1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lounge IDWS Health Center 4th : ENDOSCOPY

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by udhienbong, Apr 12, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,403
    Trophy Points:
    338
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,782 / -2
    Welcome To IDWS Keep Up Your Health Lounge

    [​IMG]

    RULES




    Lounge = Ruang santai . So kalau mau ada yang OOT, ato mau diskusi santai It's Ok ~ It's Lounge

    Dilarang Dobel post, tri Post, dst dengan sengaja, Biasakan pake Multiquote

    Di harapkan tidak membawa/Menyinggung SARA dalam diskusi (Suku, Agama, Ras Dan Antar Golongan)

    Di harapkan Berbicara yang sopan dan santun

    No spam, no troll, no bot dan saling menghormati sesama member

    ]Reset setiap 100 page & S berikutnya adalah member yang ngepost pada postingan yang ke #999

    Setiap TS diharapkan menyiapkan materi yang berhubungan dengan kesehatan untuk lounge selanjutnya,
    jadi ketika ada lounge baru, TS baru hanya perlu mengcopy dan begitu seterusnya
    Format penulisan loungenya = IDWS Health Center ( Part ) : Judul Materi


    NB : Rules bisa diubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan thread dan perkembangan SF Intensive Health Unit


    Pengunjung Lounge sebelumnya ( Gazebo Klinik IDWS - Part III -)

    Total Posts
    1,302 Who Posted?



    Show Thread & Close Window

    Page generated in 0.1422 seconds with 8 queries.




    Teori dan Teknik Endoscopy
    [​IMG]


    DEFINISI DAN PRINSIP DASAR ENDOSCOPI

    Endoscopi ialah suatu tindakan yang memungkinan dokter untuk melihat kedalam saluran atau bagian dalam tubuh, melakukan proses pemeriksaan terhadap struktur internal dengan menggunakan suatu alat yang fleksibel. Secara harfiah Endoscopi artinya adalah melihat kedalam, yang dalam hal ini berarti melihat kedalam tubuh manusia untuk suatu alasan medis. Endoscopi adalah suatu alat yang menggunakan sistem fiberoptik dengan sistem pencahayaan yang memungkinkan visualisasi kedalam bagian tubuh tertentu.

    Endoscopi modern dimulai dengan dikembangkannya Endoscop Fiberoptic dan pada perkembangan selanjutnya dengan munculnya Video Chip Endoscope.
    Prinsip dasar secara umum Endoscope Flexible ialah meliputi :
    • Control Head
    • Flexible Shaft yang dilengkapi denngan manoeverable tip.
    • Head sendiri yang dihubungkan dengan sumber cahaya via umbilical cord dan melalui saluran yang lain akan mengalirkan udara / air, Suction dan sebagainya Saluran suction juga bisa dipakai untuk memasukkan alat diagnostic seperti forsep biopsy dan alat- alat perlengkapan terapeutic yang lain.
    Prinsip dasar dari Endoscop fibre-optic ialah merupakan kumpulan serat fibre-optic yang berdiameter 2-3 mm dan berisi sekitar 20.000 - 40.000 fibre-glass yang halus dengan diameter 10 micro meter. Sinar yang berasal dari sumber cahaya ditransmisikan melalui refleksi internal secara sempurna sampai kebagian distal sampai ke obyek yang akan dilihat. Masing-masing fibre-optic masih diliputi lapisan glass dengan optical density yang lebih rendah sehingga dapat menghindari kerusakan akibat sinar yang melewati bagian dalam fibre tapi lapisan ini tidak menghantarkan sinar disamping itu masih ada ruang antar fibre yang memberikan bayangan gelap yang menyerupai jala kecil-kecil yang biasa muncul pada gambar. Hal ini agak berbeda dengan bayangan dari lensa yang rigid. Suatu keuntungan fibreoptic ini adalah sangat fleksible walaupun alat dalam keadaan membelok maksimal tanpa mengurangi kualitas gambar. Pada instrumen modern lensa bagian distal yang terfokus pada obyek betul-betul terfixasi. Kedalaman fokus obyek yang dapat diamati ialah 3mm sampai dengan 10-15cm. Bayangan gambar ini direkonstruksi pada ujung distal alat dan diteruskan kemata melalui suatu lensa yang dapat diatur menyesuaikan individu masing-masing.

