1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Motivation Hukum Pygmalion - Hukum Berpikir Positif

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by twinkle_star2u, Nov 18, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. twinkle_star2u M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2008
    Messages:
    1,800
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +21,227 / -0
    Pygmalion adalah seorang pemuda yang berbakat seni memahat. Ia sungguh
    piawai dalam memahat patung. Karya ukiran tangannya sungguh bagus.Tetapi
    bukan kecakapannya itu menjadikan ia dikenal dan disenangi teman dan
    tetangganya.

    Pygmalion dikenal sebagai orang yang suka berpikiran positif. Ia memandang
    segala sesuatu dari sudut yang baik.

    * Apabila lapangan di tengah
    kota becek, orang-orang mengomel. Tetapi
    Pygmalion berkata, "Untunglah, lapangan yang lain tidak sebecek ini."

    * Ketika ada seorang pembeli patung ngotot menawar-nawar harga, kawan-kawan
    Pygmalion berbisik, "Kikir betul orang itu."

    * Tetapi Pygmalion berkata, "Mungkin orang itu perlu mengeluarkan uang untuk
    urusan lain yang lebih perlu".

    * Ketika anak-anak mencuri apel dikebunnya, Pygmalion tidak mengumpat. Ia
    malah merasa iba, "Kasihan, anak-anak itu kurang mendapat pendidikan dan
    makanan yang cukup di rumahnya."

    Itulah pola pandang Pygmalion. Ia tidak melihat suatu keadaan dari segi
    buruk, melainkan justru dari segi baik. Ia tidak pernah berpikir buruk
    tentang orang lain; sebaliknya, ia mencoba membayangkan hal-hal baik dibalik
    perbuatan buruk orang lain.

    Pada suatu hari Pygmalion mengukir sebuah patung wanita dari kayu yang
    sangat halus. Patung itu berukuran manusia sungguhan. Ketika sudah rampung,
    patung itu tampak seperti manusia betul. Wajah patung itu tersenyum manis
    menawan, tubuhnya elok menarik.

    Kawan-kawan Pygmalion berkata, "Ah,sebagus- bagusnya patung, itu cuma patung,
    bukan isterimu."

    Tetapi Pygmalion memperlakukan patung itu sebagai manusia betul.
    Berkali-kali patung itu ditatapnya dan dielusnya.

    Para dewa yang ada di Gunung Olympus memperhatikan dan menghargai sikap
    Pygmalion, lalu mereka memutuskan untuk memberi anugerah kepada Pygmalion,
    yaitu mengubah patung itu menjadi manusia betul. Begitulah, Pygmalion hidup
    berbahagia dengan isterinya itu yang konon adalah wanita tercantik di
    seluruh negeri Yunani.

    Nama Pygmalion dikenang hingga kini untuk mengambarkan dampak pola berpikir
    yang positif. Kalau kita berpikir positif tentang suatu keadaan atau
    seseorang, seringkali hasilnya betul-betul menjadi positif.

    Misalnya,

    * Jika kita bersikap ramah terhadap seseorang, maka orang itupun akan
    menjadi ramah terhadap kita.

    * Jika kita memperlakukan anak kita sebagai anak yang cerdas, akhirnya dia
    betul-betul menjadi cerdas.

    * Jika kita yakin bahwa upaya kita akan berhasil, besar sekali kemungkinan
    upaya dapat merupakan separuh keberhasilan.

    Dampak pola berpikir positif itu disebut dampak Pygmalion.

    Pikiran kita memang seringkali mempunyai dampak fulfilling prophecy atau
    ramalan tergenapi, baik positif maupun negatif.

    Kalau kita menganggap tetangga kita judes sehingga kita tidak mau bergaul
    dengan dia, maka akhirnya dia betul-betul menjadi judes.

    * Kalau kita mencurigai dan menganggap anak kita tidak jujur, akhirnya ia
    betul-betul menjadi tidak jujur.

    * Kalau kita sudah putus asa dan merasa tidak sanggup pada awal suatu usaha,
    besar sekali kemungkinannya kita betul-betul akan gagal.

    Pola pikir Pygmalion adalah berpikir, menduga dan berharap hanya yang baik
    tentang suatu keadaan atau seseorang. Bayangkan, bagaimana besar dampaknya
    bila kita berpola pikir positif seperti itu. Kita tidak akan berprasangka
    buruk tentang orang lain.

    Kita tidak menggunjingkan desas-desus yang jelek tentang orang lain. Kita
    tidak menduga-duga yang jahat tentang orang lain.

    Kalau kita berpikir buruk tentang orang lain, selalu ada saja bahan untuk
    menduga hal-hal yang buruk. Jika ada seorang kawan memberi hadiah kepada
    kita, jelas itu adalah perbuatan baik. Tetapi jika kita berpikir buruk,kita
    akan menjadi curiga, "Barangkali ia sedang mencoba membujuk," atau kita
    mengomel, "Ah, hadiahnya cuma barang murah." Yang rugi dari pola pikir
    seperti itu adalah diri kita sendiri.Kita menjadi mudah curiga. Kita menjadi
    tidak bahagia.

    Sebaliknya, kalau kita berpikir positif, kita akan menikmati hadiah itu
    dengan rasa gembira dan syukur, "Ia begitu murah hati. Walaupun ia sibuk, ia
    ingat untuk memberi kepada kita."

