus mepet rider.

    Putar kontak nuansa elegan dan modern terlihat dari panel instrumen, dari pendaran biru dari layar digitalnya. Saat jalan panel yang nyempil di atas batok lampu itu terasa jauh, namun angka spidometer yang besar menjadikannya tetap mudah dibaca.

    Di setang kanan ada tombol mode, untuk memindah odometer, tripmeter dan jam. Oh iya, sakelar engine off dan lampu jauh-dekat terasa begitu jauh, susah diraih jempol.

    Rem empuk dan pakem, apalagi ada ABS dan ASR traction control. Mesin smooth, memang sih enggak perlu ngebut

    Begitu tombol starter dipencet, mesin 125 cc 3 klep SOHC injeksi langsung menyala. Saat stasioner getaran terasa sampai setang, namun setelah jalan halus. “Semoga saja seterusnya begitu, jangan sampai seperti LX yang masuk 500 km CVT getar,” ujar si empunya. Iya lah, harga mahal kualitas harus bagus dong.

    Bagaimana performanya? Memang belum sampai buka gas pol, lantaran masih inreyen jadi sang pemilik mewanti main halus saja. Tapi bisa dirasakan tergolong smooth. Ya maklum lah tenaga maksimal cuma 11,4 dk/8.750 rpm dan torsi 9,6 Nm/7.750 rpm. Lagi pula naik tunggangan keren enaknya memang jalan santai saja, enggak perlu ngebut kan?


    Deknya lega banget, rider tinggi pun kaki enggak akan mentok

    Handling terasa begitu enteng, enak diajak bermanuver. Satu hal yang unik suspensi belakang, monosoknya tiduran dengan link dan punya 4 setelan preload. Sistem rem tergolong pakem dan handel empuk, enggak bagel kayak Vespa LX atau S. Makin mantap karena ada sistem ABS dan traction control.

    Usai sesi foto kebetulan jalanan mulai gelap, wuih pancaran sinar lampu utama yang pakai LED terlihat istimewa, terang-benderang!

    Minat? Konon sih sudah habis






    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/21/345628/38/13/First-Ride-Vespa-946-Tampang-Keren-Performa-Smooth]Source[/URL]
    =========================================
    wow :keringat:
     
    • Like Like x 1
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pelindung Knalpot Koso, Matik Sampai Moge Bisa Pakai Bro!

    [​IMG]

    Jakarta - Knalpot lecet bisa membuat tampilan motor kurang menarik. Nah, salah satu antisipasinya bisa lirik pelindung knalpot dari Koso ini. Selain pemasangannya yang plug n play, juga bisa dipakai di semua jenis motor.

    "Ya, pelindung ini bersifat universal, baik matik hingga moge," buka Marcel dari Jiester Moto Modified. Eits, nggak semua bisa pakai lho. Karena yang dapat mengaplikasinya hanya motor dengan knalpot di bagian samping.

    "Karena untuk pemasangannya memang membutuhkan pegangan knalpot standar yang biasanya terdapat di footstep belakang. Sehingga motor dengan knalpot kolong, atau under belly nggak bisa memakainya," jelas Marcel.

    Nah, buat yang berminat bisa tebus pelindung yang juga dapat mendongkrak tampilan knalpot ini di Jiester Moto Modified yang berlokasi di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 5A & 5B, Kebon Jeruk, Jakarta Barat atau no. 0812-880-88032 dan jangan lupa tebus dengan Rp 250 ribu.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/22/345588/51/12/Pelindung-Knalpot-Koso-Matik-Sampai-Moge-Bisa-Pakai-Bro]Source[/URL]
    =========================================
    motif karbon :top:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Nih Beda Service Ringan dan Berat Motor Injeksi

    [​IMG]

    Jakarta - Perawatan motor berkarburator dengan motor injeksi enggak berbeda jauh. Contoh mengganti atau membersihkan filter udara, ganti oli, cek kondisi rantai hingga CVT. Yang membedakan pada perawatan sistem pengabutan bahan bakarnya.

    Untuk motor injeksi, memang bagian ini disebut minim perawatan. Perawatan rutin hanya dilakukan pada periode tertentu, misalnya setelah 1 tahun atau setelah menempuh jarak tertentu.

