1. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  2. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  3. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!

Tips [Info & Tips] Kumpulan Tips & Trik Berkendaraan Sepeda Motor Season 3

Discussion in 'Otomotif' started by carlos_roy_fajarta, Apr 12, 2013.

?

Hal Apa Yg Paling Membuat Kamu Kesal Saat Sedang Berkendara Sepeda Motor? :obbingung:

  1. sesama sepeda motor menyalip dengan cara membahayakan kita :obrokok:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. mobil yang berjalan pada tengah 2 lajur sehingga menghalangi jalur motor :obcerutu:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. pengendara lain (motor/mobil) bermain hp/ mendengar musik di kendarannya :oblisten:

    100.0%
  4. aksesoris pada kendaraan lain yg membahayakan orang lain (lampu hid silau, knalpot racing berisik, d

    0 vote(s)
    0.0%
  5. jalan raya yang rusak (berlubang, tidak rata) & rambu lalu lintas yg rusak :obnono:

    0 vote(s)
    0.0%
  6. angkot (kendaraan umum) yang berhenti mendadak tanpa lampu sein :obiii:

    0 vote(s)
    0.0%
  7. kemacetan dan banjir yang bikin stress :obpusing:

    0 vote(s)
    0.0%
  8. pak polisi yang kadang ngumpet untuk ngejebak nilang (cari2 kesalahan untuk berdamai) :obgenit:

    0 vote(s)
    0.0%
  9. pengendara motor lain yang berteduh saat hujan namun membuat kemacetan karena memakan bahu jalan :ob

    0 vote(s)
    0.0%
  10. pasangan alay yang naik motor pelan2 di tengah malam, trus tangan cewe nya ber-gerilya ke "anu" cowo

    0 vote(s)
    0.0%
  1. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Lampu LED Universal, Sarang Tawon yang Hemat Energi

    [​IMG]

    Jakarta – Lampu boleh dibilang sebagai komponen yang tak terpisahkan pada motor harian. Selain untuk penerangan, lampu terkadang dipakai sebagai penunjang gaya pada motor. Nah yang terbaru bisa lirik lampu LED di atas.

    Adalah Wira Santosa dari gerai Asia Jaya Motor di Jl. Raya Pondok Gede 23-24, Jakarta Timur yang menawarkan tipe lampu berjenis LED Luxeon. Yang menarik, bentuknya mirip sarang tawon berlapis krom.

    “Model ini bertipe multi Luxeon yang cocok untuk segala motor karena cahayanya sudah melebihi pancaran bohlam Halogen. Keuntungannya, ukuran watt yang dikonsumsi lebih kecil. Selain itu, bentuk soketnya yang bisa diaplikasi pada motor-motor kecil seperti bebek atau matik ,” paparnya.

    Ada dua tipe lampu yang ditawarkan, yakni versi kecil dengan 4 lampu seharga Rp 350 ribu. Dan versi besarnya terdiri dari 5 lampu yang dihargai Rp 400 ribu.

    Meski terang, tapi nggak perlu takut aki tekor atau rumah lampu meleleh. “Konsumsi dayanya kecil kok. Untuk versi 4 lampu cuma 15 watt dan yang 5 lampu 20 watt. Bandingkan dengan halogen standar yang mencapai 25 watt. Adanya sirip heatsink (pendingin) di bagian belakang lampu juga menjamin pendinginan yang lebih baik,” pungkas Wira.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/04/344551/51/12/Lampu-LED-Universal-Sarang-Tawon-yang-Hemat-Energi]Source[/URL]
    =========================================
    mahal euy :iii:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Mengenal Rumah Kopling Skutik, Fungsi Sama Beda Bentuk

    [​IMG]

    Jakarta - Di CVT skutik bagian belakang, ada part yang namanya housing clutch atau dalam komunikasi sehari-hari di bengkel disebutnya rumah kopling. Fungsi part yang satu ini, sebagai penerus putaran dari V-belt ke roda dan ngacir deh si pengguna skutik.

    Walau fungsinya sama, namun masing-masing produk skutik memiliki wujud rumah kopling yang berbeda-beda. Beberapa contohnya ada sebagai berikut.

    Enggak hanya lubang hawanya saja yang berbeda antara Mio dengan Vario dan Skydrive. Soal ketebalan dari rumah koplingnya juga berbeda. Bawaan Mio lebih tipis dari rumah kopling skutik lainnya. Tentu hal tersebut ada kelebihan dan kekurangannya,” jelas Mansuri, mekanik Empush Racing di Ciledug, Tangerang.

    Kecil dan tipis bagi rumah kopling Mio, membuat beban putarnya lebih ringan. Tapi jangan salah treatment, karena bisa memicu rumah kopling Mio peyang.

    “Kalau si pengguna punya kebiasaan buka tutup gas secara menghentak. Memang enggak langsung peyang, namun lama kelamaan itu akan terjadi. Berbeda dengan rumah kopling produk skutik lainnya,” kata pria yang akrab disapa Suri itu.



    Pada Yamaha Mio, rumah koplingnya terlihat lebih kecil dengan lubang hawa berjumlah 6 buah. Sementara baik pada skutik Honda Vario lawas maupun Suzuki Skydrive, fisiknya lebih besar dengan lubang hawa 4 buah. Pada 2 produk ini, diameter lubang hawanya lebih kecil dari pada bawaan Mio.

    Pada rumah kopling Skydrive, Suri menjelaskan bahwa beban putarnya lebih berat. Itu juga yang kemudian membuat produk yang satu ini, butuh kerja keras mekanik agar bisa kompetitif di balap skutik.

    “Dengan lubang hawa yang lebih besar dan lebih banyak, maka rumah kopling Mio lebih cepat dingin,” papar Hasan Basri, mekanik Hasan Motor di Jl. Kelapa Dua, Jakbar.

    Ada juga treatment tertentu yang dipakai mekanik untuk memaksimalkan fungsi rumah kopling. Seperti menambah lubang hawa pada dinding rumah kopling, agar lebih cepat dingin dan membuat kampas kopling enggak gampang selip.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/03/344535/207/27/Mengenal-Rumah-Kopling-Skutik-Fungsi-Sama-Beda-Bentuk]Source[/URL]
    =========================================
    bentuk boleh beda, fungsinya sama :rokok:
     
  4. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pasang Boks di Yamaha New V-Ixion Lightning

    [​IMG]

    Jakarta - Pemakai Yamaha V-Ixion dari dulu banyak yang doyan turing, termasuk pemilik New V-Ixion Lightning (NVL) pun suka jalan jauh. Salah satunya Johan, tak hanya turing untuk hobi, tapi sekalian kerja, karena dia jadi salah satu sales karpet mobil.

