1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Indonesia Ingin Mengulang Kejayaan Militer Di Awal Kemerdekaan

Discussion in 'Military Interest' started by amedzjaksel, Oct 12, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. amedzjaksel Members

    Offline

    Joined:
    May 22, 2012
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +7 / -0
    Pada Tahun 1960-an, masa era kepemimpinan Presiden Pertama Indonesia Soekarno kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Pada saat itu indonesia menjadi anak emas Uni Soviet yang sedang terlibat perang dengan Amerika serikat dan sekutunya.

    Kejayaan militer indonesia saat itu juga disebabkan karena keberanian soekarno untuk mendukung komunis yang diusung Uni Soviet ketimbang ikut tunduk dalam cengkeraman Amerika Serikat dan sekutunya. Soekarno adalah pejuang sejati yang mampu memainkan strategi tepat dalam memajukan bangsanya dan hal tersebut benar-benar terbukti, sebab belum ada presiden setelah beliau yang mampu mengambil langkah strategi agar indonesia dipandang sejajar dengan negara lain.

    Kejayaan militer saat itu tidak dapat dipungkiri memang banyak dipengaruhi dengan pemikiran komunisme yang merupakan diakuinya indonesia sebagai negara merdeka seperti bangsa lain. Tetapi, paham komunis yang awalnya baik berubah menjadi huru-hara karena dilatarbelakangi permasalahan politik dan pelengseran paksa terhadap soekarno.

    http://1.bp.blogspot.com/-_s2rLP9Qm...00_1485484175063161_9127960729482398220_n.jpg

    Apapun itu kini saatnya indonesia kembali bangkit menjadi negara yang disegani di kawasan Asean. Presiden SBY pada HUT TNI ke 69 telah berupaya mempublikasikan kerja nyata dan upayanya dalam membangun militer indonesia yang disegani dunia. Dimulai dengan opening ceremony dan juga atraksi pesawat-pesawat militer yang jumlahnya 300an lebih pesawat, kapal perang, tank dan atraksi pasukan elite seperti paskhas, kopassus dan lainnya.

    Ini membuktikan kalau indonesia tidak main-main dalam mewujudkan militer terkuat di Asia. Bukan berarti indonesia diam tanpa action sama sekali tetapi pada HUT TNI kemarin membuktikan kalau apa yang kita duga selama ini tentang kelemahan militer indonesia sedikit terbantahkan.

    Kita tinggal menunggu pemerintahan selanjutnya, kira-kira langkah apa yang akan ditempuh demi membangkitkan sang macan asia. Jangan sampai, semua usaha yang dilakukan presiden SBY kali ini malah mendapat rintangan pada kepemimpinan presiden selanjutnya. MAJU TERU TNI, MAJU TERUS INDONESIA!!!


    Sumber : http://militaryanalysisonline.blogspot.com/2014/10/indonesia-ingin-mengulang-kejayaan.html#ixzz3Fsn6ShEF
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +615 / -11
    koq kayaknya ane sangsi yeh?

    ama singapore aja kalah kita teknologi kapal selam nya....

    pesawat militer juga masih dikit klo dibandingin sama luas wilayah indonesia.
    kapal induk waahhhh boro2 dah punya.
    kelas2 kapal drough aja kita ngga punya....punya nya buat nguber2 kapal nelayan doank....

    miriisss ane gan

    Jalesveva Jayamahe!
     
  4. alifebriyanto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2013
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +8 / -0
    Kejayaan militer indonesia saat itu juga disebabkan karena keberanian soekarno untuk mendukung komunis yang diusung Uni Soviet ketimbang ikut tunduk dalam cengkeraman Amerika Serikat dan sekutunya. <<< Mungkin ini salah satu alasan sukarno menjadi pudar pamornya dimata internasional dan akhirnya amerika terpaksa berbuat kotor?
     
  5. fuikisama MODERATOR

    Offline

    Saya innocent kaka~

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    18,175
    Trophy Points:
    258
    Ratings:
    +24,128 / -180
    Klo soal alutsista kita kalah jumlah n modern
    Maklum kendala dibiaya pembelian, perawatan, ma pembuatan


    Tpi klo skill prajuritnya sendiri TNI kita masih masuk 10 besar



    Sawachika [​IMG]
     
  6. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    mungkin jg om, gimana amerika engga takut kalo indo udah sepaham dgn ideologi kiri, indo berpotensi bersekutu sm soviet

    apa jadinya kalo soviet+china+indo bersekutu :hoho:
     
    Last edited: Dec 31, 2014
  7. dinginkale Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    jaman dulu kita punya 12 kapal selam..

    untuk kembali mengulang kejayaannya, tantangannya berat. mudah2an tahun 2015 sekarang ini banyak teken kontrak pembelian alutsista yang gahar.
     
