1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News India Luncurkan Misi Pendaratan ke Bulan Pertamanya Pekan Depan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Jul 12, 2019.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    3,288
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +99 / -0
    Agensi luar angkasa India tengah bersiap-siap untuk meluncurkan misi ambisius Chandrayaan-2 mereka pada pekan depan dengan tujuan mendarat di lokasi dekat kutub selatan bulan yang selama ini belum tereksplorasi.


    [​IMG]
    Roket GSLV MK-III yang akan meluncurkan misi Chandrayaan-2 pada 15 Juli.

    Chadrayaan-2 akan meroket dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota yang terletak di barat daya India pada 15 Juli pukul 02.51 siang waktu setempat.

    Ini merupakan misi pengamatan bulan kedua dari Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) dan yang pertama untuk mendarat di bulan. Pendaratan ditargetkan terjadi pada 6 September.


    [​IMG]
    Roket GSLV MK-III yang akan meluncurkan misi Chandrayaan-2.

    Bila misi ini sukses, maka India akan menjadi salah satu dari empat negara yang sukses mendarat di satelit alami Bumi itu. Tiga negara lainnya adalah Amerika Serikat, Rusia, dan China.

    ISRO disebut memilih mengeksplorasi daerah di dekat kutub selatan bulan karena diperkirakan terdapat air di tempat yang merupakan bagian dari sisi gelap bulan itu, dengan tujuan berikutnya adalah membuka jalan bagi umat manusia untuk tinggal di bulan.


    [​IMG]


    Chandrayaan-2 juga diharapkan untuk memeriksa bagian dalam dari kawah-kawah di wilayah tersebut demi memperoleh pengertian lebih jauh akan evolusi bulan.

    Sisi gelap bulan (dark side of the moon) merupakan sisi dari bulan yang tak pernah terekspos cahaya dalam waktu lama, mengakibatkannya menjadi wilayah dengan iklim super dingin sehingga para ilmuwan percaya bahwa kemungkinan besar sisi gelap bulan menyimpan sisa-sisa peninggalan tata surya pada fase awal terbentuk.


    [​IMG]


    Chandrayaan-2 memiliki tiga modul, sebuah Orbiter, sebuah Lander yang disebut Vikram, dan sebuah Rover yang disebut Pragyan yang berarti "kebijaksanaan" dalam bahasa Sanskrit.


    [​IMG]
    Orbiter dalam Chandrayaan-2 akan memutari bulan dari jarak 100 kilometer dari permukaan.

    Sedangkan Vikram diambil dari nama Dr. Vikram A Sarabhai — orang yang disebut-sebut sebagai bapak program luar angkasa India. Vikram nantinya akan mendarat di sebuah dataran tinggi di antara dua kawah yang disebut Manzinus C dan Simpelius N.

    Dari sana, kendaraan robotik Pragyan akan menjelajahi permukaan bulan selama satu perputaran bulan atau dua minggu waktu Bumi.



    Sumber: Portal IDWS
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,002
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,077 / -0
    wow keren ya
    teknologinya maju
    indonesia kapan?
     
  4. SpidyZero M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 5, 2018
    Messages:
    216
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,058 / -0
    wah india semakin maju ya sekarang..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.