    “Biasa turing keliling Jawa,” ujar penyuka warna kuning ini. Untuk menunjang jalan jauh, salah satu yang wajib diinstal di NVL miliknya adalah boks, “Biar barang bawaan aman dan enggak repot, kalau pakai tas capek,” lanjutnya.

    Cuma masalahnya masih jarang boks khusus NVL, terutama braket-nya. “Untuk boks sih universal, cuma dudukannya mesti pesan khusus,” terang Afandi, dari bengkel Afmos di Petukangan Selatan, Jaksel yang kebagian tugas pasang. Pilihan jatuh pada Shad SH48, sedang braket dari Kucay Motorsport Lampung, yang spesialis bikin dudukan boks.

    “Braket Kucay terbuat dari besi pejal, sehingga kuat dan mereka berani memberikan garansi, sudah 6 bulan enggak ada masalah nih,” puji Johan pada braket seharga Rp 550 ribu yang berasal dari Jl. Kamboja No. 49A 1 Bandar Lampung, Lampung.

    Mau lihat detailnya?


    1. Braket terpasang pada 4 baut pemegang bodi belakang yang terbuat dari aluminium, cukup lepas pakai kunci T-14.
    2. Karena didesain tanpa coakan behel konvensional, braket memang sedikit menyenggol jok nih, tapi masih aman.
    3. Kalau mau pasang boks samping, sudah ada tuh dudukannya di braket Kucay.
    4. Untuk boks belakang, posisi bisa disetel mundur saat boncengan atau dimajuin kala sendiri.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/02/344524/210/27/Pasang-Boks-di-Yamaha-New-V-Ixion-Lightning]Source[/URL]
    =========================================
    jarang pixie pake box soalnya, makanya jarang dudukannya ada :haha:
     
  5. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pasang Extension Sepatbor Depan, Halang Kotoran!

    [​IMG]

    Jakarta - Punya motor tipe sport memang menyenangkan, model keren dan tenaga besar, mantap diajak riding. Tapi kalo sudah ketemu hujan, PR akan menanti bro. Area mesin bakal jadi kotor, air, pasir sampai lumpur bakal nemplok di area itu.

    Gak heran karena rata-rata sepatbor depan motor sport terlalu pendek. Itu yang bikin kotoran masuk di sela mesin. Solusinya bisa pasang sambungan atau extension sepatbor depan (ESD), seperti yang dijajakan di bengkel B&S Modified, di Beji, Depok.

    “Idenya memperpanjang bagian belakang sepatbor depan untuk meminimalkan kotoran ke mesin,” buka Arief, owner B&S Modified. ESD tersedia untuk moge Kawasaki ER6-n, Ninja 650, Yamaha R1 dan R6. Untuk sport 250 cc ada Kawasaki Ninja 250, Honda CBR250R, Suzuki Inazuma dan Thunder 250.

    Bahan ESD ada fiber dengan warna dasar hitam doff atau warna motor, serta carbon kevlar. Harga untuk ESD moge Rp 450 ribu, kalo untuk sport 250 cc Rp 350 ribu. “Harga carbon lebih mahal Rp 100 ribu,” sambung Arief lagi.

    Cara pasangnya harus ngebor bagian ujung sepatbor depan nih, dibuatkan tiga kanan-kiri dan tengah. Dan modal alatnya cuma obeng. Yuk pasang!



    1. Bagian belakang sepatbor terlalu pendek, makanya kotoran gampang nyelip di sela-sela mesin. Kalo motor fairing lebih susah lagi bersihinnya tuh

    2. Ini nih contoh ESD yang dijajakan B&S, panjangnya ada yang setengah jengkal dan satu jengkal. Harga ESD panjang satu jengkal dua kali lipat

    3. Bor pada 3 titik, bagian tengah terlebih dulu baru kanan-kiri. Soalnya kalo kanan atau kiri duluan, ESD bakal kurang pas terpasangnya

    4. Tinggal pasang ESD pakai obeng plus deh. Untuk baut dan klip sudah termasuk dalam pembelian. Bentuk ESD juga melengkung layaknya sepatbor, jadi gak terlihat aneh.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/04/344566/210/27/Pasang-Extension-Sepatbor-Depan-Halang-Kotoran]Source[/URL]
    =========================================
    kaga nyiprat dah :haha:
     
  6. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pilihan Voltmeter Sepeda Motor, Beda Tampilan

    [​IMG]

    Jakarta – Saat ini kelistrikan motor sudah mengaplikasi aki jenis maintenance free yang minim perawatan. Tetapi dibalik kelebihannya, terdapat kelemahan karena sulit mendeteksi kapan aki akan ngedrop.

    Berbeda dengan aki basah yang bisa dicek melalui tingkat ketinggian air aki, di tipe maintenance free biasanya sekat berwarna gelap dan tak bisa dicek secara kasat mata.

    "Nah, biar aman ada baiknya pasang voltmeter atau indikator tegangan buat mengetahui kualitas tegangan aki. Seperti produk Voltage display yang pemasangannya sangat mudah,” ujar Wira Santosa dari gerai Asia Jaya di Jl. Raya Pondok Gede No. 23-24, Jakarta Timur.

    Asiknya, banyak pilihan yang ditawarkan tipe dan bentuk voltmeter. Diantaranya dengan desain bulat dari Auto Gauge yang menampilkan angka voltase dengan iluminasi warna biru. Harganya cuma Rp 350 ribu.

    Kemudian ada pula model baru yang dapat berubah warna, antara merah-biru atau hijau-putih. Informasi tegangan aki ditunjukan dalam bentuk bar melingkar. Produk dari Auto Gauge ini dilepas Rp 600 ribu.

    Selanjutnya ada tipe persegi yang desainnya lebih tipis dan minimalis. Antra lain merek Shadow seharga Rp 280 ribu dan AD Cars yang dihargai Rp 220 ribu.