  8. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    oot alusista :hehe:

    jadi ngedateng'in sukhoi su-35 engga sih kok blm ada kabarnya :iii:

    katanya su-35 kandidat pilihan pertama pengganti F-5
     
    Last edited: Jan 9, 2015
  9. dinginkale Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    itu pengennya panglima TNI yang kemaren, mantab sih kalo jadi ambil SU-35 tapi mahal dapatnya sedikit unit sedangkan pengganti F-5 itu lumayan banyak trus kebijakan impor alutsista sekarang mengutamakan yang mau kasih TOT.
    nah rusia mana mau kasih TOT kalo belinya dikit, kemungkinan besar penggantinya F-5 itu Grippen soalnya Saab mau kasih TOT kayak di Brazil.
     
  10. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    TOT jg cukup menggiurkan, dan track record saab dlm hal TOT jg cukup baik.... kalo soal anggaran gripen emg yg paling efisien dlm keuangan, gripen pasti lebih murah karena hanya menggunakan satu mesin, yang artinya biaya untuk suku cadang, perawatan, dan operasional juga akan setengah dari budjet pesawat dua mesin. dengan kemampuan sekelas F-16, Gripen punya biaya operasional/perawatan setengah dari biaya yang dibutuhkan oleh F-16
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jan 10, 2015
  11. sturmpolizei Members

    Offline

    Joined:
    Jan 15, 2015
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    paling ga lengkapin dulu armada kapal Bakamla, trus pada akhir masa pemerintahan Jokowi harapan saya ada destroyer pertama Indonesia didatangkan/dibuat.
     
  12. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    kalo yg itu udah pasti coz udah mau cair 1T buat produksinya :hehe:

    tp pengganti F-5 yg udah mau pensiun masih blm pasti :hoho:
     
    Last edited: Jan 15, 2015
  13. dinginkale Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6 / -0
    penggantian F-5 banyak kandidat yang bersaing, terakhir boeing coba masukin penawaran entah itu F-15 atau super hornet f-18
     
  14. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,792
    Trophy Points:
    243
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,603 / -0
    ngomongin soal armada tni...
    tahun lalu kan indonesia baru datengin 3 kapal jenis jelajah ya.... itu loh yang buatan inggris, yang pesenan brunei tapi nggak kepake.....
    yang beberapa dinamakan Kri Banda Aceh sama Kri Oesman-...... itu kan kemampuannya lumayan... tapi masih bisa beli tiga dulu.... belum tahu tahun ini gimana anggarannya.....:maling:





    ***** sent from serbet makan meja no 20 :nikmat:
     
  15. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    selain masalah anggaran ada faktor politis jg mempengaruhi, panglima udah 2X menyatakan “faktor politik juga akan menjadi pertimbangan” dalam pengadaan pengganti F-5,

    entah faktor politik yg d maksud apa :iii:
     
  16. bajakan007 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2012
    Messages:
    2,651
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +4,112 / -3
    ngelihat budaya korupsi yang lagi merajalela gini dan tiap ngeluarin dana buat kedunia militer
    selalu berlawanan ama kondusi masyarakat kita yang sekarang ini, ane jadi sangsi akan terwujud :malu
     
  17. Fairyfly MODERATOR

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    6,797
    Trophy Points:
    257
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,466 / -133
    bakal susah imo :iii:

    simpelnya gini sih, kebanyakan bijih besi n mineral kita diekspor ke negara2 luar. padahal kalo mau, itu bisa jadi aset buat PT PAL n PTDI ato LAPAN buat bikin kapal/pesawat/drone. masalahnya ujung2nya balik lagi ke anggaran deh.

    terus, indonesia tuh banyakan bikin angkatan darat. kalo tren militernya masih andelin pasukan darat, kayaknya bakal susah bikin kekuatan yang mumpuni di Asia (gak usah jauh2, ASEAN aja dulu). luas wilaayah Indonesia didominasi laut, jadi baiknya angkatan lautnya yang diperbanyak. angkatan udara n darat dibikin seimbang :iii:

    yah mudah2an aja inddonesia bisa punya kapal tipe cruiser lagi kayak dulu :doa:
     
  18. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,379 / -2
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    di kawasan asia tenggara laut udah lumayan, darat udara miris :iii:
     
    Last edited: Jan 17, 2015
  19. reiki86 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 5, 2011
    Messages:
    492
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,479 / -0
    Budget nya bro, masih sayang negara nih ngeluarin duitnya buat yang kaya ginian :iii:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.