    Prinsip dari Video Endoscope menyerupai fibre-endoscope tapi disini menggunakan CCD(Charged Couple Device)Chip dan elektronik pembantu yang diletakkan Diujung distal(tip). CCD Chip tersusun oleh 33.000-100.000 buah photo Cell (pixel) sebagai penerima photon yang dipantulkan kembali dari permukaan mukosa. CCD yang biasa hanya bisa memberikan respon tentang derajat gelap-terang belum bisa memberikan respon terhadap warna, sedangkan CCD Colour mempunyai extra pixel yang bisa menyerap spectrum warna sehingga pixel hanya berespon terhadap sinar dari warna tertentu. Sistem CCD ini dapat dibuat lebih kecil dengan kemampuan resolusi yang tinggi sehingga memberikan gambar yang lebih baik.

    PERBNDINGAN ANTARA VIDEO-ENDOSCOPE DAN FIBRE-ENDOSCOPE

    Kualitas gambar dari Video-Endoscope dibanding dengan Fibre-Endoscope saat ini adalah sebanding baik dalam hal warna maupun resolusinya. Namun demikian teknologi fiberoptik sudah mencapai titik maksimal karena diameter fiber yang lebih kecil dari 6-8µm. Akan menyebabkan kehilangan transmisi sinar secara massive, tapi dengan sistem pixel yang berukuran 10µm seperti pada CCD saat ini apabila diameter bisa diturunkan lagi yang berarti jumlah pixel bisa ditingkatkan maka akan meningkatkan resolusi.

    SEJARAH PERKEMBANGAN ENDOSCOPI

    Sejarah perkembangan Endoscopi Gastrointestinal dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu:
    1. Sejarah perkembangan Endoscopi diluar negeri
    2. Sejarah perkembangan Endoscopi di Indonesia
    Sejarah Perkembangan Endoscopi diLuar Negeri

    Bidang Endoscopi meliputi: Esofagoscopi, Gastroscopi, Duosenoscopi, Panendoscopi (Gastrointestinal Endoscopi), Rektosigmoidoscopi, Colonoscopi, Laparoscopi atau Peritoneoscopi dan Coledokoscopi.

    Khusus sejarah Gastrointestinal Endoscopi dibagi 3 periode:
    • Periode Endoscop kaku yang diperkenalkan oleh Bozzini (tahun 1795) untuk melihat rektum dan uterus dengan penyinaran dari lilin. Pada tahun 1868 Kussmaul memperkenalkan pertama dari bahan logam yang pada tahun 1881 disempurnakan oleh Mikulicz. Pada tahun 1868 Bevan memperkenalkan Esofagoscop. Pada tahun 1902 Tuttle memperkenalkan Rektosigmoidoscop pertama. Pada tahun 1901 Ott memperkenalkan Peritoneoscop pertama kali.
    • Periode Endoscop Semi Fleksibel(1932-1958) Pada tahun 1932 Schindler W,memperkenalkan Gastroskop semi fleksibel yang pertama kali. Pada tahun 1939 di sempurnakan oleh Henning, selanjutnya tahun 1941 Eder Palmer membuat Gastrop dengan diameter 9mm dan tahun 1948 Benedick membuat Gastrop yang dilengkapi alat biopsi.Tahun 1950 Uji membuat gastrokamera dengan microfilm.
    • Periode Endoscop Lentur(Fleksibel Endoscope) Pada tahun 1958 Hirschowitz mendemonstrasikan Gastroduodenal Fiberscope buatan ACMI. Pada tahun 1962 Olympus Co dari Jepang membuat gastrokamera dikombinir dalam fiberscope yang disebut GTF. Pada tahun 1970 di Jepang dilakukan pemeriksaan Endoscopi di TV(Television-Endoscopy). Pada tahun 1963 dibuat Rectosigmoidoscopi serat optik oleh ACMI sepanjang 50-60cm. Pada tahun 1968 Olympus Co membuat Colonoscop serat optik 105 cm dan 185cm. Perkembangan selanjutnya pada tahun 1984 diperkenalkan Video Endoscop Yang tidak lagi menggunakan serat optic tapi menggunakan microelectronic yang maju sehingga dapat diperoleh image dengan resolusi tinggi. Perkembangan selanjutnya Endoscop Gastrointestinal tidak hanya digunakan sebagai sarana terapeutik Misalnya : Pengambilan benda asing, skleroterapi, menghentikan perdarahan,polipektomi dll.
    Sejarah Perkembangan Endoscopi di Indonesia
    Perkembangan Endoscopi di Indonesia juga diawali dengan penggunaan Endoscop kaku yang kemungkinan sudah dimulai sejak sebelum Perang Dunia II yaitu dengan alat Rektosigmoidoskopi, sedangkan Gastroskop kaku belum pernah dilaporkan penggunaannya di Indonesia. Pada tahun 1958 Pang mempelopori penggunaan Laparoscopi tanpa kamera. Pada tahun 1967 gastroscop setengah lentur pertama kali digunakan di Indonesia oleh Sumadibrata, baru selanjutnya gastroskop lentur (Olympus GTFA) dipakai oleh Supardiman diRSUD Dr.Hasan Sadikin Bandung(1971) dan oleh Simadibrata di RS.Cipto Mangunkusumo Jakarta. Selanjutnya berdirilah Perhimpunan Endoscopi Gastrointestinal Indonesia (PEGI) pada tahun 1974 yang diketuai oleh Pang.

