1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Weapon IEDs (Improve Explosive Devices)

Discussion in 'Military Interest' started by Artanis, Apr 23, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    Maaf nich klo ane :repost:
    soalnya ane cari blom ada yang ngThread ini..

    Dari kemaren ane baca yang jadi jagoannya Tank ajja..
    gak adil dong klo gak ada tandingannya..:hmm:
    nah untuk itu ane mau info tandingannya yaitu IEDs (Improve Explosive Devices)
    ane mulai ajja dech..

    Improve Explosive Devices (IEDs )

    Sebuah alat peledak improvisasi ( IED ), juga dikenal sebagai bom pinggir jalan, adalah bom rakitan yang dibangun dan disebarkan dengan cara lain daripada aksi militer konvensional. Ini dapat dibangun bahan peledak militer konvensional, seperti putaran artileri, melekat pada mekanisme peledak.

    IEDs digunakan secara ekstensif terhadap pasukan koalisi dan pada akhir tahun 2007 mereka telah menjadi bertanggung jawab untuk sekitar 60 % dari kematian koalisi di Irak. IEDs juga digunakan di Afghanistan oleh kelompok pemberontak, dan menyebabkan lebih dari 70 % dari korban koalisi dalam Perang Afghanistan 2001 - sekarang.

    IEDs juga digunakan secara luas oleh kader dari organisasi pemberontak Macan Tamil ( LTTE ) terhadap sasaran militer di Sri Lanka sebelum LTTE itu dibongkar pada pertengahan tahun 2009 oleh pasukan militer Sri Lanka.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]




    Latar Belakang IEDs

    Perangkat peledak Istilah Improvised berasal dari Angkatan Darat Inggris di tahun 1970-an, setelah Tentara Republik Irlandia Sementara ( IRA ) bom yang digunakan terdiri dari pupuk pertanian dan Semtex diselundupkan dari Libya untuk membuat perangkat boobytrap sangat efektif atau bom dikendalikan dengan remote control. Sebuah IED adalah bom dan sejenisnya di improvisasi dengan cara menggabungkan destruktif, mematikan, berbahaya, bahan kimia piroteknik, atau pembakar dan dirancang untuk menghancurkan atau melumpuhkan orang atau kendaraan. Dalam beberapa kasus, IED digunakan untuk mengalihkan perhatian, mengganggu, atau menunda suatu kekuatan yang berlawanan, memfasilitasi jenis lain dari serangan. IED dapat memasukkan bahan peledak militer atau komersial - sumber , dan sering menggabungkan kedua jenis, atau mereka lain mungkin dibuat dengan bahan peledak buatan sendiri ( HME ).

    Sebuah IED biasanya terdiri dari bahan peledak (berpotensi dibantu oleh muatan booster), detonator, dan sistem inisiasi, yang merupakan mekanisme yang memulai muatan listrik yang set off perangkat. Sebuah IED dirancang untuk digunakan terhadap target seperti personel lapis baja atau tangki akan dirancang untuk penetrasi armor, dengan menggunakan baik muatan berbentuk atau penetrator eksplosif terbentuk. IED sangat beragam dalam desain, dan mungkin berisi banyak jenis pemrakarsa, detonator, penembus, dan beban ledakan. Anti-personil IED biasanya juga berisi objek pecahan peluru yang menghasilkan seperti paku atau bantalan bola ( dikenal sebagai confetti galangan kapal setelah limbah logam ditemukan di galangan kapal Belfast ). IED dipicu oleh berbagai metode, termasuk remote control, infra - merah atau magnet memicu, bar tekanan - sensitif atau kawat perjalanan. Dalam beberapa kasus, IED multiple kabel bersama dalam rantai - daisy , untuk menyerang sebuah konvoi kendaraan tersebar di sepanjang jalan raya.

    IED yang dibuat oleh desainer berpengalaman atau dengan bahan standar mungkin gagal meledak, dan dalam beberapa kasus benar-benar meledakkan baik pada pembuat atau emplacer perangkat ( ini yang tidak diinginkan ledakan awal dikenal sebagai pre - ledakan, " tujuan sendiri , " atau " diri - mengatasi penghapusan bom - tech " jika placer tersebut tewas dalam ledakan ). Beberapa kelompok, bagaimanapun, telah dikenal untuk menghasilkan perangkat canggih yang dibangun dengan komponen memulung dari amunisi konvensional dan komponen standar konsumen elektronik, seperti ponsel, mesin cuci timer, pager, atau pembuka pintu garasi. Kecanggihan dari IED tergantung pada pelatihan desainer dan alat dan bahan yang tersedia.