    “Buat pasang alat ini, arus listrik diambil dari kabel positif kunci kontak. Sehingga saat kunci kontak ada di posisi Off, maka voltmeter akan ikut mati. Jadi tetap hemat listrik juga,” pungkas Wira.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/05/344547/51/12/Pilihan-Voltmeter-Sepeda-Motor-Beda-Tampilan]Source[/URL]
    =========================================
    deteksi dini aki soak :top:
     
  7. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Bersihkan Mesin, Modal Rp 15 Ribu Langsung Clink..!!!

    [​IMG]

    Jakarta - Merawat motor supaya tetap awet dan sedap dipandang mata salah satu caranya dengan mencuci motor secara rutin. Karena rutinitas pemakaian, debu dan kotoran bisa menempel di mana saja, termasuk area mesin dan posisi dekat roda depan. Sudah pasti kotoran banyak nempel di sektor dapur pacu karena terkena kotoran dari roda depan.

    Masalahnya karena posisinya yang agak susah dijangkau, bikin males membersihkan. Terlebih kalo kotoran sudah membandel, jadi makin lengket tuh noda-noda lumpur, oli dan debu di sekitaran mesin. “Iya nih, pakai sabun biasa gak bersih-bersih juga tuh mesin,” ucap Hardi Wibowo, salah seorang penunggang motor sport.

    Ada yang bilang membersihkan noda membandel pakai pembersih porselen atau keramik, memang bisa bersih tapi enggak dianjurkan loh. “Karena nantinya akan ada bercak-bercak putih di mesin, terlebih yang warna mesinnya hitam doff kayak Byson, makin kelihatan,” wanti Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw’s Speed.

    Tapi Heri pun punya trik buat membersihkan mesin motor biar bersih lagi. “Pakai minyak tanah, sabun colek dan air. Semuanya dicampur jadi satu secukupnya,” katanya. Biaya yang diperlukan sudah pasti terjangkau, cuma Rp 15 ribu. Gak percaya? Mari buktikan.



    1. Kondisi mesin yang kotor kaya gini bikin gak enak dilihat, disangka yang punya motor gak bisa merawat tuh hehehe...
    2. Campur semua bahan yang diperlukan di wadah kecil. Minyak tanah, sabun colek dan air lalu aduk sampai larut merata
    3. Dalam kondisi mesin kering, sikat mesin dengan kuas halus, termasuk kisi-kisi mesin juga ya. Lalu diamkan beberapa saat
    4. Bilas mesin pakai air bersih seluruh bagian yang disikat tadi lalu keringkan. Mesin dijamin kinclong deh..







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/05/344592/210/27/Bersihkan-Mesin-Modal-Rp-15-Ribu-Langsung-Clink..]Source[/URL]
    =========================================
    malu dong kalo blok mesin motor nya usang dan kusam :malu
     
  8. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Deteksi Penyebab Lampu HID Mati, Cek Tiga Bagian Inti

    [​IMG]

    Jakarta - Penggunaan lampu HID sudah bukan barang baru lagi, sekarang sudah banyak bertebaran merek-merek lampu HID. Mulai dari merek berkualitas bagus sampai yang kurang mumpuni. Harganya pun ada yang Rp 200 ribuan sampai tembus jutaan.

    Tapi lampu ini suka bikin penggunanya bingung kalo tahu-tahu mati. Kalo masih pakai lampu bohlam biasa sih, tinggal cek I fisik bohlamnya atau ganti bohlam maka sudah normal lagi tuh. Nah kalo lampu HID gimana?

    Gak usah bingung apalagi sampain ‘mengkudeta hati’ buat menjauhi lampu HID hehehe... Tinggal cek 3 bagian inti dari sistem lampu HID kok. “Tiap pembelian paket lampu HID kan dapat bohlam HID, relay set dan ballast, nah tinggal cek tiga bagian ini,” saran Jarot Hardianto dari Raja LED.

    Ballast jadi biang utama lampu HID mati. Harga ballast mulai dari Rp 120 ribu sampai Rp 500 ribu

    Pertama ballast, cara ngecek ballast rusak atau enggak, lepas ballast dari relay set, lalu buat kabel penghubung langsung ke positif dan negatif aki, kalo lampu HID nyala berarti ballast sehat, kalo mati sebaliknya,” papar Jarot. Penyebab ballast mati karena arus listrik gak stabil dan usia pakai.

    Bohlam HID rusak bisa dilihat dari fisiknya, kebocoran arus bisa bikin pecah kaya gini. Mau gak mau ganti dengan harga Rp 120 ribu

    Lalu bohlam HID, cara paling mudah dilihat dari fisiknya. “Ada yang pecah karena kebocoran arus listrik, tandanya ketika sakelar lampu digeser ke ON dan terdengar bunyi percikan listrik itu berarti ada arus listrik yang bocor dan bohlam bisa pecah,” wanti pria berbadan sehat ini.

    Usia relay set relatif awet dengan masa pakai normal sampai 2 tahun loh. Jika rusak dan harus ganti harganya juga murah, gak sampai Rp 100 ribu

    Dan relay set jadi bagian yang paling jarang rusak nih. Cara paling mudah cek sekring, kalo sekring gak ada masalah berarti part dalam relay set yang rusak, mau gak mau harus ganti baru karena gak bisa diperbaiki.

    Setelah pasang HID sebaiknya pasang voltmeter. Tentunya untuk memantau tegangan listrik sehingga tidak merusak HID.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/07/344634/208/27/Deteksi-Penyebab-Lampu-HID-Mati-Cek-Tiga-Bagian-Inti]Source[/URL]
    =========================================
    hid memang kewajiban yg demen turing di saat malam hari di saat lampu standar gak mumpuni :hmm:
     
  9. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Bikin Nyaman Jok, Diubah Biar Betah!

    [​IMG]

    Jakarta - Walau sudah dibuat sesuai kebutuhan dan diklaim nyaman oleh pabrikan, faktanya ada saja yang kurang puas dengan jok bawaan motor. Berbagai keluhan yang sering didengar mengenai jok itu seperti busa keras, bikin bokong panas, joknya licin, kurang empuk dan jok ketinggian.

    Kalo sudah begitu rasanya gak betah duduk di atas motor lama-lama, gak nyaman sih. Tenang bro, sudah ada solusinya kok biar jok nyaman, tapi harus mengubah beberapa bagian sesuai keluhan.