    Kolonoskop lentur pertama kali dipakai di Indonesia oleh Hilmy dkk (1973) dan selanjutnya dilaporkan polipektomi endoscopik pada polip kolon. Skleroterapi endoscopik dilaporkan pertama kali oleh di Indonesia oleh Hilmy dkk (1984) dengan penyuntikan ethoxy sclerol.

    Pada tahun 1984 Rani dkk melakukan kauterisasi Endoscopik terhadap 3 pederita striktur Esofagus. Bila kita ikuti sejarah perkembangan Endoscopi di Indonesia maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemakaian Endoscop di Indnesia menyerupai penggunaan Endoscop di Luar Negeri.

    PERAWATAN ENDOSCOPI


    [​IMG]
    Alat Endoscop merupakan alat yang canggih dengan harga yang cukup mahal. Perawatan Endoscop beserta kelengkapannya merupakan salah satu faktor penting didalam menunjang keberhasilan tindakan Endoscopi dan mempertahankan alat tetap awet dan tidak mudah rusak.

    Konsep pemeliharaan alat meliputi hal berikut :
    1. Handling Alat
      Alat harus diperlakukan dengan halus dan penuh kasih sayang. Tahapan yang harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk mencegah kerusakan alat dimulai dari cara mengambil alat dari lemari penyimpanannya, membawa alat ke tempat pemeriksaan, meletakkan alat pada sandaran Endoscop atau meja pemeriksaan, memasang alat pada sumber cahaya, saat memulai tindakan, waktu manuver, observasi dan waktu menarik alat dari pasien, melepas alat dari sumber cahaya, membersihkan alat, mengeringkan serta mengembalikannya lagi ke lemari penyimpanan.
    2. Peyimpanan
      Tempat penyimpanan alat harus mempunyai suhu konstan di bawah 20ºC. Kelembaban diusahakan stabil dengan memelihara silica gel yang harus selalu diganti, bebas jamur dan bakteri. Lemari penyimpanan Endoscop didesain sesuai kebutuhan, sandaran dibuat dengan kemiringan 60º dengan dilapisi peredam untuk melindungi dari benturan sewaktu mengambil dan meletakkan Endoscop.
    3. Pembersihan
      Pembersihan alat endoscop melalui 3 tahapan yaitu: pembersihan, desinfektan dan steril. Hati-hati terjadi kontaminasi infeksi yang sering terjadi pada paska skleroterapi. Oleh karena itu perlu tindakan pembersihan yang baik. Kelalaian pada proses ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi paska tindakan.