    Perawatan paling mudah tanpa harus membongkar mesin dan bisa dilakukan sendiri dengan menambahkan cairan pembersih ke tangki bahan bakar seperti Yamalube Carbon Cleaner. Cairan ini membantu menjaga kebersihan injector dan ruang bakar dari kotoran yang bikin performa motor turun. Disarankan pakai tiap 3.000 km.

    Lalu tahap berikutnya membersihkan throttle body menggunakan injector cleaner atau carburetor cleaner. Di sini kotoran yang menempel akan langsung luntur. “Pembersihan throttle body umumnya sudah termasuk dalam paket servis ringan,” kata Paolo Irfansyah, dari VJ Racing Speed. Servis ini dilakukan setiap 2.000 km.

    Tahap injector cleaning setiap 5.000 km. Di sini fokus pada pembersihan injector saja, biaya yang dikenakan juga di luar biaya servis ringan. “Modelnya mirip pembersihan yang dipakai bengkel resmi Yamaha yang pakai cairan fuel injector cleaner yang langsung diinjeksikan ke pipa injector dalam kondisi mesin hidup,” terang pria yang pindah alamat ke Jl. H. Hasan No. 71a, Kel. Baru, Ps. Rebo, Jaktim ini.

    Nah yang terakhir, ultrasonic cleaning. Prosesnya injector akan dilepas dan diukur flow rate yang mampu dihasilkan. Lalu dibersihkan dengan ultrasonic baru kemudian dites kembali flow rate-nya. “Injector yang kotor, flow rate-nya lebih rendah daripada injector standar, setelah dibersihkan maka flowrate-nya akan kembali normal,” yakin Ivan. Ultrasonic cleaning diperlukan setiap 10.000 km.


    1. Pakai carbon cleaner paling gampang, tinggal tuang satu botol untuk 5 liter bahan bakar

    2. Servis ringan umumnya sudah termasuk pembersihan throttle body dan intake manifold

    3. Cairan injector cleaner dimasukkan langsung ke pipa injector dengan kondisi mesin hidup

    4. Flow rate akan diukur untuk mengetahui kondisi injector sebelum dan sesudah dibersihkan pakai ultrasonic cleaning.




    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/26/345722/235/27/Nih-Beda-Service-Ringan-dan-Berat-Motor-Injeksi]Source[/URL]
    =========================================
    motor musti rutin di service :top:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Mengenal Ragam Carbon Cleaner, Ada Foam dan Cair

    [​IMG]

    Jakarta - Kotoran mesin berupa endapan karbon lama-kelamaan akan menumpuk di sistem pembakaran hingga ruang mesin. “Terutama yang pakai Premium, kalau yang rajin Pertamax apalagi Pertamax Plus dijamin lebih bersih,” buka M. Abidin, GM service & motorsport division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

    Khusus untuk motor injeksi, endapan karbon akan sangat berpengaruh karena bisa menghambat volume bahan bakar yang disemprotkan injektor. Motor jadi kehilangan tenaga, dan bahan bakar lebih boros karena harus buka gas lebih besar.

    Belum lagi kerak yang menumpuk di dalam ruang bakar, bisa bikin mesin cepat panas karena kompresi semakin tinggi akibat tumpukan kerak karbon. Kalau sudah begini, solusinya harus servis besar dengan membuka cylinder head untuk membersihkan karbon tersebut.

    Bahkan kalau dibiarin akibatnya bisa fatal, menurut Abidin bisa bikin ring piston cepat aus akibat kerak karbon yang rontok lalu tergerus ring, nah yang kalah ringnya. “Selain itu saat tumpukan kerak ada yang pecah lalu mengganjal klep, klep bisa telat menutup dan benturan, bengkok deh,” wanti Abidin.

    Tapi sekarang sudah banyak beredar cairan pembersih karbon alias carbon cleaner. Fungsinya untuk membersihkan kerak dan deposit yang ada di saluran bahan bakar, injektor, payung klep hingga ruang bakar. Cara ini lebih praktis dan mampu menjaga performa mesin tetap prima.

    Cairan dan Foam
    Carbon cleaner sendiri ada dua jenis berdasarkan bentuknya, ada yang berupa foam dan cairan. Perbedaan keduanya pada proses penggunaannya. “Untuk jenis foam atau spray, disemprotkan ke mulut throttle body (TB) atau melalui lubang busi,” kata David, store manager jaringan toko oli TODA.