    Pertama, kalau bokong panas itu karena busa tipis atau keras. Tambah busa jadi solusi, tapi ada juga beberapa motor yang gak bisa tambah busa karena fiber (rangka jok) nongol seperti punya Honda BeAT Fi dan Vario 125.

    “Kalo ini harus bobok fiber-nya dan diganti pelat supaya rata, baru tambah busa biar tebal,” terang Rahmat Subejo, owner bengkel spesialis jok Amet Seat Modification. Tapi minusnya bagasi jadi gak muat helm. Oh iya, pakai jaring jok juga membantu biar bokong gak panas loh.

    Jok licin? Solusinya ganti kulit jok dengan bahan yang kesat dan ada alurnya. “Biar pas ngerem gak merosot,” kata Amet, sapaannya. Lalu jok ketinggian seperti yang banyak dikeluhkan pengendara wanita. Kalo ini harus papas jok atau bobok fiber-nya dan diganti pelat.

    Nah terakhir, bisa meng-custom sendiri jok motor dengan dibuatkan sandaran punggung yang kecil. “Lumayan bikin nyaman tapi cuma bisa dijok yang besar seperti punya Honda PCX, Scoopy, Vario 125 dan Yamaha Fino,” papar pria yang bermarkas di Pasar Rebo, Jaktim.

    Jok Anda sudah nyaman belum?

    1. Fiber dibobok dan tambah busa, bokong pun nyaman. Biayanya cukup Rp 100 ribu saja bro.
    2. Kulit jok bermotif biar gak licin dan merosot sewaktu ngerem. Harga kulit jok mulai Rp 35 sampai Rp 225 ribu.
    3. Dengan sandaran jok seperti ini lumayan membantu punggung gak cepat lelah.
    4. Ini nih bagian fiber yang nongol dan harus dipapas, soalnya busa di bagian itu tipis.







    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/08/344657/210/27/Bikin-Nyaman-Jok-Diubah-Biar-Betah]Source[/URL]
    =========================================
    gak pegel kalo riding lama :hehe:
     
  10. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Aplikasi Lampu LED di Headlamp, Lebih Irit dan Awet

    [​IMG]

    Jakarta – Perkembangan lampu headlamp pada kendaraan, termasuk motor sangatlah pesat. Jika sebelumnya kita hanya mengenal bohlam jenis halogen dan HID, kini ada lagi lampu LED.

    Eits, memang beberapa tahun terakhir, LED sudah jamak dipakai pada motor, namun masih sebatas aksesoris atau lampu senja. Seiring teknologinya, kini LED sudah dapat diaplikasi pada headlamp motor sebagai alternatif pengganti. Dan berikut adalah sederet keunggulannya.

    “Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan LED, diantaranya konsumsi daya yang kecil dan daya terang yang sudah melampaui halogen standar. Serta pemasangannya yang plug and play,” buka Wira dari Asia Jaya Motor di Jl. Raya Pondok Gede 23-24, Jakarta Timur.

    Dari sisi konsumsi energi, LED terbilang kecil karena hanya butuh sekitar 15-20 watt untuk mencapai keterangan 1800 Lumens. “Coba bandingkan dengan halogen yang butuh 25-55 watt untuk memancarkan 1500 Lumens. Ini artinya LED lebh terang dan hemat ketimbang halogen. Sehingga penggunaannya tak akan mengorbankan konsumsi aki yang berlebihan,” urai Wira.

    Sementara pemasangan yang plug and play, pria ramah ini menyatakan jika lampu LED tidak membutuhkan komponen tambahan seperti ballast atau terkadang merombak rumah diamond cut. “Penggantiannya sama seperti lampu halogen standar kok.”

    Tak ketinggalan Feri Antonius, Marketing Gartner menimpali jika lampu LED juga lebih awet ketimbang HID atau halogen. “Dari usia pakai, LED tembus 10.000 jam. Bahkan produk kami mencapai 40.000 jam penggunaan. Sedangkan HID hanya sekitar 3.000 jam,” ungkapnya.

    Toh demikian, Wira dan Feri menyatakan kelemahan LED adalah sebaran produknya yang belum seluas halogen, atau HID. Selain itu, sebagai produk anyar harga LED masih terbilang tinggi. “Baru ada tipe H4 dan H7 untuk motor-motor sport. Sementara matik dan bebek bisa memakai versi universal. Harganya memang masih di atas Rp 350 ribu,” tutup Wira.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/09/344650/208/27/Aplikasi-Lampu-LED-di-Headlamp-Lebih-Irit-dan-Awet]Source[/URL]
    =========================================
    harga lampu canggih dan terang belum bersahabat :gembel:
     
  11. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Cek Kondisi Per Kopling Skutik, Awas Bisa Bikin Loyo

    [​IMG]

    Jakarta - Sama-sama ada di CVT bagian belakang dan berbentuk pegas, namun per CVT lebih beken dari pada per kopling. Itu karena per CVT jadi salah satu yang masuk dalam daftar menu, kalau hendak upgrade performa.

    Tapi tahu enggak, kalau per kopling skutik yang ada 3 biji itu bisa bikin performa motor jadi loyo. Terutama kalau part tersebut sudah waktunya diganti.

    Ada hal-hal yang enggak perlu dilakukan agar part tersebut enggak cepat menurun performanya. Selain pemakaian normal, salah perlakukan juga membuat umur pakai per kopling lebih pendek. Buka tutup gas secara mengentak apalagi saat kondisi mesin masih baru menyala, jadi penyebab per kopling cepat loyo.

    “Sesuai karakternya, skutik buka gasnya mesti diurut. Jadi geber-geber saat kali pertama mesin menyala, enggak disarankan,” jelas pria yang workshop-nya di kawasan Jl. Bendungan Jago, Jakarta Pusat


    Ada juga cara deteksi kalau per kopling sudah menurun kemampuannya. Pertama adalah dengan merasakan performa skutik itu sendiri dan yang berikutnya melihat secara fisik pada kampas koplingnya.