    RUANG DAN SARANA KEDARURATAN PEMERIKSAAN ENDOSCOPI

    [​IMG]
    Tindakan Endoscopi dimasukkan kedalam tindakan medik invasif sehingga diperlukan lokasi atau ruangan alat-alat dan obat-obatan yang memadai, memenuhi persyaratan minimal untuk memantau pasien sebelum, selama dan sesudah pemeriksaan atau tindakan Endoscopi.

    Ruangan

    Ruangan yang baik memerlukan lokasi yang mudah dijangkau dari rawat Jalan dan rawat inap serta dekat dengan ruang ICU. Ruangan cukup luas untuk dapat melakukan semua pemeriksaan atau tindakan-tindakan dibidang Endoscopi, bersih dan semi steril, mempunyai pengatur suhu (air conditioner) sehingga suhu sejuk dan tidak membuat Endoscopist merasa jenuh, serta dapat bekerja dengan nyaman.

    Kelengkapan yang harus dipenuhi antara lain :
    • Ruang pencucian, desinfektan, sterilisasi alat Endoscopi.
    • Ruang penyimpanan alat dengan Lemari penyimpanannya.
    • Ruang pemulihan penderita untuk sebelum dan sesudah tindakan Endoscopi.
    • Kamar mandi/WC.

    Sarana Kedaruratan

    Sarana Kedaruratan harus tersedia untuk mengatasi efek samping maupun komplikasi yang terjadi. Alat-alat dan obat-obatan yang diperlukan adalah:
    a) Tingkat standar untuk Endoscopi Diagnostik
    • Stetoskop
    • Tensimeter
    • Infus set, abocath, disposible spuit 2,5cc; 5cc; 10cc; 20cc; dan 50cc
    • Selang nasogastrik
    • Gudel
    • Cairan NaCL 0,9%; D5%; RL; Plasma Expander
    • Obat-obatan: Adrenalin, Dexamethasone/Kortison, Anti Histamin Parenteral, Sulfas Atropin
    • Oksigen
    • Venflon
    b) Tingkat pelayanan lanjutan/terapeutik, peralatan standar ditambah dengan:
    • Pulse Oxymeter
    • Set Venaseksi
    • Kateter
    • Resusitasi set, Ambu Bag, Endotracheal Tube
    • Monitor EKG
    • Somatostatin/Vasopresin/Octreotide
    • Dopamine

    TEKNIK ENDOSCOPI

    Teknik Endoscopi dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu diagnostik dan Terapeutik. Pemeriksaan Saluran Cerna Bagian Atas disebut esofago Gastro Duodenoscopi (EGD) dan Saluran Cerna Bagian Bawah disebut kolonoscopi.

    Esofagogastroduodenoscopi (EGD)
    a. Diagnostik
    Esofagogastroduodenoscopi (EGD) dan biopsi