    Carbon cleaner cair, punya kemasan besar. Harus ditakar ulang sesuai tangki bahan bakar motor

    Lalu bagaimana dengan yang berbentuk cair? “Prosesnya bisa dengan cara diinfus ke ruang bakar melalui lubang busi, atau dicampurkan dengan bahan bakar di tangki,” sambung David lagi. Sehingga pembersihan lebih lengkap dari tangki, filter, slang, injektor sampai ruang bakar.

    Kebanyakan carbon cleaner memang diperuntukkan untuk mobil dengan volume kemasan carbon cleaner termasuk besar untuk ukuran mesin motor. Keuntungannya sekali beli carbon cleaner, jadi bisa dipakai berkali-kali bro, lebih hemat hehehe... Untuk carbon cleaner khusus motor baru dimiliki pabrikan Yamaha dengan Yamalube Carbon Cleaner, yang dijual di bengkel resmi Yamaha.

    Jenis foam, tinggal semprot saja dan sudah dilengkapi batang penyemprot

    Abidin mewanti mesti hati-hati memilih carbon cleaner untuk motor, “Yang untuk mobil belum tentu ramah pada karet-karet dan ring piston, ada yang lengket sehingga kerak bukannya terbuang malah menempel, bahaya kalau nempel di ring piston, malah bikin aus,” ujarnya.

    “Untuk yang foam pasti bisa dipakai berkali-kali, nah yang cairan harus ditakar ulang sesuai kapasitas tangki motor,” kata pria berkantor di Jl. Radio Dalam, Jaksel ini. Rata-rata carbon cleaner cair bisa digunakan untuk 50 hingga 70 liter bahan bakar tuh. O iya, masa penggunaan carbon cleaner sebaiknya rutin, “Baiknya setiap 3.500 km atau 3 bulan sekali,” tutup Abidin.



    [URL="motor.otomotifnet.com/read/2013/11/28/345763/235/27/Mengenal-Ragam-Carbon-Cleaner-Ada-Foam-dan-Cair]Source[/URL]
    =========================================
    cara praktis bagi yg gak sempet service :hehe:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Bengkel Resmi Yamaha Lebih Terang Pakai LED.

    [​IMG]

    Jakarta - Ada yang baru di workshop sekaligus bengkel resmi Yamaha di DDS Flagship Cempaka Putih, Jakarta Pusat, ruang kerja para mekanik jauh lebih terang! Yup, ternyata mereka memasang lampu baru yang sinarnya lebih cerah.

    "Kita pakai LED yang standar terangnya 500 lux, meski aktualnya lebih sekitar 600 lux" buka M.Abidin, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ketika ditemui beberapa waktu lalu.

    "Dengan kondisi bengkel yang lebih terang, mata mekanik tidak cepat lelah dan tetap fokus pada pekerjaanya.Hal ini sangat penting," yakin pria ramah dengan gaya bicara bersemangat.

    Iya dong, melayani ratusan motor tiap hari, semua mekanik di bengkel resmi Yamaha tidak boleh lengah sedikitpun. Dan meski lebih terang, penggunaan lampu LED ini tetap tidak boros energi. Dayanya lebih kecil bila dibandingkan dengan lampu konvensional.

    "Sementara baru dicoba di bengkel ini dulu, kedepannya bukan tidak mungkin aplikasinya lebih luas ke bengkel-bengkel lain di seluruh Indonesia," tambah Abidin yang sukses jadi komandan tim Yamaha meraih juara Indoprix 2013 ini.



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/28/345754/28/8/Bengkel-Resmi-Yamaha-Lebih-Terang-Pakai-LED.]Source[/URL]
    =========================================
    yg paling penting tu mekaniknya bukan lampu bengkel nya :rokok:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Komparasi Lampu HID, Mau Watt Besar atau Hemat Listrik?

    [​IMG]

    Jakarta - Di pasaran sudah banyak merek-merek HID yang dijual. Melihat bentuknya memang sama. Tapi, cahaya yang dihasilkan dari bohlam Xenon itu belum tentu sama. Begitu juga warna dan daya yang ditawarkan sangat beragam. Pasti bingung, buat memilih HID berkualitas baik?

    Tenang, bro! Tim OTOMOTIF ingin berbagi info dari beberapa merek HID yang ada di pasaran. Sedangkan perantinya yang ada di pasaran alias sering dibeli. Ketemunya 3 merek ukuran 4.300 K dan 35 Watt, antara lain; Luminos 9nine, Doop HID dan Radium.