    IED dapat menggunakan artileri atau biaya tinggi peledak konvensional sebagai beban bahan peledak mereka serta bahan peledak buatan sendiri. Namun, ancaman itu ada yang biologi kimia beracun, atau radioaktif ( bom kotor ) bahan dapat ditambahkan ke perangkat, sehingga menciptakan efek yang mengancam nyawa lain di luar pecahan peluru itu, ledakan concussive dan api biasanya terkait dengan bom. Klor cair telah ditambahkan ke IED di Irak, memproduksi awan gas khlor.

    Sebuah kendaraan yang di pasangi IED, atau VBIED, adalah istilah militer untuk bom mobil atau bom truk. Ini biasanya digunakan oleh pembom bunuh diri, dan dapat membawa muatan yang relatif besar. Mereka juga dapat diledakkan dari lokasi terpencil. VBIEDs dapat membuat pecahan peluru tambahan melalui penghancuran kendaraan itu sendiri, serta menggunakan bahan bakar kendaraan sebagai senjata pembakar.


    Sejarah IEDs

    Salah satu contoh pertama penggunaan skala besar terkoordinasi IED adalah Belarusia Perang Rail diluncurkan oleh gerilyawan Belarusia melawan Jerman selama Perang Dunia Kedua perintah - diledakkan dan tertunda - sekering IED digunakan untuk menggelincirkan ribuan kereta Jerman selama 1943-1944.

    Vietnam
    IED digunakan selama Perang Vietnam dengan Viet Cong terhadap kendaraan darat dan sungai yang terbawa serta personil. Mereka umumnya dibangun menggunakan bahan dari artileri yang tidak meledak Amerika. Tiga puluh tiga persen korban AS di Vietnam dan 28 persen kematian secara resmi dikaitkan dengan ranjau, angka-angka ini termasuk kerugian yang disebabkan oleh kedua IED dan ranjau komersial yang diproduksi.

    Irlandia Utara

    Sepanjang itu Masalah, IRA Sementara menggunakan banyak IED di 1969-1997 kampanye mereka. Mereka menggunakan mortir buster barak dan IED remote control. Anggota perangkat PIRA dikembangkan dan kontra - dikembangkan dan taktik. Bom PIRA menjadi sangat canggih, yang menampilkan alat anti - penanganan seperti suatu saklar tilt merkuri atau microswitches. Perangkat ini akan meledakkan bom jika itu dipindahkan dengan cara apapun. Biasanya, perangkat keamanan - mempersenjatai digunakan adalah jarum jam Memopark timer, yang bersenjata bom lima menit setelah itu ditempatkan dengan melengkapi rangkaian listrik memasok daya ke perangkat anti - penanganan. Tergantung pada desain tertentu (misalnya tas boobytrapped atau bom mobil) sebuah sirkuit listrik independen diberikan kekuasaan untuk timer konvensional ditetapkan untuk waktu tunda yang dimaksud, misalnya 40 menit. Namun, beberapa penundaan elektronik yang dikembangkan oleh teknisi PIRA dapat ditetapkan secara akurat meledakkan bom minggu setelah itu tersembunyi, yang adalah apa yang terjadi dalam serangan bom hotel Brighton Tahun 1984. Awalnya, bom diledakkan baik oleh waktu atau dengan kawat perintah sederhana. Kemudian bom bisa diledakkan oleh kontrol radio. Awalnya, servos sederhana dari pesawat radio kontrol yang digunakan untuk menutup rangkaian listrik dan listrik untuk detonator. Setelah dikembangkan jammers Inggris, teknisi PIRA memperkenalkan perangkat yang diperlukan urutan kode radio berdenyut untuk mempersenjatai dan meledakkan mereka. Ini sulit untuk di selesaikan.

    Bom Roadside secara luas digunakan oleh IRA. Biasanya, sebuah bom pinggir jalan ditempatkan di saluran atau gorong-gorong di sepanjang jalan pedesaan dan meledak dengan remote control saat Angkatan Darat Inggris atau aparat keamanan lainnya kendaraan yang lewat. Sebagai hasil dari penggunaan bom tersebut, militer Inggris harus berhenti transportasi melalui jalan darat di daerah seperti Armagh Selatan, dan menggunakan transportasi helikopter sebagai gantinya. Pada 1980-an dan 1990-an, semua gorong-gorong yang dilas dan tertutup, sehingga bahan peledak tidak bisa ditempatkan di dalamnya.

