1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ikan Indonesia yang paling diburu Jepang utk Kepintaran dan Tinggi Badan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by roy_thea, Apr 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. roy_thea Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 7, 2010
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +164 / -0
    Jijik boleh-boleh saja. Tapi, jika tahu khasiatnya, orang bakal tak sempat membayangkan rasa jijiknya. Itulah yang biasa dialami orang ketika melihat ikan sidat alias anguilla. Badannya yang pipih memanjang sekilas mirip belut. Cuma, kalau lebih ditelisik, kepalanya ternyata berbeda. Bentuknya lebih mirip ikan lele yang ber-sungut dua. Ngerinya, pada umur setahun, bentuknya tak berbeda dengan ular. Panjangnya bisa mencapai 2-3 meter. Di Indonesia ikan ini dikenal dengan berbagai nama menurut bahasa daerah. Orang Betawi menyebutnya Moa, orang Sulawesi menyebutnya Sogili, orang Sunda menyebutnya Lubang, sementara ada juga yang menyebutnya Massapi. Dalam bahasa Indonesia ikan ini disebut ikan Sidat (anguilla sp.).

    Ikan sidat mempunyai banyak keunggulan. Konon, tekstur dagingnya yang lembut mampu menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Di Jepang dan Eropa, sidat digemari karena memiliki kandungan protein, terutama vitamin A. Kandungan vitamin A sidat 45 kali lipat dari kandungan vitamin A susu sapi. Kandungan vitamin B1 sidat setara dengan 25 kali lipat kandungan vitamin B1 susu sapi. Kandungan vitamin B2 sidat sama dengan 5 kali lipat kandungan vitamin B2 susu sapi. Dibanding ikan salmon, sidat mengandung DHA (Decosahexaenoic acid, zat wajib untuk pertumbuhan anak) sebanyak 1.337 mg/100 gram sementara ikan salmon hanya 748 mg/100 gram. Sidat memiliki kandungan EPA (Eicosapentaenoic Acid) sebesar 742 mg/100 gram sementara salmon hanya 492 mg/100 gram. Masih banyak lagi kandungan zat ajaib yang terkandung dalam tubuh sidat. Tak heran, di Eropa, Amerika, Taiwan, dan Jepang, konsumsi ikan sidat cukup tinggi.

    Tengoklah pasar ikan sidat sekarang. Kebutuhan dunia akan sidat saat ini sekitar 300.000 ton. Dan, khusus di Jepang, permintaannya mencapai 120.000 ton per tahun. Memang, Negeri Matahari Terbit juga membiakkan ikan jenis ini. Hanya, kini 75% di antaranya kudu diimpor lantaran benih di perairan Jepang kian menurun. Hebatnya lagi, dari 18 spesies sidat di dunia, tujuh di antaranya ada di Indonesia. Malah, diduga, nenek moyang ikan mirip belut ini berasal dari perairan Sulawesi.

    Makan ikan sidat atau dikenal dengan Unagi, bukanlah makanan biasa, tetapi termasuk termahal di resetoran Jepang sehingga bila kita dijamu dengan hidangan makanan tersebut, menunjukkan kita sebagai tamu terhormat. Unagi merupakan suguhan makanan bagi pertemuan pembisnis besar dan terkenal atau tokoh tokoh penting . Karenanya yang terlibat dalam bisnis sidat disana adalah perusahaan besar multi nasional seperti Mitsui, Marubeni, Ssasakawa dan lainnya dan perusahaan ini baru mau bekerjasama bila kita mampu memasok kontrak diatas 5.000 ton pertahun .

    Indonesia hingga saat ini belum mampu berbuat, walau ada 3 wilayah khusus di perairan kita sebagai tempat pengembangan telur ikan sidat yaitu Poso, Sorong Barat dan Pelabuhan Ratu.

    Ikan yang menjadi santapan kalangan elite di Jepang ini kini semakin diminati pebisnis di Indonesia. Apalagi dengan terbukanya pasar ekspor sidat ke negara-negara Asia Timur (Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Kini, permintaan sidat sangat tinggi baik di pasar lokal maupun pasar internasional. Sayangnya permintaan yang sangat tinggi tidak diimbangi oleh ketersediaan pasokan. Beberapa supermarket besar di Jakarta masing-masing membutuhkan sidat segar 3 ton perbulan sementara yang terpenuhi baru 10 persennya, inipun pasokannya tidak kontinyu. Ini belum terhitung kebutuhan restoran dan perusahaan-perusahaan pengolah hasil perikanan.

    Di Indonesia, keberadaan ikan ini gencar disosialisasikan oleh Agromania dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, seminar, dan workshop. Tanggal 28-29 Maret 2010 mendatang, Agromania akan mengadakan pelatihan mengenai ikan ini. Jika Anda ingin mengikutinya, Anda bisa daftar dari sekarang di PELATIHAN SIDAT agar tidak kehabisan tempat. (DARI BERBAGAI SUMBER)


    [​IMG]
    [video=youtube;H3BOa1MOp7o]http://www.youtube.com/watch?v=H3BOa1MOp7o&feature=player_embedded[/video]

    sorry kLo :repost: kLo ga keberatan :thx: :grp:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Wah ternyata mirip belut ya... Kirain ikan sidat itu apaan :???:
    Pantesan dari bentuknya kaya kenal.....tapi kepalanya kaya lele... :hihi:

    Kalo ini sih makanan kesukaan orang jepang banget...apalagi pas musim panas...
    makanan kaya akan protein nih... :top:
     
  4. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,784 / -0
    sidat itu bukannya hidup diperairan payau gitu kan... :???:
    gak bisa di air tawar tok...
    eh... gak tau juga deh...

    tapi bagus banget nih kalo dibudidayakan dan diexport...
    kalo udah gede bisa ampe 3 METER!!! :kaget:
    kayak uler banget...
     
  5. teiriz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +206 / -0
    oh belut ya ini...orang indo kurang suka makan belut cz masakan yang mengolah belut dikit sekali.palingan juga kalu makan belut orang kita cuma di goreng....moga para juru2 masak qt lebih sering menampilkan cara mengolah belut dari pada bolu,atau kue2an lainnya...
     
  6. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    Wah ada peluang bisnis lagi nih kayaknya...
    Tapi, mau-nggak mau harus pindah ke daerah yang dekat sama laut nih....

    Nice info gan...:top:
     
  7. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    Wah ada peluang bisnis lagi nih kayaknya...
    Tapi, mau-nggak mau harus pindah ke daerah yang dekat sama laut nih....

    Nice info gan...:top:
     
  8. silenceofryogi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 8, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +17 / -0
    hmmmm, gw orang sulawesi, dan mnurut gw rasa masakan ikan sidat ini top abizzz, ehehhehe
    mskipun pas ngliatin orang ngolah ni makhluk jd mkanan rada geli plus seremmm, tp kalo udah di piringg, psti rebutan:hahai:
     
  9. hapoki M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    agak geli juga ya ngeliat ikannya.. tapi kalo dah di masak mungkin rasa gelinya ilang.. hehehe
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.