    b. Terapeutik:
    • Skleroterapi dan ligasi varises esofagus
    • Skleroterapi histoacryl varises esofagus
    • Pemasangan stent esofagus
    • Pemasangan flowcare
    • Pemasangan Percutaneus Endoscopic Gastrostomy(PEG)
    • Dilatasi esophagus dengan busi Savary-Guillard
    • Polipektomi polip esofagus, gaster dan duodenum
    • Hemostatis endoscopi (perdarahan non varises : adrenalin + aethoxysclerol, berryplast endoclip dll).
    • Endoscopic Mucosal Resection(EMR)
    • Terapi laser pada tumor, perdarahan dll.
    c.Indikasi
    • Perdarahan saluran cerna bagian atas (SCBA)
    • Dispepsia
    • Disfagia
    • Odinofagia
    • Nyeri Epigastrium Kronis
    • Kecurigaan Obsruksi Outlet
    • Survey Endoscopi curiga keganasan
    • Nyeri dada tak khas
    d.Kontra Indikasi Absolut:
    • Tidak kooperatif
    • Psikopat
    • Alergi obat premedikasi
    • Syok
    • Infark miokard akut
    • Respiratori distress
    • Perdarahan masif
    e.Kontra indikasi Relatif
    • Kelainan kolumna vertebralis
    • Gagal jantung
    • Sesak nafas
    • Gangguan kesadaran
    • Infeksi akut
    • Aneurisma aorta torakalis
    • Tumor Mediastinum
    • Stenosis esofagus
    • Gastritis korosif akut
    • Gastritis flegmonosis
    f.Persiapan Pasien
    • Pendekatan dan motivasi pasien sekaligus“Informed Consent”, sambil diterangkan mengenai kegunaan pemeriksaan,jenis pemeriksaan yang akan dikerjakan, serta keadaan-keadaan yang mungkin dirasakan pada waktu diperiksa seperti kembung, mual, sedikit rasa tak nyaman dsb. Diterangkan kemungkinan terjadi komplikasi meskipun jarang.
    • Puasa tidak makan tetapi dapat minum obat yang diperlukan, paling tidak 6 jam sebelum pemeriksaan.
    • Gigi palsu dan kacamata dilepas.
    • Dilakukan penyuntikan xylocain spray pada tenggorokan.
    • Bila perlu dilakukan penyuntikan obat.
    • Cara menelan dan bernafas panjang diampilkan pada waktu pemeriksaan.
    • Berbaring dengan posisi miring kekiri,tangan kiri dibawah bantal dan tangan kanan diatas paha kanan.
    g.Premedikasi
    • Tidak selalu diberikan dan hanya diberikan pada pasien yang sensitif. Sedasi diberikan diazepam 5-10mgiv/im atau midazolam 2,5mgiv Dapat juga diberikan pethidin 0,5-1mg/kg bb iv 30 menit sebelum pemeriksaan
    • Gascon 15cc peroral 5-10 menit sebelum tindakan
    • Sprai xilocain 10% merata keseluruh faring,uvula dan hipofaring
    • 5-10 menit sebelum pemeriksaan.
    h.Penyulit
    • Perforasi
    • Perdarahan
    • Gangguan kardio pulmoner
    • Reaksi obat-obatan
    • Penularan infeksi
    • Pneumonia aspirasi
    • Instrument Impaction
    i.Perawatan Pasca Endoscopi
    • Pasien boleh makan dan minum setelah 1-2jam pasca endoscopi untuk menghindari aspirasi
    • Bila pasien diberi sedasi diobservasi diruang pemulihan sampai sadar
    • Pasien rawat jalan tidak boleh membawa kendaraan sendiri.
    • Bila dilakukan biopsi,dianjurkan makan makanan cair atau bubur saring selama beberapa waktu tergantung apa yang ditemuka dan berapa banyak biopsi dilakukan. Bila ada perdarahan pasien diminta menghubungi dokter.

     
    Last edited by a moderator: Apr 12, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,403
    Trophy Points:
    338
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,782 / -2
    NEXT LOUNGE
    IDWS Health Center 5th : HIPERTENSION
    Welcome To IDWS Keep Up Your Health Lounge

    [​IMG]

    RULES




    Lounge = Ruang santai . So kalau mau ada yang OOT, ato mau diskusi santai It's Ok ~ It's Lounge

    Dilarang Dobel post, tri Post, dst dengan sengaja, Biasakan pake Multiquote

    Di harapkan tidak membawa/Menyinggung SARA dalam diskusi (Suku, Agama, Ras Dan Antar Golongan)

    Di harapkan Berbicara yang sopan dan santun

    No spam, no troll, no bot dan saling menghormati sesama member

    ]Reset setiap 100 page & S berikutnya adalah member yang ngepost pada postingan yang ke #999

    Setiap TS diharapkan menyiapkan materi yang berhubungan dengan kesehatan untuk lounge selanjutnya,
    jadi ketika ada lounge baru, TS baru hanya perlu mengcopy dan begitu seterusnya
    Format penulisan loungenya = IDWS Health Center ( Part ) : Judul Materi


    NB : Rules bisa diubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan thread dan perkembangan SF Intensive Health Unit