    "Putaran mesin bawahnya terasa lemot dan performa skutik baru akan terasa pada putaran mesin tengah sampai atas saja,” kata Yong

    Untuk deteksi berikutnya, tentu harus bongkar CVT dulu dan lihat langsung ke kampas kopling yang terdiri dari 3 bagian. Bila per kopling sudah waktunya ganti, biasanya ada perbedaan ketebalan pada masing-masing kampasnya.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/14/344761/207/27/Cek-Kondisi-Per-Kopling-Skutik-Awas-Bisa-Bikin-Loyo]Source[/URL]
    =========================================
    motor kok sampe loyo :iii:
     
  12. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Nih Cara Bedakan Per Klep Palsu Ala AHRS

    [​IMG]

    Depok – Penikmat modifikasi motor, khususnya mesin tentu sudah tak asing untuk mengganti per klep standar dengan versi racing. Sayangnya, besarnya permintaan akan per klep balap juga dilirik oleh para penipu untuk merilis produk palsunya. Bukan kencang, tapi justru rusak yang didapat.

    “Pemakaian per klep palsu berbahaya bro. Sebagai gambaran, per klep racing dirancang untuk tahan putaran mesin tinggi, seperti di atas 11.000 rpm. Nah, kalau yang palsu digeber sampai 10.000 rpm saja bakalan patah. Ujung-ujungnya malah merusak mesin,” wanti Aung S. dari AHRS Depok.

    Pria ramah ini langsung kasih solusi untuk menghindari pemakaian per klep AHRS palsu. “Paling mudah soal kemasan dan harga. Biasanya versi palsu kemasan agak kusam dan harganya murah. Sebagai contoh, produk AHRS paling murah sekitar Rp 400 ribu. Nah, yang palsu mungkin bisa dibeli dengan harga Rp 250-300 ribuan.”

    Dari sektor material menurutnya per klep AHRS diimpor dari Jepang dengan ciri khas bagian pinggir di sisi ulir pertama (got) yang halus. “Kalau yang palsu masih tajam dan kurang halus bikin gotnya,” jelas Aung.

    Selain itu, material bahan per klep palsu memiliki pori-pori dan mudah kropos. “Kalau versi asli lebih halus dan padat. Sehingga tahan digeber di rpm tinggi,” pungkasnya.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/19/344846/207/27/Nih-Cara-Bedakan-Per-Klep-Palsu-Ala-AHRS]Source[/URL]
    =========================================
    lokal aja masih banyak yg aspal nya :sigh:
     
  13. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pasang HID di Honda Scoopy Fi, Terang Tanpa Silau

    [​IMG]

    Jakarta - Penggunaan lampu HID sekarang ini sudah biasa, soalnya sudah banyak lampu HID dengan harga terjangkau jadi lebih mudah untuk ditebus. Lampu jenis ini enggak cuma buat mobil tapi juga sepeda motor. Tapi kadang pakai lampu HID saja bikin silau pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

    Solusi harus pakai proyektor biar cahaya fokus, sayang harganya agak mahal. Beruntung deh yang pakai Honda Scoopy Fi, headlamp-nya sudah dilengkapi lensa seperti proyektor. Cahaya dari lampu standarnya yang halogen HS1 saja sudah fokus dan membentuk garis layaknya pakai proyektor sungguhan.

    Asyiknya efek dari lensa ini enggak berubah manakala skutik retro modern ini dipasang lampu HID. “Cahaya tetap fokus, tinggal pilih deh tingkat Kelvin yang diinginkan, saran saya maksimal 6.000 Kelvin untuk penggunaan harian,” papar Cakra Krisna, yang sudah pakai lampu HID di skutik kesayangannya itu.

    Krisna pun coba memasang sendiri lampu HID-nya. Oh iya walau pun sudah menganut auto headlamp on (AHO), lampu HID tetap aman meski tanpa sakelar untuk mengaktifkannya. Kelistrikan juga sudah tidak perlu penyesuaian lagi. Lalu skutik ini sudah dilengkapi micro iso yang fungsi untuk mengaktifkan headlamp setelah mesin hidup, bukan saat kontak di posisi ON. Jadi gak membebani aki ketika starter mesin.

    [​IMG]

    1. Untuk melepas headlamp cukup buka dua sekrup dekat spidometer dan dudukan plat nomer. Cabut pegangan kabel lampu dan tarik soket lampunya.

    2. Rakit HID juga gak susah, sambungkan bohlam ke ballast, kemudian ballast ke relay set. Soket sambungan sudah dibuat khusus supaya enggak ada salah pasang kabel. Kalo kabel warna biru dan putih untuk kabel hi-low lampu HID.

    3. Pilih area yang pas untuk meletakkan ballast, disarankan sih dekat komstir dan diikat kabel ties suoaya gampang dijangkau.

    4. Karena posisi aki Honda Scoopy Fi ada didek, jadi kabel relay set harus disusupi lewat celah bodi untuk menggapai kutub positif dan negatif aki.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/20/344881/208/27/Pasang-HID-di-Honda-Scoopy-Fi-Terang-Tanpa-Silau]Source[/URL]
    =========================================
    skupi nya makin keren :top:
     
  14. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Tabung Sok Depan X-Ride Pakai Supra X125, Cocok Untuk Offroad

    [​IMG]
    As sokbraker depan mengandalkan punya Supra X 125, tabungnya masih bisa pakai standar X-Ride

    Jakarta - Masih soal kaki-kaki, kalau Anda ingin menggunakan Yamaha X-Ride untuk kegiatan adventure offroad, khususnya yang tertantang turun di Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race) pada 9-10 November 2013 mendatang. Bagian sok depan yang kali ini dibahas untuk keperluan main lumpur.

    Dengan menggunakan pelek standar yang berukuran 14 inci, tentunya enggak banyak ubahan yang perlu dilakukan pada sok depan X-Ride. Hanya pada penentuan berapa banyak oli yang dimasukkan dalam tabung. “Kalau urusan lembut atau kerasnya sok, tergantung dari kebiasaan dari ridernya,” jelas Cecep Didin dari klub adventure trail Ur-Off, Purwakarta.

    OTOMOTIF sempat jajal X-Ride dengan pelek standar dan ban pacul di areal trek tanah kawasan Hambalang, Sentul. Dengan pelek kecil, ternyata malah membuat X-Ride kurang lincah melibas trek tanah.