    Pengetesan lampu HID bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dari efisiensi daya pemakaian, daya terang dan suhu dari reflektor di besutan.

    Mengetahui produk mana yang paling terang dengan perhitungan dan menghasilkan nilai faktor X atau efisiensi. Semakin tinggi nilai faktor X tersebut, semakin terang pula sinar yang dikeluarkan dari part tersebut.

    Sebagai alat pengujinya menggunakan Lumen Meter (LM), merek Tenmars TM-202. Alat itu buat mengukur tingkat keterangan lampu yang dihasilkan sinar HID itu. Lalu, infrared thermometer (IT) guna mengetahui suhu panas di reflektor atau mika lampu. Dan sebagai daya atau pengukur efisiensi pemakaian HID itu dengan alat power supply (PS).

    Cara pengetesannya dengan berjarak 1 meter dari mika ke LM dan dinyalakan sampai mendapatkan nilai tertinggi di LM. Mengetahui konsumsi listrik melalui angka di layar PS. Hawa panas atau suhu yang dikeluarkan HID itu dengan IT ditembak langsung ke mika lampu.

    “Nilai dari komponen penerangan atau total pemakaian HID melalui perhitungan ini, arus/Amp (I) * Volt (tegangan) = Watt (P). Lalu, angka yang keluar dari LM (Lumens): hasil P (Watt) = nilai faktor X (Lumens/Watt). Oh iya, tegangannya memakai 13,4 volt,” jelas Ir. Hendra K.I, R&D CV. Sumber Urip (SU), sekaligus supplier HID Radium.

    Nih hasilnya, bro!

    DOOP
    Peranti yang berasal dari Cina ini dipatok Rp 350 ribu. Saat pengetesan berlangsung, terlihat angka di LM atau alat pengukur sinar adalah 647 Lumens. Lalu, pemakaian di PS, 3,09 Amp.

    Setelah dihitung nilai pemakaian dari part ini 3,09 * 13,4 = 41,4056 watt. Dari pembagian Lumens/Watt menghasilkan angka 15,6257 Lumens/Watt. Sedangkan suhu di mika lampu mencapai 60 derajat Celcius. Maka, nilai factor X label HID ini menghasilkan sinar tiap 1 watt-nya, yaitu 15 Lumens.

    RADIUM
    Produk yang satu ini belum lama muncul di pasaran, peranti tersebut bisa high-low dihargai Rp 400 ribu. Dari hasil pengujiannya, HID ini mengeluarkan sinar 852 Lumens. Sedang arus atau daya pemakaiannya keluar angka di PS, 3,34 Amp.

    Luminos 9nine
    Merek komponen seharga Rp 425 ribu ini cukup terkenal dan banyak yang menggunakannya. Dari hasil pengetesannya, angka di LM, 893 Lumens dengan total pemakaian yang dihasilkan oleh HID tersebut, 3,64 Amp.

    Dari 1 watt part ini menghasilkan nilai factor X adalah 18 Lumens. Hasil tersebut didapat melalui angka, 3,64 Amp * 13,4 Watt = 48,776 Watt. Lalu, 893 Lumens dibagi 48,776 Watt adalah 18,3081 Lumens/Watt.

    KESIMPULAN
    Dari semua hasil yang didapat itu, dilihat dari nilai faktor X. Karena nilai itu berkaitan langsung tingkat efisiensi lampu tersebut. Semakin tinggi nilainya, kian terang pula sinar yang dikeluarkan oleh lampu HID tersebut dan hemat listrik. Monggo dipilih, bro!

    Melalui perhitungan di atas, 3,34 Amp * 13,4 Volt = 44,756 Watt. Hasil tersebut dihitung kembali, 852 Lumens : 44,756 Amp = 19,0365 Lumens/Watt. Jadi, setiap 1 watt HID Radium nilai factor X itu 19 Lumens. Lalu, hawa panas di reflektornya sebesar 58 derajat Celcius.



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/26/345721/105/13/Komparasi-Lampu-HID-Mau-Watt-Besar-atau-Hemat-Listrik]Source[/URL]
    =========================================
    rewel parah kalo harus nyala di siang hari :iii:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Ini Alasan Kenapa Tak Boleh Gonta Ganti Oli Mesin!

    [​IMG]

    Denpasar - Pertanyaan klasik seputar pelumas muncul juga di One Day Workshop, The Other Side Of Modern Matic yang digelar (28/11) di Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Apa efek buruk gonta-ganti merek oli meski tetap menggunakan spesifikasi SAE yang sama?