    HIPERTENSI

    [​IMG]
    PENGENALAN

    Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit kronis yang paling banyak dijumpai. Seseorang dianggap mengidap hipertensi bila secara berulang hasil pemeriksaan tekanan darahnya melebihi 140/90 mm Hg. Ada dua jenis hipertensi:

    1. Hipertensi primer/esensial di mana tidak ada hal spesifik yang menjadi penyebabnya. Sekitar 90-95% hipertensi adalah jenis ini.
    2. Hipertensi sekunder, yaitu hipertensi yang disebabkan oleh kelainan atau penyakit lain, misalnya karena stress, sakit ginjal, preeklamsia, atau apnea (sesak napas saat tidur).

    Berbagai studi menunjukkan bahwa hipertensi meningkatkan risiko kematian dan penyakit. Bila tidak dilakukan penanganan, sekitar 70% pasien hipertensi kronis akan meninggal karena jantung koroner atau gagal jantung, 15% terkena kerusakan jaringan otak, dan 10% mengalami gagal ginjal. Untungnya, peningkatan kesadaran dan kontrol atas hipertensi telah berhasil menekan risikonya hingga 50%.

    TANDA ATAU GEJALA HIPERTENSI

    Hipertensi primer biasanya tidak menimbulkan gejala sampai setelah menahun. Penemuan hipertensi biasanya terjadi pada saat pemeriksaan rutin atau kunjungan ke dokter. Beberapa gejala hipertensi primer yang mungkin dirasakan:
    1. Sakit kepala, biasanya di pagi hari sewaktu bangun tidur
    2. Bingung
    3. Bising (bunyi “nging”) di telinga
    4. Jantung berdebar-debar
    5. Penglihatan kabur
    6. Mimisan
    7. Hematuria (darah dalam urin)
    8. Tidak ada perbedaan tekanan darah walaupun berubah posisi
    Hipertensi sekunder menunjukkan gejala yang sama, dengan sedikit perbedaan yaitu tekanan darah biasanya turun bila pengukuran dilakukan pada posisi berdiri.
    Bagaimana mengurangi risiko hipertensi?

    Pada hipertensi sekunder, hipertensi harus diatasi dengan menghilangkan penyebabnya. Walaupun hipertensi primer tidak memiliki penyebab spesifik, ada sejumlah faktor risiko yang memicu kehadirannya. Berikut adalah hal yang mengurangi risiko Anda bila sudah terkena hipertensi primer:

    1. Jalani pola atau gaya hidup yang lebih sehat:
    • berhenti merokok
    • mengurangi berat badan (bila kegemukan)
    • mengurangi konsumsi garam sehingga asupan sodium kurang dari 100 mmol/hari
    • melakukan olah raga 30-45 menit per hari.
    • bila Anda menderita diabetes, jaga kondisi agar kadar gula darah terkendali
    2. Dengan bantuan obat-obatan, usahakan untuk mengendalikan tekanan darah tidak lebih dari 140/90 mmHg (atau 135/85 mmHg bila menderita diabetes). Ada tiga kategori umum obat antihipertensi, yaitu yang berfungsi mengurangi volume darah (diuretic), menekan resistensi pembuluh darah (vasodilator) dan mengurangi kerja jantung (cardioinhibitory).


    source :
    http://majalahkesehatan.com/yang-perlu-anda-ketahui-mengenai-hipertensi/
    http://www.news-medical.net/health/Hypertension-Symptoms-and-Effects-(Indonesian).aspx
     
    Last edited: May 10, 2013
  4. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    Kalo itu kepanjangan, jelek kelitannya ntar,,
    aku juga taunya cuma singkatannya aja, jadi pake nama pasarannya ya,,
    :iii:
     
  5. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,403
    Trophy Points:
    338
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,782 / -2
    ho oh noproblemo, itu istilahnya rada expert, saya sendiri masih kurang paham,
    yang saya tangkep sih endoscopic itu alatnya endoscopy itu tindakannya,
    cholangio itu sangat asing, retro grade sama pancreathography sih masih bisa ngerti dari pecahan katanya :puyeng:
     