    Dengan alasan yang sama, Cecep Didin yang biasa dipanggil pak guru menyarankan untuk ganti dengan pelek yang ukurannya 17 inci. “Itu dari pengalaman saat pertama kali main adventure offroad, pakainya skutik Yamaha Mio. Beda jauh saat pakai pelek 14 inci dan kemudian diganti dengan 17 inci,” jelasnya.

    Penggantian pelek yang menjadi 17 inci, tentunya dibutuhkan penyesuaian pada sektor kaki-kaki bagian depan. Butuh yang lebih panjang, agar ban enggak mentok atau menggerus cover bodi depan.

    Pak Guru dari Ur-Off itu sudah melakukan eksperimen pada Mio tunggangannya dan sudah beebrapa kali dipakai mengaduk-aduk jalur tanah seputaran Purwakarta. Eksperimen yang dilakukan adalah dengan mengganti as sok depan X-Ride dengan bawaan Honda Supra X125.

    [​IMG]
    Pen piston bawaan Supra X125 dijadikan pengganjal sulingan sok bagian bawah, baut L di bawah tabung harus diganti yang lebih panjang.

    “Diameternya sama dengan Mio, sehingga enggak perlu ada perubahan saat pemasangannya. Tabungnya tetap pakai bawaan Mio dan kalau tabungnya X-Ride sama dengan Mio, enggak perlu ganti juga,” jelas pak guru.

    Meski tinggal pasang, bukan berarti langsung bisa dipakai. Ternyata dengan tetap menggunakan per standar Mio, belum bisa maksimal buat bermain adnventure offroad. Alhasil per Mio ikut alias dipensiunkan. Sebagai gantinya, per bawaan Supra plus sulingannya yang dipasang dalam tabung Mio.

    “Modifikasi seperti ini, juga masih terasa kurang. Oleh karenanya ada yang menyarankan untuk mengganjal bagian bawah sulingan Supra X125 yang dipasang ke tabung Mio. Pen piston bawaan Supra X125 yang dijadikan pengganjal sulingan sok bagian bawah,” terang pak guru.

    Dengan memasangkan pengganjal, mau tidak mau baut ‘L’ yang ada di bawah tabung sok mesti diganti dengan yang lebih panjang. Paling akhir adalah soal kebutuhan oli sok dan itu masihtetap tergantung dengan keinginan pengguna X-Ride.

    Mudah dan gak perlu komponen mahal untuk memaksimalkan suspensi standarnya!





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/20/344881/208/27/Pasang-HID-di-Honda-Scoopy-Fi-Terang-Tanpa-Silau]Source[/URL]
    =========================================
    supra untuk off road :keringat:
     
  15. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Sokbraker Belakang X-Ride Masih Mumpuni Untuk Offroad!

    [​IMG]
    Kanan, sokbraker bawaan X-Ride, kiri adalah salah satu pilihan sokbraker aftermarket dari YSS yang bisa jadi pilihan

    Jakarta - Bermain adventure offroad dengan motor, wajib memperhatikan urusan suspensi. Kalau bagian ini terabaikan, bukan enggak mungkin tunggangan jadi enggak nyaman dan akibatnya menggangu konsentrasi penunggangnya.

    Hal yang sama tentunya berlaku pada Yamaha X-Ride yang hendak dipakai adventure offroad. Oh ya pada awal November 2013 nanti, recananya bakal digelar adventure offroad dengan lokasi di kawasan Hambalang, Bogor.

    Hadiah puluhan juta rupiah, sudah disiapkan untuk Extreme Ride Adventure Challenge atau X-Race. Nah siapkan X-Ride dan fisik dari sekarang dan bawa pulang hadiah yang nanti disiapkan panitia.

    Balik lagi ke urusan suspensi X-Ride kalau hendak dipakai melibas kawasan Hambalang. “Beberapa waktu yang lalu, sempat mencoba keampuhan X-Ride. Rute yang dilewati, kebanyakan jalanan yang keriting dan ban yang dipakai masih standar pabrik,” kata M. Satia.

    Lebih lanjut mekanik dan pelaku adventure offroad dari Oraca Garage, Bandung itu bilang, enggak ada masalah bagi X-Ride buat menghajar jalanan keriting. Khususnya buat rider dengan berat badan kurang lebih 70 kg.

    Dengan kata lain, bila ridernya punya bobot berlebih maka enggak bisa pakai suspensi bawaan X-Ride. Pasalnya dengan bobot yang lebih berat, butuh setingan suspensi yang lebih keras dari standarnya.

    Walau dibilang sudah pas, namun pria yang worshopnya di Jl. Cipedes Raya itu menyarankan untuk menggunakan suspensi belakang yang bisa diseting. “Agar bisa disesuaikan dengan kondisi trek yang hendak dilewati dan bisa pas dengan kebutuhan si rider,” terangnya.

    Dengan panjang 330mm, sok belakang berlaber YSS sudah tersedia untuk X-Ride dan tipe sok YSS yang bisa dipakai adalah Hybrid. “Tipe ini menggabungkan antara oil dan gas, sehingga menghasilkan redaman yang lebih lembut. Ada double tube technology dan juga menghindari apabila tabung damper terkena benturan fisik yang dapat mengakibatkan piston terganggu,” terang Juffry Wilar dari Mitra2000.

    Selain itu YSS Hybrid dilengkapi per progresif dan pre load adjuster untuk setingan kekerasan per. Semua kelebihan pada produk tersebut menurut Juffry, membut tunggangan lebih stabil digeber dijalanan mulus atau keriting.





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/22/344918/226/27/Sokbraker-Belakang-X-Ride-Masih-Mumpuni-Untuk-Offroad]Source[/URL]
    =========================================
    standar nya udah bagus berarti :top:
     
  16. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Harus Tahu: Tiga Fungsi Dasar Pelumas Mesin

    [​IMG]

    Bandung - Apa sih fungsi pelumas atau oli mesin? Ya tentu saja melumasi komponen di dalam mesin agar lebih awet. Itu saja? Ups ternyata tidak bro. Ini beberapa fungsi pelumas yang dibahas pada One Day Workshop, The Other Side of Modern Matic seri Bandung (24/10).

    "Ini dasar sekali. Pertama, fungsi pelumas adalah untuk mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin," buka Mardiani Indriastuti, Product Deputy Department Head PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil.