    Pertanyaanya ini langsung dijawab oleh Mardiani Indriastuti, Product Deputy Department Head PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil. "Pada dasarnya semua oli dari merek-merek terkenal sudah bagus. Karena formulasinya sudah disesuaikan dengan standarisasi yang ditetapkan," buka wanita ramah ini.

    "Tapi masing-masing merek punya formulasi yang berbeda sesuai dengan keunggulannya masing-masing. Jika terlalu sering gonta-ganti merek oli, dikhawatirkan ada perbedaan senyawa yang bisa menimbulkan efek yang kurang bagus buat mesin," jelas Dani, sapaan akrabnya.

    "Seperti menciptakan endapan yang malah akan mengurangi performa motor. Sebaiknya memang tidak terlalu sering gonta ganti merek oli, " sarannya. Tapi buat yang tetap ngotot untuk pindah, sebaiknya dilakukan flashing terlebih dahulu.

    "Ganti oli lama dengan merek oli yang baru, lalu hidupkan mesin biarkan tercampur dan buang lagi oli yang baru dimasukan tadi untuk memastikan oli yang lama sudah tidak ada lagi. Baru isi lagi dengan oli yang baru," jelasnya.

    Begitu bro!



    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/29/345785/125/14/Ini-Alasan-Kenapa-Tak-Boleh-Gonta-Ganti-Oli-Mesin]Source[/URL]
    =========================================
    jangan keseringan gonta ganti, nanti malah bikin endapan yg bakal keliatan banget kayak lumpur pas turun mesin :iii:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Skutik Injeksi dan Hujan Lebih Aman Dari Karburator

    [​IMG]

    Jakarta - Hampir tiap hari pada minggu-minggu belakangan ini, ibukota Jakarta diguyur hujan. Beberapa kota besar juga mengalami hal yang sama. Kalau sudah seperti ini, enggak hanya air menggenang yang jadi pemandangan. Tapi juga terlihat beberapa kawasan sudah dilanda banjir.

    Bagi pengguna skutik, genangan air atau banjir jadi masalah tersendiri. Salah perhitungan dalam urusan melibas air, malah bikin tunggangan jadi mogok.

    Nah, buat menghindari hal itu, ada baiknya cermati langkah berikut ini.

    “Hal tersebut lebih banyak terjadi pada skutik yang masih menggunakan karburator. Salah satu penyebabnya adalah masuknya air pada karburator, sehingga membuat terganggunya proses pembakaran di ruang bakar.

    Beberapa bagian kelistrikan juga rawan mati akibat kecipratan air,” jelas Sukarna, Analys Technical Handling PQM PT Daya Adicipta Mustika, main dealer Honda di Bandung. (Gbr. 1)

    Bagaimana dengan yang sudah bersistem injeksi? Menurut Sukarna, skutik injeksi lebih aman dalam urusan menerjang genangan air. Tentunya dengan kondisi genangan tersebut enggak terlalu dalam, misalnya di bawah 15 cm. (Gbr.2)

    Kondisi lebih amannya skutik injeksi menerjang banjir, dikarenakan soket-soket yang rawan air sudah dibuat seaman mungkin. Contoh soket yang rawan kena air adalah pada sensor O2, soket koil dan CKP. (Gbr.3)

    Meski demikian, jangan lantas percaya diri tinggi melibas genangan air dengan skutik injeksi. Pasalnya tetap ada celah yang bisa membuat air masuk ke ruang bakar dan bikin mesin mati.

    Air bisa masuk ke ruang bakar, melalui boks filter udara. “Di skutik Honda, produk dengan filter udara di samping atau tepatnya di atas CVT punya potensi kemasukan air saat melibas genangan,” tutur Sukarna. (Gbr.4)




    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/11/29/345783/235/27/Skutik-Injeksi-dan-Hujan-Lebih-Aman-Dari-Karburator]Source[/URL]
    =========================================
    injeksi kalo aki tekor langsung :dead:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Warga Tak Setuju Denda Maksimal dan Lebih Suka Kendaraan Pribadi

    [​IMG]

    JAKARTA, KOMPAS.com — Pengendara yang melanggar jalur bus transjakarta berkeberatan dengan kebijakan Pemerintah Provinisi DKI Jakarta untuk memberlakukan denda maksimal. Mereka menilai denda maksimal terlalu tinggi.