    Kebanyakan IED yang digunakan adalah bahan peledak komersial atau buatan sendiri, walaupun penggunaan Semtex - H diselundupkan dari Libya pada tahun 1980an juga biasa dari pertengahan tahun 1980-an dan seterusnya. Disposal Bom tim dari 321 EOD diawaki oleh Amunisi Teknisi dikerahkan di daerah untuk menghadapi ancaman IED.

    Pada awal 1970-an, pada puncak kampanye PIRA, unit Tentara Inggris bertugas dengan rendering IED aman, 321 EOD, berkelanjutan korban signifikan ketika terlibat dalam operasi pembuangan bom. Angka kematian ini jauh lebih tinggi dibandingkan pekerjaan lainnya yang berisiko tinggi seperti menyelam laut dalam, dan pemeriksaan yang seksama itu terbuat dari bagaimana pria yang dipilih untuk operasi EOD. Review ini merekomendasikan tes psikometri membawa tentara untuk memastikan bahwa mereka telah memilih persiapan mental yang benar untuk tugas pembuangan resiko bom tinggi.

    IRA datang dengan desain yang semakin canggih dan penyebaran dari IED. Booby Trap atau Korban Dioperasikan IED (VOIEDs) adalah biasa. IRA terlibat dalam pertempuran terus-menerus untuk menang dalam peperangan elektronik dengan perangkat remote control. Perubahan yang cepat dalam pembangunan menyebabkan 321 EOD untuk mempekerjakan spesialis dari Dera (sekarang diprivatisasi ke QinetiQ), yang Sinyal Royal, dan Intelijen Militer. Pendekatan multi - unit mengarah ke pengembangan dan penggunaan sebagian besar peralatan, senjata modern dan teknik yang sekarang digunakan oleh EOD Operator sepanjang sisa dunia.

    Afghanistan

    Mulai enam bulan sebelum invasi ke Afghanistan oleh Uni Soviet pada tanggal 27 Desember 1979, Mujahidin Afghanistan disuplai dengan jumlah besar pasokan militer dari Amerika Serikat. Di antara mereka persediaan adalah berbagai jenis ranjau anti - tank. Para pemberontak sering memindahkan bahan peledak dari beberapa ranjau anti - tank asing, dan mengkombinasikan bahan peledak di kaleng goreng - minyak, untuk ledakan yang lebih kuat. Dengan menggabungkan bahan peledak dari beberapa tambang dan menempatkan mereka dalam kaleng timah, para pemberontak membuat mereka lebih kuat, tapi kadang-kadang juga lebih mudah untuk mendeteksi dengan sappers Soviet menggunakan detektor tambang. Setelah IED diledakkan, para pemberontak sering digunakan senjata api langsung seperti senapan mesin dan granat roket untuk melanjutkan serangan.

    Pemberontak Afghanistan operasi jauh dari perbatasan dengan Pakistan tidak memiliki persediaan siap ranjau anti - tank asing. Mereka lebih memilih untuk membuat IED dari Soviet artileri yang tidak meledak. Perangkat jarang dipicu oleh sekering tekanan. Mereka hampir selalu jarak jauh diledakkan. Sejak invasi 2001 di Afghanistan, Taliban dan pendukungnya telah menggunakan IED terhadap NATO dan kendaraan militer dan sipil Afghanistan. Hal ini telah menjadi metode yang paling umum dari serangan terhadap pasukan NATO, dengan meningkatnya serangan IED konsisten dari tahun ke tahun.

    Pada bulan Januari 2010, dilaporkan oleh para ahli militer pejuang Taliban telah mengembangkan generasi baru IED, yang akan hampir tidak terdeteksi, karena tidak memiliki logam atau komponen elektronik. Keahlian untuk generasi baru ini kemungkinan berasal dari pejuang asing dan perangkat yang diproduksi massal di Pakistan pada tingkat industri. Sebelum ini perkembangan baru, IED akan sebagian besar dipicu oleh dua bilah hack - melihat dipisahkan dengan menggunakan spacer. Menginjak atau mengemudi selama pisau ini akan menutup sebuah sirkuit elektronik yang begitu meledakkan bahan peledak - sering kali merupakan shell artileri.

    Dalam model baru, logam gergaji ini telah diganti dengan bilah grafit dan artileri dengan amonium nitrat. Kerusakan tersebut kemudian disebabkan oleh kekuatan ledakan bukan oleh fragmen logam, atau pecahan peluru.