    Warna hidup memang tergantung dari warna kaca mata yang kita pakai.

    * Kalau kita memakai kaca mata kelabu, segala sesuatu akan tampak kelabu.
    Hidup menjadi kelabu dan suram. Tetapi kalau kita memakai kaca mata yang
    terang, segala sesuatu akan tampak cerah. Kaca mata yang berprasangka atau
    benci akan menjadikan hidup kita penuh rasa curiga dan dendam. Tetapi kaca
    mata yang damai akan menjadikan hidup kita damai.

    Hidup akan menjadi baik kalau kita memandangnya dari segi yang baik.
    Berpikir baik tentang diri sendiri. Berpikir baik tentang orang lain.
    Berpikir baik tentang keadaan. Berpikir baik tentang Tuhan.

    Dampak berpikir baik seperti itu akan kita rasakan. Keluarga menjadi hangat.
    Kawan menjadi bisa dipercaya. Tetangga menjadi akrab. Pekerjaan menjadi
    menyenangkan. Dunia menjadi ramah. Hidup menjadi indah. Seperti Pygmalion,
    begitulah.


    Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk. Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran jahat, maka penderitaan akan mengikutinya bagaikan roda pedati mengikuti langkah kaki lembu yang menariknya.



    Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk. Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran murni, maka kebahagiaan akan mengikutnya bagaikan bayang-bayang yang tak pernah meninggalkan bendanya.
     
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,022 / -0
    Uweeee.... cm bisa bilang satu hal aja... SETUJU!!!!!!
    keren nih artikelnya
     
  4. sekundes M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 17, 2008
    Messages:
    296
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +53 / -0
    hidup positif thinkingggg !

    walau susah diterapkan ...
     
  5. kurama013 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,019 / -0
    wah, musti diterapkan di kehidupan sehari-hari..
    jujur aja sampe saat ini gw menilai orang liat negatif nya dulu..
    :onion-52:
    hmm..
    tp musti berubah pola pandang gw..
    thanks atas info nya bro :top:
     
    • Like Like x 1
  6. yeas M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 17, 2007
    Messages:
    428
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,679 / -0
    setuju nih, dengan berpikiran positif dalam melakukan sesuatu, maka segala hasil nya akan menjadi positif juga
     
  7. fay_ang M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    841
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +387 / -0
    the secret banget nih :fufufu:
    you are what you think you are :top:
     
  8. nightmarest M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 13, 2008
    Messages:
    837
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,689 / -0
    wah, bagus itu kisah nya..
    pygmalion, jadi inget komik elex dragon pigmario
    kira2 sama gak yah? hehe
     
  9. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +62 / -0
    ^ kayaknya sama deh.. tentang Patung yang di hidupin kan?? (sory OOT :piss: )

    berarti intinya kita harus berpikir Positif kan?? :top:
     
  10. fay_ang M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    841
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +387 / -0
    bener juga ya. namanya aja mirip pygmalion n pigmario :haha:
    inti ceritanya pun hampir sama. tentang pikiran positif dan tekad yang kuat sehingga dari yang tidak mungkin menjadi mungkin :haha:
    <saya ndak OOT kan? :???:>
     
  11. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    3,994
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,098 / -1
    keep positive thinking....saran yang selalu santer terdengar ditengah2 keadaan indonesia yang seperti ini:fufufu:
     
    • Like Like x 1
  12. snowping M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 18, 2008
    Messages:
    245
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,891 / -0
    sepertinya prinsip pygmalion sejalan dengan konsep "the Secret"
    pernah baca ? :)
    really a great book for all of us
     
  13. slazers Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    positive thinking but don't over........:awas:
     
  14. darknetwork M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 11, 2009
    Messages:
    1,762
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +8,413 / -0
    asal usul dragon pigmario
    tapi lebih enak sama negatice thinkinf. lebih waspada
     
  15. fay_ang M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    841
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +387 / -0
    ^
    tapi kalo kebanyakan negative thinking jadi cepet tua, bro.
    mendingan kebanyakan positive thinking, lebih awet muda :haha:
     
  16. masih_pemula M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +892 / -0
    seperti di buku quantum ikhlas.. the power of positive feeling.. :top:
     
  17. NeGA M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    356
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +37 / -0
    tapi bisa sengsara bro..
    contoh : ada orang mau nimpuk loe pake bata... :bata:
    trus berpikir positif
    "itung2 menyenangkan hati orang"
    mau ditimpuk malah pasrah deh akhirnya.. :onion-10:
    kalo menurut gwa seh kudu seimbang antara berpikir positif sama negatif
     
  18. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    dengan berpikir positif, seseorang bisa menjadi manusia dengan kualitas pemikiran dan lebih baik, untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik
     
  19. masih_pemula M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +892 / -0

    :bata: ya ente timbuk balik lah..

    trus berpikir positifnya,, gpp ilang satu bata buat dia, mungkin dia lagi butuh buat renovasi rumah.. :hahai: pikiranny positif khan..
     
  20. tamago M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2008
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +129 / -0
    Pikiran positif memberikan sugesti yang baik kepada diri kita, dan membuat kita melakukan tindakan - tindakan yang baik pula.
     
  21. rickybest M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +102 / -0
    keren.....
    nice info...... klo orang2 seperti ini bumi bisa damai......:top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.