    Di dalam mesin ada puluhan bahkan ratusan komponen yang saling berhubungan dan bergesekan. "Memang tidak terlihat, tapi terjadinya gesekan kalau tidak dikurangi akan merusak komponen yang akhirnya berpengaruh pada umur mesin," jelasnya.

    "Yang kedua adalah mendinginkan dan memindahkan panas agar keluar dari mesin," jelas wanita ramah ini.

    Gesekan antar pasti menimbulkan panas, dengan oli panas dapat diredam sekaligus dialirkan ke bagian-bagian yang memang didesain untuk membuang panas. Seperti pada oil cooler yang banyak digunakan pada beberapa sepeda motor terkini.

    "Dan terakhir adalah mengendalikan kontaminan atau kotoran," jelasnya. Pasti sudah tahu kan, saat ngetap oli bekas pasti kotor. Umumnya, berwarna hitam pekat.

    Bukan hanya serpihan metal dari gesekan antar komponen, sisa pembakaran juga banyak tak sedikit yang terbawa oleh oli. Bayangkan bila oli tidak pernah diganti, sudah pasti kotoran tadi mengendap di dalam mesin dan mengganggu kinerja.

    Jadi, jangan anggap sepele pelumas ya!





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/25/344995/125/14/Harus-Tahu-Tiga-Fungsi-Dasar-Pelumas-Mesin]Source[/URL]
    =========================================
    motor sebenernya gak akan rewel kalo rutin ganti oli nya :top:
     
  17. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Kenali Penyebab Suara Knalpot Aftermarket Pecah

    [​IMG]

    Jakarta - Imam merasa kesal. Pasalnya, suara knalpot aftermarket pada motor Honda Blade kesayangannya berubah. Padahal usia pakai knalpotnya baru sekitar 5 bulan. "Jadi lebih kencang dan pecah suaranya bro. Padahal sebelumnya suaranya terdengar bulat dan ngebas," dengusnya.

    Hal ini ditanggapi langsung oleh Toto staf produsen knalpot AHRS Depok. "Penyebab suara knalpot pecah ada beberapa macam. Bisa dari pengaruh glasswool atau penggunaan bahan pipa dan silencer yang kurang berkualitas."

    Untuk knalpot dengan bahan kurang berkualitas bisa ditengok dari pipanya yang cepat menguning. "Bahkan, pipa bisa karatan dan bocor. Tentu suaranya lebih cepat pecah karena bocor atau berkarat," urai Toto.

    Sedangkan pengaruh perubahan suara knalpot paling signifikan ada di komponen glasswool yang habis karena beberapa hal. Mulai dari habis terbakar karena panas knalpot atau hilang terbawa aliran gas buang. "Bisa juga terkikis saat mencuci motor," ungkap Toto.

    “Kalau glasswool habis sih biasa. Ya cukup ganti saja, murah kok. Perlembar sekitar Rp 5 ribu," tutup pria yang bermarkas di AHRS Depok, Jl Tole Iskandar No. 162, Depok. Telepon 021-77820649 .





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/23/344845/207/27/Kenali-Penyebab-Suara-Knalpot-Aftermarket-Pecah]Source[/URL]
    =========================================
    ah di tempat langganan knalpot custom ane, mantap pengerjannya, udah mau 2 tahun ni knalpot, suara bass nya masih merdu :sayangku:
     
  18. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Pindah Pelat Nomor Pulsar 200NS, Tampilan Lebih Keren!

    [​IMG]

    Jakarta - Salah satu hal yang dibenci dari Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (P200NS) adalah posisi pelat nomor depan, yang berada di atas lampu. Posisinya jadi mirip jidat dikompres saat demam.

    Tak heran kebanyakan pemilik P200NS memindahkannya ke bawah lampu. Sama halnya pada Yamaha Byson dan New V-Ixion Lightning.

    Mau ikutan? Enggak susah kok, biaya yang dibutuhkan juga murah. “Cari saja dudukan pelat nomor aftermarket untuk Byson, plug n play deh,” terang Afandi dari bengkel Afmos di kawasan Petukangan Utara, Jaksel.

    Contoh dijajakan oleh Kimko Motor di kawasan Puri Beta, Ciledug. Harga sekitar Rp 45 ribu. Bagaimana pasangnya? Yuk simak urutannya.



    1. Ini dia dudukannya, tanpa merek , bahan tipis dan sayang lasnya kurang rapi.
    2. Di bawah lampu Pulsar 200NS sudah ada lubang yang aslinya untuk dudukan plat nomor versi India. Pasang pakai dua baut 10.
    3. Jangan lupa lepas dudukan plat nomor aslinya. Pertama buka cover plastik pakai kunci L-4. Lanjut lepas baut dudukan dengan menggunakan kunci 8 di dalam dan 10 di luar.
    4. Pasang lagi yang sudah dilepas, lanjut dengan pasang plat nomor denga baut 10. Keren kan!





    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/24/344966/210/27/Pindah-Pelat-Nomor-Pulsar-200NS-Tampilan-Lebih-Keren]Source[/URL]
    =========================================
    biasa aja, semua motor juga begitu :garing:
     
  19. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Nih, Cara Deteksi Roller CVT Skutik Rusak

    [​IMG]

    Jakarta - Jangan anggap enteng kalau terdengar suara-suara yang mencurigakan keluar dari dalam CVT skutik Anda. Salah satunya seperti suara kretek...kretek..., saat grip gas dibetot.Skutik tunggangan Anda meski pelan akan tetap melaju dengan mengeluarkan bunyi-bunyian tersebut.

    Namun sepatutnya hal itu jadi pertanda, kalau skutik Anda sudah saatnya diboyong ke bengkel terdekat.

    1. Bukan karena bagian CVT ada yang terbuat dari kayu, tapi suara tersebut keluar dari bagian CVT depan. Ada beberapa part yang ada di bagian tersebut, hanya satu part saja yang jadi penyebab hal itu terjadi.

    2. Keluarnya bunyi-bunyian tersebut, tersangkanya bisa dipastikan part yang biasa disebut roller. “Kalau sudah sampai mengeluarkan bunyi seperti itu, kebanyakan fisik roller sudah berubah. Dari bulat jadi hancur,” ungkap Hasan B, dari Hasan Motor, di kawasan Kelapa Dua, Jakbar.