    Menurut sebuah laporan oleh Homeland Security Market Research di Amerika Serikat , jumlah IED digunakan di Afghanistan telah meningkat sebesar 400 persen sejak 2007 dan jumlah tentara dibunuh oleh mereka dengan 400 persen, dan mereka yang terluka oleh 700 persen. Telah dilaporkan bahwa IED adalah nomor satu penyebab kematian di antara pasukan NATO di Afghanistan.

    Seorang komandan brigade mengatakan bahwa anjing pelacak adalah cara yang paling dapat diandalkan untuk mendeteksi IED. Anjing deteksi peledak adalah cara yang telah terbukti menjadi indikasi dan deteksi IED 'S, dengan hasil yang bagus.

    [​IMG]


    Libanon

    Hizbullah menggunakan banyak IED untuk menyerang pasukan Israel setelah invasi 1982 Israel atas Libanon. Israel mundur dari sebagian besar Libanon pada tahun 1985 namun masih terus pasukan ditempatkan di zona penyangga di Libanon selatan. Hizbullah sering menggunakan IED untuk menyerang kendaraan Israel di daerah ini sampai penarikan Israel bulan Mei 2000.

    Salah satu bom tersebut menewaskan Brigadir Jenderal Erez Israel Gerstein pada tanggal 28 Februari 1999, peringkat tertinggi Israel untuk mati di Libanon sejak kematian Yekutiel Adam pada tahun 1982. Juga dalam konflik Israel - Libanon 2006, Merkava Mark II tank dihantam IED pra - posisi Hizbullah, menewaskan 4 prajurit IDF di papan tulis, yang pertama dari dua IED untuk merusak tangki Merkava.

    [​IMG]



    Chechnya

    IED juga telah populer di Chechnya, di mana pasukan Rusia terlibat dalam pertempuran dengan unsur-unsur pemberontak. Meskipun tidak ada statistik pasti yang tersedia mengenai hal ini, bom telah menyumbang banyak kematian Rusia di kedua Perang Chechnya Pertama (1994-1996) dan Kedua (1999-2008 ).

    Irak

    Dalam Perang Irak 2003-2010, IED telah digunakan secara ekstensif terhadap pasukan koalisi dan pada akhir tahun 2007 mereka telah bertanggung jawab untuk setidaknya 60 % dari kematian koalisi di Irak.

    Awal pada bulan Juli 2003, pemberontakan Irak digunakan IED untuk menargetkan kendaraan koalisi. Menurut iCasualties.org , pada November 21, 2007 sekurang-kurangnya 50 % dari Koalisi korban jiwa dalam Perang Irak disebabkan oleh IED. Menurut Washington Post, 63 % dari kematian AS di Irak terjadi karena IED. Sebuah studi Prancis menunjukkan bahwa di Irak, dari bulan Maret 2003 sampai dengan November 2006, pada 3070 kematian global dalam tentara Koalisi pimpinan Amerika , 1.257 disebabkan oleh IED , yaitu 41 % . Artinya lebih dari dalam " perkelahian normal " (1027 mati , 34 %). Pemberontak sekarang menggunakan bom untuk menargetkan tidak hanya kendaraan Koalisi, namun polisi Irak dan transportasi sipil juga.

    Lokasi umum untuk menempatkan bom tersebut di lapangan termasuk bangkai hewan, kaleng minuman ringan, dan kotak. Biasanya mereka meledak di bawah atau ke samping kendaraan menyebabkan jumlah maksimum kerusakan, namun, seperti kendaraan lapis baja ditingkatkan pada kendaraan militer, pemberontak menempatkan IED mulai dari posisi tinggi seperti pada rambu-rambu jalan, tiang listrik, atau pohon, di untuk mencapai daerah yang kurang dilindungi.

    IED di Irak dapat dilakukan dengan peluru artileri atau mortar atau dengan berbagai jumlah besar atau bahan peledak buatan sendiri. Awal selama perang Irak, sebagian besar bahan peledak yang sering didapat dari bunker amunisi disimpan untuk memasukkan ranjau darat pengupasan bahan peledak mereka.

    Meskipun baju besi meningkat, IED telah membunuh personel militer dan sipil dengan frekuensi yang lebih besar. Mei 2007 adalah bulan paling mematikan bagi serangan IED sejauh ini, dengan 89 dilaporkan dari 129 korban Koalisi berasal dari serangan IED. Menurut Pentagon, 250.000 ton ( 650.000 ton dari total) persenjataan Irak dijarah, menyediakan besar pasokan amunisi untuk para pemberontak.