  6. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    oOo, tak apa lah, toh masih ada hubungannya juga,
    bisa dikatakan semaacam tindakan medis,

    aku malah sisanya kagak tau sama sekali :malu
    = = = =
    dah malam, OFF dulu bye :ngacir:
     
  7. vandra M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    3,060
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +50,880 / -0
    sering liat di drama medis :hoho:
     
  8. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    10,142
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,441 / -1
    absen dulu di lonje baru, kemarin gak sempet ikut bakaran lonj sebelumnya
    emang bagus sih segera di closed aja, udah banyak yang share pict gajes :sigh:
    kalau cuma buat selingan gpp, tapi juga jangan sampai kelewatan dan keterusan :sigh:
    buat TS-nya, semoga lonj kali ini lebih bermanfaat :top:
     
  9. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    :top:
    Akhirnya kembali ke asal

    Apa Threadnya gak tentang Pengobatan alternatif tradisional aja
    Tapi ini juga bagus :peace:
     
    Last edited: Apr 12, 2013
  10. orkay M V U

    Offline

    Gold Carpet

    Joined:
    Jan 14, 2011
    Messages:
    68,045
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +99,488 / -6
    jadi klinik *****nya dah di closed ya?[​IMG]

    mau dikembalikn jadi klinik sehat lagi,saya sangat mendukung[​IMG]

    tapi skali-kali ngemeng ***** gpp kan? biar gak bosen[​IMG]

    tapi kok post saya terbanyak ya di klinik sebelumnya?[​IMG]
     
    Last edited: Apr 12, 2013
  11. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,403
    Trophy Points:
    338
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,782 / -2
    kalo soal itu situ paling semangat soalnya :puyeng:
    bebas kok, tergantung tsnya :ogonsen:
     
  12. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    Oh ya aku ada pertanyaan.
    Denger2 lidah buaya bisa dimakan dan sarinya bisa diminum.
    Emang bener ya dan khasiatnya apa aja, kepingin coba tapi gak berani? :hehe:
     
  13. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    nih aku comot di salah satu trid,

    http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=212113
    http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=144339 .
     
    Last edited: Apr 12, 2013
  14. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    Buat cowok bisakan. Atau hanya buat cewek?
     
  15. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    bisa untuk pria dan wanita koq, cuma efeknya lebih keliatan di wanita,
    mungkin karena pengaruh dari hormon estrogen aja yang kerjanya selaras dengan zat dalam Aloe vera ini,
     
  16. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    Wah kalau gitu gak berani minum aku. :takut:
     
  17. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    gak apa kali, cuma kalo untuk cowok sebaiknya lebih sering biar efeknya keliatan,
    mangnya tujuan situ minum ini untuk apa ? perbagus kulit ?

    sering2 makan toge aja !
     
  18. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    Bukan, untuk immune tubuh atau kata lain ya kesehatan.
    Kalau efeknya kayak cewek itu yang kutakuti :haha:
     
  19. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    43,759
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +900,885 / -6
    ya enggak sampe segitunya juga lah, toh yang diinginkan kan cuma efeknya,
    dan pengaruh itu juga didasarkan pada kondisi tubuh seseorang (beda pengaruhnya antar cowok dan cewek),
     
  20. HartantoShine M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 18, 2012
    Messages:
    8,161
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,001 / -0
    Oh. Boleh juga kalau begitu kapan2 kucoba di rumahku ada tanaman lidah buaya soalnya.
     
  21. orkay M V U

    Offline

    Gold Carpet

    Joined:
    Jan 14, 2011
    Messages:
    68,045
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +99,488 / -6
    anu o0m 2 hari yang lalu pas ane makan tanpa sengaja pipi kiri bagian dalem ane kegigit:facepalm:
    trus besoknya di bekas luka gigitannya jadi ada bekas putih yang lumayan lebar:tolong:
    kalo bekas lukanya kena senggol lidah ato makanan rasanya sakit banget:onion-10:
    solusinya apa ya? gak enak soalnya jadi gak bisa makan ayam goreng fav ane nich:hehe:
    SALAM *****:peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.