    3. Enggak hanya 1 hal saja yang jadi penyebab roller remuk di dalam pulley. Faktor pemakaian yang kemudian membuat roller jadi peyang, bila terus-terusan dipaksa akan berakhir dengan rusaknya part yang berjumlah 6 roller.

    4. Ciri roller sudah peyang, seperti belt yang performanya menurun. Saat grip gas dipelintir ada rasa ndut-ndutan.

    5. CVT bagian belakang juga bisa jadi pemicu roller pecah. “Bila kondisi kampas kopling sudah waktunya diganti namun tetap dipaksa pakai, bisa jadi pemicu pecahnya roller,” terang Hasan









    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/25/344993/207/27/Nih-Cara-Deteksi-Roller-CVT-Skutik-Rusak]Source[/URL]
    =========================================
    kalo di cuekin malah fatal akibat nya :keringat:
     
  20. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Ganti Sendiri Setang Honda CB150R, Gampang Bro!

    [​IMG]

    Jakarta - Musibah bisa datang kapan saja, termasuk kecelakaan seperti terjatuh dari motor. Mau pelan atau keras, tetap saja meninggalkan ‘jejak’ dimotor. Contohnya setang yang paling sering rusak, karena langsung membentur jalanan. Biasanya setang akan bengkok dan bikin susah mengendalikan motor.

    Untuk motor jenis skutik dan bebek harus bongkar cover setang dulu baru bisa memperbaiki setang jika masih bisa diperbaiki. Nah kalo motor sport semacam Honda CB150R StreetFire, Yamaha Byson, Honda Tiger, Yamaha Scorpio dan sejenisnya gimana tuh?

    “Kalo ini mau gak mau harus ganti karena kalo pipanya sudah bengkok gak bisa diperbaiki. Gantinya gak susah karena posisi setang lebih terbuka,” papar Opi, mekanik dari bengkel Ultraspeed Racing di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar. “Hampir semua motor sport proses ganti setangnya sama, kecuali yang pakai setang jepit,” tambahnya.

    Asyiknya harga setang orisinal motor-motor tadi mulai Rp 50 sampai Rp 100 ribuan. Setang Honda CB150R sendiri ada di kisaran Rp 50 ribuan. Proses pengerjaan coba dipraktikkan di Honda CB150R milik bengkel Ultraspeed Racing.

    1. Pertama lepaskan dulu switch kiri-kanan pakai obeng plus. Untuk sebelah kanan ingat posisi kabel gas supaya gampang pas pemasangan kembali

    2. Lepas 2 baut master rem pakai kunci T-8, kemudian bungkus master rem dengan kain supaya ketika menggantung gak membentur bodi yang bikin lecet

    3. Tarik handle bar end atau jalu setang berbahan plastik dan tarik keluar handgrip kiri. Handgrip kanan otomatis terlepas karena nempel di selongsong gas.

    4. Kendurkan 4 baut pegangan setang pakai kunci T-12. Tinggal pasang deh setang barunya. Pas pasang setang baru, baut dipasang dan kencangkan dengan cara menyilang biar kekencangannya rata








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/26/345029/226/27/Ganti-Sendiri-Setang-Honda-CB150R-Gampang-Bro]Source[/URL]
    =========================================
    pakai stang jangan terlalu nunduk :keringat:
     
  21. carlos_roy_fajarta M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    43,117
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +701,859 / -0
    [Info & Tips] Rawat Sakelar Rem Belakang, Modal Rp 15 Ribu Doang!

    [​IMG]

    Jakarta - Fungsi lampu rem sebagai sinyal kepada pengendara di belakang. Lampu ini akan aktif ketika kita menarik tuas rem depan dan menginjak rem belakang. Pada handel dan pijakan rem terdapat semacam sakelar yang akan mengaktifkan lampu rem ketika handel atau pijakan rem belakang ditekan.

    Karena usia pakai dan kotoran, sakelar ini terkadang suka ngadat. “Kalo untuk sakelar yang rem depan cukup disemprot pakai cairan pembersih saja,” papar Heri Prasetyawan dari Jaw’s Speed. Tapi lain cerita dengan saklar rem belakang.

    Bentuk sakelar rem belakang memanjang yang di bawahnya terdapat lubang untuk mengaitkan kawat yang terhubung dengan pijakan rem belakang. Karena posisinya yang agak nyempit dan dekat roda, maka sering kali kotor dan rusak.

    Yang paling gampang terlihat punya motor Yamaha dan Honda, kalo Suzuki seperti Satria F agak terpencil. “Mending diganti deh karena ini nyangkut soal safety juga,” saran Wawan, sapaannya. Harga sakelar rem belakang ini di bengkel non resmi sekitar Rp 15 ribu loh, murah meriah.

    Oiya, sakelar rem belakang ini hanya berlaku untuk motor sport dan bebek ya. Karena motor tipe skutik sakelar rem belakang juga berada di handel rem, jadi cara membersihkannya sama dengan sakelar rem depan.

    1. Ini dia contoh sakelar rem belakang, modelnya universal jadi bisa dipasang di motor merek apa saja asal tipe sport atau bebek. Lepaskan sakelar lama dari dudukan dan kawat pengubung pijakan rem, lalu pasang sakelar baru.

    2. Lepas dulu kabel sakelar rem belakang, cara mencarinya tinggal urut saja kabel yang nempel di sakelar dan lepaskan soketnya.

    3. Lepaskan saklar lama dari dudukan dan kawat penghubung pijakan rem, lalu pasang saklar baru.

    4. Kawat penghubung bisa disesuaikan lagi bentuk kaitnya, pastinya sakelar bergerak bebas ketika kawat tertarik. Atur lagi setingan ketinggian sakelar dengan cara diputar.








    [URL="http://motor.otomotifnet.com/read/2013/10/27/345035/208/27/Rawat-Sakelar-Rem-Belakang-Modal-Rp-15-Ribu-Doang]Source[/URL]
    =========================================
    awas rem gak berfungsi bahaya rem mendadak :awas:
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. lampu led motor modif

    ,
  2. per kampas kopling matic pendek sama panjang bedanya

    ,
  3. kelistrikan lampu rem pada motor scoopy

    ,
  4. harga bracket box new vixion,
  5. lampu led variasi untuk motor,
  6. cara meninggikan shock depan yamaha byson

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.