    Pada bulan Oktober 2005, Pemerintah Inggris menuduh bahwa Iran memasok pemberontak dengan teknologi tahu -cara membuat biaya berbentuk IED 's Kedua pejabat pemerintah Iran dan Irak menyangkal tuduhan.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]


    Amerika

    Pada bulan Januari 2011, sebuah bom berbentuk pipa ditemukan dan dijinakkan di sebuah pawai peringatan Martin Luther King Jr di Spokane, Washington. FBI mengatakan bahwa bom itu khusus dirancang untuk menyebabkan kerusakan maksimum dan mungkin telah rasial termotivasi. Tidak ada yang terluka selama acara tersebut.


    SUMBER http://en.wikipedia.org/wiki/Improvised_explosive_device



    gak nolak kok klo di kasi :grp: :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 6
    • Like Like x 1
    Last edited: Aug 16, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kampredh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    duh translate-annya gan . . .
    bahaya mana sama fosfor putihnya israel?
     
  4. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    Klo Fosfor putih itu sejenis bom cluster yang di tembakkan dari heli dan sasaran utamanya adalah personil..
    klo IEDs itu bom rakitan yang sasarannya adalah personil, kendaran tempur dan tank..(bahkan tank terkuat sekalipun)

    Jadi klo di bandingkan bahaya mana, ya dua2nya juga sangat berbahaya dan mematikan..:takut::iii:
    yang namanya bom itu di buat untuk menghancurkan..:fufufu:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. kenjiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    1,513
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,090 / -0
    oh baru tau ane kalo IEDs itu Bom pinggir jalan
    IEDs ini yg bisa bikin tank jadi ringsek kan
     
  6. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    yupz betul..betul..betul..:hmm:
    dan tentunya kerugian material yang tidak sedikit...:haha:
     
  7. GloriamSathanas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    IED = improvised explosive device = homemade bomb.
     
  8. Fallen_Angelz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    buset :apa:..
    ledakany gede bgt g tanggung2 bisa bwat tank ancur...
    tp ini bomny bwat pinggir jalan :swt:..
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    wlopun bom pinngir jalan.,
    tpi lmyn sangat ditakuti dan bikin musuh :panik: :haha:
     
    Last edited: Apr 25, 2011
  10. quro_one M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    577
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +124 / -0
    kyk nya udah banyak bukti tuh di negara kita ini.. :takut:
     
  11. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    betul,gan.. setuju..
    mmg mnurut yg teknologi nya cnggih., mngkin ranjau adalah snjata pralatan perang yg udah ktinggala.,
    bs dibilang primitif mnurut U*A, tpi knyataan nya tank yg diklaim terkuat yg pernah ada (waktu dulu, skrg udh nggak) israel ajja bs dibuat ringsek dan terbalik tak berkutik. dan ranjau sifat nya mudah dimodifikasi..
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Apr 25, 2011
  12. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    wew. klo di jakarta banyak ranjau darat (ranjau paku). apalagi di jalan protokol.:hehe:
    persamaan IEDs dan ranjau paku= sama2 merusak kendaraan.
    bedanya klo IEDs ngerusak seluruh kendaraan, klo ranjau paku mgerusak ban. :hehe:
    :peace:
     
  13. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    gak di jakarta ajja kali..
    tapi ada benernya juga tuh perbedaannya...:haha:
     
  14. Drei M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    1,676
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,391 / -0
    baru tau kalau namanya tu IEDs
    taunya namanya ranjau darat:haha:
     
  15. rahmadpoetra M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,382 / -0
    kayak ranjau ya gan..... :???:
    ngeri juga ya ledakannya :takut:

    walaupun gitu
    yg nuklir still the best
     
  16. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    iya Ranjau Darat cuma Explosivenya powerfull..
    bayangin ajja Tank ajja bisa berantakan..:hmm:
    klo di bandingin ma nuklir ya iyalah nuklir stil the best..:lol:
     
  17. dyelewer M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,134
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,062 / -0
    [​IMG]

    waduh.. gila bener tuh ledakannya,,
    jadi inget film hurt locker..
    :iii:

    btw kalo IEDs ini ga ada radiasinya kaya nuklir kan..
    jadi cuman senjata doang bukan pembantai..
     
  18. easyvalen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    1,830
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,082 / -0
    setahu ane sih cuman meledak doank.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  19. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    yupz..betul banget..:elegan:
    IEDs di rancang buat menghancurkan ajja tanpa ada radiasi apapun..:onion-86:
     
  20. joe_cfu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    132
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,574 / -0
    buset dah ampe tank aja ancur kaya' gitu.. :swt:
     
  21. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,613
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,682 / -1
    Ya gitulah hebatnya IEDs..
    walopun kuno tapi mematikan..:cerutu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.