    Imam Setiabudi (25), warga Klender, Jakarta Timur, mengatakan, penerapan denda maksimal sangat memberatkan. Menurut dia, warga yang tidak mampu tentu tidak akan sanggup untuk membayar denda tinggi.

    "Sebenarnya enggak setuju (denda maksimal). Kasihan juga orang. Ya, kalau yang didenda orang yang punya, tapi kalau misalnya tukang ojek yang kena segitu kan kasihan. Saya enggak setuju," kata Imam di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2013).

    Imam mengaku menerobos busway karena terpaksa. Hal itu dilakukan karena jalan-jalan di Jakarta masih dilanda kemacetan. Imam ditilang di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, dalam perjalanan pulang dari kantornya di kawasan Jalan Sudirman. Ia sengaja tak menggunakan angkutan umum karena memakan waktu ke tempat kerjanya.

    "Saya milih kendaraan pribadi. Kalau angkutan umum jauh dari layak. Kalau lebih bagus, mungkin orang akan lari ke angkutan," ujar Imam.

    Iwan (30), warga Depok, Jawa Barat, menyadari bahwa menerobos busway melanggar peraturan. Meski masih memilih kendaraan pribadi, dirinya akan mencari jalan alternatif agar lebih cepat berangkat kerja menggunakan kendaraan pribadi dibanding angkutan umum.

    "Kalau saya milih motor karena agak cepat. Kalau kendaraan umum, (uang) transpor jadi bertambah, masih dirasakan macet juga," ujar Iwan.

    Hari ini sebanyak 3.500 pengendara yang melanggar lalu lintas mengikuti jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dari jumlah itu, terdapat 696 pelanggar jalur bus transjakarta. Penerapan denda maksimal belum diberlakukan, tetapi denda yang diberikan dilipatgandakan hingga 300 persen.



    [URL="http://megapolitan.kompas.com/read/2013/11/29/1324347/Warga.Tak.Setuju.Denda.Maksimal.dan.Lebih.Suka.Kendaraan.Pribadi]Source[/URL]
    =========================================
    wah, udah ngelanggar, gak mau di hukum :obhaha: mana gotong royong angkat motor nya hebat lagi :oblol:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Sepanjang 2013, 616 Orang Meninggal Karena Kecelakaan di Jalanan Jakart

    [​IMG]

    Jakarta - Angka kecelakaan di jalanan Indonesia tergolong tinggi. Menurut, data Kepolisian Republik Indonesia mencatat, di tahun 2012 total kecelakaan lalu lintas mencapai 109.038 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 25.131 orang. Artinya dalam sehari terdapat 81 orang meninggal atau 3 orang per jam.

    Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Dr.Chryshnanda mengatakan, jumlah kecelakaan di DKI Jakarta selama tahun 2013 mencapai sebanyak 5.959 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 616 orang dan mayoritas adalah pengguna sepeda motor. Dari jumlah tersebut penyebab terbesar kecelakaan adalah pengemudi lengah.

    Selain disebabkan oleh tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, faktor kesalahan manusia (human error) turut berperan besar terhadap terjadinya kecelakaan di Indonesia. Rendahnya kesadaran berlalu lintas dan pemahaman yang terbatas mengenai keamanan berkendara (road safety) merupakan beberapa masalah mendasar yang harus segera diatasi.

    Ia menambahkan, upaya untuk menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh warga negara, termasuk para pelaku usaha. Oleh karena itu Polda Metro akan selalu mendukung kampanye keselamatan berkendara seperti Road Safety yang dilaksanakan bersama dengan PT Michelin Indonesia akhir pekan lalu (1/12).

    "Sebagai ibukota negara dan pusat bisnis, risiko lalu lintas di Jakarta semakin tinggi. Karena itu Polda Metro secara konsisten menggelar berbagai operasi zebra untuk meningkatkan ketertiban dan kesadaran berlalu lintas. Mulai 28 November sampai 11 Desember Polda Metro menggelar operasi Zebra 2013," ujarnya Kombes Pol Dr.Chryshnanda dalam press realese yang diterima redaksi.


    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/12/02/345833/122/14/Sepanjang-2013-616-Orang-Meninggal-Karena-Kecelakaan-di-Jalanan-Jakarta]Source[/URL]
    =========================================
    baru ngeliat salah satu kasusnya tadi pagi :dead:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. lem knalpot bocor

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.